10 Tips Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

10 Tips Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Kalau Anda bertanya-tanya, kenapa sih harus jadi affiliate marketer? Itu artinya, Anda masih perlu memahami lebih dalam pengertian affiliate marketer.

Beberapa tahun terakhir, muncul fenomena affiliator sukses di bidang trading yang sempat viral. Afiliator tersebut kerap memamerkan kekayaan berlimpah seperti mobil sport, rumah megah, dan bergelimang uang.

Namun, benarkah program affiliate marketing benar-benar bisa menghasilkan uang secara online? Secara singkat, jawabannya bisa!

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai metode dalam menghasilkan uang juga menjadi bervariasi. Baik secara offline maupun online melalui internet.

Sebagai contoh, melalui internet Anda bisa menghasilkan uang dengan cara berjualan online, menjadi seorang blogger, vlogger, youtuber, maupun dengan menjadi affiliate marketer.

Sebelum membahas lebih dalam bagaimana cara menghasilkan uang secara online dengan affiliate marketer, yuk simak pengertiannya terlebih dulu!

Apa Itu Affiliate Marketer?

Affiliate marketer adalah salah satu pekerjaan yang potensial dilakukan di zaman sekarang. Sebab, seorang affiliate marketer bisa menghasilkan uang melalui internet dengan nominal yang bisa terbilang besar.

Selain itu, affiliate marketer juga bisa mendapatkan uang tersebut dalam jangka waktu yang terbilang singkat dengan memanfaatkan internet.

Sederhananya, affiliate marketer adalah seseorang yang melakukan kegiatan affiliate marketing.

Dalam hal ini, affiliate marketing adalah metode bisnis yang dilakukan dengan sistem pemberian komisi pada seseorang yang berhasil memasarkan produk/jasa dari suatu perusahaan penyelenggara program afiliasi.

Posisi Anda disini adalah sebagai seorang affiliate marketer, sehingga Anda tidak perlu memiliki produk/jasa untuk dijual.

Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah membantu suatu perusahaan untuk memasarkan produk/jasanya.

Kemudian, apabila Anda berhasil menjual produk/jasa tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan penyelenggara program afiliasi.

Adapun, untuk bisa mendapatkan komisi yang besar, tentunya Anda perlu melakukan penjualan produk/jasa sebanyak-banyaknya.

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya diperlukan tips sukses affiliate marketer agar hasil yang didapatkan bisa memuaskan.

10 Tips Sukses Affiliate Marketer

Simak cara berikut untuk mendapatkan 10 tips sukses affiliate marketer yang bisa Anda lakukan.

1. Tentukan Fokus Niche

Tips sukses affiliate marketer yang pertama adalah menentukan fokus niche.

Niche merupakan salah satu bagian dari penentuan arah bisnis. Niche akan mengarahkan agar lebih mudah dalam membidik target pasar sesuai karakteristik yang lebih spesifik.

Dengan demikian, niche yang Anda pilih bisa menjadi salah satu identitas bisnis yang membuat konsumen mengenal bisnis.  Menentukan fokus niche menjadi salah satu keputusan bisnis yang sangat penting.

Sebab, akan membantu dalam memberikan gambaran berupa jenis pelayanan yang optimal untuk membidik konsumen.

2. Pilih Niche yang Menarik

Tips sukses affiliate marketer adalah memilih niche yang menarik. Dalam hal ini terdapat banyak sekali jenis niche yang bisa Anda pilih.

Mulai dari gaya hidup sehat, kecantikan, pemeliharaan hewan, teknologi, dan lain sebagainya.

Namun, hal yang penting untuk diperhatikan adalah memilih jenis niche yang menarik. Yakni, jenis niche yang sedang hangat diperbincangkan banyak orang.

Apabila berhasil dilakukan, penentuan jenis niche yang menarik akan membantu bisnis berkembang dan mendapatkan banyak konsumen.

3. Tentukan Jenis Platform Afiliasi

Tips sukses affiliate marketer selanjutnya adalah menentukan jenis platform sesuai niche yang sudah dipilih.

Dalam hal ini, setiap niche memiliki tingkat kesesuaian yang berbeda-beda dari suatu platformke platform yang lain. Sehingga, sangat penting agar Anda mengetahui platformapa yang tepat untuk digunakan dalam program afiliasi.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan platform yang tepat, maka carilah platform yang bisa Anda gunakan dengan baik dan mudah, seperti instagram, website, dan sebagainya.

4. Susun Program Afiliasi yang Sesuai

Tips sukses affiliate marketer yang keempat adalah menyusun program afiliasi yang sesuai untuk dijalankan oleh bisnis.

Ada banyak contoh program afiliasi yang tersedia. Meski begitu, Anda juga perlu menyusun program afiliasi yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Hindari terlalu fokus untuk mendapatkan komisi yang besar. Namun, hal yang lebih penting untuk dilakukan adalah memberikan penawaran yang menarik bagi calon konsumen.

5. Buatlah Konten yang Menarik

Tips sukses affiliate marketer selanjutnya adalah dengan menyajikan konten-konten yang menarik dan berkulitas.

Hal ini diperlukan untuk membangun tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda, sehingga pelanggan merasa tertarik untuk membeli produk/jasatersebut.

Misalnya, cobalah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial untuk menarik minat pelanggan agar melakukan pembelian.

6. Gunakan Search Engine Optimization (SEO)

Tips sukses affiliate marketer yang terbilang sangat penting untuk meningkatkan pembelian adalah dengan cara menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Hal ini karena, SEO dapat mendorong peningkatan traffic situs yang digunakan untuk program afiliasi.

Dengan demikian, jumlah pengunjung yang tertarik untuk melakukan pembelian akan semakin meningkat.

Teknik SEO sangat direkomendasikan apabila Anda memanfaatkan blog atau website sebagai sarana pelaksanaan program afiliasi.

7. Bangun Kepercayaan Konsumen

Selanjutnya, agar bisa berhasil melaksanakan affiliate marketing, maka tips sukses affiliate marketer yang satu ini perlu dilakukan.

Untuk membangun kepercayaan konsumen, maka Anda perlu melakukan follow-up untuk menjangkau konsumen agar bersedia membeli produk yang Anda tawarkan.

Anda bisa menjangkau mereka dengan cara memberikan informasi konten secara berkala melalui email dan/atau media lainnya sesuai pilihan.

Dari segi marketing, agar penawaran produk bisa lebih memikat konsumen untuk segera melakukan pembelian, maka Anda bisa melibatkan influencer terkenal yang relevan dengan niche.

Hal ini karena, dengan adanya influencer, maka peluang konsumen mengunjungi situs website atau media sosial tempat Anda melakukan affiliate marketer akan semakin besar.

Namun, hal yang perlu Anda pahami adalah mayoritas konsumen akan lebih menghargai pendekatan secara tulus, bukan untuk mengejar uang semata demi mendapatkan komisi.

8. Memberikan Penawaran yang Objektif

Seperti yang telah dijelaskan pada tips sukses affiliate marketer sebelumnya, memberikan penawaran yang objektif sangat penting.

Dalam hal ini, seorang affiliate marketer perlu mengedepankan transaparansi dan objektivitas terhadap program affiliate marketing yang sedang dijalankan.

Sebagai contoh, Anda bisa menjelaskan kepada konsumen tentang sistem kerja sama di program affiliate marketing yang Anda jalankan. Baik, berupa sponsor dari brand tertentu ataupun ketentuan lain dari program tersebut.

9.  Gunakan Tata Bahasa yang Baik

Tips sukses affiliate marketer yang tidak kalah penting dalam menarik perhatian konsumen adalah dengan menggunakan tata bahasa yang baik.

Anda bisa menyesuaikan jenis bahasa dengan target market. Misalnya, apabila target market Anda adalah orang luar negeri, maka penggunaan bahasa inggris yang baik dan benar akan sangat membantu bisnis Anda dalam mendapatkan konsumen yang diinginkan.

Selain itu, konten-konten yang disajikan juga sebaiknya sesuai dengan aktivitas sehari-hari konsumen, sehingga peluang untuk dikunjungi akan lebih besar.

Makin Untung Kelola Program Affiliate Marketing dengan Mayar!

Tahukah Anda, saat ini mengelola program affiliate marketing makin praktis dan modern dengan platform Mayar.id!

Tak perlu pusing menghitung komisi secara manual, karena Mayar menyediakan fitur Manajemen Affiliate yang dapat mengelola hingga ribuan anggota affiliate cukup semudah menggerakkan jari.

Anda juga dapat mengatur komisi per affiliate atau mengatur produk per affiliate dengan lebih cepat.

Agar lebih memahami, berikut adalah beberapa keuntungan fitur Manajemen Affiliate Mayar:

1.    Pembuatan Website Pendaftaran Affiliator Otomatis

Mengelola pendaftaran affiliator produk atau bisnis Anda semakin mudah dan otomatis. Sebab, Mayar dapat mengaktivasi calon affiliator dari sistem Mayar. Anda hanya perlu share tautan atau link kepada calon affiliator, dan selebihnya proses akan ditangani sistem Mayar.

2.    Mengatur komisi, produk, dan keanggotaan

Kemudian, apabila affiliator berhasil mendaftar dan bergabung, Anda bisa mengatur berapa besar komisi yang akan diberikan melalui dashboard Mayar. Termasuk, mengatur produk yang bisa dijual dan status keanggotaan, semuanya real-time dan online.

3.    Perhitungan komisi otomatis

Jika hanya satu atau dua affiliator, mungkin tak masalah menghitung komisi mereka secara manual. Tapi, bagaimana jika affiliator Anda sudah tumbuh hingga ribuan orang? Tentunya, proses perhitungan komisi secara manual akan sangat menyita waktu dan tenaga, serta mungkin menghabiskan uang.

Melalui sistem Mayar, perhitungan komisi dilakukan secara otomatis bagi tiap affiliator dan bahkan pembayaran dapat ditransfer langsung satu per satu kepada affiliator.

4.    Menambah networking affiliate marketing

Ribuan anggota affiliate dalam satu komunitas dapat saling berdiskusi dan bertukar informasi untuk membantu penjualan produk bisnis yang lebih meningkat.

Keren, kan! Tunggu apalagi, dapatkan fitur-fitur Manajemen Affiliate Mayar untuk mendukung pemasaran produkmu sekarang. Coba aja dulu daftar Starter Promo Mayar GRATIS! Cocok banget untuk UMKM.

Info selengkapnya silakan hubungi [email protected] atau [email protected] untuk membantu Anda.