6 Aplikasi Pembuat Formulir Online, Cepat & Praktis

6 Aplikasi Pembuat Formulir Online, Cepat & Praktis

Sebagian besar bisnis, membutuhkan formulir online untuk masing-masing keperluan. Misalnya, formulir registrasi, formulir pendaftaran, formulir login, formulir kontak, dan masih banyak lagi.

Kalau dulu membuat formulir memakan waktu dan tenaga. Sekarang sudah banyak aplikasi no-code pembuat formulir online secara otomatis. Bahkan, Anda cukup drag-and-drop saja.

Hasil isian formulir dapat tersimpan dalam laporan spreadsheet, dan notifikasi email jika ada pengguna yang mengisi formulir Anda. Gak perlu ragu, yuk coba simak keunggulan 6 aplikasi pembuat formulir online tanpa kode berikut!

1. Formito.com

Formito menawarkan aplikasi pembuat builder yang cukup mengesankan. Jika pada umumnya, formulir itu terdiri dari banyak kolom-kolom yang membosankan dan monoton, formito tampil beda!

Dengan formito, Anda bisa menghadirkan chatbot untuk membantu pengguna mengisi formulir seperti sedang ngobrol. Chatbot khusus ini akan mengetik secara otomatis pertanyaan yang diajukan kepada pengguna atau pelanggan. Kemudian, hasil pengisian formulir dapat disimpan dalam laporan spreadsheet yang bisa dikirim ke email.

Membangun formulir dengan formito sangat menyenangkan. Sebab, antarmuka visualnya tanpa harus mengetik kode satu baris pun, cepat, dan praktis. Cukup drag-and-drop dalam hitungan detik, formulir Anda siap dipakai.

2. Formlets.com

Formlets adalah pembuat formulir online sederhana yang memungkinkan pengguna membuat formulir dengan cepat dan mudah. Cukup drag-and-drop, sesuaikan setiap detail kolom dan pertanyaan dengan gaya dan bahasa Anda.

Anda bisa membuat formulir kontak, formulir pemesanan, formulir survei, dan masih banyak lagi. Hasil akhir formulir begitu mengesankan, cantik, dan profesional.

3. Jotform.com

Satu lagi, aplikasi no-code pembuat formulir online yang gratis adalah JotForm. Formulir JotForm mudah disesuaikan ketimbang formulir di Google Forms atau Microsoft Forms.

JotForms bahkan memungkinkan pengguna menerima pembayaran atau mengumpulkan tanda tangan tanpa harus berlangganan akun premium. Tersedia 10.000 template formulir. Mulai dari formulir kontak, formulir lamaran kerja, hingga formulir pendaftaran pasien baru, sampai formulir survey riset pasar.

Anda juga bisa menambahkan logo, atau mengedit formulir dengan banyak kolom fungsional. Termasuk integrasi pembayaran, serta widget variatif. Kalau Anda butuh spreadsheet atau membuat visual, JotForms juga menyediakan fiturnya. Unduh hasil isian formulir dalam format xls, table HTML, atau laporan visual sesuka Anda.

Dan jika Anda tidak ingin melihat setiap respon baru yang masuk via email, atur saja feedback RSS agar bisa melihat lewat aplikasi RSS reader favorit Anda.

4. MightyForms.com

MightyForms adalah platform all-in-one yang mengubah cara Anda membuat atau mengelola formulir selama ini. Jika ada formulir yang belum diisi secara lengkap atau mungkin ditinggalkan begitu saja, MightyForms akan mengirimkan notifikasi otomatis.

Performa formulir juga bisa dianalisis lewat laporan langsung atau diintegrasikan melalui Google Analytics. Kirimkan data formulir dari MightyForms langsung ke integrasi seperti Zapier agar lebih mudah menyelesaikan pengelolaan formulir Anda secara otomatis.

MightyForms juga menawarkan editor drag & drop, serta template gratis dengan opsi yang mudah disesuaikan.

5. Tally.so

Tally adalah inovasi terbaru pembuat formulir yang bekerja seperti teks dokumen. Buat semua jenis formulir yang Anda inginkan dalam hitungan detik, tanpa perlu keahlian programming atau mengetik sebaris kode apapun, semuanya gratis. Langsung coba, tanpa perlu mendaftar!

Tally dirancang mempertimbangkan model bisnis yang revolusioner. Tak seperti pembuat formulir pada umumnya, sebagian besar fitur Tally.so adalah gratis. Anda bisa membuat formulir atau respon tanpa batas.

Anda bisa mulai membuat formulir apapun, seperti 1 pertanyaan per halaman, atau lainnya. Termasuk fitur canggih untuk mengumpulkan pembayaran, kalkulator, kolom tersembunyi, dan masih banyak lagi.

6. Typeform.com

Belum lengkap membahas aplikasi no-code pembuat formulir online, tanpa menyebutkan Typeform. Formulir Typeform dirancang unik, menampilkan satu pertanyaan pada satu waktu, dan baru muncul setelah pertanyaan tadi dijawab.

Jadi, proses menjawab atau mengisi formulir terasa seperti bercakap-cakap atau mengobrol secara akrab.

Responden (pengisi formulir) bisa mengetuk tombol yang ditentukan di keyboard untuk memilih opsi pilihan ganda, mengetik untuk menyortir opsi menu drop-down, dan menekan Enter untuk melanjutkan kolom selanjutnya.

Yang paling mengesankan dari Typeform, Anda bisa mengisi seluruh formulir hanya dengan memakai keyboard. Asyik, kan!

Selain itu, Anda bisa menggunakan formulir Typeform dengan cara baru. Sebab, formulir bisa didesain dengan halaman sampul/ cover, paragraf teks, multimedia, atau kolom isian pada umumnya.

Hebatnya lagi, tombol-tombol di Typeform terlihat jauh lebih bagus ketika diakses lewat perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Dijamin, responden akan lebih tertarik mengisi formulirnya.


Bagaimana, sudah punya gambaran, aplikasi no-code pembuat formulir online yang paling ideal untuk Anda? Selamat membuat formulir, ya!