Cara Buat Barcode Tiket Event Offline PDF dan Contoh Penggunaannya

Cara Buat Barcode Tiket Event Offline PDF dan Contoh Penggunaannya

Hai, Sobat Mayar semua! Kali ini kita akan membahas topik menarik cara membuat barcode di tiket event offline PDF di platform Mayar.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, acara-acara seminar, pameran, maupun konser bisa menjadi ajang promosi bisnis. Sayangnya, ketika pandemi melanda, menggelar acara tatap muka fisik sangat sulit.

Tapi jangan khawatir, sekarang pemerintah sudah memperbolehkan berbagai acara dan aktivitas fisik di luar ruangan. Selain itu, bagi para EO (Event Organizer) yang ingin membuat tiket event offline, Mayar ada solusi inovatif nih!

Sekarang, Mayar menghadirkan metode tiket QR Code/ Barcode.

Apa itu QR Code?

Ya, kode Quick Response Code terdiri dari pola hitam dan putih yang membentuk tampilan kotak-kotak yang tersusun secara geometris.

QR code digunakan untuk menyimpan informasi seperti teks, URL, nomor telepon, dan data lainnya dalam bentuk grafis yang dapat dibaca dengan cepat menggunakan perangkat pemindai (scanner), kamera smartphone, atau perangkat lainnya.

Nah, tiket PDF di Mayar sekarang bisa mempunyai QR Code. Praktis banget kan, untuk proses check-in peserta seminar atau pengunjung konser memakai alat scanner barcode. Cepat dan nggak ribet!

Penasaran cara buat dan contoh penggunaannya? Yuk, kita bahas bersama-sama di bawah ini!

Cara Membuat Event Offline dan Tiket Barcode dengan Platform Mayar.id

Silakan simak video panduan tutorial Mayar untuk lebih detailnya.

Berikut adalah panduan singkat untuk membuat event offline dan tiket barcode PDF:

Langkah 1: Login dan Akses Dashboard

· Login ke platform Mayar.id.

· Setelah login, Anda akan masuk ke halaman dashboard atau beranda Maya.

Langkah 2: Buat Event Offline

· Klik tombol "Product" di bagian kanan atas.

· Pilih "Event" atau "Acara".

Langkah 3: Isi Detail Event

Isi formulir yang muncul dengan informasi berikut:

· Nama event atau acara.

· Deskripsi event.

· Lokasi atau alamat event.

· Lokasi dalam peta (opsional).

· Waktu mulai dan waktu selesai event.

· Unggah gambar cover event.

· Instruksi penting untuk peserta.

· Syarat dan ketentuan.

· Batas pendaftaran.

· Jumlah maksimal tiket per transaksi.

· Redirect URL (opsional).

Langkah 4: Buat Tiket

Klik tombol "Buat Tiket" di halaman detail event.

Isi detail tiket, termasuk:

· Tipe tiket (berbayar atau gratis).

· Nama tiket.

· Jumlah tiket atau kuota.

· Deskripsi tiket.

· Waktu mulai dan waktu selesai penjualan tiket.

Langkah 5: Tambahkan Host (Jika Diperlukan)

· Jika perlu, tambahkan host event dengan mengklik tombol "Tambah Host".

· Isi detail host seperti nama, pekerjaan, profil host, dan foto profil host.

Langkah 6: Pembelian Tiket

· Bagikan link pembelian tiket kepada calon peserta.

· Peserta dapat memilih jumlah tiket yang ingin dibeli dan melakukan pembayaran.

Langkah 7: Check-In Peserta

· Setelah peserta membeli tiket, Anda dapat melakukan check-in peserta.

· Pilih tab "Transaksi dan Check-In" di halaman event.

· Pilih peserta yang akan di-check-in dengan menginputkan nama atau nomor invoice, atau dengan melakukan scan QR Code tiket.

· Klik "Check-In" untuk mencatat kehadiran peserta.

Langkah 8: Pantau Data Peserta

· Untuk memantau data peserta yang sudah check-in, pergi ke tab "Detail".

· Buka tabel "Detail Tiket" dan Anda akan melihat waktu check-in peserta.

Nah, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat lebih mudah membuat event offline dan mengelola tiket memakai platform Mayar. Keren, kan!

Baca Juga : Terima Pembayaran Lebih Mudah Dengan Mayar Simple POS

Cara Mencetak Barcode/ QR Code Tiket

Peserta yang akan check-in cukup membuka email dan meng-klik tombol "Unduh Tiket"  berwarna biru.

Selanjutnya dapat dilihat e-Ticket yang dihasilkan berupa file format PDF untuk discan melalui kamera smartphone maupun alat scanner lainnya.

Bila berhasil discan, data peserta yang sudah check-in akan tercatat otomatis di laman Detail Peserta.

Contoh Penggunaan Kode QR dan Barcode Untuk Tiket Acara/ Event Offline

QR Code atau kode QR bisa berisi berbagai info penting seperti URL landing page, alamat lokasi, jadwal, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan QR code untuk menampilkan promosi maupun info bermanfaat lainnya ketika event berlangsung.

Mari kita simak beberapa penerapan atau pengaplikasian tiket berupa kode QR maupun barcode agar mempercepat proses registrasi dan check-in peserta/ pengunjung acara event:

1.  Registrasi Acara & Tiket

Kita bisa menggunakan kode QR untuk check-in event/ acara untuk menciptakan pengalaman lebih nyaman bagi penonton atau pengunjung.

Daripada harus antri menunggu lama, pengunjung event akan lebih cepat melakukan proses check-in ke acara cukup melalui alat scanner barcode/ QR code tiket PDF.

Dengan memindai kode QR, peserta dapat mendaftar dan membeli tiket dalam hitungan detik. Ditambah lagi, para peserta juga bisa membayar secara digital melalui berbagai metode pembayaran non tunai, seperti Apple Pay, Samsung Pay, Shopeepay, Gopay, dll.

Selain memudahkan registrasi dan check-in pengunjung acara, kode QR juga dapat menambah kredibilitas event organizer sebagai penyelenggara acara.

2.  Komunikasi Sebelum Acara

Peserta dapat menerima pesan penting baik sebelum maupun selama acara karena semua orang menggunakan teknologi yang sama. Berkat kode QR, Anda sekarang dapat berkomunikasi dengan mudah dalam acara live.

Anda tidak harus mengirim pesan ke semua orang sekaligus melalui email ketika Anda memiliki kode QR. Sebagai alternatif, Anda dapat membuat halaman landing page dan menghubungkan kode QR ke halaman tersebut.

Kemudian, Anda dapat menggunakan berbagai strategi, seperti pemberitahuan pesan teks, info, berita, maupun petunjuk lokasi acara, untuk mengarahkan orang ke halaman tersebut.

Menghubungkan kode QR ke laman landing page event adalah salah satu penggunaan kode QR yang paling penting. Peserta dapat mengatur jadwal setelah memindai kode untuk melihat info event terbaru.

3.  Check-In Tanpa Kontak

Tidak semua orang merasa sepenuhnya nyaman di tempat-tempat ramai, bahkan ketika jumlah dan frekuensi aktivitas langsung meningkat.

Penggunaan kode QR untuk acara lainnya adalah check-in tanpa kontak. Meskipun beberapa orang masih memilih untuk mengambil langkah-langkah seperti memakai masker, hand sanitizer, dan rajin mencuci tangan, yang lain lebih suka check-in tanpa kontak.

Kebanyakan orang terbiasa dengan antrian panjang di meja check-in acara, yang biasanya dipicu oleh dokumen yang harus diselesaikan peserta acara untuk masuk ke lokasi acara.

Namun dengan kode QR, pengunjung bahkan tidak perlu menunggu dalam antrian—mereka bahkan tidak perlu menyentuh apa pun.

Tamu dapat mulai menikmati acara dalam waktu singkat hanya dengan memindai kode QR di samping lokasi check-in lewat HP masing-masing.

4.  Pemasaran Acara

Penggunaan kode QR/ barcode untuk acara dapat membantu meningkatkan jumlah peserta. Pengguna dapat membaca semua detail acara, termasuk lokasi, waktu, dan tautan ke platform pembelian tiket, dengan hanya memindai kode QR yang berisi informasi detail acara.

Selain itu, kode QR atau barcode dapat dicetak di brosur dan materi pemasaran berbasis kertas lainnya.

Dengan menggabungkan penggunaan kode QR, Anda dapat mengembangkan kampanye pemasaran besar pada permukaan cetak seperti papan reklame, tiang iklan, bahkan papan reklame di halte bus.

5.  Melengkapi Kartu Bisnis

Kartu bisnis adalah hal yang penting, terutama saat pertemuan networking bisnis dan acara profesional. Anda dapat membuat kode QR untuk acara dan meletakkannya di kartu bisnis tanpa harus menulis informasi kontak seperti alamat email bisnis, situs web, dan alamat kantor.

Hal ini membantu Anda terhubung dengan calon klien, konsumen, dan investor dengan lebih cepat karena kartu bisnis sudah mencantumkan kode QR ini.

Untuk membangun kredibilitas perusahaan dalam komunitas bisnis, kode QR dapat membantu menampilkan informasi spesifik mengenai profil produk atau perusahaan.

Baca Juga: QR Code Payment: Transformasi Metode Bayar di Masa Depan

6.  Kompetisi dan Hadiah

Hampir kebanyakan orang suka jika mendapatkan hadiah atau merchandise gratisan. Menawarkan barang promosi, hadiah undian, barang gratis, dan bentuk hadiah lainnya adalah salah satu cara perusahaan menarik pengunjung ke stan mereka ketika ada acara pameran atau event expo.

Di masa lalu, agar bisa ikut kontes atau mendapatkan souvenir gratis, para penonton harus datang ke stan dan mengisi formulir pendaftaran atau memberikan kartu nama kepada petugas stan. Meskipun tidak sulit, tetapi hal ini memakan waktu dan kurang efektif.

Namun, berbagi informasi di stan penjual sekarang lebih mudah berkat penggunaan kode QR/ barcode.

Peserta acara hanya perlu memindai kode QR acara dengan smartphone, melihat data di layar mereka, dan mengirimkan data ke panitia kontes.

Selain itu, penjual akan menerima sejumlah besar data dalam sekejap, termasuk nama peserta, alamat email, nomor telepon, jabatan, perusahaan, dan lainnya. Bukan cuma mengikuti kontes/ giveaway, bisnis juga bisa mengadakan survey/ polling ke pelanggan cukup melalui scan barcode/ kode QR.

Manfaatkan Inovasi Barcode Tiket PDF Event Offline, Coba Sekarang!

Bagi para Event Organizer yang sering mengatur acara offline dengan sistem penjualan tiket dan pemeriksaan check-in tiket yang bikin antrian panjang.

Sekarang, selain menampilkan QR CODE, tiket dalam format PDF juga telah ditingkatkan dengan adanya barcode.

Hal ini akan mempermudah para EO dalam melakukan pemeriksaan peserta menggunakan perangkat pemindai (alat scanner) barcode dengan lebih efisien.

Ayo, jangan ragu untuk mencoba, daftar akun Mayar sekarang dan buktikan sendiri kemudahan fitur-fiturnya!


Jangan lupa, minggu ini kami akan membagikan tips-tips bermanfaat seputar bisnis. Beri tahu kami tips favoritmu melalui akun Instagram @mayar_id, yaa.