AI Tools Terbaik bagi Freelancer, Saatnya Kerja Cerdas Bukan Kerja Keras!

AI Tools Terbaik bagi Freelancer, Saatnya Kerja Cerdas Bukan Kerja Keras!

Sebagai seorang freelancer, Sobat Mayar mungkin merasakan betapa susahnya mengelola waktu.

AI Tools Terbaik bagi Freelancer akan sangat membantu menyederhanakan berbagai tugas agar menjaga produktivitas dan proyek selesai tepat waktu.

Alat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI) menjadi andalan untuk otomasi alur kerja, efisiensi waktu, hingga mencapai tujuan bisnis, yaitu aliran pendapatan stabil dari para klien.

Jadi, kira-kira apa saja nih jenis alat AI yang cocok bagi freelancer atau digital savvy? Ada banyak banget lho, mari kita temukan satu per satu daftarnya berikut!

Apa itu AI Tools untuk Freelancer dan Cara kerjanya?

Sebenarnya, apa itu AI Tools bagi freelancer? Singkatnya, alat ini berguna membantu menyederhanakan pekerjaan para pekerja lepas atau digital nomaden.

Beberapa contoh pekerjaan freelancer yang sangat terbantu oleh AI adalah penulisan, perancangan, brainstorm ide, layanan pelanggan, dan sebagainya.

Namun, bagaimana sebenarnya cara kerja AI tools? Nah, AI tools menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk menganalisis data, belajar dari pola-pola, dan membuat prediksi.

Mereka bisa dilatih untuk mengenali pola-pola khusus dan melakukan tugas berdasarkan pola-pola tersebut.

Sebagai contoh, MAIA (Mayar AI Assistant) adalah seorang asisten penulisan berbasis AI dapat menganalisis tulisan Anda dan memberikan saran perbaikan berdasarkan aturan tata bahasa dan pola penulisan yang diberikan sebelumnya.

Manfaat AI Tools bagi Freelancer

Manfaat dari AI tools bagi para freelancer sangat banyak. Misalnya, mereka dapat menghemat waktu dengan otomasi tugas-tugas berulang, sehingga proyek selesai lebih cepat dan freelancer bisa lebih fokus pada kreativitas lainnya.

Alhasil, AI dapat mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan kerja-kehidupan pekerja lepas secara keseluruhan.

Oleh karena itu, AI tools bagi para freelancer adalah pengubah permainan. Mereka dapat membantu Anda bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Pasalnya, AI tools akan membantu mengotomatiskan tugas-tugas, memberikan wawasan/ data analitik, dan menyederhanakan alur kerja.

Jenis-jenis AI Tools bagi Freelancer

Baik Anda seorang penulis, desainer, atau asisten virtual yang bekerja jarak jauh, ada AI tool yang dapat membantu membawa bisnis freelance Anda ke tingkat selanjutnya. Inilah di antaranya:

1. Toggl

Alat yang didukung oleh kecerdasan buatan seperti Toggl dapat membuat pelacakan waktu dan peningkatan produktivitas pekerja lepas.

Toggl bekerja dengan membantu pengguna melacak waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas sepanjang hari dengan mudah.

Hanya dengan beberapa kali klik, Anda dapat memulai dan menghentikan timer saat beralih antara proyek, sehingga memudahkan dalam membuat catatan akurat untuk penjadwalan proyek.

Teknologi AI dari Toggl juga memberikan laporan terperinci dengan menunjukkan bagaimana Anda menggunakan jadwal, memberi Anda wawasan tentang kebiasaan kerja yang mungkin sebelumnya tidak Anda ketahui.

2. Grammarly

Grammarly adalah alat AI untuk menganalisis ejaan tulisan (typo) saat Anda mengetik, menandai setiap kesalahan potensial dan menawarkan saran perbaikan.

Anda dapat mempercayai Grammarly untuk menangkap kesalahan-kesalahan yang mungkin terlewatkan bahkan oleh penulis yang paling teliti.

Namun, Grammarly bukan hanya sekadar pemeriksa ejaan. Alat serbaguna ini juga dapat membantu Anda menyempurnakan gaya penulisan dengan memberikan saran untuk pemilihan kata yang lebih ringkas dan jelas.

Grammarly adalah salah satu alat pemeriksa tata bahasa terbaik yang dapat meningkatkan kualitas tulisan dengan mengesankan pembaca dengan prosa yang terampil dan bebas dari kesalahan.

Jika Anda sedang menulis email, posting blog, atau novel, Grammarly adalah asisten penulisan yang tak tertandingi.

3. Canva

Platform ini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dalam membuat desain agar terlihat profesional, mulai dari postingan media sosial hingga presentasi dan selebaran.

Dengan berbagai template dan elemen desain yang dapat disesuaikan, Anda dapat dengan mudah membuat desain yang menarik perhatian.

Dengan Canva, Anda dapat memilih dari berbagai opsi desain untuk menciptakan representasi visual yang sempurna dari ide-ide Anda.

Apakah Anda perlu membuat grafik media sosial atau kartu bisnis, Canva menawarkan template yang sudah dirancang sebelumnya dan bisa disesuaikan sesuai keinginan.

Anda juga dapat memilih dari berbagai elemen desain, termasuk gambar, ikon, dan font, untuk menciptakan tampilan unik bagi desain.

Alat kecerdasan buatan ini cocok untuk freelancer maupun pemilik bisnis kecil, Canva adalah alat yang sempurna untuk membuat desain menakjubkan tanpa menguras kantong.

4. Emplifi

Platform yang didukung AI ini memudahkan kita untuk melacak metrik media sosial dan mengukur efektivitas kampanye media sosial.

Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin canggih, Emplifi dapat dengan cepat menganalisis jumlah data media sosial yang besar, memberikan wawasan berharga tentang performa media sosial.

Anda dapat dengan mudah melacak metrik seperti tingkat keterlibatan, pertumbuhan pengikut, dan performa postingan di berbagai platform media sosial.

Kemampuan AI dari aplikasi yang sebelumnya bernama Socialbakers ini juga memungkinkan untuk membandingkan performa media sosial Anda dengan performa pesaing, membantu mengidentifikasi area di mana Anda mungkin perlu meningkatkan strategi media sosial.

5. Mayar.id

Mayar adalah perangkat lunak berbasis teknologi Cloud yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan bagi para freelancer dan bisnis.

Dengan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur-fitur powerful, Mayar memungkinkan pengguna untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran, menghasilkan faktur, mengelola tagihan, dan menghasilkan laporan keuangan, semua dalam satu tempat.

Tak cuma itu, Mayar dilengkapi berbagai fitur canggih untuk membantu dalam hal pemasaran, penjualan, serta pembuatan materi bagi pebisnis edukasi dan konten kreator.

Menggunakan Mayar.id sangatlah sederhana dan intuitif, bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman IT maupun pengkodean apapun.

Anda juga dapat membuat dan mengirimkan surat faktur tagihan digital profesional, mengirimkan email secara massal, semuanya langsung dari dalam Dashboard Mayar.

Dengan Mayar, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat kesalahan atau melewatkan jatuh tempo pembayaran.

Sebab perangkat lunak oleh PT Mayar Kernel Supernova ini secara otomatis mengirimkan notifikasi/ reminder untuk mengingatkan Anda tentang pembayaran yang akan datang, sehingga Anda dapat tetap memenuhi kewajiban keuangan.

Mayar berbasis cloud, artinya Anda dapat mengakses data keuangan Anda dari mana saja, kapan saja.

Singkatnya, Mayar adalah alat yang powerful bagi siapa pun yang ingin menyederhanakan tugas keuangan, pemasaran, penjualan, serta pencatatan/ pembayaran keuangan.

Mayar, Solusi Efektif Kerja Cerdas Pelaku Usaha

Terbaru, Mayar merilis fitur MAIA untuk membantu konten kreator membuat teks atau copywriting dibantu kecerdasan buatan.

Entah Anda seorang freelancer, pemilik bisnis kecil/ start up, atau pelaku UKM, Mayar dapat membantu menghemat waktu dan uang, sehingga Anda dapat fokus pada tugas inti untuk mengembangkan perusahaan.

Fitur-fitur Mayar, antara lain:

· Pembuatan Faktur dan Pengelolaan Pembayaran

Mayar memungkinkan Anda membuat faktur yang disesuaikan, mengirimkannya kepada klien, dan melacak pembayaran secara real-time.

· Pelacakan Pengeluaran

Perangkat lunak ini secara otomatis mencatat arus pemasukan dan pengeluaran secara real-time. Memungkinkan Anda untuk melacak pemasukan dan pengeluaran dimanapun dan kapanpun.

· Pelaporan Keuangan

Mayar menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan detail, termasuk laporan data pelanggan, penjualan, dan sebagainya.

· Integrasi dengan Ribuan Aplikasi Pihak Ketiga

Mayar terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Zapier, memungkinkan Anda untuk menyinkronkan data dengan lancar hingga 5000+ aplikasi berbeda.

· MAIA ( Mayar AI Assistant)

Menulis judul iklan, Headline untuk laman penjualan (sales letter), dan menemukan gambar, terkadang menjadi pekerjaan yang membingungkan. Terlebih jika Anda sama sekali tak memiliki dasar kepenulisan.

Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Anda dengan MAIA. Fitur terbaru yang didukung kecanggihan Artificial Intelligence/ kecerdasan buatan. Cukup inputkan kata spesifik yang diinginkan, MAIA akan memproses dan memberikan rekomendasi hasil sesuai ekspektasi Anda.


Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini. Bagaimana menurut Anda, jika ada yang mempermudah dan otomatis, kenapa harus ribet?

Saatnya, melakukan digitalisasi usaha dengan mendaftar akun Mayar Paket Starter Rp nol cocok untuk pebisnis pemula hari ini, GRATIS!

Jangan lupa kepoin terus postingan Instagram terbaru kami dengan follow-like-comment @mayar_id untuk beragam informasi menarik lainnya.

Anda juga bisa Subscribe Blog Mayar agar selalu menjadi yang pertama tahu artikel keren kami. Bila ada pertanyaan atau punya ide kece terkait topik artikel mendatang, segera kirim melalui email: [email protected]. Terima kasih dan salam sukses!