Jual Online Tiket Event di Indonesia dengan Platform Mayar, Alternatif Eventbrite

Setuju kan, kalau konsumen di era saat ini mendambakan kemudahan dan kepraktisan? Maklum saja, kepuasan instan adalah segalanya.

Setelah membuat website suatu event, sangat penting memastikan audiens juga bisa langsung membeli tiket di website yang sama.

Kenapa begitu? Ini adalah trend industri yang dapat mengubah cara audiens membeli tiket di semua website favorit penggemar event. Entah itu, event musik, event perayaan, party-goers, webinar, dan masih banyak lagi.

Tujuannya hanya satu, audiens bisa mendapatkan tiket tanpa antri dan tanpa ribet!

Membeli Tiket Event di Aplikasi atau Website Secara Instan

Sekarang, jika audiens bisa membeli tiket secara online dan cepat, kenapa harus antri yang menyita waktu dan tenaga?

Semua pihak akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Panitia acara juga bisa memastikan penjualan tiket berjalan lancar, tertib, dan aman.

Misalnya, katakanlah Sonia adalah audiens sekaligus fans webinar Anda. Ia melihat daftar salah satu acara webinar Anda di website atau aplikasi seperti Facebook, Instagram, atau platform lainnya.

Sonia kemudian dapat membeli tiket di website atau aplikasi tersebut, tanpa harus beralih ke halaman lain. Dengan cara ini, audiens merasa lebih nyaman saat membeli tiket secara cepat dan mudah.

Kelebihan Menjual Tiket Event Secara Online

Berikut adalah beberapa alasan lain, mengapa Anda harus menjual tiket di berbagai website atau aplikasi:

1. Memperluas target audiens

Untuk menumbuhkan penjualan tiket, Anda perlu menjangkau pasar yang lebih luas. Ini artinya, target audiens juga perlu diperluas di luar mailing list yang sudah ada.

Anda perlu menemukan calon audiens baru agar bisa meningkatkan penjualan tiket event.

Posting iklan atau kampanye adalah cara tradisional memecahkan masalah bisnis ini. Namun, terkadang lebih susah mengubah audiens yang hanya sekadar pengunjung website, menjadi seorang pembeli atau pelanggan setia.

Maka itu, Anda perlu menggunakan mitra penjualan tiket di Indonesia seperti Mayar, sebagai alternatif platform ticketing seperti EventBrite.

Audiens dapat lebih mudah menemukan event Anda di media sosial, website, serta aplikasi daftar event, lalu membeli tiket tanpa harus meninggalkan aplikasi atau website tersebut.

Anda dapat menjangkau audiens target baru, dan penjualan tiket event Anda akan tumbuh, bahkan hingga dua kali lipat. Pasalnya, orang akan cenderung membeli tiket ketika prosesnya sederhana, mudah, dan cepat.

2. Menjemput audiens dimanapun berada

Dengan menjual tiket event secara online, Anda bisa memanfaatkan momen ketika orang mendengarkan musik di aplikasi streaming. Atau, Anda bisa menjangkau calon audiens di media sosial, dan masih banyak media online lainnya.

Umumnya, kebanyakan fans memiliki website yang resmi untuk berkumpul dan membuat event. Inilah momen emas yang bisa dimanfaatkan. Anda bisa menjual tiket langsung di platform tersebut.

Banyak audiens yang juga beralih ke situs yang lebih mudah disesuaikan dengan acara atau event. Contohnya, Instagram, Facebook Event, Spotify, Bandsintown, dan lainnya.

Jadi, kenapa Anda tidak memanfaatkan platform tersebut untuk memudahkan audiens membeli tiketnya?

3. Menghemat waktu dan biaya dengan otomatisasi

Membuat daftar acara dan menjual tiket di beberapa aplikasi dan situs mungkin terdengar seperti pekerjaan yang merepotkan, padahal sebenarnya tidak!

Apalagi, jika Anda menggandeng mitra platform ticketing di Indonesia seperti Mayar. Semua tahap penjualan tiket event bisa dikelola secara otomatis.

Anda bisa memasukkan detail event acara hanya satu kali saat membuat daftar event di Mayar. Selanjutnya, event dibagikan di sejumlah situs tanpa ada biaya tambahan. Contohnya, Facebook, LINE, LinkedIn, Twitter, Telegram, dan Whatsapp.

Anda bisa melacak penjualan dari setiap event yang dibagikan sehingga tahu mana yang paling efektif. Peserta mana yang sudah membayar atau belum, serta data peserta juga dapat tersimpan dan diekspor ke format CSV dalam sekali klik. Keren, kan!

4. Menghilangkan kendala pembelian tiket

Orang lebih cenderung membeli tiket ketika prosesnya sederhana. Studi menunjukkan bahwa jika proses checkout terlalu ribet, transaksi akan berkurang hingga 10%.

Karena itu, dengan platform ticketing seperti Mayar, semua proses penjualan akan lebih sederhana dan praktis.

Di Mayar, Anda dapat membuat link produk event, lalu membagikan link tersebut ke berbagai platform, website, atau aplikasi media sosial. Bahkan, mengelola pendaftaran peserta event beserta transaksi pembayaran secara online dan otomatis. Tanpa perlu membuat Google Form yang ribet.

Audiens target cukup klik tautan event tersebut agar bisa melakukan transaksi pembelian tiket. Terlebih lagi, menurut survey EventBrite audiens dua kali lipat cenderung membeli tiket dari Facebook Event jika dapat membeli tiket langsung di Facebook.

Kuncinya adalah kemudahan dan kenyamanan. Pasang tautan event dan pembelian tiket online di website yang kredibel seperti Facebook atau Instagram, agar brand acara Anda juga ikut terangkat dengan reputasi website tersebut.

5. Mengelola pendaftaran event

Mengadakan acara bisnis adalah cara yang tepat menjaga hubungan baik bersama mitra atau pelanggan.

Banyak bisnis yang menawarkan acara networking, sesi pelatihan, atau konferensi untuk membangun hubungan bisnis. Selalu ada banyak peluang untuk mengadakan acara bisnis.

Salah satu manfaat mengadakan acara bisnis adalah Anda bisa mempromosikan brand sekaligus meraih kepercayaan mitra dan pelanggan. Namun, tentu saja konsep acara akan bergantung pada apa produk dan layanan yang ditawarkan.

Jika murni pelatihan atau edukasi, umumnya audiens tidak ingin mendengar tentang produk atau layanan tertentu.

Terutama, jika Anda memiliki keahlian spesifik di bidang tertentu, mengapa tidak membagikan pengetahuan Anda? Presentasi bisa lebih ke arah networking untuk menjangkau lebih banyak mitra dan kolega bisnis. Sehingga, brand Anda bisa tampil atau bekerja sama dengan mitra.

Akan tetapi, mengorganisir acara bisa menguras tenaga dan pikiran. Hanya satu event yang digelar 1-2 jam, membutuhkan persiapan hitungan minggu atau bahkan bulanan. Termasuk, mengelola pendaftaran peserta acara, mempromosikan atau memasarkan acara, mengirim undangan, menangani daftar peserta, dan sebagainya.

Kabar baiknya, platform seperti Mayar siap membantu! Dilengkapi berbagai fitur menarik untuk menjual tiket acara secara online. Mulai dari pengelolaan daftar peserta, pembayaran transaksi secara online, mempromosikan tautan melalui media sosial, membuat laman atau website otomatis, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Fitur Event / Acara di Aplikasi Mayar.id Sebagai Alternatif Eventbrite di Indonesia

Sekadar informasi, Eventbrite dikenal sebagai salah satu platform online untuk merencanakan event atau acara. Namun, tahukah Anda, di Indonesia terdapat satu aplikasi modern sebagai alternatif Eventbrite, yaitu aplikasi Mayar.id.

Aplikasi Mayar dilengkapi fitur fungsional untuk mendukung kelancaran event atau acara yang diselengggarakan. Mulai dari membuat halaman acara, menjual tiket online, pendaftaran/ registrasi peserta, dan bahkan mengelola transaksi pembayaran online.

Mayar memungkinkan pengguna untuk membuat laman event, berbagi tautan event ke media sosial, dan bertransaksi tiket event. Dari festival musik, lari maraton, konferensi, webinar, sampai kompetisi game, siap didukung oleh fitur Event dari Mayar.

Siapa saja yang cocok menggunakan fitur Event/ Acara dari Mayar?

· Event organizer

· Coach

· Mentor

· Musisi

· Artist

· Promotor

· Lembaga Pendidikan

· Yayasan

· dsb

Apa saja keunggulan fitur Event/ Acara di Mayar?

Fitur Event Mayar adalah tautan untuk menyederhanakan proses penjualan tiket acara, baik online maupun offline.

Bisa mendukung berbagai jenis penjualan tiket, contohnya katakanlah Anda ingin membuat tipe pendaftaran “earlybird”, “reguler”, “VIP, “VVIP” dan seterusnya.

Anda juga bisa mendapatkan formulir pendaftaran secara otomatis dilengkapi kolom isian, seperti nama acara, switch online/ offline, tautan meeting online, waktu pelaksanaan acara, dan lainnya.

Bahkan, apabila ternyata dibutuhkan formulir dengan kolom-kolom yang dipersonalisasi, tersedia custom form registrasi dari Mayar.

Hebatnya lagi, Mayar sudah didukung fitur Sertifikat Online untuk membuat sertifikat event secara otomatis jika dibutuhkan, seperti acara webinar atau pelatihan online.

Sementara dalam pembuatan tiket, Anda bisa menentukan apakah tipe tiket berbayar atau gratis (hanya untuk mengumpulkan daftar kontak peserta).

Dalam marketing online, tools dan fitur Event dari Mayar akan sangat mendukung para penyelenggara event untuk mengembangkan dan mengelola acara agar semakin sukses.

Dari tahap awal perencanaan, pendaftaran, sampai proses transaksi pembelian tiket, beserta promosi dapat dilakukan dengan mudah, praktis, dan real-time.

Menjual Tiket Event/ Acara Bebas Ribet dengan Mayar

Jadi bagaimana, sudah siap menyelenggarakan event atau acara Anda secara modern dan kekinian?

Pastikan untuk menggunakan aplikasi ticketing online di Indonesia seperti Mayar agar acara berjalan lancar dan mudah dikelola.

Terlebih lagi, aplikasi Mayar dapat diakses melalui perangkat desktop maupun seluler yang akan memudahkan para calon peserta untuk mendaftarkan diri serta membeli tiket secara online, kapanpun dan dimanapun!

Baca panduan membuat link event Mayar atau tutorial video langkah pembuatan link event Mayar di sini. Simak pula Contoh Tautan Link Event dari Mayar sebagai inspirasi pembuatan link Event Anda selanjutnya! Salam sukses.

Image source: Online media photo created by rawpixel.com - www.freepik.com