Cara Memasang Iklan di Tiktok, Jangkau Kaum Muda!

Cara Memasang Iklan di Tiktok, Jangkau Kaum Muda!

Hanya dalam beberapa tahun sejak dirilis, TikTok berkembang sangat pesat dan populer di seluruh dunia. Pada April 2020, TikTok berhasil diunduh sebanyak 2 miliar secara global. Wow… luar biasa.

Gak heran, jika kemudian para pebisnis melirik TikTok sebagai channel pemasaran selanjutnya. Anda bisa beriklan di TikTok untuk meningkatkan brand dan keterlibatan audiens.

Dengan popularitas aplikasi yang identik dengan joget atau dance ini, iklan TikTok bisa menjadi tambahan strategi periklanan di media sosial.

Tapi, perlu diingat ya, beriklan di TikTok itu tidak sama dengan beriklan di Facebook atau Google. Coba baca terus artikel ini agar Anda bisa memiliki gambaran lebih rinci tentang cara memasang iklan di TikTok.

Jenis iklan TikTok

Ada banyak opsi beriklan di TikTok. Jadi, pemilik usaha bisa lebih memilih sendiri apa yang paling efektif dan cocok untuk menjangkau audiens target. Berikut di antaranya:

1. Brand takeover.

Jenis iklan ini memungkinkan Anda mendominasi percakapan saat pesan mengambil alih tampilan layar selama beberapa detik. Kemudian, berubah menjadi iklan video in-feed.

2. Branded AR (Augmented Reality) content.

Iklan Anda di TikTok juga bisa muncul sebagai stiker brand, lensa, dan jenis konten AR lainnya. Sehingga, pengguna TikTok bisa memakainya di dalam video mereka.

3. In-feed video.

Jenis iklan TikTOk yang muncul antara feed story pengguna TikTok di laman “For You”.

4. Hashtag challenge.

Belum lengkap postingan iklan di TikTok tanpa ada hashtag. Jenis iklan ini muncul di bagian “Discovery” dan dapat mendorong keterlibatan atau partisipasi pengguna TikTok.

5. Sponsored influencer content.

Bagi jenis iklan TikTok ini, Anda menyampaikan pesan melalui konten bersponsor dari pengguna TikTok berpengaruh.

Cara memasang iklan di TikTok

TikTok Advertising berkembang pesat seiring pertumbuhan TikTok. Sebelum merilis TikTok for Business pada Juni 2020, brand atau perusahaan mungkin harus menghubungi marketer secara langsung untuk bertanya apakah bisa beriklan.

Tapi, setelah adanya TikTok, memasang iklan berbayar di TikTok semakin mudah. Cukup dengan mulai membuat akun di TikTok Ads Manager.

Pilih negara atau billing country/region, lalu pilih apakah Anda menggunakan akun untuk bisnis atau individu. Kemudian klik "Next."

TikTok kemudian akan meminta Anda untuk memasukkan beberapa informasi dasar seperti alamat email dan kata sandi. Anda juga harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email. Jika Anda memilih untuk mendaftar dengan nomor telepon, pastikan nomor telepon tersebut aktif agar bisa dikirimkan SMS notifikasi.

Konfirmasikan bahwa Anda menyetujui syarat dan ketentuan, lalu klik "Sign Up"

Setelah brand Anda disetujui, masuk ke dashbor dan selesaikan pengaturan akun awal sesuai petunjuk. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat iklan di TikTok:

Langkah 1: Buat kampanye baru.

Mulailah dengan membuat kampanye iklan di bawah tab “Campaign” dan mengeklik tombol “Create”.

Ini akan memberi Anda opsi untuk memilih tujuan kampanye – apakah Anda ingin meningkatkan lalu lintas, konversi, atau pemasangan aplikasi.

Kemudian beri nama Campaign tersebut dan tetapkan anggaran untuk kampanye tersebut. Anda dapat menetapkan anggaran seumur hidup untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dengan cepat. Tetapi, jika Anda menetapkan anggaran harian, Anda dapat secara bertahap dan mantap menjangkau audiens target.

Langkah 2: Pilih penempatan dan penargetan.

Setelah selesai, mulailah membuat grup iklan untuk kampanye. Di sinilah Anda memutuskan penempatan dan penargetan untuk grup iklan. Pilihan penempatan iklan akan menentukan di mana iklan tersebut muncul di TikTok dan platform mitranya.

Anda dapat memilih penempatan otomatis atau memilih penempatan penargetan secara manual. Penempatan otomatis akan memastikan bahwa iklan muncul di semua aplikasi mitra TikTok.

Jadi, itu mungkin sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda tidak memikirkan penempatan tertentu. Dengan opsi “Select Placement”, Anda dapat memilih secara manual aplikasi mitra mana yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi untuk menargetkan pengguna berdasarkan demografi. Antara lain: lokasi, jenis kelamin, kelompok usia, bahasa dan kategori minat.

Tetapi, jika Anda ingin menargetkan grup audiens yang lebih spesifik, Anda juga memiliki opsi untuk membuat audiens khusus. TikTok memungkinkan Anda mengunggah ID pengguna yang ingin Anda targetkan dalam file CSV, ZIP, atau TXT.

Namun, Anda juga dapat membuat audiens khusus berdasarkan metrik tertentu seperti keterlibatan, aktivitas aplikasi, dan lalu lintas situs web.

Langkah 3: Buat iklan baru.

Setelah menyiapkan grup iklan, kini Anda dapat mengonfigurasi iklan pertama Anda. TikTok memberi Anda opsi untuk mengunggah video atau file gambar sebagai materi iklan Anda.

Untuk hasil terbaik, pastikan Anda mengikuti rekomendasi spesifikasi iklan berakhir. Ini akan memastikan bahwa iklan Anda terlihat bagus di TikTok dan di semua platform mitra.

Setelah membuat iklan sesuai keinginan, Anda akan memiliki opsi untuk melihat pratinjau dan mendapatkan gambaran tentang tampilannya bagi pengguna TikTok. Di pos ini, Anda juga dapat mengetahui apakah iklan Anda memerlukan beberapa penyesuaian sebelum mengirimkannya untuk ditinjau tim TikTok.

Anda dapat menyesuaikan iklan dengan menamainya sehingga lebih mudah untuk membedakan antara iklan yang berbeda dalam grup iklan yang sama.

Kemudian, masukkan teks iklan Anda menggunakan 12-100 karakter untuk menyampaikan pesan secara lebih efektif. Teks ini akan muncul di atas iklan.

Selanjutnya, Anda akan memiliki opsi untuk memilih antara ajakan bertindak (call-to-action) yang berbeda tergantung pada minat audiens.

Misalnya, ajakan tindakan ini seperti: "Daftar", "Unduh Sekarang", "Hubungi Kami", "Pesan Sekarang", "Belanja Sekarang", "Daftar Sekarang", atau "Pelajari Lebih Lanjut". Kemudian klik “Submit” untuk menyelesaikan pembuatan iklan Anda.

Langkah 4: Ukur kinerja iklan.

Pekerjaan belum selesai setelah meluncurkan iklan; Anda juga harus mengukur atau menganalisis performa iklan untuk melihat bagaimana kampanye membuahkan hasil.

TikTok menyediakan laman analisis yang dapat menunjukkan kepada pengguna bagaimana kinerja iklan dalam hal tayangan, klik, konversi, dan lainnya.

Anda bahkan dapat menguji dan membandingkan kinerja berbagai materi iklan dan penempatan untuk melihat mana yang terbaik untuk brand Anda.

4 Contoh Iklan Tiktok yang dapat menginspirasi.

Selain mempelajari dasar-dasarnya, penting juga untuk melihat bagaimana brand atau bisnis lain menggunakan iklan TikTok.

Hal ini akan memberi Anda beberapa ide tentang cara menjalankan kampanye Anda sendiri.

Yuk, lihat empat contoh brand berikut yang meluncurkan kampanye iklan brilian di TikTok:

1. NFL.

Pada tahun 2019, NFL meluncurkan stiker AR (Augmented Reality) di TikTok yang menampilkan pemain seperti Mark Ingram, Travis Kelce, dan Rob Gronkowski.

Menggunakan stiker seperti ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan buzz karena mendorong keterlibatan dan interaksi pengguna.

2. Chipotle.

Chipotle telah mendominasi platform TikTok dengan konten video yang menyenangkan dan kreatif.

Termasuk, saat event Halloween, mereka mempromosikan penawaran “Boorito” untuk kampanye iklan influencer. Brand ini menjalin kerjasama dengan influencer papan atas seperti Brittany Broski dan Zach King.

3. Kroger.

Kroger adalah salah satu perusahaan pertama yang menguji fitur "Hashtag Challenge Plus" di TikTok.

Dengan cara ini, maka pengguna TikTok bisa berbelanja langsung di aplikasi untuk produk Kroger yang ditandai dengan tagar kampanye.

Bisa dibilang, strategi pemasaran TikTok ini sangat efektif. Bukan hanya mendorong partisipasi pengguna dan visibilitas brand.

Tetapi, juga meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan fungsionalitas belanja yang lancar.

4. Experian.

Experian meluncurkan iklan TikTok in-feed yang kreatif tapi mudah dipahami.

Menunjukkan obrolan atau chat sederhana antara dua teman yang membahas manfaat Experian Boost terkait penilaian kredit/ hutang atau score credit.

Iklan ini dilengkapi tombol “Download” agar bisa mengajak audiens melakukan tindakan atau call-to-action dengan cepat.

Kunci membuat iklan TikTok yang sukses

Iklan TikTok mungkin terasa sangat berbeda dari platform sosial lain tempat Anda beriklan.

Tetapi, begitu Anda memahami dasar-dasarnya, maka bisa membawa hasil yang mengesankan untuk bisnis.

Tempatkan informasi yang jelas, padat, dan sederhana pada bagian awal dan tengah iklan. Sehingga, isi atau pesan dari iklan TikTok akan mudah tersampaikan ke audiens

Nah, semoga artikel kali ini bisa memberikan wawasan dan manfaat bagi Anda yang ingin beriklan di TikTok. Nantikan dan simak terus update artikel-artikel di Blog Mayar berikutnya, ya.