Tips Menggunakan ChatGPT untuk Bisnis Edukasi, Buat Materi Kursus Dibantu AI

Sejak diluncurkan pada November 2022, ChatGPT mampu menghentak dunia bisnis.

Berbagai industri dapat dibantu oleh aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan ini.

Lebih dari sekadar menulis tugas kuliah, ChatGPT dapat mendukung pembuatan konten bagi para konten kreator, termasuk pembuatan materi kursus online atau kelas online.

Mari kita lihat bagaimana kita bisa memanfaatkan ChatGPT untuk bisnis edukasi agar pembuatan materi makin praktis, mudah, dan efisien.

Bagaimana cara membuat kursus menggunakan ChatGPT?

Membuat konten materi pembelajaran atau materi kelas online terkadang bukan perkara mudah.

Perlu ide-ide baru dan topik segar yang menarik agar peserta kursus tetap bersemangat mengikuti materi.

Seringkali, pembuat konten kursus mengalami kebuntuan atau bingung mau menulis apa.

Pada saat seperti ini, bantuan asisten kreatif yang bisa menyarankan ide-ide atau topik yang bisa ditulis akan sangat bermanfaat memunculkan inspirasi.

Di sinilah peran penting ChatGPT sebagai alat kecerdasan buatan terbuka yang memiliki kemampuan brilian menelusuri internet dan mengumpulkan informasi yang Anda cari.

Misalnya, ketika Anda sedang berjuang dengan ide-ide baru kursus online berikutnya.

Anda bisa langsung login ke platform OpenAI ChatGPT untuk menuliskan ide Anda di kolom prompt.

Selanjutnya, kecerdasan buatan akan membantu menemukan ide SEO yang unik dan bahkan lebih dari itu, ChatGPT dapat membantu merancang garis besar kursus, modul, kurikulum, dll.

Menariknya lagi, industri bisnis dapat memanfaatkan ChatGPT untuk menulis konten marketing. Contohnya, skrip video Youtube, materi kursus, copywriting landing page, penilaian kursus dan kuis, ringkasan & ikhtisar, struktur kursus, dll.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan platform besutan OpenAI ini untuk membantu menulis Ebook, daftar periksa, dan unduhan digital lainnya.

Tips menggunakan ChatGPT untuk bisnis kursus online dalam pembuatan ide materi pembelajaran

Kursus online yang sukses dapat didukung ide topik kekinian seiring trend. Berikut adalah cara ChatGPT dapat membantu:

1. Spesifik menentukan niche

Pertama, cobalah ketik di kolom prompt untuk menghasilkan ide kursus yang menarik terkait dengan niche tertentu.

Untuk lebih mempersempit pencarian ,lebih baik sebutkan juga level kursus, apakah untuk pemula, pelajar, atau level mahir. Kemudian, AI akan memberikan saran terbaik bagi Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat mengetik “judul SEO kursus online tentang pemasaran digital”.

ChatGPT akan menghasilkan beberapa ide luar biasa hanya dengan sedikit informasi yang kita ketikkan. Anda tinggal menambahkan informasi relevan ke prompt untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Merancang kurikulum

Sebagai pengembang konten kursus pemula atau pertama kali mengawali bisnis edukasi sangat wajar jika bingung saat membuat materi.

Bagaimana cara membuat struktur garis besar kursus? Apa topik yang harus dibahas? Dll.

Untungnya, ChatGPT dapat membantu membuat kurikulum kursus. Setelah memutuskan topik kursus dan level pembelajaran, langkah selanjutnya adalah merancang garis besar kursus.

Bab 1: Pengenalan Digital Marketing

  • Definisi Digital Marketing
  • Perbedaan Digital Marketing dengan Marketing Konvensional
  • Manfaat Digital Marketing
  • Jenis-jenis Digital Marketing

Bab 2: Membangun Website yang Efektif

  • Tujuan Membangun Website
  • Faktor-faktor Penting dalam Membangun Website
  • Desain dan User Interface
  • Optimasi SEO pada Website

Bab 3: Meningkatkan Trafik Website

  • Meningkatkan Trafik dengan SEO
  • Meningkatkan Trafik dengan Paid Advertising
  • Meningkatkan Trafik dengan Social Media Marketing
  • Meningkatkan Trafik dengan Content Marketing

Bab 4: Konversi Website

  • Pengertian Konversi Website
  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konversi Website
  • Meningkatkan Konversi Website dengan Call to Action (CTA)
  • Meningkatkan Konversi Website dengan Landing Page

Bab 5: Social Media Marketing

  • Pengertian Social Media Marketing
  • Platform Social Media
  • Strategi Social Media Marketing
  • Tools dan Analisis Social Media

Bab 6: Email Marketing

  • Pengertian Email Marketing
  • Mengumpulkan dan Membangun Database Pelanggan
  • Membangun Kampanye Email Marketing yang Efektif
  • Analisis Kampanye Email Marketing

Bab 7: Mobile Marketing

  • Pengertian Mobile Marketing
  • Tren Mobile Marketing
  • Penggunaan Aplikasi dan Mobile Website
  • Meningkatkan Keterlibatan Pengguna dengan Mobile Marketing

Bab 8: Analisis dan Optimalisasi Digital Marketing

  • Analisis dan Pengukuran Hasil Digital Marketing
  • Alat-alat Analisis Digital Marketing
  • Meningkatkan Performa Digital Marketing
  • A/B Testing dan Optimalisasi

Bab 9: Strategi Digital Marketing

  • Menentukan Tujuan Digital Marketing
  • Menentukan Target Audiens
  • Menentukan Budget Digital Marketing
  • Membangun Rencana Digital Marketing

 

Jadi, Anda bisa mengetik untuk meminta garis besar kursus atau struktur materi kursus.

Contohnya, kita bisa meminta ChatGPT untuk membuat struktur kursus online tentang dasar-dasar pemasaran digital. Dan ChatGPT muncul dengan hasil sebagai berikut.

I. Pendahuluan

  • Pengenalan tentang pemasaran digital
  • Alasan mengapa pemasaran digital penting
  • Tujuan kursus dan siapa yang bisa mengambilnya

II. Memahami Target Pasar Anda

  • Mengidentifikasi target pasar Anda
  • Menganalisis perilaku target pasar Anda
  • Menentukan persona pelanggan ideal Anda

III. Strategi Pemasaran Digital

  • Membuat rencana pemasaran digital
  • Mempertimbangkan budget dan sumber daya
  • Memilih platform pemasaran digital yang tepat

IV. Konten Pemasaran

  • Menentukan jenis konten yang tepat
  • Menentukan topik yang menarik bagi target pasar Anda
  • Membuat strategi distribusi konten Anda

V. Search Engine Optimization (SEO)

  • Pengenalan tentang SEO
  • Keyword research dan optimasi on-page
  • Optimasi off-page

 

VI. Pemasaran Sosial Media

  • Pengenalan tentang pemasaran sosial media
  • Membuat strategi pemasaran sosial media
  • Mengelola akun sosial media Anda

VII. Iklan Online

  • Jenis-jenis iklan online
  • Membuat kampanye iklan yang efektif
  • Menentukan budget iklan yang tepat

VIII. Analisis dan Pelaporan

  • Melacak kinerja pemasaran digital Anda
  • Membuat laporan kinerja pemasaran digital Anda
  • Menentukan area perbaikan dalam strategi pemasaran digital Anda

IX. Kesimpulan

  • Ringkasan dan penilaian ulang materi yang telah dipelajari
  • Mengidentifikasi tindakan lanjutan yang perlu diambil

 

Setidaknya, pembuat konten kursus bisa menambah inspirasi ketika menuliskan modul atau struktur dasar pembelajaran kursus.

3. Menulis konten kursus dengan ChatGPT

Aspek lain dalam pembuatan kursus adalah menulis konten untuk landing page, halaman kursus, dan kampanye pemasaran.

Mampu menulis copywriting yang singkat tapi menarik adalah keahlian lain yang mungkin tidak dimiliki setiap pembuat kursus.

Daripada menyewa copywriter, Anda bisa menambah ide-ide penulisan dari ChatGPT.

Jika informasi yang diketik pada prompt tepat dan spesifik, konten yang dihasilkan akan lebih sempurna.

Mari simak contoh berikut, ketikkan di kolom prompt mengenai konten landing page singkat yang menarik tentang tema pemasaran digital.

Gambar berikut adalah tanggapan ChatGPT.

Tips penting menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan keberhasilan bisnis

Industri apapun sebenarnya dapat memanfaatkan aplikasi obrolan berbasis Generative Pre-Trained Transformer yang dibesut oleh Elon Musk.

Agar bisnis semakin berhasil mendatangkan pundi-pundi rupiah dan memuaskan pelanggan, perhatikan tips-tipsnya di bawah ini:

1. Ketik perintah jelas & spesifik di prompt

Hindari penggunaan bahasa yang membingungkan atau ambigu sebab pasti dapat menyebabkan ChatGPT memberikan jawaban kurang relevan dengan yang Anda maksud.

Sebelum mengetik perintah di prompt, pastikan terlebih dulu tujuan Anda. Apakah hanya ingin bertanya, meminta saran, atau sekadar percakapan santai?

Dengan begitu, ChatGOT akan memberikan jawaban yang lebih relevan & spesifik sesuai kebutuhan.

2. Pilih topik yang tepat

ChatGPT dapat membahas berbagai topik, namun Anda perlu memilih topik yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang teknologi maka pilihlah topik seputar teknologi & inovasi.

Teruslah konsisten dalam berkomunikasi dengan ChatGPT. Hal ini bisa membantu ChatGPT untuk memahami lebih baik bisnis Anda dan memberikan jawaban berdasarkan konteks.

3. Hindari kata-kata tak sopan

Meskipun hanya alat kecerdasan buatan, namun ChatGPT adalah mesin yang bisa terus belajar sesuai informasi yang Anda masukkan. Jadi, tetap jagalah etika komunikasi saat berinteraksi dengan ChatGPT.

Hindari pemakaian bahasa yang tidak pantas, tak sopan, atau tidak senonoh karena tentu akan merugikan citra bisnis Anda.

4. Baca ulang hasil jawaban ChatGPT

Setelah memberikan tanggapan atau jawaban atas perintah Anda di prompt, cobalah membaca ulang jawaban tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa jawaban tersebut sesuai dengan permintaan atau pertanyaan Anda.

5. Berikan feedback

Memberikan feedback kepada ChatGPT dapat membantu meningkatkan kemampuan ChatGPT dalam memberikan jawaban yang lebih baik di masa depan.

Berikan feedback yang jujur dan konstruktif agar ChatGPT dapat terus berkembang dan memberikan layanan yang lebih baik.

Kenapa sih bisnis Anda perlu memakai ChatGPT?

Penerapan ChatGPT sangat penting dalam bisnis edukasi, khususnya pembuatan materi kursus online. Berikut adalah alasan kenapa bisnis Anda perlu memakainya:

1. Efisiensi waktu

Sebagai mesin, ChatGPT dapat bekerja setiap saat dan di manapun Anda mengaksesnya. Bantuan kecerdasan buatan untuk merancang modul pembelajaran, struktur kursus, hingga pembuatan konten materi landing page & pemasaran kursus lebih cepat, praktis, dan efisien.

Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk brainstorming atau menyelesaikan semuanya sendiri, Anda bisa menemukan ide unik & menarik untuk konten dalam hitungan menit.

2. Fokus ke tugas inti

Karena pembuatan materi dapat dibantu kecerdasan buatan, Anda bisa fokus ke tugas inti lainnya yang lebih penting. Misalnya, Anda bisa membuat skrip video melalui ChatGPT, sedangkan sisa waktu yang lain Anda manfaatkan untuk membuat konten video.

Begitu banyak waktu yang bisa dihemat dan diinvestasikan dalam tugas-tugas berharga untuk meningkatkan bisnis edukasi Anda.

3. Mengurangi biaya

Anda bisa menghemat biaya dengan kecerdasan buatan. Alih-alih mempekerjakan asisten untuk membantu Anda, sekarang Anda bisa memanfaatkan ChatGPT sebagai asisten AI virtual untuk menyelesaikan berbagai hal.

Entah itu, penjadwalan kursus atau hal lain yang lebih kreatif, ChatGPT bisa membantu Anda.

4. Ramah SEO

Dengan ChatGPT, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan SEO dan ramah mesin penelusuran. Tidak perlu lagi masuk ke teknis SEO, saat Anda memiliki asisten ahli berbasis kecerdasan buatan.

Ini saatnya digitalisasi bisnis Anda dengan teknologi Mayar berbasis AI!

Nah, itulah cara membuat kursus online menggunakan aplikasi ChatGPT. Sangat berguna, kan? Anda bisa memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mempercepat tugas-tugas penulisan dalam hitungan menit dengan hasil efektif.

Sama halnya Mayar dapat membantu Anda menulis copywriting Headline untuk konten pemasaran seperti landing page yang akan meningkatkan penjualan kursus / kelas online Anda.

Tak perlu coding sama sekali atau keahlian khusus, teknologi AI sangat mudah dipelajari bahkan bagi pemula. Daftar akun Mayar hari ini dan mulai digitalisasi bisnis Anda sekarang!

Butuh bantuan atau ada pertanyaan mengenai teknologi New API Mayar, silakan kontak info@mayar.idatau follow akun Instagram @mayar_id.