10 Cara Mendapatkan Passive Income Secara Online, Jutaan per Bulan!

10 Cara Mendapatkan Passive Income Secara Online, Jutaan per Bulan!

Apa yang Anda lakukan saat atasan meminta Anda membuat undangan untuk acara kantor minggu depan? Setiap orang mungkin punya cara berbeda-beda untuk menyelesaikannya.

Akan tetapi, kebanyakan orang akan langsung mengunduh template undangan digital yang sempurna sesuai kebutuhan.

Di zaman sekarang, produk unduhan digital sudah bukan konsep baru. Contohnya seperti template undangan, kartu nama, desain label produk, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkannya dengan biaya yang ekonomis, bahkan gratis.

Bila dicermati, permintaan pasar pada kebutuhan produk digital saat ini semakin tinggi. Sebagai contoh, banyak orang yang mengunduh produk seperti foto, video, ebook, audio, hingga desain tertentu secara digital.

Lalu, kenapa Anda tidak memanfaatkan peluang bisnis di industri produk digital download? Anda bisa memulai bisnis ini tanpa perlu modal besar.

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menghasilkan passive income dan bagaimana memulainya. Mari kita simak, ya!

Apa itu passive income?

Passive income atau penghasilkan pasif adalah uang yang bisa diperoleh dengan tidak membutuhkan banyak usaha. Bahkan, ketika Anda tidur sekalipun, uang akan terus mengalir masuk ke rekening bank Anda.

Wah, menarik sekali, bukan? Bagaimana caranya? Ada beberapa ide menghasilkan passive income yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menjual produk digital.

Produk digital adalah produk yang dibuat dan dipasarkan secara online sebagai unduhan digital. Pembeli cukup mengunduh produk digital tersebut secara instan dengan sekali klik, melakukan pembayaran, dan uang akan ditransfer ke rekening Anda sebagai pemilik konten produk digital.

Tak cuma produk digital saja! Banyak orang yang bisa menghasilkan passive income dengan berjualan produk fisik. Ya, saat ini sudah banyak contohnya di marketplace dan toko online. Anda bisa menjual produk fisik seperti buku, kalender, kaos, mug, dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Passive Income Dengan Jualan Online Produk Digital Dan Fisik

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan passive income tanpa keluar rumah, tapi uang mengalir terus menerus ke rekening Anda. Mau? Mari kita cek satu per satu daftar berikut!

1. Jualan template instan

Seperti yang diketahui, masyarakat modern ingin yang serba cepat dan instan. Inilah mengapa, jualan template akan sangat prospektif di masa depan.

Seiring perkembangan teknologi aplikasi, template yang dijual juga semakin beragam. Berikut beberapa inspirasi template instan yang dapat dipertimbangkan:

· Template Google Spreadsheet

· Template Undangan Pernikahan/ Ulang Tahun

· Template Website Resume/ CV

· Template Notion

· Template Surat Tagihan/ Invoice

· Dll

Selama produk template yang dibuat dapat memecahkan masalah dan menghemat waktu, kebanyakan konsumen akan rela membayar dan membeli produk template tersebut.

Sebagai contoh, seorang pembuat template Notion bernama Ben Issen dapat menghasilkan $16 ribu atau setara Rp 200 juta dalam 2 bulan dengan menjual template Notion. Template Notion sangat dibutuhkan para freelancer karena menghemat waktu dan tenaga.

Setelah membuat template, Anda bisa menjualnya di media sosial, landing page, atau website Anda sendiri. Tapi, yang paling mudah adalah menjualnya di platform yang sudah didukung fitur pembayaran lengkap, seperti Mayar.

Setelah membuat akun di Mayar, Anda bisa langsung berjualan, mulai dari template desain, spreadsheet, hingga slide presentasi.

2. Membuat kursus online

Cara menghasilkan passive income favorit lainnya adalah membuat kursus online. Jika Anda memiliki keahlian atau keterampilan spesifik yang tidak dimiliki orang lain, inilah saatnya menghasilkan pundi-pundi jutaan rupiah per bulan!

Beberapa topik kursus online yang bisa dibuat, di antaranya:

· Kursus membuat copywriting

· Kursus pelatihan manajemen media sosial

· Kursus meningkatkan keterampilan SEO

· Kursus mengelola Google Ads atau email marketing

· Dll

Di luar negeri, umumnya platform menjual kursus online adalah Gumroad atau Udemy. Tapi, di Indonesia sudah ada platform alternatif yaitu Mayar. Beberapa pembuat kursus online mengklaim dapat meraup penghasilan passive income hingga $50 ribu per bulan atau setara Rp 700 juta.

3. Menjadi pemasar afiliasi (affiliate marketing)

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang affiliate marketing? Di Indonesia, sempat muncul kasus affiliate marketing Binomo yang menyita perhatian.

Itulah sebabnya, saat mengikuti program affiliate marketing, Anda harus selektif memilih produk atau bisnis yang benar-benar kredibel.

Cara kerja affiliate marketing adalah Anda akan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Kalau ada pembeli yang mengklik tautan yang Anda bagikan, Anda mendapatkan komisi 1-10% dari penjualan.

Sebagai contoh, affiliate marketing di Amazon atau TripAdvisor. Jika ada pembeli yang mengklik tautan Anda dan membayar, Anda mendapatkan komisi antara 3%-50% per pesanan tersebut.

4. Membangun website dan monetisasi

Mendapatkan passive income dari website mungkin sudah umum dilakukan. Tapi, bagi masyarakat awam, banyak yang bingung bagaimana cara memulainya?

Website adalah cara hebat untuk memperoleh passive income, namun tidak mudah. Anda harus membangun website, menulis topik spesifik, dan terus mengelola dan memperbarui konten setiap hari.

Perlu dicatat, dibutuhkan waktu hingga minimal 1 tahun agar website yang sudah dibuat dapat dimonetisasi. Selain itu, Anda harus membuat banyak konten berkualitas agar semakin banyak orang berkunjung ke website tersebut.

Setelah itu, tambahkan Google Ads, atau iklan bergambar ke website Anda. Jika website Anda ramai pengunjung, pakai postingan bersponsor dan affiliate marketing agar profit semakin tinggi.

5. Menulis eBook

Anda hobi menulis dan punya keahlian spesifik? Menulis eBook adalah cara menghasilkan passive income selanjutnya.

Temukan topik trending yang Anda kuasai, dan mulai menulis eBook. Mungkin awalnya agak berat, namun perlu diingat menulis eBook tak perlu terlalu panjang.

Yang terpenting, eBook dapat memberikan kemudahan bagi pembaca untuk belajar topik tersebut. Bahkan, Anda tak perlu menulis sendiri! Sebab, ada banyak penulis freelance yang siap membantu Anda.

Setelah eBook selesai dibuat, Anda bisa mempromosikan ke media sosial dan menjualnya di platform Mayar.

Ribuan penulis menerbitkan sendiri eBook di platform seperti Mayar, karena tidak mau ribet berurusan dengan penerbit. Keuntungannya penjualan eBook di Amazon dapat mencapai $100 ribu atau setara Rp 1 miliar pada tahun 2021.

6. Membuat audiobook

Keenam, cara menghasilkan passive income adalah membuat audiobook. Sama seperti eBook, hanya saja diubah menjadi suara.

Anda membutuhkan peralatan rekaman dan mungkin menyewa voice artist yang akan membacakan audiobook Anda.

Konsepnya masih sama, ketika audiobook Anda promosikan dan dijual di platform seperti Mayar. Maka, setiap kali ada pembeli audiobook, Anda mendapatkan uang.

Jika Anda siap memulai menghasilkan passive income atau pendapatan pasif, segera daftar ke Mayar dan mulai berjualan audiobook hari ini.

7. Desain produk cetak

Tidak semua orang bisa membuat desain. Namun, hal ini tak menjadi halangan untuk mendapatkan desain produk cetak sesuai preferensi.

Kalau Anda jago desain, Anda bisa menjual desain berbagai barang cetak atau printables.

Printables atau desain cetak adalah unduhan digital yang dicetak secara fisik dan banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Antara lain:

· Kalender

· Pamflet

· Kartu nama

· Daftar ceklist

· Halaman mewarnai anak

· Lembar jurnal

· Desain amplop

· Desain kop surat

· Dll

File yang akan diunduh dapat berupa PDF atau JPG maupun XLS dan DOC. Apapun format file, yang terpenting adalah memudahkan konsumen untuk mengunduh produk digital Anda dan menggunakannya secara praktis.

8. Template Excel/ Google Sheet

Di berbagai bisnis, laporan keuangan seringkali masih memakai model template spreadsheet atau kolom dan baris.

Apakah Anda suka membuat template untuk mengelola laporan keuangan? Kalau iya, Anda sudah punya produk digital yang bisa langsung dijual hari ini.

Template Excel dan Google Sheet adalah salah satu produk digital termudah untuk dibuat dan dijual. Bahkan, di platform Etsy, menjadi produk terlaris.

Contoh ide untuk template excel/google sheet yang bisa dijual secara online, antara lain:

· Spreadsheet laporan akuntansi

· Spreadsheet laporan neraca

· Spreadsheet laporan laba-rugi

· Spreadsheet laporan perubahan harga

· Dll

9. Template CV/ Resume & Lamaran Kerja

Salah satu template yang paling banyak diburu para pencari kerja adalah template CV. Apalagi, saat ini resume yang bersinar dapat menambah kesempatan lolos diterima kerja.

Jika Anda mampu membuat template CV atau mungkin bekerja di bidang HRD, Anda bisa menjual template CV.

Contoh ide berjualan online template CV, di antaranya:

· Templat resume perawat

· Templat resume developer aplikasi

· Templat resume guru

· Templat resume insinyur perangkat lunak

· Dll

10. Desain Font/ Huruf

Jika Anda memiliki tulisan tangan yang bagus, Anda dapat membuat desain font sendiri untuk dijual secara online dan memperoleh passive income.

Salah satu alat online untuk membuat desain font adalah Calligraphr, Adobe, Canva, hingga Adobe Creative Cloud bagi seniman profesional.

Selain font atau huruf, berikut ide desain lain yang bisa dijual secara online:

· GIF

· Tombol

· Sticker

· Dll

Dapatkan Passive Income Jutaan per Bulan dengan Jualan Produk Digital dan Fisik di Mayar!

Kalau Anda memiliki bakat, keahlian, atau keterampilan yang bisa bermanfaat membantu bagi orang lain, itulah sumber passive income Anda.

Seperti kebanyakan pebisnis online lainnya di Mayar, Anda bisa menjual font, desain, ilustrasi, template, kursus online, hingga produk fisik dan banyak produk digital lainnya di platform Mayar.

Ayo, mulai aja dulu buat akun Mayar sekarang! Kembangkan bisnis dengan fitur pembayaran online, kelola order online, 1-click checkout, hingga digital marketing terintegrasi.

Tanpa minimum kontrak, tanpa kartu kredit, digitalisasi bisnis anda dalam 5 menit. Hubungi [email protected] jika ada pertanyaan lebih lanjut.