Aplikasi Loom untuk Bikin Kursus Online, Simak Pengertian dan Tipsnya

Aplikasi Loom untuk Bikin Kursus Online, Simak Pengertian dan Tipsnya

Loom, sejak lama dikenal sebagai perangkat lunak gratis yang bisa dipakai siapa saja untuk merekam video di komputer.

Inilah sebabnya, banyak pembuat kursus online yang memanfaatkan Loom untuk membuat pembelajaran jarak jauh menjadi lebih mudah dan nyaman!

Tapi, ibarat pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, yuk kita kenali dulu apa itu aplikasi Loom sebelum membahas fitur-fitur dasarnya lebih lanjut!

Apa itu Loom?

Dengan aplikasi Loom Anda bisa merekam video dan tangkapan layar (screenshot) yang nantinya bisa Anda kirimkan ke penerima yang diinginkan.

Salah satu fitur terbaik Loom adalah kemampuan untuk membagikan berbagai jenis video apapun dengan mudah. Jadi, Anda sebagai pembuat kursus online, bisa berkomunikasi secara praktis dan sejelas mungkin dengan peserta kursus.

Hebatnya lagi, semua fitur Loom sudah dilengkapi keamanan data yang terjamin. Sebab, setiap video dan informasi yang dikirimkan akan dilapisi perlindungan dengan kata sandi (password).

Apa saja yang bisa direkam dengan aplikasi Loom?

Ada banyak fitur yang bisa dinikmati, di antaranya:

1. Audio + Layar

Fitur ini memungkinkan Anda merekam apa pun yang terjadi di layar dan aktivitas Anda (suara/ audio). Anda dapat memilih aplikasi tertentu untuk ditampilkan selama perekaman atau memilih untuk membagikan seluruh layar Anda. Jadi, fitur ini cocok untuk Anda yang ingin menjelaskan tutorial atau panduan menggunakan software tertentu langkah demi langkah langsung di layar, dan nantinya hasil rekaman tersebut bisa langsung dikirimkan ke peserta kursus.

2. Audio + Kamera

Selanjutnya, fitur kamera memungkinkan Anda untuk merekam apapun yang ditangkap kamera.

3. Kamera dan Layar + Audio Suara

Fitur ketiga adalah kombinasi dari dua fitur sebelumnya, di mana memberikan pengguna Loom kebebasan untuk membuat video tutorial yang jelas dan mudah.

Sebab, Anda bisa mempresentasikan kursus online dengan menampilkan layar komputer atau wajah Anda yang tampil di kamera. Keren, kan!

Apakah Loom bagus untuk kelas online/ pembelajaran jarak jauh?

Dunia pendidikan saat ini telah berkembang pesat. Sejak pandemi melanda, banyak sekolah dan institusi pendidikan menerapkan e-Learning atau pembelajaran jarak jauh.

Tak terkecuali, pembuat kursus online profesional yang menggunakan aplikasi Loom untuk meningkatkan metode belajar jarak jauh. Jika ada yang bertanya apakah Loom ideal untuk e-Learning? Jawabannya sederhana, iya.

Cara Membuat Video menggunakan Loom

Pertama, mari kita bicara tentang apa yang ditawarkan Loom.

Setelah Loom diinstal di komputer, Anda bisa merekam video dengan 3 cara berbeda. Antara lain:

· Dapat merekam layar komputer.

· Dapat merekam wajah Anda menggunakan kamera komputer.

· Dapat merekam layar komputer dan wajah Anda secara bersamaan.

Meskipun, Anda perlu mengunduh aplikasi Loom, tetapi para peserta kursus online tidak perlu melakukannya. Pasalnya, nanti peserta kursus cukup mengklik tautan yang Anda bagikan untuk mengakses video tersebut. Mudah, kan!

Dan jangan khawatir, Loom bukan aplikasi sejenis video langsung seperti Zoom. Anda bisa merekam video tutorial atau materi, baru kemudian dibagikan ke para peserta.

1. Gunakan Loom untuk Merekam Pesan “Facetime”.

Bagi pemula, terutama yang tidak terbiasa merekam diri sendiri dalam video, Loom mudah digunakan.

Bila Anda merasa canggung dan gugup berbicara dengan layar komputer, cobalah membaca naskah. Atau, anggap saja Anda sedang membaca untuk teman dan keluarga yang sudah Anda kenal.

Serius, hal ini akan membuat Anda bicara lebih teratur, mengalir, dan nyaman.

Perlu dipahami, terkadang ada beberapa pembuat kursus online yang tidak suka wajahnya terekam di dalam video. Tapi, seiring waktu, Anda akan terbiasa.

Jika memang ada hasil rekaman yang kurang bagus, Anda bisa menekan “delete” dan merekam ulang agar hasil rekaman lebih sempurna.

2. Gunakan Loom untuk Merekam Tutorial Komputer/Teknologi.

Bergantung tema atau topik yang akan dibahas. Tunjukkan layar Anda ketika mengakses software atau aplikasi yang Anda pakai.

Misalnya, ketika Anda menjelaskan tentang “cara desain website terkini”, Anda bisa menunjukkan software desain grafis yang digunakan, serta langkah demi langkahnya.

Selain itu, Anda akan menghemat BANYAK waktu karena tidak perlu lagi mengetik untuk membuat modul pembelajaran berlembar-lembar halaman.

Cukup buat rekaman video ketika Anda membuat desain di komputer, lalu kirim tautannya kepada peserta.

3. Gunakan Loom untuk Menjelaskan Tugas.

Gunakan opsi layar + kamera untuk merekam diri Anda ketika sedang meninjau tugas mingguan (atau harian) Anda dengan peserta kursus online

Selain lebih jelas, peserta kursus online bisa melihat langsung wajah Anda ketika sedang berbicara. Hal ini akan sangat bagus untuk membangun koneksi dan keramahan dengan para peserta kursus online.

Tenang saja, karena bukan aplikasi video live yang tayang langsung. Anda juga bisa membuat video rekaman untuk mengatur jadwal tayang harian atau mingguan.

Dengan Loom, Anda dapat merekam semua video Anda selama seminggu sekaligus. Rekam video untuk besok atau lusa, dan seterusnya. Kemudian, atur penayangan video sesuai jadwal yang ditentukan.

Pilih mana,  aplikasi Loom desktop, atau aplikasi Loom seluler?

Anda dapat mencoba keduanya dan lihat mana yang lebih Anda sukai. Aplikasi Loom iOS (jika Anda memiliki iPhone atau iPad) akan bekerja lebih baik untuk kebanyakan orang.

Namun, aplikasi Loom di iOS memiliki beberapa fitur dasar. Antara lain untuk:

-      Merekam video gaya duduk atau wawancara.

-      Membagikan tangkapan layar ponsel/ perekaman layar.

-      Loom memiliki penyimpanan internal dan otomatis mengunggah video.

Sedangkan, aplikasi Loom desktop sama seperti fitur yang tersedia di aplikasi Loom seluler. Hanya saja, Anda bisa menggunakan webcam atau mikrofon yang terpasang di laptop.

Pilih mana, orientasi Video - landscape atau portrait?

Sebelum Anda menekan tombol rekam, sangat penting untuk mengingat orientasi video. Dalam hal ini sangat direkomendasikan untuk merekam dalam landscape, bukan portrait.

Jika Anda merekam video untuk tujuan pendidikan, landscape paling mudah diakses. Misalnya, untuk kursus online, kelas online, Youtube, TV di rumah, dan lainnya.

Kecuali, Anda menargetkan platform media sosial dengan video square seperti Instagram, atau video portrait seperti TikTok dan Pinterest.

Jika Anda seorang pendidik, pembicara, dan wirausahawan, audiens Anda kemungkinan besar ingin mengonsumsi konten dalam orientasi video landscape. Oleh karena itu, sebaiknya merekam video dalam mode Landscape kemudian gunakan kembali untuk media sosial nanti.

Pembingkaian Video - Cara Terlihat Terbaik di Kamera

1. Contoh 1. Lebih dekat ke kamera.

Posisi kepala hampir di tengah layar (sedikit lebih dekat ke bagian atas frame). Dengan framing ini, audiens seolah-olah berbicara langsung dalam jarak dekat.

2. Contoh 2. Siapkan backdrop.

Latar belakang yang sedikit lebih besar untuk etalase produk, atau elemen lain yang mungkin ingin Anda bawa ke dalam video pascaproduksi.

Pilih backdrop yang sewajarnya, seperti meja atau rak buku, dan lainnya. Jika membutuhkan meja, tempatkan di depan kamera agar terlihat.

Jika video berfokus untuk menampilkan produk dan desain lain, persiapan ini sangat penting. Tapi, jika Anda memakai kamera ponsel untuk merekam video, pastikan jangan terlalu jauh agar pencahayaan tetap bagus.

3. Pencahayaan memang penting, tapi tidak harus mahal

Pencahayaan tidak perlu mahal atau membuat tagihan listrik membengkak. Gunakan cahaya matahari yang gratis. Misalnya, Anda bisa merekam video di teras atau halaman belakang rumah. Anda bahkan bisa merekam di dalam rumah menghadap jendela.

Keuntungan merekam di rumah adalah Anda tidak perlu khawatir dengan kebisingan jalanan, dan lingkungan di rumah umumnya lebih "terkendali".

Hindari sumber cahaya yang langsung mengarah di atas kepala. Karena, jenis cahaya ini akan menimbulkan bayangan siluet di wajah saat merekam video.

Direkomendasikan membeli ring light atau lampu studio untuk mendukung pembuatan video kursus online yang lebih berkualitas.


Tunggu apalagi, buat video kursus online Anda dengan Loom atau aplikasi lainnya seperti Mayar.

Anda bisa mendapatkan penghasilan ekstra tanpa repot keluar rumah sebagai pembuat konten kursus online. Cukup membuat video materi yang dipilih, unggah, dan bersiap jadi jutawan!