8 Situs Belajar Online Gratis Untuk Menambah Skill Kamu

8 Situs Belajar Online Gratis Untuk Menambah Skill Kamu

Tahukah Anda, ternyata menambah wawasan dan berbagai skill baru tak harus merogoh kocek dalam. lho.

Ya, dengan website belajar online gratis, siapapun bisa mendapatkan tambahan keahlian secara gratis dan bisa dimanfaatkan semua kalangan, dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia.

Anda bisa menggunakan website belajar online gratis untuk meningkatkan nilai akademik, atau mendapatkan pekerjaan impian.

Kabar baiknya, banyak website berkualitas tinggi yang benar-benar gratis. Seperti yang diketahui, kita tak boleh cepat puas dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki. Sebab, kita harus belajar seumur hidup, jika ingin semakin maju dan sukses.

Ibarat ungkapan orang bijak, kalau kita tidak mampu bergerak maju, maka kita akan ketinggalan zaman.

Dunia modern saat ini semakin bergerak dinamis dan cepat. Satu-satunya cara untuk mengikutinya adalah dengan mempelajari keahlian dan keterampilan baru setiap hari.

Dari ilmu bahasa, hingga pengkodean, website belajar online gratis yang luar biasa selalu menanti mereka yang siap berkomitmen pada kerja keras.

Mari simak apa saja manfaat mengikuti website belajar online gratis dan beberapa rekomendasi website belajar online gratis yang bisa diikuti.

Kenapa sih, Kita Perlu Menambah Skill di Website Belajar Online Gratis?

Berkat internet, sekarang kita dapat mengakses informasi dalam jumlah besar dalam waktu singkat dan mudah.

Teknologi juga membantu membuka ruang bagi proses pembelajaran untuk anak-anak, pelajar, pengusaha, hingga siapapun bergabung dalam dunia pengetahuan.

Meskipun, sudah ada video Youtube atau seminar, berikut adalah beberapa manfaat website terbaik untuk menambah skill secara gratis. Semoga memberikan Anda inspirasi untuk terus meningkatkan diri Anda, ya..

1. Meningkatkan produksi senyawa otak Myelin

Senyawa otak berwarna putih yang disebut Myelin, berfungsi untuk meningkatkan kinerja pada sejumlah tugas.

Semakin sering orang belajar, maka produksi Myelin juga semakin bagus. Sehingga, membantu konsentrasi belajar.

2. Kecepatan belajar meningkat

Mempelajari keterampilan baru membantu Anda mempelajari berbagai hal lebih cepat dari waktu ke waktu.

Dengan merangsang neuron di otak, lebih banyak jalur saraf terbentuk dan impuls listrik berjalan lebih cepat saat Anda mencoba memproses informasi baru. Semakin banyak jalur yang terbentuk, semakin cepat impuls dapat berjalan.

3. Membuat koneksi antar bidang keterampilan

Bagian dari mempelajari keterampilan baru adalah menghubungkan keterampilan belajar dengan informasi dan keterampilan yang sudah dimiliki.

Pengetahuan sebelumnya membantu manusia berhubungan dengan informasi baru dan membangun pengetahuan yang ada. Sehingga, membuat Anda lebih mudah menguasai skill baru.

4. Anda menjadi orang yang berpengetahuan luas

Orang yang berpengetahuan luas lebih mudah berhubungan dengan orang lain dan memiliki lebih banyak kesamaan dengan mereka.

Menjadi orang yang lebih menarik dapat meningkatkan kualitas hidup saat hubungan Anda meningkat dan semakin dalam.

5. Mudah beradaptasi dengan perubahan

Ketika Anda mempelajari sesuatu yang baru, pikiran dan persepsi Anda berubah. Pada gilirannya membuat Anda lebih mudah beradaptasi dengan perubahan tak terelakkan yang selalu dibawa oleh kehidupan.

6. Mencegah demensia

Orang yang mempelajari keterampilan baru lebih kecil kemungkinannya mengembangkan demensia atau pikun.

Orang yang secara aktif mempelajari keterampilan baru tidak memberi otak kesempatan untuk pikun. Sebab, jalur saraf otak selalu siap untuk mempelajari skill baru.

Rekomendasi Website Belajar Online Gratis

Berikut adalah website terbaik jika Anda ingin mempelajari atau mengembangkan skill baru.

1.DuoLingo

Bergantung pada kemampuan belajar dan gaya belajar Anda, hanya dengan menghabiskan 20 menit sehari dengan beberapa kartu flash virtual, Anda pasti akan lancar dalam waktu singkat!

Duolingo adalah website belajar online gratis khusus bahasa. Metode pembelajaran meliputi:  latihan mendengarkan, kartu flash, dan pertanyaan pilihan ganda untuk melatih perbendaharaan kata, frasa, dan kalimat baru.

2. Codecademy

Codecademy adalah website untuk mempelajari ilmu komputer, pengkodean, pengembangan web, dan beberapa keterampilan dasar lainnya yang dapat membantu Anda melanjutkan pendidikan atau bekerja di bidang IT.

Ada opsi gratis dan berbayar (Pro). Termasuk, dengan opsi gratis memungkinkan akses ke pelajaran dasar dalam HTML/CSS, Python 2, JavaScript, Java, C#, R, PHP, SQL, C++, Ruby, dan banyak lagi.

Meliputi belajar ilmu komputer , ilmu data, pengembangan aplikasi, pengembangan web, dan pembelajaran mesin, antara lain.

3. Skillshare

Didirikan pada tahun 2011 di New York City, Skillshare adalah komunitas belajar online gratis.

Siswa atau peserta dapat mengikuti kelas pra-rekaman, berbasis proyek, dan belajar mandiri tentang berbagai topik yang menarik.

Sebagian besar kursus berfokus pada interaksi bukan ceramah. Tujuan utamanya adaah belajar menyelesaikan sebuah proyek.

Kategori mata kuliah utama meliputi seni kreatif, desain, kewirausahaan, gaya hidup dan teknologi.

Skillshare menyelenggarakan berbagai kelas online, di antaranya: periklanan, bisnis, desain, public speaking, fashion, film, musik, fotografi, game, teknologi, serta penulisan dan penerbitan.

4. TED

TED adalah organisasi nirlaba dengan agenda untuk membuat ide-ide hebat dapat diakses dan memicu percakapan.

Website ini dikhususkan untuk menyebarkan ide, biasanya dalam bentuk pembicaraan singkat dan kuat, yang berdurasi 18 menit atau kurang.

Channel TED Talks menampilkan wawancara terbaik, di mana para tokoh terkemuka dunia membagikan wawasan dan pengalaman mereka. Channel ini juga berisi tentang topik teknologi, hiburan, isu global, seni, dan lainnya.

5. Khan Academy

Khan Academy adalah organisasi nirlaba dengan misi menyediakan pendidikan kelas dunia gratis untuk siapa saja, di mana saja melalui seperangkat alat online.

Organisasi ini menghasilkan pelajaran singkat dalam bentuk video.

Soal latihan interaktif, artikel, dan video membantu individu berhasil dalam matematika, biologi, kimia, fisika, sejarah, ekonomi, keuangan, tata bahasa, dan banyak topik lainnya.

6. SitePoint

SitePoint adalah website belajar online gratis yang berbasis di Melbourne, Austraila.

Website ini menjadi pusat bagi pengembang web untuk berbagi ilmu dalam membangun hal-hal internet yang luar biasa.

Didirikan pada tahun 1999, SitePoint adalah untuk profesional web, oleh profesional web: pengembang, perancang, pemrogram, pembuat produk, dan pengusaha.

SitePoint percaya dalam mendidik dan berbagi pengetahuan untuk semua hal tentang web.

Jadi, kalau Anda memiliki passion untuk membangun hal-hal internet yang luar biasa, Anda diundang untuk menonton, belajar, dan berpartisipasi di website dan Channel Youtub SitePoint.

7. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning adalah platform belajar online gratis sekaligus anak perusahaan LinkedIn.

Berupaya untuk membantu siapa saja belajar bisnis, materi iklan, dan teknologi melalui kursus video yang diajarkan oleh pakar industri.

Baik itu melalui kursus lengkap atau video singkat, Anda akan dapat mempelajari ilmu yang baru, memperkuat skill, memecahkan masalah – dan menerapkannya pada karir Anda.

8. Coursera

Coursera adalah platform pendidikan yang bermitra dengan lebih dari 200 universitas dan perusahaan terkemuka dunia. Coursera menghadirkan metode belajar online gratis yang fleksibel dan relevan dengan bisnis di seluruh dunia.

Coursera menawarkan berbagai kesempatan belajar. Mulai dari proyek dan kursus langsung hingga sertifikat siap kerja, kredensial karir, dan program gelar.

Coursera didirikan oleh Daphne Koller dan Andrew Ng dengan visi menyediakan pengalaman belajar yang mengubah hidup bagi pelajar di seluruh dunia.

Saat ini, lebih dari 75 juta pembelajar, 100+ perusahaan Fortune 500, dan lebih dari 6.400 kampus, bisnis, dan pemerintah datang ke Coursera untuk mengakses pembelajaran kelas dunia kapan saja, di mana saja.

Mayar Sebagai Alternatif Platform Belajar Online Gratis di Indonesia, Buat dan Bangun Kelas Online Anda Hari Ini!

Kursus atau belajar online gratis tidak hanya menambah skill, tetapi juga menghemat waktu, tenaga, dan uang. Sebab, kita bisa mengasah dan meningkatkan skill baru tanpa harus belajar dalam waktu tahunan.

Oleh karena itu, banyak konten kreator yang berlomba-lomba membuat kelas online berbagai topik yang trend saat ini di dunia industri.

Kalau Anda memiliki keahlian spesifik atau keterampilan yang telah terasah puluhan tahun di dunia industri, sekarang saatnya membangun kelas online di Mayar.id hari ini!

Mayar memiliki berbagai fitur modern, praktis, dan lengkap untuk mengelola sebuah kelas online. Mulai dari pembuatan website kelas online otomatis, mengunggah materi bab pembelajaran, hingga pembayaran digital serta pengelolaan peserta.

Anda bisa mengelola platform belajar online Anda semudah menggerakkan jari dan cukup dipantau dari perangkat desktop atau seluler.

Yuk, coba mulai aja dulu daftar akun di Mayarsecara GRATIS dan buat kelas online untuk meraup cuan dan membagikan skill Anda. Butuh info lebih lengkap, silakan email: [email protected].