Affiliate, Konsep Berfaedah Dibalik Pemasaran Bisnis

Affiliate, Konsep Berfaedah Dibalik Pemasaran Bisnis

Bagaimana menurut Anda, jika Anda bisa menghasilkan jutaan rupiah kapan saja, dan dari mana saja, bahkan saat tidur?

Itulah konsep sederhana dibalik pemasaran afiliasi atau affiliate marketing.

Secara umum, affiliate marketing adalah strategi untuk mendorong penjualan dan menghasilkan uang secara online. Sangat bermanfaat untuk brand, marketer, serta bisnis agar melejitkan pemasaran produk atau jasa.

Faktanya, sekitar 81% brand dan 84% penerbit memanfaatkan kekuatan affiliate marketing di Amerika. Sedangkan, pada 2020, affiliate marketing setiap tahun akan bertambah 10% mencapai $6,8 miliar dollar.

Apa itu affiliate marketing?

Jadi, sebenarnya apa affiliate marketing? Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah proses di mana, afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain.

Afiliasi hanya mencari produk yang disukai. Selanjutnya, mempromosikan produk tersebut dan meraih komisi dari setiap penjualan. Penjualan ini bisa dicek melalui tautan afiliasi dari satu website ke website lainnya.

Strategi affiliate marketing yang bisa diikuti.

1. Rekomendasikan produk yang terpercaya.

Membangun kepercayaan dengan audiens sangat penting dalam affiliate marketing.

Maka itu, pastikan untuk merekomendasikan produk yang sudah pernah Anda gunakan dan sudah Anda kenal. Jika belum pernah memakai, jangan pernah menyuruh siapa pun untuk langsung membeli produk tersebut.

Semakin banyak rekomendasi produk berkualitas, semakin besar kepercayaan audiens terhadap afiliasi.

2. Promosikan produk dari berbagai merchant.

Ada ungkapan yang mengatakan,” jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”. Jika cuma satu produk yang dipromosikan, Anda terjebak dengan komisi, landing page, serta tingkat konversi satu kategori produk saja.

Penting untuk bekerja sama dengan banyak pedagang atau merchant yang berbeda. Sehingga, affiliate marketing bisa mempromosikan berbagai macam produk.

Semakin banyak jenis produk, semakin besar jumlah komisi yang bisa diraih.

3. Terus uji dan optimalkan tingkat konversi.

Katakanlah, Anda punya halaman promosi khusus untuk memperkenalkan produk melalui link affiliate.

Jika, sekarang mendapatkan 5.000 kunjungan per bulan, dengan tingkat konversi 2%, maka Anda memiliki 100 referral. Untuk mendapatkan 200 referral, Anda fokus untuk memperoleh 5.000 lebih kunjungan atau tingkatkan konversi jadi 4%.

Ketimbang repot menghabiskan waktu berbulan-bulan dengan blogging atau guest posting, lebih baik tingkatkan konversi 2%.

Misalnya, mengoptimalkan landing page, memasang tombol call to action, dan lainnya. Optimalkan website atau landing page, untuk memperoleh hasil terbaik dengan sedikit usaha.

4. Fokus ke sumber traffic afiliasi.

Penting memahami dari mana asal traffic dan demografi audiens. Sebab, hal ini bisa mempengaruhi isi konten atau pesan affiliate yang merekomendasikan produk tertentu.

Anda seharusnya bukan fokus pada sekitar lokasi berada, tetapi lebih ke asal traffic dan dari mana audiens atau pengunjung website. Sumber lalu lintas/ traffic bisa mencakup kunjungan organik, berbayar, media sosial, referral, email, dan sebagainya.

Cek sumber traffic ini melalui Google Analytics untuk memastikan dari mana lokasi asal audiens, usia, jenis kelamin, waktu, perangkat seluler/ komputer, dll. Data analitik ini sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat, meningkatkan tingkat konversi, dan menghasilkan lebih banyak penjualan afiliasi.


Sangat jelas bahwa affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah solusi ideal bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Dengan kerja sama bareng penjual, affiliate marketing yang termotivasi bisa meraih penghasilan jutaan rupiah cukup dari rumah!

Proses affiliate marketing bisa melalui pembuatan landing page, ulasan, blog, media sosial, webina, hingga jual produk secara online.

Mayar sangat mendukung bisnis online di era digital dengan pembayaran modern yang praktis, cepat, dan lengkap. Cukup sekali klik, pelanggan bisa membayar atau membeli produk digital yang sudah Anda tawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan affiliate marketing dengan membuat landing page atau website secara otomatis, dilengkapi Check-out button Mayar.

Silakan cek tautan di bawah untuk melihat contoh website atau landing page dengan embed tombol check-out dari Mayar.

Berjualan E-Book dengan Mayar Embed Button Overlay

➡️ https://mayar-static-sample-ebook.vercel.app/

Registrasi Webinar Berbayar dengan Mayar Embed Button Overlay

➡️ https://mayar-static-sample-webinar-fashion.vercel.app/

Booking Event Konferensi dengan Mayar Embed Button Overlay

➡️ https://mayar-static-sample-konferensi.vercel.app/