Mudah Rekap Transaksi : Integrasi Mayar.ID dengan Google Sheet

Mudah Rekap Transaksi : Integrasi Mayar.ID dengan Google Sheet

Dalam era digital yang terus berkembang, kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai alat dan aplikasi adalah kunci untuk efisiensi dan produktivitas yang tinggi. Salah satu integrasi yang dapat mengubah cara Anda mengelola data dan informasi adalah menghubungkan platform Mayar dengan Google Sheets melalui Zapier. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat integrasi ini bekerja untuk Anda, membantu Anda menghemat waktu dan usaha dalam mengelola data bisnis Anda.

Tidak lagi diperlukan upaya manual yang melelahkan untuk memindahkan data antara Mayar dan Google Sheets. Dengan Zapier, Anda dapat membuat aliran kerja otomatis yang akan melakukan tugas-tugas ini secara otomatis, memungkinkan Anda fokus pada hal-hal yang lebih penting. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat memulai integrasi ini dan mengoptimalkan produktivitas Anda.

Sebelum Anda Memulai

Sebelum membuat Zapier yang mengintegrasikan Google Sheets dengan Mayar, Anda harus membuat akun Zapier. Jika Anda sudah memiliki akun Mayar, Anda dapat masuk dengan Zapier langsung dari menu integrasi aplikasi Mayar. Anda juga memerlukan akun Google Sheets untuk mengintegrasikannya.

Zapier merupakan platform yang selalu terdiri dari dua bagian:

Trigger: pada Zapier berfungsi untuk memulai alur kerja , seperti pada saat updatan data transaksi pelanggan ke Mayar.

Action: pada Zapier adalah langkah atau tindakan yang diambil oleh Zapier setelah trigger terjadi., seperti pada saat meng update data transaksi ke Google Sheets. Satu Zapier dapat melakukan lebih dari satu tindakan. Bergantung pada alur kerja yang telah Anda siapkan, aplikasi awal Anda bisa berupa Mayar atau Google Spreadsheet.

bagian 1: Siapkan Aplikasi Trigger Anda

Anda menggunakan Mayar untuk aplikasi trigger, aktifitas trigger Anda dapat berupa pemberi tahuan notifikasi, tautan yang diklik, audiens baru, dan banyak lagi. Dalam contoh kita akan memilih "data transaksi baru" untuk aktifitas trigger pada Mayar.

Langkah ke 1: Mari klik "login". Ini akan meminta Anda untuk masuk ke akun Mayari Anda. Jika Anda belum pernah menghubungkan Mayari ke Zapier sebelumnya.

Langkah ke 2:Anda akan diminta untuk memasukkan API KEY MAYAR.

Langkah ke 3: Untuk mendapatkan Mayar API KEY, Anda bisa masuk ke aplikasi Mayar, lalu masuk ke menu integrasi dan pilih menu "API Keys and Token". Di menu Anda akan melihat kolom "API Keys" dan kemudian klik "Generate API KEY".

Langkah ke 4:Setelah itu Akan tampil API KEY Mayar Anda, Anda tinggal klik “copy API KEY” yang ditampilkan pada halaman.

angkah ke 5: Kemudian tempel kunci API di halaman Zapier sebelumnya lalu tekan "ya, lanjutkan" atau "Lanjutkan".

Langkah ke 6:lalu tekan “Continue” atau “Lanjut,”

Langkah ke 7: Kemudian lakukan tes koneksi dan periksa informasi yang ditampilkan. Klik “Test Trigger.”

Langkah ke 8: Jika informasi akun Mayari Anda sudah benar, klik "Lanjutkan". Data ini diambil dari data Mayar yang ada untuk memantau kinerja sistem dengan baik.

Anda sekarang telah berhasil menghubungkan Zapier ke Mayar dengan aman.

Bagian 2: Hubungkan Aplikasi Action Anda

Pada langkah berikutnya, Anda akan menyiapkan aplikasi action yang akan dilakukan Zapier Anda setelah aplikasi trigger. Mulailah dengan mencari dan memilih program kegiatan. Kami akan menggunakan Google Sheets dalam contoh kami. Selanjutnya, pilih aplikasi action Anda. Jika aplikasi action Anda adalah Google Sheets Anda dapat membuat data transaksi, data email pelanggan, dan banyak lagi.

Langkah ke 1:Kelik “sign in”.

Langkah ke 2:lalu kelik akun google yang ingin di gunakan.

Langkah ke 3:Zapier meminta akses ke google sheets kelik “allow” untuk menyetujuinya.

Langkah ke 4:Kelik “continue” atau “lanjut”.

Langkah ke 5:Isi data yang di perlikan lalu Kelik “continue” atau “lanjut”.

Langkah ke 6:Kelik “test step”.

Langkah ke 7:Patikan hasil testnya telah sesuai kelik “publish”.

Langkah ke 8:tunggu hungga selesai.

Langkah ke 9:Anda telah berhasil menghubungkan Zapier dan Google Sheets.

Sekarang, anda telah berhasil menghubungkan Zapier dan Google Sheets.

Dengan integrasi Mayar ke Google Sheets melalui Zapier, Anda tidak hanya menghubungkan dua platform, tetapi juga menghubungkan potensi bisnis Anda dengan kemungkinan tak terbatas. Dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang memakan waktu, Anda dapat mengalihkan fokus Anda pada inovasi, pertumbuhan, dan strategi yang akan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Jadi, jangan ragu untuk memulai integrasi Mayar ke Google Sheets melalui Zapier sekarang. Dalam dunia yang bergerak cepat, waktu adalah aset berharga. Manfaatkanlah teknologi ini untuk menjadikan bisnis Anda lebih efisien dan lebih sukses daripada sebelumnya.


Coba Integrasi Ini Sekarang Disini ➡️