5 Platform Terbaik untuk Membuat Kelas Online Anda

5 Platform Terbaik untuk Membuat Kelas Online Anda

Setujukah Anda, kalau zaman sekarang berbagi ilmu atau keterampilan secepat dan semudah menggunggah video ke Youtube?

Bahkan, siapapun bisa membagikan keahlian atau wawasan yang diketahuinya dalam waktu sekejap. Salah satunya melalui platform kelas online atau kursus online.

Berbagi ilmu memang gampang-gampang susah. Tetapi, agar bisa mengeksplorasi topik secara mendalam, sekaligus meraih penghasilan, Anda dapat membuat kelas online dan menjualnya ke platform kelas online yang tepat.

Meski terkesan sepele, kita membutuhkan persiapan yang matang agar bisa mendesain landing page atau website kelas online yang bagus. Selain itu, kita juga perlu merancang materi dan mempromosikan kepada para calon peserta kursus.

Ada banyak aplikasi atau platform kelas online yang cocok menangani bisnis kursus online, khususnya bagi konten kreator.

Di bawah ini adalah beberapa daftar platform kelas online terbaik yang bisa dipilih!

1. Teachable

Teachable adalah salah satu platform kelas online all-in-one yang cukup ternama di dunia. Pengguna Teachable dapat membuat dan menyelenggarakan kursus online dengan paket harga terjangkau. Ada juga versi gratis Teachable.

Tak heran, menjadi salah satu platform kelas online terbaik, Teachable mampu meraih kepercayaan lebih dari 100.000 konten kreator dari penjuru bumi.

Platform kelas online ini bisa digunakan di perangkat desktop Cloud, Web, SaaS, atau Mac/ Windows.

Kemudahan penggunaan inilah yang sangat diminati para konten kreator, dan harganya masih sepadan.

Fitur unggulan Teachable, antara lain:

· Fitur yang memungkinkan pengguna membuat kursus online dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

· Memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Teachacble dengan situs web dengan domain khusus.

· Mudah diintegrasikan dengan berbagai aplikasi

· Dashboard komprehensif untuk menampilkan data penjualan kursus online

· Tersedia bandwidth video yang besar, pendaftaran siswa, serta paket kursus online mudah dikustom.

Hanya saja, saat ini Teachable masih tersedia versi situs web dan belum menyediakan aplikasi seluler.

2. Udemy

Selanjutnya, platform kelas online yang memungkinkan pengajaran jarak jauh adalah Udemy.

Saat ini, Udemy telah memiliki lebih dari 40 juta peserta yang terdaftar dalam kursus dan lebih dari 65.000 tutor atau pembicara.

Agar bisa membuat kursus online berbayar di Udemy, Anda harus mendaftar sebagai instruktur premium. Setelah disetujui, Anda akan dapat membuat kursus pertama dengan cepat dan mudah.

Ketika merancang konten kursus online, ingatlah bahwa sebagian besar kursus membutuhkan sekitar 30 menit durasi video dan materi tambahan lain. Termasuk, menambahkan kuis, tugas, latihan, dan petunjuk diskusi.

Kenapa Anda dapat mengandalkan Udemy? Karena, platform kelas online ini menawrakan banyak dukungan untuk membuat dan memasarkan kursus online.

Misalnya, jika Anda belum yakin apakah pelajaran video Anda sudah bagus, Anda dapat mengirimkan sampel untuk ditinjau dan mendapatkan umpan balik tentang video dan audio dari para pengguna.

Sedangkan, jika Anda kesulitan meluncurkan promosi kursus online pertama Anda,ada program marketing khusus yang dibuat Udemy untuk membantu Anda.

Kursus online Anda akan ditampilkan dalam email blast, dilengkapi diskon promo di website serta Anda dapat memilih program affiliate marketing Udemy.

Semua program ini opsional, dan tergantung pada saluran promosi yang Anda pilih.

3. Podia

Podia didirikan pada tahun 2014 sebagai salah satu platform kelas online yang membuat sekaligus menjual kursus online.

Platform berbasis Cloud ini menawarkan layanan pelanggan 24/7 dan integrasi dengan banyak platform. Sehingga, Anda dapat memberikan pengalaman belajar terbaik kepada peserta kursus Anda.

Di samping itu, tersedia alat marketing seperti email marketing, WA Blast, SMS Blast, pembuatan situs web, dan banyak lagi.

Yang jelas, platform kelas online ini cocok untuk konten kreator dari segala usia di seluruh dunia.

Fitur Podia antara lain:

· Setiap paket memungkinkan Anda membuat kursus dan webinar dengan email marketing.

· Terdapat sub-domain Podia, disertakan dengan setiap paket.

· Bisa membuat kuis, menawarkan kupon, Live Chat di halaman, dan banyak lagi.

· Dashboard untuk melacak kemajuan peserta kursus online dan mengirimkan email/notifikasi.

· Dapatkan situs web yang sesuai untuk seluler, atau subdomain Podia, atau gunakan URL khusus Anda.

Secara singkat, Podia adalah salah satu situs web kursus online yang dipercaya oleh lebih dari 50.000 konten kreator. dapat menyematkan konten ke Podia, termasuk Twitter dan GitHub.

4. SkillShare

Jika Anda seorang pebisnis, desainer, penulis, fotografer, atau blogger yang ingin mengajarkan keahlian Anda secara online, Skillshare sangat bagus untuk mengajarkan keterampilan kreatif.

Anda akan menemukan kursus online tentang semua jenis topik, baik yang populer maupun khusus. Misalnya, marketing, fotografi, memasak, melukis, dan bahkan membuat kerajinan hias.

Platform ini menawarkan paket keanggotaan untuk peserta yang memberi akses ke semua 35.000+ kursus premium.

Konten kreator hanya perlu mendaftar dan menerbitkan kursus gratis. Tetapi, jika Anda ingin dibayar dan mendapatkan uang, maka kursus Anda harus menjadi bagian dari katalog premium Skillshare terlebih dulu.

Kelas Skillshare memiliki beberapa bagian utama, yaitu: pelajaran video, proyek, dan diskusi komunitas.

Setiap sesi kelas menyertakan video berdurasi 20-60 menit, dipecah menjadi pelajaran berdurasi 2-5 menit. Selanjutnya, dapat diberikan tugas tambahan untuk memastikan peserta memahami materinya.

Misalnya, proyek atau tugas di kelas media sosial mengharuskan peserta mempromosikan akun Instagram masing-masing.

Atau, di kelas jurnalistik, para peserta kursus online harus membuat narasi iklan. Sedangkan, bagian komunitas dari sebuah kelas memungkinkan siswa memposting hasil karyanya.

Skillshare membayar instruktur atau konten kreator sebesar $10 untuk rujukan keanggotaan premium, serta komisi royalti untuk menit yang ditonton di kelas premium setiap bulan.

5. Mayar.id

Dengan platform Mayar, membuat kelas online atau kursus online menjadi lebih mudah dan bebas ribet.

Kelas online atau kursus online On-Demand dari Mayar dilengkapi berbagai fitur menarik dan modern. Termasuk pembuatan bab pembelajaran, materi modul dalam beragam format (teks, video, audio), hingga pengiriman attachment file dan meeting.

Bahkan, Mayar juga dapat mengelola data peserta dan terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari transfer bank (virtual account), dompet digital (OVO, ShopeePay, DANA, LinkAja, dll), Akulaku, hingga gerai ritel (Alfamart dan Indomaret).

Di Indonesia, Mayar.id dapat menjadi alternatif platform kelas online yang menyesuaikan kebutuhan konsumen tanah air. Biasanya, peserta kursus online di Nusantara ingin melihat terlebih dulu bagaimana kurikul kelas online, sebelum memutuskan membayar.

Karena itu, Mayar.id juga menyediakan fitur pembuatan landing page atau laman web kelas online secara otomatis. Konten kreator jadi lebih mudah dalam mempromosikan kursusnya, dan memudahkan calon peserta melihat apa saja materi yang akan diajarkan.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan lainnya di Mayar.id:

Di bawah ini kita akan menyimak sejumlah fitur-fitur kelas online di Mayar, antara lain:

1. Mengelola jumlah peserta kursus online

Mayar.id bisa menjadi salah satu platform kelas online yang terbaik untuk menghasilkan cuan. Anda bisa membatasi jumlah peserta kursus atau mengatur agar tanpa batas (unlimited).

Apabila, jumlah peserta dibatasi, maka ketika jumlah peserta sudah mencapai target, link pendaftaran akan tertutup otomatis.

Data-data para peserta kursus juga tersimpan otomatis dan aman dalam website berbasis Cloud. Terdiri dari nama, alamat email, status pembayaran, dan detail lainnya. Anda dapat menggunakan data peserta sebagai bahan materi membangun strategi pemasaran dan menganalisis email marketing.

2. Mempersiapkan materi kursus

Merancang bab materi akan terasa lebih mudah dengan Mayar.id. Anda dapat membuat sistem bab berbagai format file, seperti video, audio, teks, dan lainnya.

Setelah dibuat, konten materi dapat diunggah per bab. Bahkan, Anda juga bisa membuat quiz, bacaan, meeting grup, live chat, attachment file, dan lainnya.

Mayar.id juga menghadirkan kemudahan untuk mengekspor dan mengimpor data peserta dalam format Excel/CSV.

3. Share ke medsos sekali klik

Mayar.id mendukung strategi promosi dan marketing agar bisnis kursus online semakin optimal. Cukup sekali klik, Anda dapat membagikan laman pendaftaran atau landing page kelas online ke medsos, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sehingga, begitu calon pelanggan mengunjung landing page tersebut, bisa langsung mendaftar dan membayar kursus online, tanpa pindah halaman baru.

Mayar Sebagai Platform Kelas Online dan Pembayaran Otomatis

Jika Anda sudah memiliki website atau mungkin landing page kursus online, sekarang saatnya memasang tombol embed dari Mayar sebagai tombol pendaftaran dan checkout.

Pelanggan hanya perlu tekan tombol ini untuk mendaftar, checkout dan membayar langsung tanpa perlu pindah ke halaman lain. Cara memasang tombol checkout Mayar juga sangat praktis. Hanya perlu drag-n-drop atau copy-paste tanpa perlu keahlian teknis seperti coding dan bahasa pemrograman apapun.

Setelah pembayaran kelas online selesai dilakukan, calon peserta akan mendapatkan tautan atau link melalui email dan Whatsapp.

Tunggu apalagi, coba aja dulu Mayar secara GRATIS dalam 30 hari. Cocok untuk freelancer, konten kreator, desainer grafis, pelaku UKM, dan pebisnis startup. Sign up paket Promo Startersekarang atau, hubungi [email protected] untuk info lebih lengkap.