1-Click Checkout: 5 Manfaat Cegah Pengabaian Keranjang Belanja Online

1-Click Checkout: 5 Manfaat Cegah Pengabaian Keranjang Belanja Online

1-Click Checkout adalah elemen website toko online yang tak bisa disepelekan. Tak peduli betapa bagusnya produk atau layanan bisnis, kalau halaman checkout masih terlalu ribet, calon konsumen akan malas membayar.

Laman checkout adalah elemen paling penting untuk bisnis apapun di era digital, terutama website e-Commerce.

Pada titik inilah bisnis Anda akan mendapatkan sumber penghasilan dari pembayaran pelanggan.

Oleh karena itu, kalau laman checkout terlalu rumit, proses loading berat, bahkan membuat calon konsumen harus menunggu lama, hal ini akan membuat mereka meninggalkan keranjang belanja.

Inilah yang dikenal sebagai istilah ‘Cart Abandonment’ di dunia e-Commerce. Solusinya adalah 1-Click Checkout untuk mengawali berjualan online produk/ jasa Anda.

Apa itu 1-Click Checkout?

Sesuai namanya, 1-Click Checkout adalah berupa tombol atau tautan yang membutuhkan sekali klik untuk melakukan pembayaran non tunai. Seluruh informasi terkait pembayaran, mulai dari login sampai konfirmasi pembayaran, bisa ditampilkan kepada pengguna dalam satu tempat, tanpa perlu berpindah halaman lain.

Awalnya, konsep 1-Click Checkout digagas sejak 1999 oleh marketplace Amazon. Merek tersebut menghasilkan banyak uang dari hak paten 1-Click Checkout Amazon, bahkan mereka sempat menyewakan tombol tersebut ke iTunes Apple dengan biaya tahunan pada 2000.

Akan tetapi, selanjutnya hak paten senilai $2,4 miliar per tahun itu, berakhir pada tahun 2017. Pembayaran 1-Click Checkout Amazon di zaman sekarang bebas dipakai oleh pedagang manapun secara gratis.

Cara Kerja 1-Click Checkout

1-Click Checkout dapat disediakan dalam bentuk tombol atau tautan ketika calon konsumen hendak berbelanja produk/ jasa secara online. Ketika calon konsumen tersebut menambahkan produk/ jasa ke keranjang belanja, mereka bisa membeli item tersebut dalam sekali klik.

Si calon pelanggan hanya perlu mengisi informasi terkait identitas cukup satu kali, antara lain, nama, alamat email, dan nomor telepon disimpan dalam proses pembayaran untuk dipakai di masa mendatang.

Jadi, ketika pelanggan tersebut berbelanja di kemudian hari, informasi mereka sudah tersimpan, mereka tinggal membayar dengan satu klik. Sangat mudah dan praktis, kan!

Hal ini dapat menghilangkan pengalaman belanja rumit karena mencegah calon konsumen menuju halaman terpisah lainnya. Selain itu, tak perlu lagi calon konsumen memasukkan informasi pribadi secara manual setiap kali hendak membayar.

Contoh Penerapan Tombol Sekali Klik

Azhar Kursus Arab Online, misalnya, menyediakan 1-Click Checkout pada landingpage dengan tombol biru yang jelas dan fungsional.

Ketika calon konsumen mengklik tombol “Beli Sekarang” di laman tersebut, detail info pribadi akan terisi otomatis. Cukup satu tombol untuk di-klik dan menyelesaikan pesanan.

Calon konsumen juga diberikan berbagai opsi metode pembayaran, di antaranya:

· QRIS (Shopeepay, OVO, Gopay, DANA, Linkaja, BCA Mobile).

· Transfer Bank/ Virtual Account (ATM Bersama, Prima, ALTO).

· Dompet Digital/ E-Wallet (OVO, Linkaja, Shopeepay, Jenius).

· Kartu Kredit/ Kartu Debit (VISA).

· Mini Market (Alfamart/ Indomaret).

Manfaat Fitur 1-Click Checkout Mayar untuk Bisnis Anda

Berikut kita akan mempelajari gambaran yang jelas mengapa website atau landingpage Anda perlu memakai 1-Click Checkout Mayar.

1. Mudah, Sederhana dan Nyaman

Manfaat utama 1-Click Checkout adalah menghadirkan tata letak yang sederhana. Maka itu, calon konsumen akan merasa lebih nyaman dan mendorong pembayaran yang mudah dan cepat.

Karena 1-Click Checkout hanya berupa satu tombol yang menonjol dan tanpa berpindah halaman, pelanggan jadi lebih memahami cara menyelesaikan checkout.

Hal ini juga mengubah persepsi checkout yang sebelumnya terkesan ribet menjadi lebih gampang dan praktis.

2. Mengurangi Cart Abandonment

Masalah umum yang sering dihadapi pebisnis online adalah keranjang belanja yang ditinggalkan begitu saja oleh calon pembeli. Fitur 1-Click Checkout dapat menghindari pengabaian keranjang belanja atau Cart Abandonment.

Sesuai Baymard Institute, 23% Cart Abandonment terjadi karena proses pembayaran yang panjang dan rumit.

Pembayaran yang memakai metode 1-Click Checkout sangat efisien dan terbukti bermanfaat. Pasalnya, fitur ini dapat mengurangi pengabaian keranjang dan meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Penjualan

Secara otomatis, jika poin kedua atau pengabaian keranjang dapat dicegah, maka penjualan produk/ jasa akan meningkat.

Pembeli online menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk membeli ketika disajikan dengan pembayaran satu halaman tanpa perlu berpindah halaman lain.

4. Yang dibutuhkan hanyalah Sekali-Klik

Salah satu manfaat utama dari 1-Click Checkout adalah menghindari banyak klik.

Tidak seperti multi-step checkout di mana pengguna harus melalui sejumlah langkah atau halaman sebelum mengonfirmasi pesanan mereka, 1-Click Checkout hanya butuh sekali klik.

5. Meningkatkan Kinerja Situs

Proses pembayaran yang berbelit-belit membuat pelanggan malas dan pergi meninggalkan halaman pembayaran.

Menunggu halaman berikutnya dimuat berulang kali terkadang dapat membuat bete atau kesal, bahkan merusak kinerja situs web Anda.

Sebaliknya, 1-Click Checkout memberikan pengalaman belanja dan penilaian kinerja situs yang lebih bagus di mata pelanggan.

Apapun jenis bisnis saat ini, pengalaman belanja yang positif harus menjadi prioritas. Entah itu, toko kelontong, perhotelan, restoran, toko baju, toko perhiasan, dll.

Namun, kunci sukses meraih simpati pelanggan adalah mengadopsi metode pembayaran digital yang lebih fleksibel, baik berbelanja langsung maupun online.

3 Metode Pembayaran OLSHOP yang Dipakai Generasi Muda

Saat ini ada banyak metode pembayaran, namun proses checkout seringkali masih terasa rumit, terutama ketika berbelanja di dalam toko ritel sederhana.

Sekarang waktunya menyediakan metode pembayaran non tunai agar mampu bertahan dan beradaptasi di era digital. S

Mari kita lihat metode pembayaran yang paling umum dipilih generasi muda:

1. Kartu kredit: Masih menjadi salah satu cara paling populer dan termudah untuk membayar baik offline maupun online.

2. Debit Langsung: Pelanggan dapat menggunakan kartu debit/ kartu ATM dan membebankannya langsung ke rekening mereka.

3. e-Wallet/ Dompet digital: Contohnya seperti ShopeePay, Jenius, DANA, OVO, Gopay, LinkAja, serta Paylater dan sebagainya.

Apakah Anda baru merintis usaha maupun sudah membuat e-Commerce yang berkembang pesat, pembayaran adalah inti bisnis yang harus diutamakan.

Dengan mempermudah pembayaran, calon konsumen tidak akan ragu berbelanja produk/ jasa Anda kapanpun dan dimanapun.

Kirimkan Detail Pembelian & Email Konfirmasi

Jangan lupa, setelah pelanggan berhasil melakukan pembayaran dan pelunasan, kirimkan notifikasi dan email konfirmasi.

Sebagai langkah terakhir, pemberitahuan bahwa pembayaran telah berhasil melalui email sangat penting bagi pelanggan. Bukan hanya menjadi bukti pembayaran secara digital, melainkan menambah kepercayaan dan keyakinan pelanggan pada bisnis Anda.

Kenapa Perlu Mengirimkan Email Konfirmasi pada Pelanggan? Apa Pentingnya?

Email konfirmasi bertujuan untuk memeriksa ulang apakah produk/ jasa yang didapatkan sudah tepat sesuai pesanan.

Adapun alasan lain pentingnya mengirimkan email konfirmasi adalah:

1: Sebagai bukti pembelian.

2: Konfirmasi bahwa barang telah diberikan kepada perusahaan pengiriman.

3: Konfirmasi dari perusahaan pengiriman bahwa mereka menerima produk.

4: Pengiriman sedang dalam perjalanan.

5: Paket telah dikirimkan.

Informasi lain yang tak kalah penting diberitahukan kepada pelanggan adalah nomor resi produk, nama kurir, serta kapan pesanan dikirim.

Dengan cara ini, pelanggan tidak akan takut paketnya tersasar atau menunggu tanpa ada kepastian kapan pesanannya tiba.

1-Click Checkout telah meningkatkan pengalaman belanja online pelanggan. Cukup menekan satu tombol, kepuasan pelanggan dapat dijaga dan dipertahankan untuk melejitkan omzet bisnis Anda.

Ayo, Mulailah Sediakan 1-Click Checkout Hari Ini Bersama Mayar!

Ada kalanya pembeli terkadang tidak perlu mikir dua kali jika sudah menyukai suatu produk. Model pembelian ini dikenal dengan belanja impulsif, contohnya seperti membeli perhiasan, tas, sepatu, atau baju.

Meskipun mungkin lemari pakaian di rumah sudah penuh sesak dengan baju atau sepatu, namun pembelanja impulsif tidak akan ragu membeli produk yang ia suka.

Karena itu, mulailah menyediakan 1-Click Checkout Mayar hari ini untuk melejitkan penjualan bisnis Anda! Dengan aplikasi Mayar, pembayaran lebih sederhana, cepat, dan aman terenkripsi standar RSA.

Jadikan Proses Checkout Lebih Lancar dengan 1-Click Checkout Mayar!

Jika pelanggan sudah pernah bertransaksi sebelumnya, data informasi pelanggan tersimpan dan terisi otomatis, tanpa repot memasukkan satu per satu secara manual untuk pembelian selanjutnya di kemudian hari.

Aktifkan 1-Click Checkout Mayar, pelanggan hanya perlu mengklik atau tap agar bisa membeli dengan berbagai metode bayar secara instan.

Jadi, tak ada alasan lagi kan, menunda 1-Click Checkout untuk bisnis Anda. Coba Paket Starter promo GRATIS sekarang di sini, tanpa kartu kredit dan tanpa biaya apapun.

Butuh bantuan cara membuat tombolnya atau ada pertanyaan lain, jangan ragu mengirimkan email ke [email protected].