7 Kiat Sukses Jualan Online yang Menguntungkan

7 Kiat Sukses Jualan Online yang Menguntungkan

Bagaimana sih jualan online yang cepat laku dan laris manis? Apakah ada tips jualan online khusus yang memberikan keuntungan dalam waktu singkat?

Mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai tips jualan online di media internet atau media lainnya.

Apapun yang Anda dengar tentang cara memulai bisnis online, bisa saja fakta atau mitos.

Namun, sebenarnya bisnis online adalah arena permainan yang kompetitif dan menantang.

Bahkan, bagi para pengusaha cerdas sekalipun juga perlu belajar tips jualan online yang ampuh.

Lalu, bagaimana cara memulai jualan online? Langsung kita simak di bawah ini, yuk!

Pentingnya Belajar Jualan Online di Masa Kini

Coba bayangkan, bagaimana kalau sehari saja hidup tanpa internet? Tak ada email, tak ada Whatsapp, tak bisa baca berita online, atau tak bisa belanja online?

Wah, Anda mungkin merasa hidup terasa hampa dan bahkan serasa mati gaya. Itulah sebabnya, industri e-Commerce berkembang sangat pesat. Hampir semua orang memakai smartphone.

Dengan fakta ini, Anda bisa melejitkan bisnis jualan online untuk meraih keuntungan maksimal. Berikut adalah keuntungan bisnis jualan online:

1. Bisnis kapanpun dan dimanapun

Tak peduli kapanpun dan dimanapun Anda berada, entah sedang liburan atau bersantai, bisnis online akan terus berjalan.

Saat Anda berbisnis online, tempat manapun bisa menjadi “kantor” atau “toko” Anda. Sebab, bisnis online dilakukan secara virtual.

Yang terpenting, Anda perlu koneksi internet yang stabil dan kencang untuk mendukung kesuksesan bisnis online.

2. Tabungan terbatas?  Mulai bisnis dengan modal kecil!

Asyiknya berbisnis online adalah Anda bisa mulai bisnis dengan modal atau investasi awal yang kecil. Tergantung jenis bisnisnya, namun semisal toko online bisa dimulai dengan modal mulai dari Rp 100ribu, bahkan gratis sebagai dropshipper.

Biaya operasional seperti hosting web atau sewa domain dan iklan, akan terbayar dengan penjualan produk Anda.

3. Anda menghasilkan uang 24/7

Kalau toko fisik dibatasi jam buka dan tutupnya, toko online buka selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Tak perlu repot datang ke toko fisik setiap hari, karena Anda bisa menghasilkan uang tanpa keluar rumah. Bahkan, pada dasarnya Anda bisa memperoleh penghasilan pasif meskipun Anda sedang tidur.

Tujuh Kiat Ampuh Jualan Online

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan dengan mudah.

1. Buat website dropshipping Anda sendiri

Berkat platform seperti Mayar.id, menyiapkan website penjualan produk digital atau fisik lebih mudah dan praktis.

Anda bisa mengunggah produk melalui fitur ekspor dan import file Excel/ CSV untuk mempercepat proses unggahan. Bahkan, website atau landing page dapat dibuat instan dan otomatis.

Selain itu, di Mayar sudah terintegrasi dengan jasa kurir, pengantaran barang, serta pembayaran dan integrasi gudang. Margin keuntungan bisa lebih besar karena Anda tidak perlu mengelola gudang sendiri atau membeli stok barang dengan dropshipping.

2. Tentukan produk yang akan dijual

Produk apa yang paling laris terjual secara online? Niche apa yang paling menguntungkan bagi Anda?

Untuk menentukan ide bisnis online yang tepat, pikirkan dulu apa passion dan kelebihan Anda. Contohnya, produk fashion, produk makanan, produk rumah tangga, dan sebagainya.

3. Pilih saluran penjualan yang tepat

Produk apa yang Anda jual? Siapa target konsumennya? Sebelum menjual produk, pertimbangkan dulu apa saluran penjualan yang tepat dan paling cocok.

Jika Anda sedang membangun bisnis, sebaiknya buatlah website yang dapat mengakses analitik, ulasan pengguna, dan mengelola pembayaran cukup dalam satu aplikasi.

Mayar memiliki dashboard yang menyediakan data pelanggan secara real-time agar Anda bisa lebih mudah menganalisis dan membuat strategi pemasaran periode selanjutnya.

4. Biaya operasional

Di beberapa saluran penjualan terdapat sejumlah biaya jualan online yang bervariasi.

Anda perlu memilih yang mengenakan biaya lebih ekonomis saat berbisnis online.

Ada sejumlah platform yang membebankan biaya tertentu untuk penambahan produk baru. Tapi, ada juga yang gratis. Biaya tambahan lainnya, dapat berupa: biaya berlangganan, biaya layanan, biaya channel, biaya kartu kredit, dan sebagainya.

5. Sediakan gratis ongkir (ongkos kirim)

Biaya pengiriman yang mahal bisa mengganggu penjualan produk. Menurut survei pengiriman gratis adalah faktor terpenting bagi 83% pembeli saat belanja online.

Hampir lebih dari 54% pembeli meninggalkan keranjang belanja online karena ada ongkos kirim yang tinggi. Bahkan, hingga dua kali lipat dari harga produk yang akan dicheck-out.

5. Foto produk yang bagus

Foto yang baik membantu pelanggan melihat produk secara detail sebelum membeli. Untuk membuat foto produk yang berkualitas, di antaranya:

· Ambil foto di area yang cukup terang

· Pilih latar belakang polos

· Hindari filter foto

· Sertakan beberapa foto yang menunjukkan sudut berbeda dari setiap produk

Jika memungkinkan, tambahkan video produk untuk membantu pelanggan memvisualisasikan produk.

6. Deskripsikan produk dengan jelas

Jujurlah tentang kondisi produk dan sertakan kata kunci yang tepat untuk membantu produk muncul di hasil pencarian untuk pelanggan yang mencari barang serupa.

7. Menentukan harga jual yang tepat

Salah satu cara mudah untuk membandingkan dan menetapkan harga adalah dengan melihat harga kompetitor. Kemudian, pertimbangkan dengan biaya modal awal.

Jika Anda mendapatkan keuntungan sedikit, tidak masalah! Yang terpenting Anda perlu memutar uang agar bisnis online berjalan lancar.

Mayar Sebagai Platform e-Commerce Mendukung Pelaku Ekonomi Kreatif Raih Penghasilan Online

Berjualan produk fisik atau digital menjadi semakin praktis, modern, dan otomatis dengan Mayar.

Anda bisa berjualan produk, perhitungan harga kurir, cetak label, integrasi gudang, hingga penjemputan paket barang, semudah sekali klik dengan Mayar.

Mayar adalah platform e-Commerce yang sangat mendukung kinerja pelaku ekonomi kreatif, seperti konten kreator, pebisnis online, dan entrepreneur di industri digital.

Hanya perlu semenit sign up Mayar dan Anda siap berjualan online!

Berikut adalah beberapa keunggulan fitur e-Commerce Mayar:

· Tersedia katalog instan

Buat katalog online secara otomatis oleh Mayar. Anda bisa langsung share tautan produk ke Whatsapp atau medsos.

· Info Ongkir Otomatis

Konsumen bisa lebih cepat membayar ongkos kirim (ongkir) yang disediakan secara otomatis oleh Mayar. Tanpa perlu memeriksa atau menghitung ongkir manual.

· Cetak Label Dan Request Kurir

Jualan produk fisik lebih praktis dengan platform Mayar. Setelah mencetak label dan paket siap dikirim, silakan request kurir yang akan menjemput paket Anda. Simpel dan mudah, kan!

· Request Penjemputan Kurir

Tak perlu repot mengantar paket ke kantor kurir! Sebab, penjemputan paket secara otomatis oleh Mayar. Kurir yang akan datang ke lokasi Anda untuk mengambil paket dan mengirimkannya.

· Link unduhan terkirim otomatis

Sedangkan bagi Anda konten kreator yang menjual produk digital seperti eBook, file musik, atau template digital, dan lainnya, penjualan makin mudah. Setelah pembayaran dilakukan, tautan atau link untuk mengunduh produk Anda dikirimkan otomatis oleh Mayar ke pembeli.

· Analisis dasboard real-time

Di platform Mayar, pemilik bisnis dapat melihat analisis seperti email pelanggan, produk terlaris, dan info detail lainnya cukup dalam satu dashboard yang real-time. Anda bisa mengolah data tersebut sebagai materi membuat konten atau strategi pemasaran yang efektif berikutnya.

· Opsi metode pembayaran

Kemudahan lainnya juga dihadirkan dalam berbagai opsi metode pembayaran. Konsumen bisa memilih virtual account (transfer bank), gerai ritel Alfamart/ Indomaret, kartu kredit/ kartu debit, dompet digital (OVO, LinkAja, ShopeePay, DANA, dll), AkuLaku, dan masih banyak lagi.

Di dashboard, Anda bisa mengamati metode pembayaran apa yang paling disukai pelanggan. Data ini juga bisa dijadikan pertimbangan untuk bermitra dengan lebih banyak provider pembayaran lainnya.

· Embed tombol checkout

Semua pebisnis online pasti tahu bagaimana rumitnya proses checkout. Tapi, dengan tombol Embed checkout Mayar, semuanya akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda bisa menambahkan tombol checkout Mayar semudah seret-lepas atau drag-n-drop. Tambahkan tombol checkout Mayar untuk website atau landing page agar pembeli bisa melakukan transaksi dalam sekali klik, tanpa perlu pindah halaman berbeda.

Kenyamanan dan kepraktisan ini akan semakin menambah pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pembeli. Seperti halaman checkout Mayar yang sangat mudah dipasang, tanpa perlu pengetahuan coding atau keahlian IT apapun. Anda hanya perlu copy-paste kodenya dan embed tombol siap terpasang!

Luncurkan Bisnis Online dengan Fitur Mayar e-Commerce!

Fitur Mayar e-Commerce telah dipercaya ribuan klien yang terdiri dari instansi, perusahaan, hingga freelancer dan pelaku UKM. Yuk, coba GRATIS Mayar dalam 14 hari atau hubungi [email protected]untuk info lebih lengkap.