Mantap 5 Aplikasi Webinar Terbaik, Dari Indonesia Juga Ada!

Mantap 5 Aplikasi Webinar Terbaik, Dari Indonesia Juga Ada!

Butuh rekomendasi aplikasi webinar terbaik untuk mengadakan sesi pelatihan online? Di artikel berikut kita akan membahas satu per satu daftarnya.

Dimulai pada era 90-an, dimana seminar dianggap sebagai pelatihan atau sesi training yang sangat bermanfaat meningkatkan skill dan keahlian tenaga kerja di dunia industri.

Namun, sayangnya untuk mengikuti seminar dibutuhkan anggaran perusahaan yang tak sedikit. Tak jarang karyawan sebagai peserta seminar harus pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Alhasil, perusahaan yang membiayai seluruh ongkos perjalanan ini. Termasuk tiket pesawat, biaya hotel, ongkos transportasi, biaya tiket seminar, dan masih banyak lagi.

Seiring perkembangan zaman, muncul inovasi seminar onliner berbasis website atau webinar. Dengan webinar, semua peserta bisa langsung bertemu dalam sesi pelatihan, tanpa perlu menginap di hotel atau tiket pesawat. Semuanya, cukup berbekal internet, smartphone, atau laptop.

Peserta webinar yang sudah mendaftar dan membayar di platform, akan segera dikirimkan link atau tautan untuk mengakses sesi webinar. Salah satu platform webinar di Indonesia yang bisa dijadikan alternatif membuat webinar adalah Mayar.id.

Kira-kira, apa saja keunggulan Mayar.id untuk membuat webinar yang sukses? Dan, apa saja webinar terbaik yang bisa dipertimbangkan? Lebih lengkapnya, mari simak pembahasannya di bawah ini!

1. WebinarNinja

Jika Anda ingin membagikan materi kursus dan terhubung dengan audiens secara individu atau grup, ada WebinarNinja yang bisa dipilih.

Tak hanya membagikan materi, Anda juga bisa membuat polling, chat grup/ individu, dan masih banyak lagi. Yang jelas, WebinarNinja dapat menjadi alat yang tepat untuk melatih, mengajar, atau merekrut karyawan baru.

Beberapa fitur penting dari WebinarNinja adalah:

· Mudah diintegrasikan dengan aplikasi terkenal seperti MailChimp, ConvertKit, HubSpot, Squarespace, dan ClickFunnels

· Template siap pakai yang indah untuk pembuatan webinar yang cepat dan sederhana

· Penyimpanan materi dalam software

· Buat laman pendaftaran dan laman terima kasih yang dirancang untuk dikonversi

2. LiveStorm

Jika Anda mencari perangkat lunak webinar yang memungkinkan Anda menjalankan webinar secara live streaming, sesuai permintaan, atau otomatis dengan tujuan apa pun, Livestorm bisa menjadi pilihan ideal.

Sesi live event online atau demo produk terperinci, menjadi lebih mudah. Apalagi, Anda juga bisa membuat seri pelatihan atau kursus online. Livestorm adalah alat komunikasi video yang sederhana namun kuat.

Tanpa codig apapun, webinar bisa dibuat dengan cepat dan otomatis. Mulai dari halaman pendaftaran acara, email promosi, dan email pengingat acara otomatis.

Beberapa fitur lain dari Livestorm meliputi:

· Bergabung ke webinar di browser dengan sekali klik

· Opsi beragam jenis webinar, seperti live, on-demand, dan pra-recording

· Kemampuan berbagi layar

· Obrolan langsung interaktif, polling, dan Tanya Jawab dalam webinar

· Analitik dan laporan

3. EasyWebinar

EasyWebinar adalah platform webinar live dan otomatis yang user-friendly. Digadang sebagai satu-satunya platform webinar yang berhasil mengintegrasikan strategi marketing dengan teknologi webinar.

Cocok untuk pemula atau mereka yang pertama kali meluncurkan webinar.  EasyWebinar memungkinkan host untuk melakukan streaming langsung ke Facebook dan YouTube secara bersamaan.

Fitur penting lainnya dari EasyWebinar adalah:

· Integrasi yang mulus dengan platform populer seperti WordPress dan MailChimp

· Analitik terperinci, seperti berapa lama waktu tayangan webinar dan klik peserta

· Tampilan berbasis browser

· Mengubah acara live menjadi webinar yang selalu hijau

· Memungkinkan empat penyaji dalam satu ruangan, semuanya dengan kemampuan berbagi layar

4. WebinarJam

Dengan kemampuan hingga 5.000 peserta, WebinarJam dengan mudah menjadi salah satu yang terbaik untuk bisnis besar.

WebinarJam dirancang untuk sesi event yang mempunyai audiens ribuan orang. Beberapa fitur lain yang ditawarkan WebinarJam meliputi:

· Dukungan pelanggan 24/7

· Notifikasi pengingat email dan SMS

· Buat webinar berbayar dan terima pembayaran langsung dalam platform

· Streaming live ke YouTube

· Kompatibilitas dengan banyak browser

Titik penjualan utama WebinarJam adalah mampu secara otomatis merekam konten Anda setiap saat. Jadi, tak perlu khawatir jika listrik padam atau lupa menekan tombol rekam.

5. Mayar.id

Di Indonesia sendiri, saat ini hadir inovasi bagi konten kreator atau tenaga ahli di bidag tertentu yang ingin membuat webinar. Mayar.id adalah suatu platform webinar dan terintegrasi dengan berbagai fitur modern.

Mayar.id dapat membantu perusahaan atau bisnis berkembang yang cocok untuk semua skala bisnis. Entah itu, mengadakan live event interaktif, promo produk, pelatihan, kursus, pengajaran jarak jauh, dan sebagainya.

Tak perlu mengunduh apapun, peserta webinar akan dikirimkan link (tautan) otomatis ke email atau Whatsapp setelah pembayaran dilakukan. Mereka bisa langsung bergabung dari browser dan perangkat apapun cukup sekali klik. Mudah dan keren, kan!

Tapi, apa yang menjadikan Mayar.id sebagai salah satu aplikasi webinar terbaik untuk event online Anda? Berikut beberapa fitur utamanya:

· Webinar, Training & Workshop

Membuat landing page atau laman website webinar, workshop, atau training semakin praktis. Mayar menghadirkan fitur pembuatan landing page secara otomatis.

Setelah peserta mendaftar dan melakukan pembayaran webinar, password webinar akan dikirim otomatis.

Termasuk pembuatan halaman promosi event juga dibuat otomatis oleh Mayar. Anda hanya perlu membagikan ke medsos, email, chat Whatsapp/ Telegram agar event online semakin diketahui banyak audiens.

· Mengatur kuota peserta webinar

Terkadang, ada beberapa webinar yang hanya terbatas kalangan. Jangan khawatir, Mayar menyediakan fitur pembatasan kuota peserta sesuai kebutuhan. Setelah kuota tercapai, link pendaftaran akan tertutup otomatis. Anda juga bisa mengatur kuota peserta tak terbatas atau sebanyak mungkin.

Link pendaftaran juga dapat diatur agar tetap aktif selamanya. Jadi, Anda tak perlu mengatur hal-hal administratif secara manual.

· Membangun email marketing

Mayar dilengkapi analitik dan laporan yang membantu strategi email marketing Anda. Semua peserta yang sudah membayar, maka informasi pelanggan tercatat otomatis secara rapi dan terorganisir. Seperti nama, alamat email, no telepon, dll. Hal ini penting agar Anda bisa membangun database email pelanggan untuk promosi dan analisis marketing.

· Tersedia berbagai metode pembayaran

Mayar.id menyediakan tombol check-out yang dapat dipasang otomatis cukup drag-n-drop (seret lepas). Sekali klik, peserta dapat membayar dengan berbagai metode. Di antaranya: transfer bank (virtual account), gerai ritel, kartu kredit/ kartu debit, dompet digital, Paylater, dll.

· Sertifikat webinar instan

Template sertifikat webinar dapat dipilih dan dibuat secara otomatis. Cukup pilih desain yang tersedia, dan tambahkan detail informasi sesuai petunjuknya. Maka, sertifikat webinar akan dibuatkan oleh Mayar dalam sekejap. Tak perlu repot menyewa desainer dan membuat desain satu per satu yang menghabiskan waktu.

Apa yang Harus Dicari Saat Memilih Aplikasi Webinar Terbaik?

Sebenarnya, setiap perangkat lunar webinar memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Namun, yang terpenting, aplikasi webinar harus dapat memudahkan Anda untuk membuat webinar, membagikan video berkualitas tinggi, pemasaran, serta dalam hal pembayaran peserta webinar.

Anda juga perlu berbagi materi, polling, quiz, survey, dan sebagainya agar webinar lebih variatif dan menarik.

Mayar dapat membantu Anda membuat webinar bagi audiens di Indonesia dengan fitur dan fungsional yang disesuaikan kebutuhan. Berikut adalah beberapa pertimbangan memilih aplikasi webinar:

· Berapa jumlah peserta

Jumlah peserta webinar bisa menjadi faktor penting pengambilan keputusan. Beberapa aplikasi dirancang untuk grup kecil, sementara yang lain memiliki kapasitas hingga ribuan peserta.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih aplikasi webinar terbaik berdasarkan perkembangan jumlah peserta webinar Anda.

· Aksesibilitas

Seberapa mudah bagi audiens untuk mendaftar webinar? Apakah harus mengunduh aplikasi atau plugin tambahan? Atau, bisakah mereka mendaftar dalam sekali klik dengan browser apapun?

Tentunya, pilih aplikasi webinar yang memudahkan akses calon peserta mendaftar dan membayar. Seperti Mayar yang memberikan fitur tombol Check-out sekali klik dengan berbagai metode pembayaran.

Jika laman registrasi webinar dibuat sederhana dan mudah, tentunya calon peserta juga semakin tertarik bergabung.

· Analitik dan laporan real-time

Melalui Dashboard Mayar, Anda dapat melihat laporan dan analisis data pelanggan. Termasuk siapa saja peserta yang sudah membayar atau belum membayar, memakai metode pembayaran apa, dan detail informasi lainnya.

Tanpa perlu membuat portal baru dan tidak membutuhkan keahlian teknis coding apapun, Anda sudah bisa memiliki portal pelanggan secara otomatis dengan fungsi analitik luar biasa. Di antaranya:

· Dapat melihat status paket berlangganan yang aktif dan non-aktif

· Memeriksa riwayat pembayaran

· Mengupdate metode pembayaran

· Berhenti berlangganan

Nah, bagi Anda konten kreator yang ingin menghasilkan uang online dari pembuatan webinar? Yuk, mulai aja dulu FREE Trial Mayar 30 haridan buktikan kemudahan fitur-fiturnya!