7 Platform Jual eBook Terbaik Tahun 2023, Hobi Nulis Wajib Tau!

7 Platform Jual eBook Terbaik Tahun 2023, Hobi Nulis Wajib Tau!

Di tahun 2023, jual eBook tampaknya semakin menarik minat banyak orang untuk mencari cuan di dunia maya.

Mungkin Anda juga salah satu orang yang penasaran pengen coba jualan eBook tapi bingung mana platform paling bagus? Tenang saja, artikel Mayar kali ini akan membantu Anda.

Anda mungkin sudah tahu jika eBook gratis adalah salah satu strategi lead magnet terbaik untuk berbagai jenis bisnis. Tapi, kalau Anda hobi menulis untuk mencari penghasilan tambahan, Anda sangat direkomendasikan memulai berjualan eBook sedari sekarang!

Pasalnya, menulis eBook untuk mencari uang bisa menjadi sumber penghasilan pasif yang populer di berbagai negara. Tanpa perlu keluar rumah, bahkan meski Anda sedang tidur, uang dari hasil jualan eBook akan terus mengalir ke rekening. Asyik banget, kan!

Tak cukup itu, jualan eBook pertumbuhannya diperkirakan akan terus meningkat sebesar 3,92% pada 2028, lho.

Gimana, makin tertarik jualan eBook? Yuk, kita bahas dulu lebih detail panduan berjualan eBook dan apa saja platform yang bisa dipakai!

Jual EBook Sebagai Sumber Penghasilan Pasif

E-Book adalah sumber uang tambahan yang paling umum dan populer dilakukan banyak orang. Tetapi apa itu penghasilan pasif? Ini artinya, Anda bisa menghasilkan uang tanpa perlu banyak kerja.

Dengan kata lain, meskipun Anda sedang rebahan sambil main hape, uang hasil penjualan eBook akan terus mengalir. Siapa sih yang nggak ingin seperti itu, ya kan? Meski demikian, Anda tetap membutuhkan pemasaran yang bagus.

Setelah membuat konten eBook, memasarkan, dan membagikan ke media sosial, eBook Anda akan “menjual dirinya sendiri” tanpa kita perlu banyak usaha. Bahkan, semakin sering mempromosikan serta memperbarui, semakin banyak uang yang dihasilkan dalam jangka waktu lama.

Tips Pertimbangan Memilih Platform Penjualan

Menjual eBook bukan hanya tentang menulis dan meng-upload saja. Penting juga untuk memilih platform yang tepat untuk menjualnya.  Mengapa penting? Mari kita bahas:

a)    Target demografi dan audiens

Agar eBook laku dan penjualannya optimal, awali dengan menentukan demografi dan audiens target. Langkah ini penting karena akan membantu memahami tujuan Anda dalam menulis eBook serta strategi pemasaran dan penjualan yang akan diterapkan.

Sebagai contoh, jika Anda menulis eBook Novel, kemungkinan target audiens adalah orang dewasa di atas usia 17 tahun. Selain itu, penting juga menentukan target audiens supaya Anda nanti lebih mudah membuat target iklan di platform seperti FaceBook Ads atau Google Ads.

b)   Kemudahan penggunaan

Memilih platform yang mudah digunakan akan membantu Anda mengelola dan memasarkan eBook tanpa stres. Platform yang ramah pengguna akan mempercepat proses penjualan karena mudah dipelajari dan dipahami.

c)    Biaya transaksi dan komisi

Perhatikan biaya transaksi dan komisi yang dikenakan oleh platform. Beberapa platform mungkin mengambil persentase tertentu dari setiap penjualan, sementara yang lain mungkin membebankan biaya tetap. Pastikan Anda memahami bagaimana biaya ini karena dapat memengaruhi keuntungan usaha.

d)   Fitur pemasaran dan promosi

Cari platform yang menyediakan alat-alat pemasaran dan promosi yang kuat. Fitur seperti kupon diskon, program afiliasi, atau kampanye iklan dapat membantu meningkatkan penjualan.

Baca juga: Cara Membuat eBook dan Menjualnya Bagi Pemula

Daftar 7 Platform Terbaik untuk Jual EBook di Tahun 2023

Bingung di mana Anda harus memasarkan dan jual eBook agar cepat laku? Tersedia banyak platform yang dapat digunakan untuk jual eBook secara online. Siap? Ayo kita mulai daftarnya berikut!

1. Amazon Kindle Direct Publishing (KDP)

Pertama, ada Amazon Kindle Direct Publishing (KDP) sebagai salah satu platform paling terkenal dan populer untuk menjual eBook. Dengan KDP, penulis memiliki akses ke pasar yang sangat besar, mencakup jutaan pembaca di seluruh dunia.

Keuntungan utama KDP adalah berbagai fitur promosi yang mereka tawarkan, seperti program Kindle Unlimited dan Kindle Countdown Deals, yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan eBook.

Namun, ada beberapa kekurangan, seperti komisi yang harus dibayarkan kepada Amazon dan persaingan ketat di platform ini, karena banyak penulis yang mencari peruntungan di sana. Meskipun begitu, KDP tetap menjadi pilihan utama bagi banyak penulis eBook karena potensi audiens yang besar.

2. Gumroad

Kedua, Gumroad bisa menjadi platform pilihan Anda. Aplikasi ini memungkinkan penulis menjual eBook secara langsung kepada konsumen. Platform ini relatif sederhana dan mudah digunakan, dengan fokus pada memberikan kebebasan pada penulis terhadap harga dan presentasi produk.

Keuntungan utama Gumroad adalah pengguna dapat memutuskan harga eBook dan menjalin hubungan langsung dengan konsumen, memungkinkan interaksi yang lebih personal.

Namun, ada biaya bulanan yang harus dibayar untuk menggunakan layanan ini, dan Gumroad mungkin kurang dikenal ketimbang Amazon, sehingga perlu upaya tambahan dalam hal pemasaran untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Meski begitu, bagi para penulis Gumroad masih bisa menjadi pilihan yang menarik.

3. Smashwords

Ingin menjangkau pasar yang lebih luas? Cobalah Smashwords! Di platform ini,  penulis bisa menerbitkan dan mendistribusikan eBook ke berbagai retailer seperti Apple Books, Barnes & Noble, dan Kobo

Keuntungan utama adalah kemampuan Smashwords untuk mengonversi format eBook secara otomatis, menghemat waktu penulis. Namun, terkadang hasil konversi format tidak selalu sempurna, dan kualitas konversi perlu dicek lagi.

Selain itu, persaingan di dalam platform Smashwords bisa cukup ketat, membutuhkan usaha marketing  yang lebih optimal.

4. Selz

Selanjutnya, untuk jual eBook sekaligus mendesain toko sesuai keinginan, penulis bisa mencoba platform Selz.

Kelebihannya juga termasuk fitur pemasaran yang kuat. Namun, Selz mengenakan biaya bulanan, jadi coba perhitungkan lagi anggaran Anda. Di sisi lain, mungkin Selz kurang populer dibandingkan platform besar lainnya, seperti Amazon.

Baca juga: 4 Ide Produk Digital Terpopuler yang Bisa Dijual Konten Kreator di Mayar

5. Payhip

Rekomendasi kelima, kita akan berkenalan dengan Payhip. Platform ini menawarkan integrasi media sosial yang kuat, memudahkan penulis dalam mempromosikan eBook melalui berbagai saluran online.

Salah satu keuntungannya adalah tidak ada biaya bulanan yang harus dibayarkan, tetapi Payhip mengenakan komisi per penjualan. Selain itu, beberapa fitur mungkin terbatas dibandingkan platform lain.

6. Google Play Books

Mendengar nama Google, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan platform Google Play Books. Dikenal sebagai perusahaan teknologi raksasa, Google juga meluncurkan platform untuk mendistribusikan dan jualan eBook via Google Playstore.

Kelebihan platform ini dapat mencakup akses ke audiens besar Google, koleksi lengkap, dan integrasi dengan ekosistem Google. Namun, mengenai kekurangannya menurut para pengguna dari segi harga relatif lebih mahal dibandingkan platform kompetitor.

7. Mayar

Terakhir tapi paling jadi andalan konten kreator di Indonesia adalah Mayar. Anda bisa mengelola akses eBook dengan mudah menggunakan Mayar.

Setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, tautan untuk mengunduh eBook akan secara otomatis dikirimkan melalui email. Anda memiliki penyimpanan file hingga 1 GB yang mendukung berbagai format seperti JPG, PDF, ZIP, MP4, dan lainnya.

Mayar juga memungkinkan pengguna untuk mengatur kuota pelanggan, sehingga  dapat membatasi berapa banyak pelanggan yang dapat mengunduh eBook tersebut, atau bahkan mengatur kuota tidak terbatas.

Anda juga dapat mengatur masa aktif tautan unduh, baik untuk mengatur waktu kadaluwarsa atau membiarkannya tetap aktif selamanya. Keren, kan!

Selain itu, Mayar juga menyederhanakan proses ekspor data pelanggan, memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengakses data dalam format Excel atau CSV. Mengenai terima pembayaran, Mayar memfasilitasi proses terima berbagai opsi payment, seperti kartu kredit, transfer bank, dompet digital, dan masih banyak lagi.

Yang tak kalah penting, Anda bisa menyematkan tombol checkout ke situs web atau blog tanpa perlu keahlian teknis atau coding. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk membeli eBook Anda dengan mudah dengan sekali klik. Jadi, jualan eBook bisa makin praktis dan efisien!

Baca juga: Top 4 Aplikasi No-Code untuk Jualan Produk Digital Download

Tips Maksimalkan Penjualan eBook Anda di Setiap Platform

Untuk meningkatkan penjualan eBook di berbagai platform, pertimbangkan tiga strategi kunci. Pertama, sesuaikan strategi pemasaran dengan karakteristik unik setiap platform, seperti Amazon KDP atau Gumroad.

Kedua, manfaatkan fitur promosi dan diskon yang disediakan oleh platform untuk meningkatkan daya tarik produk Anda. Terakhir, bangun daftar email pelanggan potensial dan jalin hubungan kuat dengan pelanggan via pengiriman konten berkualitas secara berkala.

Berbekal langkah-langkah ini, Anda dapat memaksimalkan peluang penjualan eBook di berbagai platform dengan lebih efektif.

Gabung di Mayar.id dan Mulai Jual eBook Anda Hari Ini!

Sudah siap meraup cuan dengan berjualan eBook? Langsung daftarkan akun Mayar sekarang untuk memulai kesuksesan penjualan eBook Anda. Starter promo mulai Rp0 rupiah dan sangat cocok untuk freelancer, UMKM, startup, dan bisnis berkembang lainnya.

Jangan lupa, simak juga panduan Jual EBook Laris dan Mudah dan ikuti terus artikel-artikel blog menarik kami selanjutnya, yaa! Info selengkapnya silakan email: [email protected].