5 Langkah Jitu Meluncurkan Penggalangan Dana yang Sukses

5 Langkah Jitu Meluncurkan Penggalangan Dana yang Sukses

Anda pengen menggalang dana untuk proyek bisnis, donasi amal, atau kegiatan lainnya? Tak perlu bingung, sebab kuncinya adalah bisa mendapatkan perhatian dari masyarakat luas atau donatur sebanyak mungkin.

Dana yang terkumpul nantinya bisa menjadi dorongan awal yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan kampanye penggalangan dana. Lalu, bagaimana sih cara meluncurkan kampanye penggalangan dana yang sukses? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini!


Bagikan kisah Anda.

Informasikan kepada masyarakat luas atau calon pemberi dana, bagaimana ide bisnis atau kampanye penggalangan dana ini bisa memberikan manfaat yang besar. Ceritakan siapa Anda, apa ide dan rencana Anda, serta dari mana ide proyek berasal.

Beritahukan juga berapa anggaran Anda dan mengapa Anda yakin kampanye penggalangan dana ini akan berdampak besar. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar sudah memikirkan matang ide tersebut. Sehingga, akan semakin kredibel dan dapat dipercaya.

Gambarkan proyek penggalangan dana ini secara menarik. Misalnya, melalui video berkualitas, gambar, website, atau testimoni tokoh populer yang relevan. Kisah dibalik kampanye penggalangan dana yang menyentuh secara emosional, juga biasanya akan semakin banyak dukungan masyarakat.

Menawarkan hadiah atau souvenir.

Masyarakat luas akan mendukung proyek penggalangan dana yang terkesan meyakinkan dan bermanfaat. Namun, tidak ada salahnya juga menawarkan hadiah atau souvenir gratis sebagai imbalan dukungan mereka. Contohnya seperti gantungan kunci, stiker, kaos, dan sebagainya.

Pertimbangkan antara nilai souvenir dan jumlah dana. Sebab, Anda juga perlu realistik, semakin besar nilai souvenirnya, semakin banyak pula anggaran yang harus dikeluarkan dan memakan banyak biaya tambahan.

Tetapkan tujuan penggalangan dana.

Pada tahapan ini, sangat penting untuk memikirkan tentang berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk mencapai goals penggalangan dana. Selain itu, catat juga beberapa orang yang Anda kenal dan mungkin bisa menjadi penyandang dana.

Meskipun Anda bisa menarik perhatian orang-orang baru dalam kampanye ini, akan tetapi akan lebih bagus jika dimulai dari orang-orang terdekat dan sudah Anda kenal terlebih dulu.

Promosikan kampanye penggalangan dana.

Kunci penting agar penggalangan dana berhasil dan cepat mencapai goals adalah pemasaran. Berikut adalah beberapa tips untuk menyebarkan promosi penggalangan dana:

  • Pakai akun media sosial resmi untuk menyebarkan kampanye tersebut.
  • Jangkau media dan hubungi blogger atau influencer terkenal agar berpartisipasi dalam proyek penggalangan dana.
  • Buat acara atau event khusus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau ikut terlibat dalam kampanye ini.

Membuat penggalangan dana di Mayar

Mengumpulkan penggalangan dana secara berulang atau recurring donations kini semakin mudah dan praktis menggunakan Mayar.id. Ide bisnis atau proyek Anda bisa menghasilkan pendapatan yang lebih mudah dianalisis dan diprediksi, hanya dalam beberapa klik dari Dashboard Mayar.

Anda bisa mengatur jadwal penggalangan dana sesuai kebutuhan. Mulai dari mingguan, bulanan, tahunan, atau pada tanggal tertentu. Platform Mayar juga memungkinkan para donatur untuk mengelola sendiri donasi yang diinginkan sehingga bebas ribet, hemat waktu, dan sangat mudah digunakan.

Dashboard Mayar dirancang dengan antarmuka yang sederhana, mudah dimengerti, dan praktis. Baik untuk donatur maupun penyelenggara proyek penggalangan dana. Berdonasi dan menyumbang dana menjadi lebih cepat dengan metode pembayaran yang beragam.

Mulai dari scan QRIS (BCA Mobile, ShopeePay, Gopay, DANA, Link Aja, OVO); kartu Kredit/ Debit VISA; transfer bank (ATM PRIMA, ATM Bersama); E-Wallet; hingga minimarket (AlfaMart dan Indomaret).

Anda sebagai penggalang dana juga bisa terus memonitoring arus pendanaan yang masuk maupun yang gagal. Sehingga, bisa cepat tanggap dan responsif memperbaiki kendala yang dihadapi donatur.

Tunggu apalagi, yuk coba GRATIS selama 30 hari Mayar sekarang untuk penggalangan dana Anda. Info selengkapnya klik tutorial tentang membuat penggalangan dana di Mayar.