Optimasi Marketing Masa Depan: Gunakan AI untuk Tingkatkan ROI Bisnis

Optimasi Marketing Masa Depan: Gunakan AI untuk Tingkatkan ROI Bisnis

Masih pakai cara lama buat promosi dan bingung kenapa optimasi bisnis belum menunjukkan hasil? Sekarang waktunya merombak strategi pemasaran dengan bantuan alat Kecerdasan Buatan (AI).

Mulai dari membuat konten spesial sampai analisis dan prediksi tren produk, alat AI bisa membantu strategi promosi lebih efisien. Tentunya, hasil pemasaran juga akan membuat Anda tersenyum lebar.

Yuk, kita lihat gimana cara bikin teknologi canggih ini sukses melakukan optimasi bisnis agar makin berkembang!

Dasar-dasar Kecerdasan Buatan dalam Bisnis

AI singkatan dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah mesin yang bisa bekerja pintar seperti manusia.

Di dunia pemasaran, AI digunakan untuk pakai algoritma komputer dan teknik belajar mesin supaya membantu otomatisasi tugas-tugas pemasaran, menganalisis data, dan menciptakan pengalaman konsumen jadi lebih baik.

Dengan AI, strategi pemasaran bisa lebih tepat sasaran dan efektif. Alat pemasaran memakai AI bisa menganalisis perilaku konsumen, preferensi, dan riwayat belanja. Misalnya, sistem AI bisa memberikan rekomendasi produk dan penawaran yang paling cocok bagi tipe pelanggan tertentu.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diingat tentang optimasi bisnis dengan AI:

  • AI membantu otomatisasi tugas-tugas administratif, jadi tim marketing bisa fokus pada pemikiran strategis.
  • AI menganalisis data dalam jumlah besar dan menemukan pola-pola yang bantu mengambil keputusan cerdas.
  • AI menciptakan pengalaman personal untuk konsumen dengan analisis minat, riwayat penelusuran, dan gimana cara pelanggan berbelanja.
  • AI membantu optimasi bisnis dalam hal biaya pemasaran dengan memprediksi kampanye iklan yang menghasilkan ROI paling tinggi.
  • AI meningkatkan layanan pelanggan dengan dukungan 24/7 lewat chatbot, jadi waktu respon lebih cepat dan pelanggan lebih puas.

Manfaat AI untuk Optimasi Pemasaran

Menerapkan AI untuk optimasi bisnis ibaratnya seperti punya asisten pintar yang bisa bantu kita berkomunikasi ke pelanggan dan membuat iklan lebih efektif. Dalam hal pemasaran, berikut manfaat AI untuk optimasi bisnis:

1.  Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi

AI bisa pelajari data tentang pelanggan, seperti apa yang mereka suka dan lakukan. Lalu, AI bisa merekomendasikan konten, produk, atau penawaran yang sesuai buat masing-masing pelanggan. Hal ini tentunya membuat pelanggan lebih tertarik dan mungkin membeli lebih banyak.

2.  Chatbot otomatis

Mungkin Anda pernah bertanya pada chatbot di situs web? Itu bisa jadi AI. Mereka bisa jawab pertanyaan, bantu selesaikan masalah, dan menyambungkan kita ke tim customer service yang bisa jawab pertanyaan lebih sulit.

Hal ini akan membuat pelanggan senang karena bisa dapat bantuan kapan saja, dan staf pemasaran bisa fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

3.  Optimisasi media sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram adalah tempat yang bagus untuk promosi bisnis. AI bisa membantu menganalisis tren dan perilaku pelanggan di media sosial dan menyarankan kapan atau apa yang harus diposting untuk mendapat lebih banyak followers dan viewers.

AI juga bisa membantu kita melihat bagaimana orang berinteraksi sama merek kita di sosial media.

4.  Analisis, prediksi, dan segmentasi pelanggan

Dalam hal analisis, AI akan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kesamaan mereka. AI akan membantu kita menemukan kelompok target audiens yang cocok dan menampilkan iklan ke mereka. Inilah sebabnya, pembuatan iklan menjadi lebih efisien.

5.  Optimasi konten

AI bisa membantu kita membuat konten yang menarik. Misalnya, menganalisis data, dan menyarankan cara membuat konten jadi lebih bagus. Pada gilirannya, hal ini membuat website atau akun bisnis kita muncul di hasil pencarian online.

Perlu diingat, AI memang banyak memberikan manfaat tapi kita tetap perlu memeriksa dan mengedit konten supaya lebih natural dan humanis. Jadi, AI itu seperti asisten cerdas yang membantu kita dalam marketing namun tetap membutuhkan peran penting  manusia dalam hal editing.

Contoh AI dalam Optimasi Pemasaran

Berikut adalah tiga contoh dunia nyata penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pemasaran:

  • Netflix

Netflix menggunakan kecerdasan buatan untuk merekomendasikan acara dan film yang relevan berdasarkan kebiasaan menonton dan preferensi pengguna. Ketika pengguna menonton film favorit mereka, AI Netflix belajar di balik layar dan terus merekomendasikan acara yang menarik bagi pelanggan.

Dengan terus memperbarui katalognya dengan acara yang sesuai dengan selera dan preferensi orang, Netflix membuat penonton terlibat dan berlangganan layanannya.

Netflix juga menggunakan AI untuk mempersonalisasi gambar, sehingga lebih menarik bagi penonton. Hasilnya, Netflix dapat menarik perhatian penonton dan meyakinkan mereka untuk memilih konten tertentu.

  • Amazon

Amazon menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi kepada pengguna. Model AI belajar dengan menganalisis interaksi pengguna di web dan perilaku pembelian pelanggan.

Interaksi ini termasuk setiap kali pengguna mengklik produk tertentu, mengunjungi halaman web tertentu, atau menambahkan item ke keranjang belanja mereka.

Amazon dapat menggunakan informasi ini untuk menghasilkan daftar produk yang direkomendasikan dan menampilkannya kepada para pembeli.

  • Starbucks

Starbucks menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

Aplikasi seluler Starbucks melacak pembelian, transaksi, lokasi, dan kunjungan pelanggan, dan menggunakan analitika prediktif untuk merekomendasikan produk dan mengirim iklan yang sesuai.

Tantangan Mengintegrasikan AI dalam Pemasaran

Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan analisis data Teradata menemukan bahwa 80% dari perusahaan level enterprise sudah menggunakan beberapa bentuk kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis mereka (32% di antaranya dalam bidang pemasaran). Namun, lebih dari 90% juga mengantisipasi hambatan signifikan untuk adopsi dan integrasi penuh.

Dengan menyadari tantangan yang kemungkinan akan dihadapi saat mengintegrasikan AI ke dalam strategi marketing, Anda dapat secara proaktif menghindari masalah umum dan tahu bagaimana mengatasi rintangan tersebut.

· Hambatan teknologi dan kebutuhan sumber daya

Strategi marketing yang sukses berbasis kecerdasan buatan (AI) memerlukan infrastruktur teknologi informasi (TI) yang kuat agar mampu memproses jumlah data yang besar. Untuk melakukannya, diperlukan perangkat keras yang berperforma tinggi.

Sistem komputer seperti ini bisa sangat mahal untuk diatur dan dijalankan. Mereka juga kemungkinan memerlukan pembaruan dan pemeliharaan secara teratur agar tetap berfungsi optimal.

Hal ini dapat menjadi hambatan yang signifikan, terutama bagi perusahaan kecil dengan anggaran TI yang lebih terbatas.

Untungnya, ada solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Sementara perusahaan besar mungkin memilih untuk mengembangkan dan menjalankan perangkat lunak pemasaran AI mereka sendiri, perusahaan dengan sumber daya yang lebih terbatas dapat memilih solusi berbasis cloud.

Penyedia perangkat lunak berbasis cloud menyediakan infrastruktur TI yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak AI dengan imbalan biaya bulanan atau tahunan yang terjangkau.

Layanan berbasis cloud ini adalah solusi yang jelas bagi bisnis yang tidak memiliki infrastruktur TI yang memadai untuk membangun sistem internal.

· Isu etika dan privasi data

Tantangan besar lainnya adalah masalah etika. Beberapa orang berpendapat bahwa ada masalah etika di dalam pemasaran AI, misalnya pelanggaran privasi dan pengumpulan data pelanggan.

Tapi bagaimanapun marketing berbasis AI sangat penting, terutama dalam menciptakan pertumbuhan. Untuk mengatasi kekhawatiran masalah etika ini, kita bisa mengumpulkan data secara transparan, selalu meminta izin dan hak akses ke pelanggan, serta memberikan penjelasan yang jelas bagi pelanggan terkait aktivitas yang memakai AI.

· Kekurangan Tenaga Ahli Internal

Saat ini, ada kesenjangan dalam keterampilan AI, yang dapat berdampak besar pada bisnis dengan sistem berbasis AI.

Masalah ini diprediksi akan semakin parah seiring bertambahnya jumlah perusahaan teknologi AI dan lowongan pekerjaan. Kenyataannya, jumlah tenaga ahli AI yang ada tidak bertumbuh cukup cepat untuk mengisi posisi-posisi baru ini.

Bahkan perusahaan-perusahaan yang menggunakan perangkat lunak dan solusi pemasaran AI siap pakai perlu memastikan bahwa mereka memiliki karyawan yang cukup terampil dan terlatih untuk mengimplementasikannya dan mengelolanya, serta menciptakan hasilnya dengan benar.

Sementara dalam beberapa kasus kesenjangan keterampilan ini dapat diatasi dengan melatih karyawan yang sudah ada, beberapa bisnis mungkin perlu mengalokasikan anggaran untuk menarik spesialis AI dengan paket gaji yang kompetitif.

Memulai integrasi AI untuk optimasi bisnis bersama Mayar.id!

Mayar.id adalah platform terima pembayaran dan e-Commerce yang dapat memaksimalkan optimasi bisnis Anda. Integrasinya dengan berbagai aplikasi lain adalah salah satu keajaiban yang mendukung usaha Anda.

· Integrasi Mayar.id x Whatsapp

Pertama-tama, mari kita bahas tentang integrasi Mayar dan WhatsApp melalui Zapier. Ini adalah solusi menerima notifikasi pesanan yang masuk secara efisien. Dalam hitungan detik, Anda bisa memberikan respons cepat yang diinginkan ketika pesanan masuk.

· Integrasi Mayar.id x HubSpot

Tidak hanya itu, Anda bisa menjadikan pencatatan kontak pelanggan baru sebagai hal yang sangat mudah dengan integrasi antara Mayar.id dengan HubSpot via Zapier. Itu berarti Anda bisa mengembangkan basis data pelanggan Anda dengan cepat.

· Integrasi Mayar.id x Google Sites

Bayangkan juga, Anda bisa membuat katalog produk tanpa perlu menjadi seorang ahli pemrograman. Dengan Mayar.id dan Google Sites, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ini adalah langkah besar untuk bersaing dalam dunia bisnis.

· Integrasi Airtable x Mayar.id

Selain itu, dengan integrasi Airtable x Mayar.id melalui Zapier, Anda akan menemukan pemindahan catatan transaksi pelanggan menjadi lebih efisien dan hemat waktu. Sementara itu, integrasi dengan EmailOctopus akan membantu Anda memanfaatkan data pelanggan untuk email marketing yang sangat efektif.

· Integrasi Notion x Mayar.id

Tidak berhenti di situ, Mayar.id bahkan bisa terhubung dengan Notion melalui Zapier untuk mencatat transaksi masuk secara otomatis. Dengan kata lain, Anda bisa lebih fokus pada strategi bisnis utama Anda karena urusan administratif sudah berjalan otomatis.

· Integrasi Google Sheet x Mayar.id dan Discord

Apakah Anda ingin rekap transaksi dengan mudah? Integrasi dengan Google Sheet adalah jawabannya. Dan jangan lupakan integrasi dengan Discord untuk berkomunikasi bersama tim Anda secara efisien setiap kali ada transaksi baru. Hal ini akan membantu memaksimalkan produktivitas bisnis tanpa ribet. Keren, kan!


Menariknya, Mayar.id dapat diintegrasikan dengan 5000+ aplikasi berbeda MELALUI Zapier untuk membantu Anda mencapai efisiensi dan responsivitas lebih tinggi dalam bisnis. Tunggu apalagi, apakah Anda pelaku UKM, startup, atau pemilik bisnis berkembang, yuk digitalisasikan usaha Anda bersama Mayar.id!

Info lebih detail atau ada pertanyaan dan saran topik artikel silakan kirim email : [email protected].