Menggunakan Bit.ly Untuk Memudahkan Share Link Pembayaran

Penggunaan shortlink saat ini memang sangat membantu untuk menyingkat tautan pada website. Ya, alamat tautan website yang terlalu panjang akan disingkat menjadi alamat tautan yang pendek dan rapi sehingga anda akan lebih mudah dalam membagikan tautan website anda tanpa harus terkena limited karakter pada pesan.

Istilah shortlink tentunya sudah sangat familiar di telinga para blogger. Namun, bagi para pengguna yang awam mengenai blogger, hal ini cukup asing meskipun mereka sering menemuinya. Shortlink sendiri adalah layanan yang digunakan untuk memperpendek alamat tautan menjadi lebih singkat dan rapi.

Shortlink akan sangat berguna ketika anda membagikan tautan website anda pada sosial media ataupun pesan yang memiliki pembatasan jumlah karakter .

Seperti halnya pengertian diatas, menggunakan shortlink memiliki berbagai keuntungan diantaranya adalah:

  • Memudahkan dalam membagikan link terutama pada platform sosial media maupun media perpesanan
  • Membuat share link menjadi lebih rapi dan singkat, sehingga anda bisa menambahkan keterangan yang lebih banyak dan pengalaman pembaca menjadi lebih baik.
  • Meminimalisir kesalahan ketika menyalin tautan
  • Tautan menjadi lebih mudah diingat
  • Terdapat fungsi analisis, dimana anda bisa melihat statistik lengkap user yang melakukan klik link.
  • Beberapa penyedia layanan shortlink memberikan penghasilan tambahan kepada anda dari setiap orang yang mengklik tautan yang anda bagikan.

Apa itu Bit.ly?

Bit.ly adalah salah satu penyedia shortlink yang sangat populer di Indonesia. Seringkali kita menemui tautan yang berawalan bit.ly di media sosial ataupun pada media perpesanan. Ya, bit.ly merupakan situs gratisan yang memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan website penyedia shortlink yang lain.

Salah satunya adalah tautan akan langsung diarahkan pada URL anda, sehingga pengguna tidak terganggu dengan adanya berbagai iklan yang muncul. Bit.ly sangat cocok bagi anda yang ingin benar-benar membagikan informasi yang terkandung pada URL website yang anda bagikan, terutama bagi anda pengguna bisnis, dimana bit.ly akan sangat membantu dalam share link pembayaran, invoice, tagihan dan lain sebagainya.

Selain itu, Bit.ly juga dilengkapi dengan sistem analisis yang memungkinkan anda untuk melihat statistik pengguna yang melakukan klik pada tautan yang anda bagikan.

Cara Menggunakan Bit.ly

Untuk menggunakan layanan shortlink melalui bit.ly sangatlah mudah dimana anda tinggal melakukan login dengan username dan password yang sudah anda miliki. Bagi anda yang belum mendaftar, anda bisa melakukan registrasi di website bitly.com.

  1. Setelah anda login, anda sebaiknya menyiapkan tautan/link yang akan dipersingkat
  2. Masukkan tautan anda di dalam kotak yang disediakan
  3. Dan secara otomatis, shortlink akan muncul disebelah kanan tautan awal tadi. Dan tersedia juga tombol “copy” dan “share”.
  4. Selamat, Anda sudah bisa membagikan tautan shortlink anda. Sangat mudah bukan, membuat shortlink di bit.ly.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat bit.ly sharelink pembayaran pada mayar:

  1. Untuk membuat link pembayaran produk pada mayar, anda bisa langsung melakukan klik pada menu dropdown pada menu “Pembayaran” yang berada di sebelah kanan atas.
  2. Setelah itu anda klik “Link Pembayaran” dan halaman form pop-up akan otomatis muncul.
  3. Terdapat form yang perlu diisi, seperti Nama produk atau jasa anda, Harga/jumlah, Deskripsi, tanggal kadaluarsa jika ada, dan maksimum jumlah pembayaran jika jumlah produk/jasa yang dijual terbatas.
  4. Setelah selesai melakukan pengisian, anda bisa meng-klik “Buat Link Pembayaran” dan otomatis akan diarahkan pada halaman detail link pembayaran.
  5. Anda tinggal mengklik “Copy Link Pembayaran” untuk men-copy link tersebut.
  6. Untuk membuat nya menjadi lebih pendek anda bisa masuk ke bit.ly dan lakukan langkah cara menggunakan bit.ly di atas.

Image Credit: Unsplash