Strategi Jitu Kelola Dana dan Cara Dapatkan Donatur Sekolah

Strategi Jitu Kelola Dana dan Cara Dapatkan Donatur Sekolah
kelola dana dan donatur sekolah melalui aplikasi Mayar

Siapa nih Sobat Mayar yang sempat terbersit ingin menjadi donatur sekolah? Niat Anda sangat mulia dan sangat patut diapresiasi! Dukungan Anda kepada lembaga pendidikan apapun, entah itu sekolah, universitas, pondok pesantren, yayasan kursus edukasi, dan lainnya akan sangat berarti.

Bukan tanpa sebab, setiap lembaga atau yayasan pendidikan tentu membutuhkan dukungan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk gedung, tenaga pengajar, peralatan elektronik, dan elemen lain yang mendukung proses belajar mengajar.

Oleh sebab itu, banyak sekolah yang terkadang mengandalkan sebagian besar sumber dana dari para donatur.

Dilihat berdasarkan Undang-undang Tahun 2003 No 20 mengenai pendanaan pendidikan, sebenarnya hal ini menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat.

Sudah sepatutnya, kita sebagai bagian dari warga negara ikut berkontribusi memberikan sumbangan dana, tenaga, atau pikiran kepada lembaga pendidikan. Setuju, kan?

Nah, sekarang mari kita bahas lebih lanjut untuk memahami apa itu dan siapa saja yang dimaksud donatur sekolah?

Apa Itu Donatur Sekolah?

Secara sederhana, donatur sekolah adalah seseorang, perusahaan, organisasi, atau pihak tertentu yang berbaik hati memberikan dukungan finansial atau memberi sumbangan (donasi) bagi lembaga pendidikan, seperti sekolah atau universitas.

Tujuannya sudah jelas, mereka ingin membantu meningkatkan kualitas pendidikan, baik dari segi bangunan gedung, fasilitas, atau pembiayaan kepada siswa berprestasi tapi kurang mampu.

Tapi, ada satu hal yang seringkali membingungkan, yaitu perbedaan antara donatur dan sponsor. Mari simak bedanya berikut:

Perbedaan Donatur Sekolah dan Sponsor

Donatur Sekolah:

  • Donatur memberikan dukungan dalam bentuk uang atau barang, tanpa meminta pamor atau branding khusus.
  • Dilandasi rasa peduli pada perkembangan sekolah dan memberikan bantuan finansial atau sumbangan.
  • Biasanya, donatur sekolah tidak terlalu terlibat dalam promosi sekolah, karena fokus utama mereka adalah membantu.
  • Biasanya, terdiri dari pihak atau perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah tetapi ada perjanjian: sekolah akan membantu mempromosikan merek atau bisnis si sponsor.
  • Sponsor aktif terlibat dalam promosi sekolah, seringkali melibatkan penampilan brand atau bisnis tertentu dalam acara-acara sekolah. Misalnya, mengadakan acara konser musik di sekolah, teater, panggung seni siswa, dan lainnya yang mempromosikan produk tertentu.
  • Sponsorship adalah kerja sama yang mencakup dukungan finansial dan promosi.

Macam-macam sumber pendanaan lembaga pendidikan

Pertama-tama, kita akan membahas dana BOS dan apakah sekolah swasta juga bisa mengaksesnya. Selanjutnya, kita akan melihat dari mana lembaga pendidikan dapat mencari sumber donasi.

1. Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah):

Dana BOS adalah program bantuan pemerintah yang ditujukan untuk mendukung operasional sekolah di Indonesia. Biasanya, dana BOS diberikan kepada sekolah negeri sebagai bagian dari pendanaan dari pemerintah pusat dan daerah.

Sekolah swasta biasanya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dana BOS, karena program ini lebih ditujukan untuk sekolah negeri.

2. Sumber Pendapatan Lainnya Lembaga Pendidikan:

Lembaga pendidikan, termasuk sekolah swasta, memperoleh pendapatan dari berbagai sumber, seperti:

  • SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan): SPP adalah sumbangan yang dibayarkan oleh siswa atau orang tua siswa sebagai kontribusi untuk biaya pendidikan.
  • Donasi dan Sumbangan:Seperti yang kita bahas sebelumnya, donatur bisa menjadi sumber pendanaan penting.
  • Dana Pemerintah:Selain dana BOS, pemerintah juga dapat memberikan bantuan lain kepada lembaga pendidikan, terutama dalam program-program pendidikan khusus.
  • Kerjasama dengan Sektor Swasta:Lembaga pendidikan dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan swasta untuk mendapatkan dana atau bantuan dalam bentuk lain.
  • Biaya Lainnya:Beberapa lembaga pendidikan juga memperoleh pendapatan dari kegiatan lain, seperti penyelenggaraan kursus tambahan, penyewaan fasilitas, atau acara khusus.

Bagaimana peran yayasan dalam pendanaan sekolah?

Kegiatan penggalangan dana harus mematuhi persyaratan perizinan yang berlaku menurut pemerintah. Berikut di antaranya:

· Sumber Pendapatan Yayasan

Yayasan pendidikan mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber, termasuk donasi individu, sumbangan organisasi atau perusahaan, pendapatan dari investasi, dan mungkin juga biaya administrasi yang dikenakan atas pengelolaan dana.

· Gaji Ketua Yayasan

Sebenarnya, mengenai apakah ketua yayasan memperoleh gaji bulanan atau tidak, bergantung pada kebijakan internal yayasan itu sendiri, ya. Semisal mendapatkan gaji bulanan maka transparansi juga sangat penting dan besarnya gaji harus disesuaikan anggaran.

Strategi Jitu Mencari Donatur Sekolah: Gimana Caranya?

Bicara soal mencari donatur sekolah memang gampang-gampang susah, tapi karena mendukung pendidikan biasanya cukup banyak orang baik yang tertarik. Nah, mari kita bahas strategi yang bisa bikin pencarian donatur sekolah jadi lebih mudah.

1. Membangun Jejaring yang Kuat

Pertama, penting untuk menjalin hubungan yang kuat dengan alumni sekolah, orang tua murid, dan masyarakat sekitar. Kenapa? Karena mereka mungkin sudah merasa memiliki sekolah tersebut dan ingin ikut berkontribusi pada perkembangan siswa.

Contohnya dalam hal ini Anda bisa membuat acara reuni sekolah, gathering alumni, atau ajak orang tua murid ikut serta dalam kegiatan sekolah. Semakin erat hubungannya, semakin besar peluang mereka mau berdonasi.

2. Proposal yang Menarik dan Transparan

Strategi yang kedua adalah membuat proposal yang menarik dan jelas. Hindari memakai bahasa teknis yang membingungkan. Sampaikan visi, misi, dan rencana pemakaian anggaran dengan jelas. Misalnya, alokasi dana untuk pembangunan lantai dua kelas 6A dan 6B.

3. Manfaatkan Media Sosial dan Platform Digital:

Zaman sekarang, media sosial dan platform digital adalah sahabat baik kampanye penggalangan dana apapun. Tak terkecuali, galang dana yayasan sekolah.

Buatlah postingan yang kreatif dan inspiratif mengenai kegiatan sekolah atau prestasi para siswa. Ajaklah semua orang ikut berkontribusi dengan berbagi informasi dan link donasi.

4. Kerjasama dengan Perusahaan atau Organisasi Lain:

Cara yang tak kalah efektif adalah bekerjasama dengan perusahaan atau organisasi dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Banyak perusahaan ternama saat ini memang sengaja menggelontorkan dana mendukung pendidikan di Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Jadi, jangan ragu untuk mendekati perusahaan atau organisasi yang memiliki visi serupa dengan sekolahmu.

Tutorial membuat galang dana online di aplikasi Mayar, Cepat & Hemat!

Mari perhatikan video berikut untuk panduan langkah demi langkah membuat halaman galang dana di Mayar!

Sekarang membuat sistem penggalangan dana online cuma semenit, bahkan tak perlu keahlian teknis dan tanpa ngoding bikin aplikasi.

Mayar.ID adalah platform galang dana online yang mengubah cara sekolah dan lembaga pendidikan mengumpulkan dana. Dengan Mayar.ID, Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan tanpa biaya platform yang tinggi atau kerumitan yang berlebihan.

Apa yang Anda Dapatkan dari Mayar.ID?

  • Akses Database Donatur: Dapatkan akses ke data donatur Anda sehingga Anda bisa menghubungi mereka untuk mendapatkan dukungan lebih lanjut.

  • Website Siap Pakai: Tanpa perlu repot-repot mencari hosting tambahan, Anda bisa memiliki website donasi yang siap pakai dengan cepat.

  • Fee Platform Ringan: Biaya platform Mayar.ID sangat ringan, bahkan ada yang 0% - 3%, dan Anda bahkan bisa mencobanya secara gratis.

  • Notifikasi Whatsapp: Gunakan fitur notifikasi donasi yang langsung terhubung dengan Whatsapp, sehingga Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan donatur.

  • Blast Email Galang Dana: Beri tahu donatur tentang kampanye galang dana terbaru Anda melalui email blast yang mudah.

  • Berbagai Metode Pembayaran: Memudahkan calon donatur Anda untuk berdonasi dengan berbagai metode pembayaran yang nyaman.

Bagaimana Cara Menggunakan Mayar.ID?

Cukup dengan 4 langkah mudah:

  • LANGKAH 1: Buat Akun di Mayar.ID
    Isi data diri dengan benar, dan tim Mayar.ID akan segera menghubungi Anda untuk memproses pembuatan akun.

  • LANGKAH 2: Buat Program Galang Dana Online
    Buat program galang dana sesuai dengan tujuan Anda.

  • LANGKAH 3: Bagikan Link Web Galang Dana
    Bagikan URL website galang dana Anda kepada calon donatur melalui media sosial, Whatsapp, atau saluran lainnya. Jika Anda sudah memiliki database donatur, Anda bisa menggunakan fitur blast email.

  • LANGKAH 4: Cek Jumlah Donasi Masuk & Kelola Data Donatur
    Pantau jumlah donasi yang masuk dan kelola data donatur dengan mudah.

Bergabunglah dengan 30.000+ institusi, yayasan, dan individu yang sudah memakai aplikasi Mayar

Bersama Mayar, penggalangan dana jadi lebih mudah dan cepat cuma 2 menit! Mayar adalah solusi all-in-one yang memudahkan pengelolaan donatur dan donasi dalam satu platform. Fiturnya lengkap seperti web donasi siap pakai, penerimaan donasi rutin, dan pembuatan kampanye yang mudah dibagikan ke media sosial atau email.

Yuk, hadirkan otomatisasi dan digitalisasi tata kelola donatur dan penggalangan dana bersama Mayar! Tidak perlu repot membuat website baru, Mayar menyediakan halaman web galang dana dilengkapi berbagai fitur seperti target galang dana, portal donatur, dan tombol donasi embeddable.

Selain itu, Mayar juga menawarkan berbagai metode pembayaran modern dengan fee transaksi terjangkau. Ditambah lagi, ada fitur donor engagement, Anda bisa lebih dekat dengan para donatur seperti mengirimkan kabar terbaru, dan menjalankan program galang dana dengan efisien.

Mayar telah dipercaya oleh berbagai lembaga ternama, termasuk Greenpeace, untuk mengelola donatur dan kampanye galang dana online dengan cepat dan mudah. Jadi, tunggu apalagi, mari segera digitalisasi Yayasan/ NGO Anda dengan Mayar.ID dan nikmati kemudahan dalam pengelolaan donatur dan galang dana!

Sudah siap untuk menggalang dana online? Hubungi Whatsapp di nomor 6282121010670 atau email: [email protected]!