5 Cara Mudah Galang Donasi Secara Online, Praktis dan Mudah!

5 Cara Mudah Galang Donasi Secara Online, Praktis dan Mudah!

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat membuat berbagai kegiatan yang semula dilakukan secara konvensional beralih menjadi digital. Dengan adanya keadaan ini, maka tidak menutup kemungkinan apabila penggalangan dana donasi dapat dilakukan secara online. Selain praktis dan efektif, penggalangan donasi secara online juga memudahkan pihak donatur untuk mengirimkan bantuannya.

Penggalangan dana secara online memiliki banyak keuntungan, salah satunya bisa merambah banyak kalangan di berbagai wilayah di Indonesia atau bahkan hingga ke luar negeri. Para donatur juga bisa secara leluasa mengirimkan donasinya tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Adapun berikut beberapa cara mudah galang donasi secara online yang bisa Anda lakukan.

Tentukan Tujuan yang Jelas dan Detail

Agar penggalangan donasi dapat berhasil, maka langkah yang paling dasar adalah menentukan tujuan penggalangan dana. Anda harus memberitahu para donatur alasan Anda melakukan penggalangan dana secara jelas dan detail, baik untuk membantu sebuah yayasan, gerakan amal, ataupun untuk proyek kreatif yang akan memberikan manfaat bagi banyak orang. Jelaskan alasan Anda secara spesifik dilengkapi dengan data-data yang valid. Beritahu para donatur tujuan mulia yang ingin Anda capai dan sisipkan pesan yang akan mendorong mereka untuk memberikan donasinya.

Berikan Keterangan Jumlah Donasi yang Dibutuhkan

Dalam melakukan penggalangan dana, sebaiknya Anda harus menyertakan total jumlah biaya yang Anda butuhkan untuk menjalankan proyek. Berikanlah keterangan jumlah donasi yang benar-benar Anda butuhkan. Sertakan pesan apabila jumlah donasi tidak mencapai target maka Anda akan sangat kesulitan mencapai tujuan yang telah Anda sebutkan di awal.

Selain itu, usahakan buatlah rincian penggunaan dana setelah jumlah yang dibutuhkan tercapai, seperti uang tersebut akan digunakan untuk kegiatan apa saja? Untuk membantu siapa saja? Manfaat yang akan diterima bagaimana? Dan sebagainya. Sebaiknya Anda juga menyisakan sekitar 10% dana sebagai cadangan.

Tentukan Batas Waktu Donasi

Menentukan batas waktu donasi juga perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan proses penggalangan dana. Dengan adanya tenggat waktu yang spesifik akan mendorong orang untuk cepat-cepat menyumbang, apalagi jika melihat tujuan penggolongan dana Anda yang sangat mulia dan memiliki dampak besar untuk menolong sesama. Dalam hal ini Anda harus menjelaskan bahwa proyek Anda perlu dilakukan sesuai batas waktu dengan tujuan dan alasan tertentu yang pastinya bisa meyakinkan para donatur untuk segera mendonasikan bantuannya.

Ajaklah Orang-Orang Terdekat untuk Berdonasi

Tips agar setiap orang memberikan donasinya secara cepat adalah dengan mengajak orang-orang yang Anda kenal untuk berdonasi terlebih dahulu. Setelah itu, mintalah mereka untuk membagikan pengalamannya dalam berdonasi ke media sosial masing-masing. Hal seperti ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan banyak donatur dalam waktu singkat karena kebanyakan dari mereka akan ikut menyumbang setelah melihat orang-orang yang mereka kenal juga telah memberikan donasinya.

Maksimalkan Promosi

Setelah semua tahapan Anda lalui, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan promosi. Anda bisa menggunakan berbagai media, baik media cetak, media massa, maupun media sosial untuk mempromosikan proyek dan penggalangan dana Anda. Semakin rutin dan semakin beraneka ragam media promosi yang Anda gunakan, maka kemungkinan untuk menjangkau banyak donatur juga akan semakin besar.

Terima Donasi Online dengan Mayar.id

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggalang dana donasi secara online dengan mudah dan efektif. Dalam hal ini tentunya Anda juga membutuhkan platform khusus untuk membantu dan mempermudah para donatur untuk mentransfer jumlah donasi yang akan mereka berikan. Sangat direkomendasikan bagi Anda menggunakan mayar.id.

Mayar.id akan memudahkan para donatur untuk memasukkan nominal donasi sesuai yang mereka inginkan dengan adanya fitur PayMe. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan mayar.id.

  • Biaya platform rendah. Mayar.id memberikan fee yang lebih rendah daripada platform donasi online berbentuk marketplace atau membership.
  • Mendukung pembayaran dari berbagai channel pembayaran. Di Mayar, secara otomatis donatur anda bisa berdonasi dari berbagai channel pembayaran dan akan terus bertambah seiring waktu.
  • Anda bisa menyimpan dan mengelola data donatur dengan mudah. Data donatur Anda beserta riwayat transaksinya tersusun rapi di Dashboard Mayar. Data ini bisa Anda gunakan untuk komunikasi dengan donatur Anda kedepannya.
  • Anda bisa mengekspor data langsung ke format excel atau csv. Semua data Anda baik data donatur, campaign dan transaksi bisa diekspor ke format excel atau csv kapan saja tanpa ada lock-in data.
  • Tombol donasi yang dapat dipasang di website atau blog Anda. Jika Anda memiliki website atau blog sendiri untuk yayasan atau badan amal Anda, Anda bisa menggunakan Tombol Bayar/Donasi Mayar hanya dengan copy-paste tanpa perlu coding. Dengan tombol ini pelanggan bisa berdonasi langsung di website/ blog Anda dengan mudah tanpa perlu pindah halaman.
  • Anda bisa dengan mudah mengundang calon donatur untuk berdonasi melalui chat dan sosial media dengan cara menshare link donasi melalui chat atau meletakkan link donasi di profil sosial media Anda.Bagaimana? Tertarik menggunakan mayar.id untuk mempermudah donasi online? Klik website Mayar dan buktikan keunggulannya!

Image Credit: Unsplash