10 Tips Pro Menggunakan AI , Ampuh Tingkatkan Kreativitas Penulisan

10 Tips Pro Menggunakan AI , Ampuh Tingkatkan Kreativitas Penulisan

Eits, perhatian para anak muda kreatif! Mayar kali ini akan mengungkap rahasia menggunakan AI yang membuat Anda semakin mudah terjun ke dunia penulisan. Siapa bilang menulis itu harus rumit? Dengan AI, Anda bisa mendapatkan 10 tips pro yang akan mengubah cara Anda menulis konten.

Apakah Anda seorang blogger yang bersemangat atau mungkin seorang penggiat media sosial? Tips-tips ini akan membantu menghasilkan konten yang keren, menarik, dan tentunya dengan gaya bahasa sesuai audiens.

Siap-siaplah merasakan kemudahan menulis dengan tingkat kecepatan dan inovasi baru! Coba pelajari metode pembuatan tulisan kreatif bagi promosi bisnis dengan perangkat lunak AI dan menjadi selangkah lebih unggul dibanding kompetitor.

Tips ampuh membuat copywriting konten promosi perusahaan

Melalui tips-tips ampuh di bawah ini, Anda akan mempelajari cara menghasilkan copywriting konten promosi perusahaan untuk memikat perhatian audiens. Jadi, ayo kita mulai mengasah kemampuan copywriting dan meraih keberhasilan dalam mempromosikan bisnis dengan gaya persuasif dan menarik.

1. Kenali Kata Kunci

Sebelum menghasilkan konten untuk bisnis, penting untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya, riset kata kunci akan sangat membantu mengidentifikasi atau mengenali kata kunci yang paling relevan bagi bisnis sesuai kata kunci yang ingin dicari, terutama, ketika Anda ingin memakai kata kunci long-tail (kata kunci panjang).

Secara umum, kata kunci long-tail sering dipakai oleh audiens atau konsumen yang sedang menelusuri informasi suatu bisnis atau produk di mesin pencari seperti Google.

2. Kenali Audiens Target

Mengetahui kepada siapa Anda mengarahkan konten adalah langkah penting dalam membangun strategi pemasaran efektif.

Hal ini juga berlaku saat menggunakan alat penulisan AI untuk menghasilkan konten. Mengetahui audiens target dapat membantu Anda menyusun teks tertulis yang tepat bagi  kelompok konsumen yang tepat.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Ringkas

Alat penulisan AI seperti ChatGPT dirancang untuk membuat konten dengan cepat. Namun, penting untuk memastikan bahasa yang digunakan jelas dan ringkas.

Hindari penggunaan bahasa berbelit-belit atau cara penulisan yang sulit dipahami sehingga membuat pembaca makin bingung atau pesan tidak tersampaikan dengan baik.

4. Fokus pada Instruksi yang  Efektif

Siapa pun dapat mengetik kata-kata ke dalam chatbot AI dan mendapatkan respons. Trik untuk mendapatkan hasil yang baik adalah dengan membuat instruksi yang efektif. Penting untuk memperhatikan beberapa faktor.

Pertama dan terutama, buatlah instruksi yang spesifik. Misalnya, hindari mengetik instruksi ke promp seperti “berikan saya daftar topik posting blog terkait resep kue asin”. Selanjutnya, cobalah instruksi yang lebih spesifik seperti “berikan saya 10 ide topik tentang resep kue asin”.

Selain itu, perhatikan deskripsinya dengan seksama. Menggunakan instruksi yang deskriptif atau penjelasan dengan baik dalam promp dapat membantu menjelaskan hal-hal detail bagi AI.

Contohnya, jika Anda ingin membuat deskripsi produk untuk sepatu olahraga, hindari hanya menulis “buatkan deskripsi produk untuk sepatu olahraga”, tapi tuliskan kalimat seperti “buatkan deskripsi produk untuk sepatu olahraga berwarna cerah untuk menarik pelanggan Generasi Z”. Semakin banyak informasi yang diberikan pada chatbot, semakin baik hasilnya.

5. Periksa Ulang Hasilnya

Alat penulisan AI dapat menghemat banyak waktu saat membuat konten baru. Namun, penting untuk memeriksa ulang apa hasil yang muncul dan diberikan kepada Anda.

Semua sistem AI bekerja dengan memprediksi rangkaian kata yang paling cocok dengan pertanyaan Anda. Seringkali, sistem AI tdak mampu merasionalkan atau mempertimbangkan beberapa data yang keliru ketika memberikan jawabannya.

Hal ini disebut sebagai “halusinasi”, yang terjadi kapan saja tanpa disadari pengguna alat penulisan AI. Oleh karena itu, sebaiknya selalu pastikan untuk memeriksa ulang fakta dari hasil setiap tulisan.

Untungnya, beberapa alat penulisan AI didukung sumber kutipan sebagai referensi sehingga memungkinkan pengguna memeriksa ulang dan mengidentifikasi asal-usul jawaban yang diberikan.

6. Gunakan copywriting AI untuk Memperbaiki Konten yang Sudah Ada

Tak peduli apakah Anda pemula maupun penulis profesional berpengalaman, penggunaan AI untuk membantu Anda memperbaiki konten asli adalah salah satu cara terbaik memanfaatkannya.

Anda bisa menggunakannya untuk mengubah kalimat agar lebih mudah dibaca atau membuat kalimat dan paragraf semakin ringkas.

Alat penulisan AI dapat mengidentifikasi cara alternatif dalam menulis kalimat, memberikan sinonim yang membuat kalimat lebih lancar, dan bahkan merapikan tulisan sehingga makin keren dan cocok untuk audiens Anda.

7. Temukan Perspektif Baru

Salah satu masalah terbesar dalam penulisan adalah terdengar terlalu satu dimensi atau gaya bahasanya terlalu monoton. Dengan perangkat lunak penulisan AI, Anda dapat memperoleh perspektif dan gaya bahasa berbeda dalam penulisan.

Anda dapat menggunakan alat penulisan AI untuk bertanya atau bahkan memberikan input gaya bahasa tertentu sehingga memberikan pandangan baru (boleh dibilang) dalam menulis konten.

Dengan tools AI, Anda bisa mencoba berbagai gaya tulisan, seperti fun, funny, profesional, formal, friendly, atau gaya bahasa lainnya.

Bereksperimenlah dengan pengaturan tone dan gaya berbeda untuk memberi perspektif baru pada konten.

8. Buat Konten Asli

Meskipun tools penulisan AI mampu mempercepat pembuatan konten, ingatlah untuk tetap membuat konten asli.

Manfaatkan keahlian, pengalaman, kreativitas, dan wawasan unik Anda secara humanis untuk meningkatkan konten yang dihasilkan oleh AI, bukan menyalinnya begitu saja.

Manfaatkan AI sebagai asisten dalam menghasilkan ide adalah cara yang jauh lebih efektif untuk menciptakan konten asli.

Bila perlu, Anda dapat mengecek kembali plagiarismenya di alat bantu plagiarisme checker.

9. Gunakan Copy AI untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Alat bantu penulisan AI, seperti ChatGPT, adalah cara yang efektif meningkatkan kemampuan menulis.

Pada dasarnya, ChatGPT belajar dengan cara serupa seperti manusia, yaitu dengan repetisi atau diulang-ulang. Semakin sering memakai alat penulisan AI, semakin baik kemampuan menusli konten.

Luangkan waktu untuk mengenali pola-polanya dan catat bagaimana tools AI menghubungkan kata-kata dan frasa-frasa. Kemudian, gunakan pengetahuan dan informasi tersebut untuk membawa kemampuan menulis ke level selanjutnya.

10. Bertanggung  jawab

Hal ini memang sudah cukup jelas tanpa perlu dibahas lagi, namun perlu ditekankan: AI dimaksudkan sebagai alat bantu.

Penting untuk memahami agar Anda selalu menggunakan AI secara bertanggung jawab serta hindari pelanggaran hak cipta.

Bukan hanya itu, jangan memakai bahasa diskriminatif dan hindari konten  yang tidak pantas/ pornografi. Perlu disadari bahwa alat penulisan AI dapat disalahgunakan dan pastikan konten tidak melanggar panduan-panduan tersebut.

MAIA (Mayar AI Assistant): Tingkatkan Kreativitas dengan Bantuan AI, Cepat dan Mudah!

Jika Anda ingin membuat konten dengan performa tinggi dan ramah SEO untuk situs web, blog, landing page, atau media sosial, maka MAIA dapat menjadi pilihan ideal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asisten AI bukan dimaksudkan untuk menggantikan manusia dalam menulis, tetapi sebagai alat menghasilkan ide.

Penulis otomatis AI memungkinkan pengguna mengembangkan ide, menghasilkan paragraf, membuat subheadline, judul, mencari gambar, dan masih banyak lagi.

Apabila dipakai secara efektif, tools copywriting AI dapat menciptakan konten baru dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan kalau Anda melakukannya sendiri.

Kerennya lagi, alat penulis otomatis ini menawarkan versi gratis dan berbayar yang menciptakan konten dengan jumlah kata tak terbatas.

Jadi, bila Anda ingin menghemat waktu dan usaha, penulis otomatis AI adalah cara tepat untuk mengangkat kualitas penulisan Anda ke level selanjutnya.

Siapa nih yang pengen mengoptimalkan penggunaan alat penulis AI untuk membuat konten secara cepat dan mudah? Semua pasti mau, kan! Jangan tunda lagi, cobalah MAIA (Mayar AI Assistant) sekarang juga!

Dengan fitur-fitur canggih seperti Buy Button, 1-Click Checkout, Custom Checkout Domain, dan Embeddable Checkout, MAIA adalah mitra kreatif dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi dan efisien. Jadikan MAIA sebagai asisten AI dalam perjalanan menciptakan konten yang menakjubkan.

Tingkatkan kreativitas dan efisiensi waktu sebagai konten kreator dengan MAIA

Penasaran ingin merasakan kehebatan Mayar AI Assistant? Bergabunglah dengan jutaan orang yang telah mengoptimalkan konten bisnis dengan Mayar. Daftar akun Mayar sekarang dan miliki akses eksklusif ke semua fitur canggih Mayar.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas konten dan menghemat waktu dalam proses pembuatannya. Segera daftar akun Mayar dan mulailah perjalanan Anda sebagai konten kreator sukses!