Laris Manis, Produk Digital Download Apa yang Paling Laku Saat Ini?

Di era sekarang, pemakaian internet semakin masif. Hal ini mendorong munculnya inovasi-inovasi baru dalam bidang digital, baik dalam bentuk penjualan produk maupun jasa. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan lahirnya produk digital. Sesuai namanya, produk ini berbentuk digital atau elektronik yang biasa diperjualbelikan secara online, dikirim, disimpan, dan digunakan dalam format elektronik.

Bisnis produk digital memang sangat menguntungkan untuk dilakukan di zaman sekarang. Selain proses produksi yang tidak memakan banyak biaya, keuntungan yang didapat juga lumayan besar mengingat peluang ke depan yang semakin menjanjikan. Adapun Beberapa contoh produk digital yang sering kita temui, diantaranya: e-book, video tutorial, e-course, font,  aplikasi, template, komik, video, audio assets hingga koleksi foto. Berikut daftar beberapa produk digital yang paling laku saat ini.

Kursus Online (E-Course)

Pendidikan adalah salah satu investasi ilmu yang diperlukan setiap orang. Maka tak heran jika konten dalam bidang pendidikan akan sangat dibutuhkan, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Oleh karena itu, penyedia kursus online akan sangat dibutuhkan pada saat ini.Terlebih dengan adanya kebijakan belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19 yang membuat banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran di sekolah.

Selain di bidang pendidikan, kursus online di bidang jasa lainnya juga tak kalah dibutuhkan. Sebagai contoh akibat banyaknya karyawan yang di PHK membuat mereka mencari ide baru untuk memulai usaha. Oleh karena itu, beberapa dari mereka juga berkeinginan untuk mengikuti kursus agar mendapatkan keahlian ataupun ilmu yang ingin mereka kuasai. Membuat kursus online seperti kepenulisan website, desain grafis, SEO (Search Engine Optimization), maupun marketing akan banyak dibutuhkan saat ini.

Buku Elektronik (E-Book)

Di zaman yang serba digital ini membuat popularitas e-book kian meningkat. Jika dahulu kita hanya mengenal buku cetak, sekarang justru keberadaanya bukan menjadi prioritas lagi. Hal ini mengingat keinginan setiap orang untuk mendapatkan kemudahan dalam berbagai kepentingan, e-book jelas lebih unggul. Pasalnya, dengan bermodalkan satu smartphone saja Anda bisa mengakses dan membaca jutaan bahkan ribuan e-book. Beda halnya dengan buku cetak, selain ukurannya yang lebih besar dan berat, Anda tidak akan mampu membawa banyak buku sekaligus ke berbagai tempat untuk membacanya.

Karena kebutuhannya yang kian meningkat, bisnis produk digital e-book akan sangat menjanjikan saat ini. Anda bisa memulainya dengan membuat e-book yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, baik membuat konten e-book untuk buku-buku mahasiswa, majalah, cerita, script, artikel, komik, maupun novel.

Aplikasi

Aplikasi merupakan salah satu produk digital yang paling laku saat ini. Setiap pengguna smartphone, baik android maupun ios akan sering menggunakan aplikasi, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Jika Anda pandai membuat aplikasi, mengembangkan bisnis produk digital ini akan sangat menguntungkan.

Anda bisa memulainya dengan membuat aplikasi ringan hingga game yang trendi dan diminati banyak orang. Setelah itu, Anda bisa memasarkannya, baik melalui Play Store, Apps Store, maupun platform lainnya dan akan mendapatkan insentif dari iklan yang ditampilkan di aplikasi Anda.

Foto

Selain aplikasi, foto juga menjadi produk digital yang banyak dicari saat ini terutama oleh para pembuat situs web ataupun blogger. Jika Anda gemar atau ahli melakukan fotografi, maka foto yang Anda hasilkan juga memiliki peluang untuk memberikan penghasilan lebih kepada Anda.

Foto premium dengan kualitas dan resolusi tinggi akan sangat dibutuhkan banyak orang. Dalam hal ini Anda bisa menjualnya, baik melalui situs stok foto maupun website bisnis Anda sendiri.

Itulah beberapa produk digital yang paling laku saat ini. Dalam memasarkan produk digital pastinya Anda juga memerlukan platform khusus agar produk Anda sampai kepada konsumen. Untuk hal ini, Mayar bisa dapat diandalkan untuk menjual karya Anda dengan mudah.

Mulai dari e-book, video tutorial, e-course, font, preset, aplikasi, template, komik, video dan audio assets hingga koleksi foto bisa anda jual melalui Mayar. Selain itu, beberapa keuntungan berikut juga akan Anda dapatkan jika menggunakan Mayar.

  • Checkout super cepat dengan otomatisasi download saat pelanggan sudah membayar.
  • Tokenisasi download, sehingga Anda tidak pelu khawatir jika link download produk Anda akan tersebar bebas di internet. Karena selain menggunakan metode tokenisasi, link download juga dibatasi waktunya sehingga akan expired setelah waktu tertentu.
  • Portal pelanggan, sebuah halaman dimana pelanggan Anda dapat melihat riwayat transaksi meraka, sehingga bisa men-download ulang produk yang telah dibelinya sewaktu-waktu.
  • Halaman katalog yang mobile-friendy, sehingga Anda bisa langsung fokus berjualan tanpa harus ribet membangun website sendiri.
  • Tombol beli langsung di website atau blog Anda.
  • Penjualan melalui chat maupun media sosial dengan cara membagikan link pembayaran.

Bagaimana? Tertarik menggunakan aplikasi Mayar untuk membangun bisnis produk digital Anda?

Info lebih lanjut bisa kontak melalui info@mayar.id

Image Credit: Unsplash