Cara Membuat Logo Pakai AI, Desain Beres dalam Hitungan Menit

Cara Membuat Logo Pakai AI, Desain Beres dalam Hitungan Menit

Sempat terpikir mau pakai AI logo tapi bingung langkah-langkahnya?

Apakah Anda seorang pengusaha atau freelancer, Anda pasti butuh logo bisnis yang bagus.

Logo itu penting karena bisa membuat orang mengingat bisnis Anda lebih lama, dan kemungkinan besar menjadi pelanggan setia Anda.

Logo bisnis akan mencerminkan identitas uniknya. Anda bisa membuat logo yang bagus tanpa perlu jadi desainer pro. Ya, caranya memakai alat AI logo, suatu alat desain berbasis AI.

Jadi, mari kita pelajari langkah demi langkah panduan memakai AI logo yang menarik dan mudah diingat untuk bisnis Anda di ulasan berikut!

Mengapa logo itu penting untuk branding?

Bukan rahasia lagi kalau logo merupakan salah satu elemen terpenting dalam branding. Karena logo merek adalah representasi visual dari perusahaan, logo tersebut dapat berdampak signifikan terhadap cara orang memandang bisnis Anda.

Logo merek yang dirancang dengan baik memberi tahu calon pelanggan tentang perusahaan Anda tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Beberapa manfaat utama dari branding yang efektif meliputi:

Membantu orang mengenal merek Anda. Ketika orang lihat logo yang bagus, mereka langsung tahu itu merek apa. Ini bikin orang percaya dan cenderung memilih merek yang mereka kenal.

Membuat merek Anda berbeda. Logo yang unik bisa membuat bisnis Anda menonjol, menarik pelanggan baru, dan bikin merek Anda mudah diingat. Ini juga bantu membangun kesetiaan pelanggan.

Logo yang bisa digunakan di banyak tempat. Logo yang efektif bisa digunakan di berbagai tempat, seperti kartu nama dan media sosial. Ini bikin branding konstan dan pelanggan bisa kenali merek Anda di mana saja.

Baca juga: Hobi Seni Beromzet 200Juta Sebulan, Bikin Produk Digital Pakai AI Otomatis

Peran AI dalam desain logo memikat pelanggan

Setelah Anda tahu mengapa logo yang keren harus dimiliki oleh setiap bisnis, sekarang saatnya mempelajari peran AI logo untuk menghasilkan desain logo yang efektif.

Berkat kemampuannya dalam menganalisis data dan pola, AI dapat membantu pemilik bisnis membuat logo yang menarik secara visual dan selaras dengan identitas serta nilai merek.

Di masa lalu, desain logo memerlukan riset pasar yang panjang, brainstorming, dan revisi. Untungnya, dengan AI logo, Anda dapat mempercepat proses desain dan menghasilkan banyak desain logo untuk branding.

AI dengan cepat memindai ribuan desain untuk menghasilkan ide, jadi Anda tidak perlu khawatir menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer.

Hebatnya lagi, alat AI logo juga mudah diakses oleh masyarakat umum, sehingga pelaku UKM juga bisa membuat logo tanpa harus menyewa desainer profesional yang mahal.

Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman desain, Anda bisa lebih mudah memanfaatkan template logo profesional yang telah dirancang sebelumnya, skema warna, dan tipografi untuk membuat logo dalam beberapa klik.

Panduan cara membuat logo memakai AI

Apakah Anda siap membuat logo bisnis Anda sendiri? Berikut cara sederhana menciptakan logo sesuai dengan identitas unik bisnis dengan dibantu AI/ kecerdasan buatan.

Pertama, pikirkan tentang identitas merek dan nilai-nilai inti perusahaan. Pikirkan kata atau frasa yang bisa menggambarkan kepribadian merek Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis perhiasan, mulailah dengan kata "jewellery" dan daftar semua karakteristik yang ada, seperti apakah produk Anda ramah lingkungan atau memiliki pesan tertentu.

Setelah itu, pertimbangkan berbagai gaya dan elemen desain yang cocok dengan merek Anda.

2. Buat ringkasan desain

Setelah ide-ide terpikirkan, buat ringkasan desain untuk menentukan apa yang perlu ada dalam logo tersebut, seperti font atau warna khusus.

Anda juga bisa mencantumkan beragam gaya logo untuk menyampaikan pesan merek Anda, seperti logo lingkaran atau font kursif.

3. Pilih alat desain AI yang sesuai

Penting untuk memilih alat desain AI yang cocok untuk branding. Pastikan alat ini memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan menawarkan berbagai pilihan desain logo.

Setelah menemukan alat yang sesuai, gunakan deskripsi terperinci tentang logo yang Anda inginkan, dan biarkan AI membuat desainnya. Prosesnya sangat mudah.

Setelah Anda memilih salah satu logo yang dihasilkan AI, perbaiki desainnya. Anda bisa menggunakan alat pengeditan foto online untuk memperbaiki warna, tipografi, bentuk, dan elemen lainnya.

6. Ekspor dan gunakan logo baru

Selamat, Anda sudah belajar cara membuat logo dengan bantuan AI! Jika Anda puas dengan desain logo tersebut, ekspor dan unduh logo tersebut. Sekarang, gunakan logo baru itu untuk mempromosikan bisnis dan membangun branding awareness.

Tutorial Langkah Membuat Logo Dengan Platform AI Logo Gratis Canva

· Buka Canva

Buka Canva dan cari "Logo" untuk mulai membuat logo Anda sendiri.

· Pilih template profesional

Telusuri berbagai template logo yang disediakan Canva untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih tata letak logo untuk berbagai jenis bisnis, seperti game, makanan dan minuman, olahraga, dan lainnya.

· Sesuaikan desain logo

Pastikan logo benar-benar sesuai dengan brand Anda dengan mengubah sebagian atau semua desain template. Ganti jenis huruf, ubah kombinasi warna, dan tambahkan teks serta gambar Anda sendiri untuk memastikan logo mencerminkan bisnis Anda.

· Kreatif dengan fitur desain lainnya

Alat tarik dan lepas membuat desain logo menjadi menyenangkan dan mudah. Cari jutaan ikon, gambar, stiker, dan vektor untuk digunakan. Eksperimen dengan alat seperti balik gambar, filter foto, dan animasi untuk menambahkan sentuhan kreatif.

· Unduh, bagikan, dan bangun identitas brand

Setelah Anda puas dengan logo tersebut, simpan dan gunakan logo pada semua materi pemasaran dan branding Anda, atau bahkan gunakan sebagai logo Instagram!

Simpan logo dalam format file PNG, JPEG, atau bahkan PDF supaya lebih mudah dicetak. Anda juga bisa membagikan logo itu di semua platform media sosial langsung dari Canva cukup sekali klik.

Baca Juga: Digital Art Kolaborasikan Seni dan Teknologi, Dulu Pensil Kini Pixel!

5 Masalah Umum Pembuatan Logo Memakai AI/ Kecerdasan Buatan

Perusahaan dan brand saat ini memiliki banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan pemasaran, periklanan, dan identitas brand.

Oleh karena itu, tidak heran jika solusi AI logo yang cepat dan ekonomis sangat dicari, tetapi apakah selalu merupakan pendekatan terbaik? Simak dulu beberapa masalah umum AI logo berikut:

· Tidak Bisa Mendaftarkan Logo AI

Anda tidak dapat mengajukan hak cipta atau merek dagang untuk logo yang dibuat oleh AI. Logo AI tidak memiliki perlindungan hukum sehingga mungkin saja disalin oleh perusahaan lain tanpa izin, yang dapat merugikan brand.

· Tidak Bisa Membuat Teks

Meskipun simbol, ikon, atau gambar penting dalam logo, tipografi juga sangat diperlukan. AI tidak mampu menghasilkan teks yang baik untuk logo, sehingga elemen ini sering dikorbankan.

· Tidak Bisa Diedit

AI adalah perangkat lunak, sehingga tidak ada "manusia" yang bisa Anda minta untuk melakukan pengeditan pada logo. Hal ini terkadang menciptakan kerumitan ketika Anda perlu membuat perubahan dan penyesuaian.

· Logo AI Tidak Menghasilkan Vektor

Logo yang baik harus dalam format vektor, yang memungkinkan perubahan ukuran tanpa kehilangan kualitas. Logo AI hanya tersedia dalam format .JPG atau .PNG, yang kualitas pikselnya rendah saat diperbesar.

· Keterbatasan Pemahaman AI

AI tidak memiliki kemampuan berpikir kritis atau kreatif untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berkesan. Logo AI cenderung sederhana, umum, dan kurang unsur kreativitas. Padahal, jika ingin menciptakan logo yang kuat dan mudah diingat, desainer perlu melakukan riset tentang audiens, budaya, dan industri yang sesuai.

Meskipun generator desain logo AI masih dapat menciptakan desain dasar, tetapi alat ini kurang kreatif untuk menciptakan logo hebat. Generator AI menghasilkan logo berdasarkan pemahaman yang sangat umum tentang deskripsi tanpa memahami unsur orisinalitas dan keunikan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin logo untuk komputer, hal terakhir yang mungkin dibuat oleh program AI adalah gambar apel. Namun, itulah yang dilakukan salah satu perusahaan terkenal di dunia.

Bagi Apple, buah apel mewakili Adam & Hawa, kesucian, kesederhanaan, dan dahaga manusia akan pengetahuan. Ini adalah contoh logo dengan makna simbolis yang kuat.

Demikian juga, logo Starbucks bukanlah gambar secangkir kopi. Ini adalah logo seorang wanita berambut panjang yang mewakili misteri, keajaiban, dan obsesi - semua makna kuat untuk memajukan brand.

Jualan Logo dan Karya Digital Anda di Mayar, Hasilkan Uang Secara Online!

Sederhananya, meskipun AI dapat digunakan sebagai sumber inspirasi visual, ia tidak dapat menggantikan peran desainer manusia dalam menciptakan logo yang fantastis. Investasi dalam desainer logo profesional tetap sangat penting untuk bisnis Anda.

Anda seorang desainer logo atau konten kreator? Saatnya nih, jualan logo atau karya digital Anda di Mayar.id! Terima pembayaran mudah, pembuatan website dan katalog otomatis, serta masih banyak segudang fitur keren lainnya.

Coba aja dulu yuk berbisnis online dengan SIGN Up Mayar sekarang atau ada pertanyaan dan butuh info selengkapnya silakan email: [email protected].