Alasan Kuat Penagihan Otomatis (Auto Invoice) Sangat Penting di Era Bisnis Digital

Alasan Kuat Penagihan Otomatis (Auto Invoice) Sangat Penting di Era Bisnis Digital

Digitalisasi sudah merambah ke berbagai sektor bisnis. Tak terkecuali, untuk e-invoice (invoice dan faktur elektronik). Di negara-negara Eropa, sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap perusahaan mengirimkan faktur atau invoice elektronik.

Bahkan, pada 2020, sudah ada 24 negara yang menerapkan solusi penagihan otomatis untuk dikirimkan ke supplier atau klien agar pembayaran semakin efisien dan cepat terselesaikan.

Sebenarnya, ada banyak manfaat bagi bisnis yang mengadopsi invoice elektronik. Penggunaan penagihan otomatis akan mempersingkat waktu mencetak, meningkatkan likuiditas supplier (kemampuan membayar), sekaligus meningkatkan peluang transaksi yang lebih lancar.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan sejumlah alasan kuat untuk mulai menerapkan penagihan otomatis bagi sistem bisnis Anda.

1. Mengurangi biaya administrasi.

Teknologi digital membuat segalanya menjadi semakin cepat, praktis, dan mudah. Dalam hal ini, invoice elektronik membuat waktu pemrosesan dan biaya administrasi semakin murah, ketimbang harus mencetak invoice kertas tradisional.

Banyak perusahaan yang mulai beralih menggunakan invoice elektronik untuk meningkatkan pengalaman konsumen yang lebih efisien biaya. Sebab, mencetak faktur atau invoice menghabiskan anggaran bulanan untuk membeli kertas, tinta, printer, dll.

2. Menghemat waktu admin.

Selain hemat biaya, penagihan otomatis tentunya juga membuat admin keuangan atau karyawan Anda bekerja semakin produktif. Jika dulu harus mencetak faktur dan invoice secara manual, kini dengan penagihan otomatis, semuanya berjalan hanya cukup beberapa klik saja.

Pada gilirannya, admin atau karyawan Anda akan lebih efisien waktu dan fokus pada tugas inti lainnya yang lebih penting untuk mengembangkan kinerja perusahaan Anda.

3. Meminimalisir kesalahan manual.

Jika hanya satu atau dua lembar invoice berbasis kertas yang dicetak, mungkin tidak terlalu repot. Tetapi, bayangkan jika mengirimkan puluhan atau ratusan invoice ke pelanggan? Pastinya, akan sangat menyita waktu dan tenaga karyawan Anda.

Bisnis yang mengadopsi penagihan otomatis bisa mengurangi jumlah kesalahan input detail invoice. Sebab, informasi pelanggan sudah tersimpan di database sistem. Selanjutnya, akan diinput otomatis ke dalam invoice elektronik. Selain itu, tidak perlu khawatir, adanya invoice yang hilang saat pengiriman dengan kurir atau pos.

4. Mempermudah analisis data invoice.

Saat Anda memakai penagihan otomatis, Anda akan lebih mudah melacak dan mengetahui kapan invoice dikirim, dan dibayar. Beda dengan invoice kertas, invoice elektronik dapat menjangkau pelanggan secara lebih cepat, sehingga bisnis juga dibayar lebih cepat.

Perlu diingat, untuk memproses pembayaran melalui invoice elektronik juga hanya semudah menggerakkan jari, lebih sedikit waktu dan tenaga. Pelanggan tentunya merasa lebih nyaman karena kepraktisan ini.

Nantinya, melalui dashboard, Anda bisa memantau dan menganalisis data akun pelanggan siapa saja yang masih belum membayar dan sudah melunasi invoice.

Bagaimana Mayar Membantu Bisnis Berkembang dengan Penagihan Otomatis?

Kirimkan invoice Anda secara otomatis setiap periode sesuai kebutuhan (bulanan, mingguan, dll) dengan platform Mayar. Sistem penagihan otomatis dari Mayar menawarkan efisiensi waktu dan biaya yang terjangkau bagi pelaku UMKM. Anda dan karyawan bisa lebih fokus mengembangkan bisnis, karena soal penagihan sudah ditangani secara otomatis melalui Mayar.

Mayar juga dilengkapi dashboard yang simpel dan fungsional untuk memonitoring data pelanggan yang sudah membayar atau belum, dan informasi lainnya. Jika sudah jatuh tempo pembayaran invoice, maka pelanggan akan dikirimkan notifikasi pengingat secara otomatis agar bisa membayar sesuai tenggat waktu.

Notifikasi ini dikirimkan melalui email, SMS, maupun Whatsapp. Bahkan, ke depannya tersedia fitur untuk follow up ke pelanggan via telepon untuk mencegah kegagalan pembayaran akibat lupa atau email yang tidak terbaca.

Gimana, luar biasa kan, penagihan otomatis dari Mayar? Ini saatnya, Anda membuktikan keunggulan fitur-fiturnya! Klik melalui tautan ini GRATIS pakai Mayar selama 30 hari.