Bagaimana 5G Membantu Layanan Keuangan di Indonesia?

Bagaimana 5G Membantu Layanan Keuangan di Indonesia?

Sejak sekitar pertengahan 2021, teknologi 5G telah hadir di Indonesia. Inovasi ini seolah menjadi pintu gerbang era baru untuk berbagai industri. Tak terkecuali, bagi industri keuangan.

Teknologi 5G menjanjikan banyak peningkatan. Mulai dari kecepatan internet, latensi lebih rendah, bandwidth lebih besar, dan kemampuan menangani konektivitas ke banyak perangkat sekaligus. Hal ini dapat membantu para pelaku usaha untuk mengimplementasikan beragam teknologi dan aplikasi yang lebih maksimal, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

Beda dengan pendahulunya (4G), penerapan 5G tak terbatas hanya pada perangkat seluler. Teknologi 5G menawarkan peningkatan performa yang dapat mempercepat inovasi teknologi canggih. Seperti Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), Artificial Intelligence (AI), dan Virtual Reality (VR) untuk berkembang.

Dengan demikian, para pelaku industri akan memiliki lebih banyak pilihan untuk mengambil pendekatan baru dalam menjalankan bisnisnya di era digital.

Di sisi lain, khususnya industri keuangan, adopsi 5G akan berdampak pada para pemainnya untuk mengubah model bisnis mereka. Sehingga, mengubah sektor keuangan dalam berbagai bentuk.

Agar lebih memahami secara jelas mengenai penerapan 5G di sektor keuangan Indonesia, mari simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Reformasi sektor perbankan dengan teknologi 5G

teknologi 5G

Industri jasa keuangan tidak terlepas dari sektor perbankan yang mapan. Seperti 4G, adopsi 5G akan mendorong sektor perbankan mengubah paradigma pelaku industri dalam banyak hal.

Sektor perbankan juga secara signifikan mereformasi cara mereka menggunakan teknologi, baik untuk operasi internal atau yang melibatkan layanan pelanggan langsung.

Misalnya, dalam hal mempersingkat waktu tunggu proses verifikasi identitas nasabah baru, hingga pengecekan skor kredit nasabah yang ingin mengajukan pinjaman.

Hal ini dimungkinkan berkat peningkatan kecepatan jaringan dan jumlah data yang diakses. Selain itu, penerapan teknologi AI juga memungkinkan peningkatan kinerja layanan pengaduan pelanggan menjadi lebih baik.

Ketika bank meningkatkan jaringan ATM dan merchant mereka ke 5G, layanan yang diberikan kepada pelanggan juga dapat menjadi lebih cepat. Sehingga memungkinkan uang mereka dapat diakses secara instan.

Selain itu, 5G dapat mendukung transformasi model bisnis perbankan layanan offline ke digital. Contohnya adalah memfasilitasi layanan teller yang dapat diakses dari mana saja melalui smartphone. Jadi, nasabah tak perlu lagi datang langsung ke kantor cabang.

Mengubah sektor pembayaran

adopsi 5G

Dengan adopsi 5G, pembayaran seluler dan digital menjadi semakin menarik bagi publik dan pada akhirnya meningkatkan penggunaannya. Kualitas layanan pembayaran nirsentuh dapat ditingkatkan dan diperluas ke saluran yang lebih canggih.Seperti perangkat yang dapat dikenakan, perangkat IoT, dan realitas virtual – baik AR maupun VR.

5G juga dapat meningkatkan keamanan transaksi dalam hal pencegahan penipuan, dan juga membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang akurat dan real-time.

Latensi rendah memungkinkan pemrosesan data lebih cepat dalam memverifikasi sifat transaksi, mengonfirmasi jumlah transaksi, dan memantau ketersediaan dana. Jika digabungkan dengan data geolokasi dan ID pedagang, teknologi ini dapat mengurangi kemungkinan penipuan untuk melindungi konsumen.

Ketersediaan 5G yang lebih merata bagi masyarakat di pelosok wilayah Nunsatanra, diharapkan dapat mempermudah penetrasi seluler dan internet.

Mengingat jaringan 4G dan 3G masih lebih terjangkau bagi masyarakat di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Adanya dukungan 5G dapat mendorong adopsi internet yang lebih besar.

Hal ini membuka peluang untuk memberdayakan konsumen atau merchant menjadi agen jasa keuangan yang dapat memfasilitasi pembayaran tagihan secara online.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

inovasi pengalaman pelanggan

Pada akhirnya, manfaat dari setiap inovasi teknologi yang ada di tengah masyarakat adalah meningkatkan kenyamanan masyarakat, terutama para pelanggan.

Adopsi 5G di industri keuangan akan dapat meningkatkan pengalaman mereka dalam mengakses setiap layanan keuangan yang tersedia secara lebih personal.

Misalnya, selain digunakan dalam layanan pengaduan pelanggan, teknologi AI juga dapat digunakan sebagai penasihat keuangan pribadi yang dapat diakses setiap saat.

Penggunaan big data yang didukung oleh 5G juga memungkinkan sektor jasa keuangan untuk mempersonalisasi layanannya sesuai dengan profil pelanggan.

Sementara itu, teknologi canggih seperti AR dan VR juga dapat melengkapi pengalaman digital pelanggan yang lebih imersif. Misalnya, membantu nasabah memahami transaksi perbankan mereka melalui visualisasi laporan keuangan.

Simulasi berbagai skenario keuangan, menyediakan fitur video interaktif untuk menjelaskan suatu layanan, dan melakukan transaksi digital berbasis VR.

Membangun ekosistem digital Indonesia bersama-sama

ekosistem digital Indonesia

Tidak dapat disangkal, teknologi 5G adalah lompatan maju dalam teknologi. Namun, 5G juga memberi para pelaku industri pekerjaan rumah untuk mengubah pola pikir dan bersinergi guna memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik. Selain itu, masih ada isu kebocoran data yang mengintai di ekosistem digital Indonesia.

Oleh karena itu, pelaku industri keuangan perlu menerapkan pola pikir wirausaha baru untuk mengatasi tantangan yang ada. Kolaborasi antara penyedia 5G, perbankan, financial technology, dan penyedia sistem pembayaran dapat menciptakan platform bisnis baru diharapkan dapat memberikan pengalaman transaksi yang lebih baik kepada pelanggan.

Dengan implementasi yang tepat, 5G akan menghilangkan banyak hambatan yang masih ada di layanan keuangan, meningkatkan operasi back-end dan front-end, dan menciptakan peluang kolaborasi baru.

Sementara dari sisi pelanggan, peningkatan mobilitas dan gaya hidup masyarakat dapat didukung dengan solusi yang lebih dinamis dan optimal.

Bagaimana 5G mendukung layanan keuangan global?

jaringan layanan 5G

Lebih dari 60 negara memiliki jaringan layanan 5G, dengan lebih dari 200 juta pengguna smartphone yang terhubung secara aktif.

Jaringan 5G dapat meningkatkan kecepatan koneksi, latensi yang rendah, serta performa yang lebih tinggi ketimbang 4G. 5G akan meningkatkan aplikasi seluler dan perbankan jarak jauh dengan komunikasi media yang lebih kaya, cepat, praktis, dan menghadirkan layanan yang lebih instan.

Kecepatan throughput yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah akan mempercepat persetujuan kredit, meningkatkan layanan pelanggan melalui obrolan atau asisten virtual, dan meningkatkan keamanan pembayaran serta  transfer seluler sekaligus mengurangi gangguan.

Selanjutnya, diharapkan lebih banyak aktivitas bank cabang dapat dipertahankan di daerah dengan lalu lintas rendah melalui pertemuan virtual atau cabang bank keliling.

Bagaimana data perusahaan keuangan akan meningkat dengan 5G?

Peningkatan dramatis dalam jumlah perangkat internet of things (IoT) akan memberi dorongan bagi perusahaan keuangan dengan peningkatan aliran data baru, tepat waktu, dan terperinci tentang bisnis, real estat, dan operasi pertanian.

Perusahaan asuransi dapat menggunakan informasi ini untuk pembuatan dan persetujuan polis, bank dapat mempercepat persetujuan pinjaman, dan investor dapat membuat keputusan investasi berdasarkan data yang lebih lengkap.

Dan smartphone akan memberikan informasi biometrik untuk memberi sinyal penipuan lebih awal.

Bagaimana 5G dapat meningkatkan pengambilan keputusan keuangan?

5G dan komputasi edge akan menghasilkan lebih banyak penyimpanan dan pemrosesan data di Cloud, memungkinkan AI dan analitik yang jauh lebih canggih.

Dalam jangka panjang, hal ini akan membuat penyimpanan data lebih murah dan fleksibel. Dengan memungkinkan data berpindah ke cloud dan meningkatkan komunikasi realitas virtual (VR).

5G juga akan memungkinkan kantor yang lebih terintegrasi di seluruh geografi yang lebih tersebar, memungkinkan lebih banyak pekerja di lokasi terpencil untuk memanfaatkan informasi klien yang relevan dan bertemu secara virtual dengan klien.

Saatnya, bisnis berinovasi ke pembayaran digital yang lebih cepat!

bisnis di tengah layanan 5G

Sekarang adalah saat yang tepat untuk memikirkan kembali langkah-langkah inovatif di era digital. Jika Anda adalah seorang pelaku UMKM atau pebisnis yang ingin meningkatkan pengalaman pelanggan lebih modern, teknologi 5G akan menjadi pintu gerbang yang membuka kesuksesan bisnis.

Bicara tentang layanan keuangan, Mayar.id siap mendukung transaksi pembayaran online untuk bisnis Anda. Khususnya dalam menerima pembayaran online seperti webinar, event, produk digital, produk fisik yang dijual online, serta penggalangan dana, dan masih banyak lagi fitur-fitur inovatif lainnya.

Ikuti terus blog Mayar.id untuk membaca beragam topik artikel yang menarik dan informatif seputar dunia keuangan, bisnis, dan teknologi. Like dan follow akun Instagram @mayar_id agar tak ketinggalan postingan terupdate setiap hari! Ada ide topik yang ingin dibahas? Atau, ingin tanya-tanya tentang Mayar.id? Boleh banget! Silakan hubungi [email protected].

Source img: Abstract background photo created by rawpixel.com - www.freepik.com