Pendapatan Pasif (Passive Income) dengan Produk Digital Download

Sebagian besar pekerjaan kalangan menengah-bawah di Indonesia seperti pedagang, guru, sopir, perawat, dan sales adalah pekerjaan dengan biaya marginal tidak nol (non-zero marginal cost): yang artinya untuk merawat satu tambahan pasien atau memprosuksi satu produk tambahan membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih. Secara natural, hal ini menyebabkan batasan pada pemasukan yang dapat diterima seseorang, karena manusia memiliki batas waktu untuk bekerja dan energi.

Hal ini jauh berbeda dengan pekerjaan di dunia digital, dimana kreator memiliki biaya marginal hampir nol (near-zero marginal cost). Sebagai contoh, pembuat video di youtube tidak dikenakan tambahan biaya untuk mendapatkan tambahan penonton, atau kreator produk digital seperti ebook yang tidak dikenakan biaya tambahan untuk memproduksi tambahan satu kopi ebooknya.

Industri software atau video pembelajaran juga demikian, kreator hanya perlu membuat software atau video pembelajaran sekali untuk dijual sebanyak-banyaknya dan tanpa batasan waktu kepada pelangan. Hal ini membawa banyak membawa keuntungan kepada kreator karena dapat menjadi pendapatan pasif (passive income) yang apabila sudah memiliki banyak follower atau fans, dapat menjadi viral dan membukukan pendapatan ratusan juta bahkan milyanan dalam waktu singkat, karena didukung oleh sosial media dan kemudahan transaksi di internet.

Namun yang perlu diperhatikan adalah adanya konsentrasi pendapatan digital kreator kepada hanya beberapa kreator saja. Dari data yang dipublikasikan Teachable dan Gumroad, ada kecenderungan konsentrasi pendapatan di beberapa kreator saja yang populer.

Namun fakta ini terjadi di semua platform online seperti Patreon atau Youtube. dan hal in tidak menyurutkan semangat para kreator untuk terus berkarya dan membangun passive income mereka, dimana mereka bisa mengembangkan pendapatan mereka tanpa perlu menambah effort dan waktu. Saat pendapatan ini terus mengalir, kreator dapat lebih banyak mendedikasikan waktunya untuk sumber pendapatan lainnya dan membuat portfolio pendapatan dari berbagai suber pemasukan.

Mayar berusaha hadir untuk mewujudkan hal ini untuk kreator di Indonesia dan Asia Tenggara dengan menyediakan solusi checkout, pembayaran, penagihan, penjualan produk digital dan sistem afiliasi yang terintegrasi, yang memudahkan kreator, digital entrepreneur dan digital bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka lebih jauh lagi. Baik produk webinar, kelas online, saas, ebook, software, koleksi foto atau produk lainnya, Mayar siap membantu mengembangkan bisnis anda!

Image Credit: Shopify