7 Fakta Menyentak Tentang Kecerdasan Buatan yang Anda Belum Tahu

7 Fakta Menyentak Tentang Kecerdasan Buatan yang Anda Belum Tahu

Halo Sobat Mayar, membahas tentang kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) tentu Anda sudah tak asing lagi, ya. Apalagi, pada 2030 Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu negara unggulan di bidang AI.

Tak sampai di situ, Presiden RI Joko Widodo juga mengatakan bahwa jika Indonesia berpotensi memenangkan persaingan bisnis global dengan menguasai teknologi AI.

Seiring program Indonesia sebagai negara maju pada 2045, bisnis apapun harus segera mengawali langkah menerapkan AI sedari sekarang.

Berdasarkan laporan IDC Asia-Pasifik pada 2022, implementasi AI gencar dilaksanakan di sejumlah industri, contohnya: manufaktur, retail, perbankan, dan pemerintahan.

Umumnya, AI dimanfaatkan dalam pendeteksian fraud atau pelanggaran keamanan, digitalisasi bisnis, serta asisten virtual yang melayani konsumen secara otomatis.

Bagaimana kecerdasan buatan belajar?

Apa yang sekarang kita sebut kecerdasan buatan tidak lagi memiliki cara khusus untuk menyelesaikan suatu masalah.

Namun, perangkat ini hanya memiliki aturan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Sistem AI akan belajar dari input data dan umpan balik yang diterima selama proses pemecahan masalah. Setelah mengulangi perbaikan ribuan kali, AI secara bertahap akan belajar mendapatkan solusi.

Itulah mengapa, postingan kali ini, kita akan menyajikan beberapa fakta tentang kecerdasan buatan yang menyentak dan mungkin jarang diketahui masyarakat luas. Apa saja? Simak info selengkapnya di bawah ini!

Fakta Menyentak tentang Kecerdasan Buatan

Hanya hitungan waktu, kecerdasan buatan akan menyederhanakan berbagai tugas sulit yang menyita tenaga dan waktu manusia.

Otomasi bisnis dan industri adalah sebuah keniscayaan yang perlu dipersiapkan sedari awal. Perusahaan yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan berpotensi unggul dibanding kompetitor.

Mari kita lihat beberapa fakta-fakta mencengangkan seputar AI berikut:

1. Investasi AI

Pada 2020, total investasi dalam kecerdasan buatan mencapai 68 miliar dolar. Angka ini tentu terus bertambah dari tahun ke tahun. Investasi akan tumbuh seiring kemajuan teknologi, karena ada banyak manfaat bagi bisnis. Adapun peran AI bagi industri adalah:

· Layanan pelanggan meningkat

Meningkatnya penggunaan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang paling umum adalah meningkatkan layanan pelanggan sehingga jika ada masalah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan mudah.

· Proses perekrutan yang efisien

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan AI untuk menganalisis surat lamaran bagi calon kandidat karyawan pemula bahkan ada perusahaan yang menggunakan AI untuk wawancara awal.

· Loyalitas merek

AI dapat membuat persona berdasarkan aktivitas pelanggan di berbagai saluran. Hal ini menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

· Meminimalisir kesalahan karyawan

Sedikit kesalahan dalam manufaktur atau operasional mesin pabrik dapat berakibat fatal. Algoritme AI sering dipakai untuk memprediksi dan mencegah terjadinya kesalahan manusia, karena menerapkan sistem kecerdasan buatan.

2. Pengindraan AI

Pengembangan AI semakin mencengangkan dengan sistem penginderaan yang terinspirasi dari manusia.

AI dirancang memiliki beberapa indra manusia seperti pendengaran dan penglihatan. Sebagai contoh, perintah suara atau autofocus pada lensa kamera smartphone.

Hebatnya lagi, terdapat perkembangan AI yang bisa mencium dan menyentuh. AI dapat membau aroma tertentu semisal kebocoran gas yang berpotensi mengandung bahaya.

Contoh lain, bagaimana sistem AI dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kesegaran buah melalui aroma serta tekstur kulit buahnya.

3. Menulis dan Membaca

Fakta menyentak lainnya tentang AI adalah kemampuan menulis dan membaca otomatis.

Lebih spesifik terkait membaca, sistem AI bukan sekadar menceritakan teks atau membaca kalimat, melainkan menganalisis teks. Hal ini sangat penting dalam revolusi AI.

Kecerdasan buatan dapat menganalisis banyak sumber sekaligus, dan dapat menghemat banyak waktu bagi para peneliti di bidang studi tertentu.

Fakta mencengangkan lainnya adalah AI juga bisa menulis. Salah satunya adalah Mayar AI Assistant atau MAIA.

MAIA mampu memberikan beberapa opsi masukan atau saran terkait judul Headline sesuai jenis copywriting yang diinginkan penulis. Tak hanya judul Headline, MAIA dapat membantu pemilihan gambar serta ide-ide saat Anda membuat copywriting landingpage bersama tim konten marketing.

4. Interpretasi Aktivitas Otak

Terakhir, fakta yang paling mencengangkan tentang kecerdasan buatan adalah bahwa sekarang kita dapat menggunakannya untuk menafsirkan gelombang otak dan mengubahnya menjadi ucapan serta tindakan.

Impuls yang terjadi di otak kita dapat menyebabkan kita menyuarakan seluruh kalimat atau bahkan bergerak.

Contoh yang paling mudah adalah penerjemah bahasa isyarat bagi kaum tuna wicara.

Sungguh luar biasa apa yang dapat dilakukan oleh teknologi AI ini untuk orang-orang yang mengalami kesulitan berbicara/ tuna wicara.

Apa yang mengejutkan adalah bahwa AI benar-benar dapat difungsikan secara positif membantu manusia, terutama bagi penderita penyakit tertentu.

5. AI dapat mendiagnosis kanker

Pembentukan metastasis dalam tubuh manusia merupakan masalah utama dalam pengobatan kanker.

Sel kanker kecil berjalan melalui sistem limfatik untuk bersarang sementara di tempat lain dan membuat tumor baru.

Sangat sulit untuk mendeteksi dan memeriksa apakah mereka ada di dalam tubuh atau tidak.

Oleh karena itu, kekambuhan merupakan ancaman konstan bagi semua orang yang pernah mengalami penyakit kanker.

Dalam deteksi metastasis pada kanker payudara yang disebut LYNA, kecerdasan buatan telah mencapai tingkat keberhasilan 99% yang luar biasa dalam mengidentifikasi tumor pada gambar kelenjar getah bening.

Selain itu, sistem pendeteksi kanker tersebut tidak terpengaruh oleh kerusakan gambar atau adanya gelembung udara atau gumpalan darah pada sampel.

Meski tidak sempurna dan terkadang salah mengenali, misalnya sel darah putih dari sumsum tulang sebagai sel kanker, hasilnya masih sangat menjanjikan untuk masa depan pengobatan kanker.

6. AI menciptakan desain

Kehebatan lainnya dari teknologi AI adalah mampu membuat lukisan dan desain mobil.

Sementara di masa lalu, mungkin kita beranggapan bahwa hanya manusia yang mampu membuat karya seni estetik atau merancang sesuatu.

Pasalnya, seni yang indah mampu tercipta dari pengalaman, suasana hati, dan bakat.

Tampak sangat mustahil bagi mesin atau robot untuk membuat karya seni, kan?

Biarpun begitu, sebuah lukisan karya robot AI sempat dipamerkan dan dilelang di acara Colorado State Fair's, Amerika Serikat.

Tak hanya itu, perusahaan teknologi, NVIDIA turut memanfaatkan AI untuk mendesain mobil dan interior.

Dalam kedua kasus tersebut, machine-learningditerapkan, di mana sistem memproses ribuan gambar atau model mobil yang sudah ada.

Berdasarkan data inputan tersebut, sistem AI akan mencoba membuat desainnya sendiri yang benar-benar baru.

7. AI dapat mengidentifikasi seseorang

Biometrik wajah juga semakin populer berkat jaringan saraf. Karena membedakan orang sulit bagi manusia, kita dapat menyerahkannya pada kecerdasan buatan.

Tugasnya hanyalah untuk menentukan titik mana pada wajah yang cocok untuk identifikasi seseorang yang tidak ambigu.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang memberikan tiga foto ke sistem AI: dua foto milik orang yang sama dan satu foto milik orang yang lain.

Hasilnya, algoritme AI menghasilkan nilai numerik berdasarkan titik wajah yang berbeda. Kemudian, dikoreksi sehingga lebih memperjelas bahwa foto tersebut milik orang lain.

Metode ini diulang berkali-kali sampai sistem AI belajar menghasilkan titik-titik di wajah, membuat seseorang mampu dikenali secara lebih jitu dan detail.

Sederhananya, nilai numerik yang dihasilkan dari 10 foto berbeda dari satu orang yang sama akan jauh lebih mirip daripada yang dihasilkan dari dua foto yang hampir identik, tetapi orang yang berbeda.

Dan karena ini hanya perbandingan angka, metode ini tidak hanya dapat diandalkan tetapi juga sangat cepat.

Awali Digitalisasi Bisnis dengan Fitur Mayar AI Assistant

Sudah terbukti nyata, perkembangan AI yang luar biasa akan menjadi bagian penting bisnis di masa depan.

Bila perusahaan Anda tak ingin ketinggalan tren, segera wujudkan digitalisasi bisnis, entah itu UKM, perusahaan rintisan/ startup, ataupun bisnis berkembang.

Awali sedari sekarang penerapan AI dalam bisnis Anda bersama fitur Mayar AI Assistant. Kecanggihan asisten virtual untuk membantu teknik penulisan atau copywriting landingpage bisnis semakin mudah, cepat, sekaligus atraktif.

Yuk, daftar akun Mayar hari ini untuk membuktikan sendiri berbagai fitur modern dan inovatif Mayar. Satu lagi, follow, like, comment di akun IG: mayar_id supaya Anda semakin uptodate dengan info kekinian seputar bisnis & teknologi.