5 Alasan Kenapa Anda Harus Jadi Entrepreneur

5 Alasan Kenapa Anda Harus Jadi Entrepreneur

Tidak semua orang pengen jadi wirausaha. Tapi, kalau Anda ingin punya lebih banyak kebebasan waktu sekaligus memperoleh penghasilan, entrepreneur atau wirausaha adalah jawabannya.

Wirausaha itu adalah bos bagi diri sendiri, Anda bisa mengatur jadwal kerja sendiri dan menentukan seberapa banyak proyek yang ingin diambil.

Beda mungkin dengan karyawan kantoran yang bekerja 8-to-5 setiap hari. Ada yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mengerjakan tugas yang disukai. Tapi, ada juga karyawan yang sangat menikmati pekerjaannya.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan jadi wirausahawan!

1. Kesempatan untuk menjadi bos bagi diri sendiri.

Saat kerja jadi pegawai, Anda berada di bawah aturan perusahaan atau atasan Anda. Mereka bisa memutuskan untuk memecat atau mempekerjakan Anda.

Bos Anda akan memutuskan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu produktif 8 jam setiap hari.

Anda memiliki keputusan yang seringkali harus berlawanan dengan perintah bos. Tapi, enaknya Anda juga mendapatkan gaji bulanan.

Masalahnya, kaum milenial masa kini lebih suka jadi bos bagi diri sendiri. Kewirausahaan adalah rencana pensiun dini yang sedang trend. Penghasilan Anda adalah hak Anda.

Jadi, Anda sendiri yang mengatur seberapa banyak penghasilan yang ingin diraih sebagai wirausahawan.

2. Kebebasan waktu dalam beraktivitas.

Kebebasan itu mahal harganya. Terlebih lagi, hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan dengan berbagai aktivitas yang mungkin bukan passion Anda. Jadi, satu-satunya hal yang tidak akan kita dapatkan lagi adalah waktu berharga.

Kewirausahaan memberikan waktu yang seimbang antara karir dan keluarga. Jika Anda memiliki keluarga dan karir yang bersamaan, Anda bisa memutuskan sendiri untuk fokus ke keluarga atau pekerjaan terlebih dulu.

Pekerjaan wirausaha bisa disesuaikan dengan hidup Anda, bukan sebaliknya. Keluarga bisa diutamakan, dan baru pekerjaan menyusul kemudian.

3. Kemungkinan penghasilan tanpa batas.

Menjadi pegawai kantoran, potensi penghasilan akan dinegosiasikan bersama perusahaan. Anda bisa mendapatkan kenaikan dan promosi jabatan, tapi juga bisa tidak.

Potensi penghasilan Anda dibatasi tidak peduli berapa lama Anda sudah bekerja di perusahaan.

Jadi, tidak heran, kadang ada manajer atau pegawai negeri yang tiba-tiba melompat ke dunia entrepreneur untuk membangun bisnisnya sendiri.

Pengusaha tidak senang dengan status quo dan terus menumbuhkan penghasilan sesuai keinginan dan passion mereka.

Seni kewirausahaan adalah bahwa tidak ada “penjaga” yang seolah-olah mengatur-atur seberapa besar penghasilan Anda. Semuanya, ada di bawah kendali tangan Anda sendiri.

4. Bekerja dari mana pun dan kapan pun.

Sekarang, ada lebih dari 2,5 miliar orang yang berjualan online setiap hari. Berarti, Anda bisa memiliki basis pelanggan tanpa batas dan membangun bisnis online yang independen. Kapan pun dan di mana pun 24/7.

Hebatnya dari memiliki bisnis sendiri adalah kemampuan untuk menciptakan kegiatan ekonomi kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Anda tidak lagi harus datang ke kantor tepat jam 8, atau jika tidak gaji akan dipotong. Ada bisa memiliki kebebasan lokasi dan waktu sesuka hati sesuai keinginan.

Terkadang, justru hal inilah yang mendorong inovasi dan kreativitas seorang wirausaha. Contohnya, Anda bisa mengerjakan proyek di kedai kopi sambil menikmati pemandangan kota

Atau, bahkan membuat presentasi di tepi pantai sambil melihat deburan ombak. Semua ini, hanya mungkin terjadi, bila Anda menjadi wirausahawan.

5. Kesempatan untuk memberikan teladan kepada generasi penerus.

Ketika Anda membangun bisnis impian, Anda bisa meneruskan semangat wirausaha kepada anak-cucu, dan generasi selanjutnya.

Apa yang mungkin Anda mulai sebagai pencarian kebebasan, berakhir menjadi warisan keluarga turun-temurun selama beberapa generasi.

Contohnya, perusahaan seperti Ford telah diturunkan melalui generasi ke generasi, dan terus berdampak pada kehidupan.

Jika bisnis Anda dimulai dari sesuatu yang Anda sukai, terus kembangkan hal itu. Karena bisa jadi akan berubah menjadi warisan keluarga dari generasi ke generasi yang akan dibanggakan oleh anak-cucu Anda.


Jadi, siapkah Anda menjadi wirusahawan baru? Apa rencana bisnis yang akan Anda bangun? Apapun itu, pastikan untuk melengkapi sistem pembayaran bisnis dengan Mayar.id.

Mayar.id didukung fitur-fitur yang canggih untuk solusi pembayaran praktis dan modern, tanpa ribet. Buat Link Pembayaran atau Kode QR, dan terima pembayaran dalam hitungan detik dari klien atau pelanggan.

Yuk, mulai aja dulu berbisnis bareng Mayar.id, klik tautan ini untuk coba GRATIS selama 30 hari.