7 Rahasia Sukses Elon Musk: CEO Tesla , Paypal, dan SpaceX

7 Rahasia Sukses Elon Musk: CEO Tesla , Paypal, dan SpaceX

Ada tiga kata menggambarkan sosok Elon Musk. Inovator, visioner, dan pengubah permainan. Bagi pendiri Paypal, SpaceX, dan Tesla, uang sudah bukan lagi tujuan utama. Ia memiliki kebebasan finansial dengan mencoba bisnis yang belum pernah dirintis pebisnis lain sebelumnya.

Ditandai dengan peluncuran SpaceX yang menyediakan wisata ke luar angkasa, Elon Musk disebut sebagai Iron Man/ Tony Stark di kehidupan nyata.

Coba cek bagaimana cara Elon Musk mengejar kesuksesannya, sehingga Anda juga bisa mengikuti jejaknya!

1. Hobi membaca buku.

Walaupun lulus sekolah, tetapi pendidikan tidak berarti usai. Elon Musk sejak kecil sangat senang membaca buku. Sementara anak-anak lain masih dibacakan buku tentang negeri dongeng, Elon Musk kecil sudah tamat membaca buku Encyclopedia Britannica.

Membaca buku-buku yang memperluas wawasan, bisa memberikan ide dan inspirasi baru. Tidak heran, kalau orang yang senang belajar itu bisa memutus rantai kemiskinan dan kebodohan.

2. Jangan boros pada iklan.

Elon Musk tidak mau menyia-nyiakan uangnya habis hanya untuk iklan. Sebaliknya, dia bertanya pada diri sendiri, “apakah kegiatan ini akan menghasilkan produk/ jasa yang lebih bagus?”.

Kalau tidak, lebih baik hentikan sekarang juga. Bagi marketer, mungkin hal ini terkesan aneh. Tetapi, poin utama Musk adalah menghasilkan produk berkualitas tinggi yang bisa menghasilkan pemasaran “mulut ke mulut”. Fokus pada kualitas, dan selebihnya kesuksesan akan mengikuti.

3. Berani ambil risiko sekarang.

Usia semakin bertambah, jatah hidup berkurang. Jadi, waktu terbaik untuk menjadi pengusaha adalah sekarang. Tepat, sebelum raga menjadi renta dan rapuh. Menurut Musk, seiring bertambah usia, kewajiban Anda bertambah.

Jadi, ambil risiko sekarang untuk melakukan sesuatu yang berani, dan Anda tidak akan menyesalinya. Sebab, nantinya, seiring bertambah usia, pengambilan risiko akan berdampak pada keluarga, anak-anak, dan lainnya. Belum lagi, Anda juga memiliki lebih sedikit waktu sebelum memasuki masa pensiun.

4.  Berkarya, bukan mengeluh.

Kebanyakan orang mengeluh tentang lalu lintas. Tapi, Elon Musk tidak ingin mengeluh tentang masalahnya. Ia mencari solusinya.

Maka itu, Elon membuat The Boring Company untuk mengurangi kemacetan jalan dengan membuat sistem terowongan. Membangun masa depan bagi diri sendiri dan orang lain.

Bagi Elon, keluhan adalah tanda kalau ada masalah yang harus diselesaikan. Memperhatikan keluhan adalah cara bagus untuk menemukan ide inovatif yang bisa menghasilkan uang.

5. Peduli dan berterima kasih.

Pemimpin terbaik memperlakukan pelanggan dan rekan kerjanya seperti keluarga. Musk, misalnya, secara rutin mengucapkan terima kasih pada pelanggan melalui Twitter.

Meski terkesan remeh, tetapi banyak pelanggan, karyawan, dan klien yang merasa diperhatikan dan dihargai. Menurut Elon, kalau kita memperhatikan klien, karyawan, atau pelanggan, mereka juga akan memperhatikan bisnis kita.

6. Ciptakan kebaikan dalam bisnis.

Anda tidak harus mengubah dunia sepenuhnya demi berbuat baik. Sebaliknya, Anda harus selalu berusaha memberikan nilai nyata. Dimulai dari diri sendiri, dari hal kecil, dan sedikit namun bisa memberikan manfaat bagi banyak orang sudah lebih dari cukup.

Kadang, kita tidak perlu mengubah dunia untuk menjadi lebih baik. Tetapi, ubah diri kita dulu agar memiliki tujuan positif dalam usaha atau bisnis yang kita tekuni. Sekecil apapun, ini dapat membantu Anda lebih termotivasi.

7. Berencana sukses, tapi juga bersiap jika gagal.

Tidak semua usaha bisa sukses. Bahkan, Musk juga tidak bisa memprediksi bagaimana Tesla Motors akan berubah. Ia hanya mengatakan kalau memang menurut Anda itu penting dilakukan, maka Anda harus mencoba. Tak peduli, bahwa nanti hasilnya kegagalan.

Setidaknya, meski Anda gagal, Anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar impian itu. Pada saat yang sama, bersiaplah jika hal itu tidak berhasil. Lebih mudah pulih dari kegagalan jika Anda sudah punya rencana cadangan.


Sebagai pebisnis, Anda perlu mengadopsi kebiasaan dan pola pikir Elon Musk untuk membantu Anda mencapai kesuksesan. Upaya ekstra yang Anda lakukan hari ini, bisa berdampak besar di masa mendatang.

Sama halnya dalam hal pembayaran bisnis. Jika saat ini masih mengandalkan penagihan manual dan sistem billing berbasis kertas, sudah saatnya beralih ke pembayaran modern di era digital, bersama Mayar.id.

Temukan Pemakaian Mayar di Berbagai Industri dan ciptakan kesuksesan bisnis impian Anda sedari sekarang. Coba aja dulu Mayar GRATIS selama 30 hari, daftar di tautan ini. Hubungi [email protected] untuk info selengkapnya.