Kirim Notifikasi WhatsApp ke Pelanggan, Tren Baru Layanan Bisnis Zaman Now

Kirim Notifikasi WhatsApp ke Pelanggan, Tren Baru Layanan Bisnis Zaman Now

Masih suka kirim SMS atau email untuk broadcast informasi ke pelanggan? Kenapa bukan notifikasi Whatsapp? Well, sepertinya Anda bakal berubah pikiran setelah membaca artikel kali ini.

Pasalnya, setiap hari makin banyak pebisnis yang meninggalkan email marketing dan beralih ke notifikasi WA (WhatsApp).

Ya, pesan baru di WA yang berbunyi nyaring di ponsel sekarang jadi tren baru di kalangan tim marketing.

Bukan tanpa alasan, notifikasi Whatsapp memiliki tingkat keberhasilan pengiriman yang tinggi dan mudah dikelola. Selain itu, ekonomis untuk mendukung efisiensi biaya.

Tak kurang dari sekitar 2,44 miliar pengguna Whatsapp ada di seluruh dunia, inilah mengapa aplikasi berwarna hijau ini sangat prospektif mendukung bisnis untuk menjangkau pelanggan.

Ditambah lagi, perkembangan baru WhatsApp Business API memungkinkan kita kirim notif WA ke pelanggan melalui aplikasi, jadi pelanggan lebih cepat mengetahui jika ada info produk atau jasa terbaru.

Yuk, kita pelajari lebih lanjut apa itu dan bagaimana kita bisa memanfaatkan notifikasi Whatsapp untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Apa itu Notifikasi WA/ Whatsapp?

Pada dasarnya, notifikasi Whatsapp adalah pemberitahuan atau info yang dikirim melalui Whatsapp Business API.

Menariknya, tim marketing bisa memanfaatkan algoritma dari notifikasi WA tersebut untuk mengetahui kapan dan seberapa sering harus mengirimkan info-info broadcast melalui notif WA.

Anda juga bisa mengotomatisasi info yang relevan dan menjadwalkannya untuk dikirim ke pelanggan.

Sebagai contoh, notifikasi WA bisa dipakai untuk mengirimkan info tentang resi pembayaran, pengingat pembayaran (follow up), info produk/ jasa, tracking order, dan masih banyak lagi.

Kenapa Notifikasi via WhatsApp Lebih Unggul Dibandingkan SMS?

Selama ini, banyak brand atau bisnis menggunakan layanan SMS untuk mengirim informasi ke pelanggan.

Namun, sekarang semakin banyak bisnis beralih ke notifikasi via Whatsapp. Tapi, di antara keduanya, manakah yang lebih unggul? Mari kita lihat perbandingannya di bawah ini.

1. Pengiriman

Yang dimaksud pengiriman di sini adalah persentase notifikasi yang sampai ke penerima dengan sukses. WhatsApp memiliki tingkat pengiriman hampir 100%, sehingga pemberitahuan selalu sampai kepada pelanggan selama mereka memiliki koneksi internet.

Sementara SMS juga bisa dikirim tanpa internet, namun ada kemungkinan lebih rendah daripada WhatsApp. Hal ini karena SMS harus melewati proses penyaringan oleh operator yang kadang bisa memblokir SMS yang dianggap mencurigakan.

Jadi, ada kemungkinan SMS tidak sampai ke penerima, dan kita tidak tahu kapan SMS tersebut akan disaring.

Selain itu, SMS mungkin tidak bisa dikirim ke pelanggan internasional karena adanya batasan zona operator. SMS biasanya hanya digunakan untuk pengiriman lokal. Jadi, dalam hal pengiriman, notif WhatsApp lebih unggul.

2. Persyaratan dan Waktu Pengaturan

Untuk WhatsApp Bisnis, kita hanya perlu mendaftar akun API WhatsApp melalui mitra WhatsApp. Prosesnya hanya butuh waktu 10 menit, dimana kita hanya perlu memberikan informasi dasar seperti email dan nama perusahaan. Verifikasi bisnis opsional mungkin memerlukan waktu 5-20 hari kerja.

Sementara itu, untuk SMS, proses pengaturannya jauh lebih rumit dan memakan waktu lebih lama. Kita harus mengisi pertanyaan seputar bisnis dan penggunaan kode tertentu yang harus disetujui oleh operator SMS. Proses ini memakan waktu antara 8 hingga 12 minggu, dan belum tentu berhasil.

3. Harga

Biaya notif bisa berbeda-beda tergantung pada jenis saluran dan penyedia layanan. WhatsApp menetapkan harga notif melalui mitra-mitra resminya.

Biasanya, mitra WhatsApp menggunakan berbagai model harga seperti tarif per pesan, paket pesan, dan biaya pengguna bulanan.

Sebagai contoh, website 360dialog mengenakan biaya bulanan sebesar $5 ditambah biaya penggunaan pesan standar untuk mengirim pemberitahuan.

Sementara itu, biaya pemberitahuan SMS bervariasi tergantung pada jenis nomor SMS dan penyedia SMS. Mengirim pemberitahuan SMS menggunakan kode pendek memerlukan biaya pengaturan dan biaya sewa per kwartal atau tahun, ditambah biaya per pesan.

Dalam beberapa kasus, notif WhatsApp bisa lebih murah dibandingkan SMS jika Anda memilih mitra WhatsApp yang tepat.

4. Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah memungkinkan bisnis menerima tanggapan dari penerima notifikasi.

WhatsApp mendukung pesan dua arah, yang sangat berguna dalam banyak situasi. Penerima bisa membalas pesan tersebut, misalnya untuk me-reschedule janji atau meminta bantuan. Fitur komunikasi dua arah selalu berfungsi di WhatsApp, tidak peduli di mana Anda berada.

Di sisi lain, SMS jarang mendukung komunikasi dua arah. Beberapa nomor SMS tidak memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan dua arah.

Selain itu, terkadang juga tidak memungkinkan pelanggan internasional untuk membalas pesan, karena hanya memberikan layanan dua arah untuk pemberitahuan lokal.

Jadi, jika Anda ingin berkomunikasi dua arah dengan pelanggan, notif WhatsApp adalah pilihan terbaik.

Cara Mengirim Notifikasi WhatsApp yang Efektif ke Pelanggan

Memanfaatkan notif WhatsApp adalah ide brilian memberitahu pelanggan tentang produk atau layanan terbaru serta info penting lainnya.

Apa saja penggunaan praktis notif WhatsApp? Dan bagaimana caranya? Simak idenya di bawah ini, yuk!

1. Lacak Pesanan

Siapa sih yang tidak senang jika pesanan online mereka bisa dipantau setiap saat? Semua orang ingin pesanan mereka tiba sesegera mungkin. Melalui Whatsapp Anda bisa menginformasikan pelanggan terkait status pengiriman via notifikasi yang real-time.

2. Memberi info terbaru

Punya produk yang sedang laris? Atau Anda akan meluncurkan koleksi baru? Cobalah memberikan notifikasi via WA untuk menjangkau audiens target.

3. Mengingatkan jadwal janji temu

Penelitian menunjukkan bahwa setiap kali ada pertemuan atau jadwal temu dokter atau industri lain yang terlewatkan bisa membuat bisnis merugi miliaran per tahun.

Sebagai contoh, dalam industri perawatan kesehatan, ketika pasien tidak datang ke janji temu dokter mereka, rumah sakit kehilangan pendapatan dari layanan yang seharusnya diberikan.

Selain itu, terdapat biaya operasional yang tetap harus dibayar, termasuk gaji staf medis dan biaya infrastruktur.

Ketidakhadiran pasien juga dapat mengakibatkan penundaan dalam perawatan, yang dapat memperburuk kondisi pasien dan menghasilkan biaya pengobatan yang lebih tinggi.

Dalam industri lain, seperti layanan profesional atau perusahaan yang mengandalkan janji temu dengan klien, kehilangan janji temu dapat berdampak negatif pada reputasi bisnis dan kehilangan peluang bisnis baru.

Kesalahan dalam mengingatkan jadwal janji temu juga dapat mengakibatkan kehilangan waktu dan efisiensi dalam berbagai bidang bisnis.

Oleh sebab itu, bisnis Anda bisa menghindari kerugian tersebut dengan mengirimkan notifikasi via WA satu hari sebelum janji temu yang dijadwalkan ke pelanggan. Selain biaya yang ringan, notif WA akan meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan.

4. Update Akun

Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk memberi notif pelanggan tentang perubahan pengaturan akun mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk cepat bertindak ketika ada aktivitas mencurigakan.

5. Permintaan (follow-up) Pembayaran

Anda dapat mengirim informasi tentang pesanan melalui WhatsApp, seperti invoice atau pemberitahuan bahwa status transaksi pembayaran telah berhasil.

6. Promosi dan Penawaran

Waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk merencanakan promosi tidaklah mudah. Tambahkan notif WhatsApp ke strategi marketing bisnis untuk mengirimkan promo, diskon, event spesial, dan lainnya guna melejitkan penjualan.

7. Dukungan Pelanggan dan FAQ

Pelanggan sering memiliki pertanyaan atau mungkin hal yang membuat mereka bingung, dan notif WA bisa menjadi cara bagus untuk memberikan jawaban.

Kirimkan notif via Whatsapp otomatis dengan tautan untuk mengakses FAQ, bisnis dapat membantu pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus lama menunggu atau mengirim email.

8. Ajakan belanja lagi

Keranjang belanja yang diabaikan begitu saja oleh pelanggan menjadi momok menakutkan bagi bisnis manapun. Bagaimana jika Anda mengirimkan kupon kepada pelanggan supaya mendorong mereka terus berbelanja dengan notif WhatsApp? Ide yang bagus, kan!

Optimalkan Interaksi Pelanggan dengan Integrasi Mayar x Notifikasi WhatsApp!

Yuk, manfaatkan fitur keren integrasi antara Mayar dan Whatsapp sekarang juga! Dengan begitu, Anda bisa mengirimkan notifikasi WhatsApp untuk berbagai keperluan bisnis, mulai dari resi pembayaran hingga pelacakan pesanan.

Semua bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan nomor WhatsApp Anda sendiri secara otomatis. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Akses fitur ini melalui menu “Integrasi” yang berada di laman Dashboard Mayar dan tingkatkan interaksi pelanggan Anda.

Bergabunglah dengan Sign Up Mayar hari ini! Silakan kirimkan pertanyaan, saran, atau ide topik artikel selanjutnya via [email protected].