Bagaimana Smart Invoicing Bisa Menguntungkan Pelaku UMKM?

Bagaimana Smart Invoicing Bisa Menguntungkan Pelaku UMKM?

Berapa banyak sih faktur tagihan yang sudah Anda kirim sepanjang menjalankan bisnis? Mungkin sudah ratusan, ribuan, bahkan sudah tak terhitung lagi, ya.

Membuat faktur atau tagihan adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Anda mungkin sudah sangat terbiasa dalam proses pembuatan faktur tagihan, sampai-sampai Anda seolah bisa membuatnya dengan mata terpejam.

Terlepas dari seberapa sering Anda membuat faktur tagihan, selalu ada cara untuk memperlancar dan menyederhanakan prosesnya. Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk memakai aplikasi penagihan otomatis, seperti Mayar?

Anda bisa membuat tagihan dalam sekali klik, dan mengirimkan ke berbagai klien hanya semudah sentuhan jari. Bahkan, tersedia penagihan periodik dan notifikasi otomatis juga, lho!

Berikut ini kita akan membahas satu per satu keuntungan aplikasi pembayaran dan penagihan, Mayar untuk bisnis Anda. Simak yuk!

Manfaat Smart Invoicing Untuk Pelaku UMKM

1. Mudah melacak transaksi.

Katakanlah Anda sudah menyelesaikan penagihan untuk klien A minggu lalu.

Tetapi, Anda lupa berapa nominal dan tanggal pelunasannya. Nah, gak perlu bingung, cukup login ke Mayar untuk melihat apakah klien A sudah tercatat melunasi pembayarannya.

Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah melacak faktur mana yang sudah terselesaikan dan mana yang masih dalam proses penagihan.

2. Tahu kapan pembayaran jatuh tempo.

Sangat mudah meminta pelanggan membayar dalam jangka waktu tertentu. Tapi, masalahnya terkadang sulit untuk melacak kapan jatuh temponya.

Sistem aplikasi pembayaran dan penagihan dengan fitur smart invoicing seperti Mayar, menyederhanakan tugas Anda dalam penagihan. Anda bisa dengan mudah memeriksa tanggal faktur cukup dengan satu sentuhan klik.

Selain itu, Anda  bisa memastikan bahwa Anda sudah dibayarkan tepat waktu. Bahkan, bisa mengirimkan notifikasi reminder/ pengingat secara otomatis ketika pembayaran sudah jatuh tempo.

3. Minta pembayaran secara instan.

Tujuan utama faktur tagihan dibuat adalah memudahkan proses pembayaran yang sepraktis dan seefisien mungkin.

Dan yang paling penting, faktur tagihan bisa dikirim ketika pekerjaan yang sudah selesai dilakukan masih segar dalam ingatan klien.

Contohnya, jika Anda seorang freelancer di bidang fotografi, Anda bisa meminta pembayaran kepada klien dan mengirim faktur tagihan secepatnya setelah proses editing foto selesai.

Dengan aplikasi pembayaran modern seperti Mayar, Anda bisa langsung mengirim faktur ke klien setelah pekerjaan selesai. Bahkan, tak perlu repot kirim via pos atau mengetik surat tagihan yang menyita waktu.

Kalau klien Anda menerima faktur tagihan atau invoice saat project masih segar dalam ingatan, biasanya pembayaran juga cenderung dilakukan secara cepat.

4. Arsip data faktur.

Bayangkan betapa repotnya ketika akhir tahun pajak datang. Ini bisa menjadi mimpi buruk bagi tim finance yang berkutat dengan urusan akunting perusahaan.

Melacak semua faktur, arsip, dan lembaran berkas tagihan yang menumpuk hanya membuat stres dan sakit kepala.

Kalau sistem penagihan perusahaan Anda masih berbasis kertas, ini tandanya Anda perlu beralih menggunakan aplikasi penagihan lebih fleksibel bersama Mayar.

Faktur-faktur tagihan disimpan dalam database Cloud yang praktis, dan bisa diakses atau di-print kapan saja serta di mana saja.

Selain itu, Anda juga hemat ruang penyimpanan arsip. Sebab, semua faktur disimpan secara elektronik dan bisa diakses dari berbagai perangkat. Termasuk smartphone, tablet, komputer, dll.

5. Kinerja tim finance lebih produktif.

Menangani urusan penagihan dan pembayaran, memang bukan perkara mudah.

Namun, jika Anda menggunakan aplikasi pembayaran berbasis Cloud seperti Mayar, Anda bisa meningkatkan kinerja tim finance yang lebih produktif dan cepat.

Sebagai contoh, meskipun dalam perjalanan, staf dapat membuat faktur tagihan dari smartphone, lalu dikirimkan via Whatsapp atau email. Sehingga, tak perlu menunggu tiba di kantor yang menunda waktu.

Faktur bisa dibuat hanya dengan satu sentuhan tombol, edit nama dan nominal, lalu kirim ke pelanggan dalam hitungan detik. Begitu mudah dan praktis!

Apalagi, semua proses smart invoicing ini bisa dilakukan cukup melalui ponsel. Jadi, bisa dilakukan dari mana saja dan diakses 24 jam penuh.

Manfaatkan aplikasi Mayar untuk penagihan dan pembayaran yang lebih cerdas, tanpa ribet!

Nah, sudah paham mengenai fitur dan manfaat aplikasi Mayar untuk bisnis Anda, kan? Jadi, kalau ada yang memudahkan dan menyederhanakan tugas penagihan Anda, kenapa harus mau ribet?

Kemungkinan UMKM Anda sudah memiliki smartphone atau komputer. Sekarang, hanya tinggal aplikasi Mayar saja yang perlu diterapkan untuk bisnis Anda.

Membuat akun di Mayar hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, dan Anda bisa langsung memakai fitur-fitur Mayar. Termasuk membuat faktur tagihan, Link Pembayaran, kode QR untuk pembayaran merchant/ toko Anda, hingga custom halaman web pembayaran dengan logo bisnis Anda, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai aja dulu pakai Mayar secara GRATIS selama 30 hari klik di sini dan buktikan kemudahan smart invoicing untuk UMKM Anda!