Fitur “Paylater” Bisa Untungkan Bisnis & Pelanggan Anda, Gimana Caranya?

Fitur “Paylater” Bisa Untungkan Bisnis & Pelanggan Anda, Gimana Caranya?

Istilah “paylater” sekarang sudah sangat familiar. Dikenal juga sebagai “Beli Sekarang, Bayar Nanti” memudahkan konsumen untuk berbelanja dengan cara angsuran.

Pembayaran paylater bisa sangat berdampak pada bisnis. Sebab, nantinya pembayaran bisa dinegosiasikan sesuai angsuran yang disepakati saat membeli produk. Bahkan, ada beberapa penyedia metode pembayaran Paylater yang bebas bunga dalam jangka waktu tertentu.

Wah.. menarik, kan? Konsumen bisa membeli dengan cara mengangsur sehingga lebih ringan. Penjual juga dapat keuntungan, karena produk bisa laku terjual dengan cepat.

Biasanya, Paylater menjadi layanan yang digunakan oleh perusahaan besar. Namun, di era digital saat ini, “Beli sekarang, Bayar Nanti” juga populer di kalangan UMKM atau usaha kecil.

Berkat beberapa penyedia metode pembayaran, marketplace, dan aplikasi fintech, memungkinkan semua jenis usaha mendapat keuntungan dari sistem paylater.

Pengen tahu lebih lanjut tentang layanan paylater? Dan bagaimana, sistem paylater bisa menguntungkan bisnis serta konsumen Anda? Wajib simak terus ulasan berikut, ya!

Gimana cara kerja sistem Paylater?

Beli sekarang bayar nanti untuk UMKM adalah metode pembayaran alternatif yang memungkinkan konsumen membeli produk dengan cara angsuran atau mencicil.

Tak seperti kartu kredit, yang lebih kompleks dan butuh proses panjang, paylater hanya butuh kartu identitas dan nomor telepon.

Satu dekade lalu, perusahaan seperti Afterpay atau Klarna mulai merintis layanan paylater. Sekarang, popularitas paylater semakin meningkat, terutama bagi eCommerce atau toko online.

Pinjaman tanpa bunga kepada konsumen ini, memberikan keuntungan sekitar 5% bagi eCommerce.

Apa keunggulan "paylater" untuk bisnis Anda?

Mengingat bahwa perusahaan atau bisnis Anda perlu mengambil keuntungan, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa keuntungan yang didapat usaha saya dari sistem paylater?”

Sebenarnya, ada berbagai manfaat. Termasuk, menumbuhkan dan melejitkan usaha kecil maupun eCommerceAnda.

Berikut beberapa keunggulan paylater untuk usaha Anda, antara lain:

1. Meningkatkan penjualan usaha.

Konsumen akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika melakukan pembelian. Sebab, mereka bisa mengangsur sehingga pembayaran jadi lebih mudah dan ringan dalam jangka waktu sekitar 30 hari.

Meski mungkin, banyak konsumen yang menghindari hutang. Tetapi, di era modern sekarang, konsumen cenderung lebih senang belanja cepat dan praktis. Ketimbang harus menabung lama dan baru membeli produk yang diinginkan.

2. Menambah kepercayaan konsumen.

Konsumen cenderung lebih memilih brand atau bisnis yang menawarkan opsi paylater, karena dianggap lebih cepat dan mudah dalam proses pembayaran secara sistematis.

3. Bisnis dibayar penuh.

Pembayaran adalah nyawa bagi kelangsungan usaha. Banyak usaha yang terpaksa gulung tikar, disebabkan pembayaran yang macet atau hutang namun tak tertagih.

Dengan paylater, bisnis Anda masih dibayar penuh dan cepat. Menjadikan arus kas usaha lebih lancar dan saling menguntungkan bagi konsumen maupun usaha Anda.

4. Tetap kompetitif.

Ada banyak brand atau bisnis lain yang mungkin menawarkan produk dan jasa yang sama. Namun, pelanggan akan cenderung memilih bisnis yang memudahkan metode pembayaran paylater.

Bagaimana model bisnis “paylater” membantu transaksi B2B?

Paylater bisa menjadi metode pembayaran pilihan bagi banyak konsumen usaha Anda. Misalnya, bisnis ritel atau eCommerce membutuhkan modal yang besar ketika menghadapi hari Raya Lebaran, Natal, Ramadhan, atau musim liburan sekolah.

Nah, dengan sistem paylater, toko bisa menyimpan stok produk dulu, sambil mengelola modal untuk melunasi pinjaman setelah masa penjualan yang sibuk.

Dengan cara ini, paylater berfungsi seperti pinjaman bisnis, namun bebas bunga. Sehingga, cocok untuk melancarkan arus kas usaha.

Data statistik penggunaan sistem paylater untuk usaha.

Menurut data Panorama, diperkirakan sekitar 15 juta orang di Inggris, secara aktif memakai sistem “beli sekarang, bayar nanti” untuk berbelanja.

Hampir 30% di antaranya, berusia 20-30 tahun, menurut penelitian perusahaan data Equifax.

Daripada membayar secara lunas, paylater memungkinkan konsumen mengangsur biaya dalam jangka pendek, beberapa minggu atau beberapa bulan (biasanya 30 hari).

Pemain utama dalam industri paylater yang populer seperti PayPal. Namun, sekarang ada banyak marketplace yang menyediakan metode paylater.

Bagi kebanyakan orang, “beli sekarang bayar nanti” bisa menjadi cara yang nyaman untuk kemudahan belanja mereka.

Apakah "paylater" berisiko utang macet/ piutang tak tertagih bagi usaha?

Meski ada sejumlah keuntungan memakai paylater untuk konsumen dan bisnis, Anda perlu ingat bahwa ini adalah pinjaman.

Bagi konsumen, sudah seharusnya mempertimbangkan rencana pembelian dengan cermat sesuai kondisi finansialnya.

Sedangkan, bagi bisnis, penting untuk menghitung proyeksi penjualan agar tidak membelanjakan di luar kemampuan modal usaha.

Karena itu, model ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keuntungan usaha karena minim resiko.

Tak seperti piutang bisnis pada umumnya, paylater menawarkan opsi untuk membayar cicilan tanpa bunga, dengan syarat tertentu.

Bagaimana usaha bisa meningkatkan penghasilan dengan sistem paylater?

Perusahaan menghasilkan uang dari retailer, bukan pelanggan. Penyedia paylater seperti Klarna, Clearpay, dan Laybuy menjelaskan kepada retailer bahwa dengan menawarkan layanan paylater, mereka dapat meningkatkan penjualan.

Semakin banyak pelanggan berbelanja, semakin besar keuntungan bagi perusahaan yang menyediakan paylater.

Apalagi, lebih dari 50% toko online besar di Inggris menawarkan opsi pembayaran beli sekarang bayar nanti/ paylater untuk menambah pengalaman belanja bagi konsumen.

Terima Pembayaran PayLater Akulaku di platform Mayar.id

Nah, bagi Anda yang menjalankan eCommerce atau toko online dengan Mayar, ada kabar baik, nih!

Sekarang, Anda bisa memakai metode paylater atau pembayaran cicilan untuk produk Anda dengan PayLater Akulaku.

Bisnis Anda akan mendapatkan pembayaran penuh, dan pelanggan yang mencicil ke Akulaku. Fitur cicilan bisa mendorong penjualan dan meningkatkan kredibilitas usaha di mata konsumen.

Gimana, tertarik meningkatkan metode pembayaran usaha Anda dengan sistem paylater? Silakan hubungi tim sales mayar atau email [email protected] untuk aktifkan sistem Paylater Akulaku di website atau landing page Anda.

Mengapa Paylater Adalah Metode Pembayaran Masa Depan?

Saat pandemi merebak pada awal 2020, banyak hal yang berubah. Sebagian besar bisnis dan ekonomi ikut terdampak.

Salah satu yang bisa membangkitkan kembali gairah ekonomi adalah belanja online atau transaksi digital. Beli sekarang, bayar nanti atau yang dikenal sebagai Paylater menjadi praktik baru yang memudahkan konsumen membeli barang.

Sederhananya, konsumen bisa membayar produk atau jasa dengan mencicil alias tanpa perlu membayar semuanya sekaligus.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu melakukan inovasi untuk mempermudah konsumen saat bertransaksi serta mendorong penjualan.

Inilah mengapa bisnis Anda harus mempertimbangkan bentuk pembayaran Paylater mulai sekarang untuk mempertahankan persaingan usaha di masa depan.

Source img: Photo by Blake Wisz on Unsplash