Bikin Landing Page Tanpa Koding di Mayar, Alternatif Wordpress

Bikin Landing Page Tanpa Koding di Mayar, Alternatif Wordpress

Bagi kreator konten dan freelancer, landing page (halaman arahan) sudah bukan hal baru. Di era digital, strategi marketing harus melibatkan landing page yang efektif dan efisien.

Terutama, jika kita adalah kreator yang membuat karya digital atau freelance yang bekerja secara online.

Produk digital berupa karya maupun jasa yang ditawarkan secara online, harus mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Meskipun, konsep landing page terlihat sederhana, tapi dampaknya luar biasa besar untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Tak salah jika, landing page adalah alat marketing yang kuat ketika dipakai dengan benar. Misalnya, mengarahkan lalu lintas (traffic) pengunjung media sosial dan website, memikat audiens agar mendaftar newsletter, atau bahkan mempromosikan produk atau peluncuran bisnis baru.

Yang jelas, landing page adalah senjata rahasia digital marketing. Nah, dalam postingan kali ini, kita akan menyimak bagaimana menggunakan landingpage dalam strategi marketing. Mari kita mulai mempelajari di bawah ini!

Fakta-Fakta Landing Page Meningkatkan Kesuksesan Strategi Pemasaran

Ingin tahu bagaimana landing page dapat membantu strategi pemasaran Anda? Coba simak fakta berikut!

Fakta #1: Selama kampanye pemilihan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama memakai landing page untuk mengumpulkan dana tambahan hingga $60 juta.

Fakta #2: Perusahaan yang memiliki 15 landing page akan melihat 55% lebih banyak prospek dan calon pelanggan, daripada perusahaan yang hanya memiliki 10 landing page.

Fakta #3: Perusahaan dengan lebih dari 40 landing page mendapatkan 12x lebih banyak profit, dibandingkan perusahaan yang hanya memiliki 5 landing page.

Fakta #4: Tingkat konversi rata-rata pada landing page adalah 1-3%.

Fakta #5: Menggunakan jenis pengujian dan penargetan yang tepat pada landing page dapat meningkatkan tingkat konversi sebanyak 300%.

Seperti yang dijelaskan, landing page adalah alat marketing yang serbaguna untuk mendorong konversi dan menangkap prospek baru.

Sayangnya, lebih dari 20% perusahaan tidak memiliki strategi pengujian landing page yang efektif. Dan, lebih dari 62% brand yang memakai landing page memiliki 6 atau 7 landing page saja.

Semua ini membuktikan bahwa secara keseluruhan, kampanye landing page kurang dimanfaatkan secara maksimal.

Jadi, bila brand atau perusahaan ingin melejitkan omset, harus memahami bagaimana cara memanfaatkan landing page secara efektif dalam strategi pemasaran.

5 Strategi Cerdas Memanfaatkan Landing Page Untuk Pemasaran Bisnis

Setelah memahami pentingnya landing page untuk strategi marketing, sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara cerdas memanfaatkan landing page ke dalam strategi pemasaran. Berikut beberapa trik yang bisa diikuti:

#1: Buatlah landing page baru untuk setiap kampanye pay per click (PPC) yang dijalankan

Saat Anda mengembangkan landing page yang berhubungan dengan kampanye PPC, Anda membantu calon pembeli lebih mudah menemukan informasi tentang brand Anda.

Strategi pemasaran landing page paling sering dipakai sebagai tujuan kampanye PPC.

Hanya saja, pastikan Anda sudah meneliti kata kunci dan audiens target secara menyeluruh sebelum membuat landing page.

#2: Gunakan landing page untuk segmentasi pelanggan tertentu

Landing page sangat cocok dikombinasikan dengan media sosial marketing. Entah itu, memakai Facebook, Twitter, atau Instagram untuk menjalankan promosi Anda, landing page dapat membantu membuatnya lebih efisien.

Sebelum Anda membuat kampanye landing page untuk melengkapi strategi media sosial marketing, pastikan untuk membuat penawaran yang menarik dan unik.

Ingatlah bahwa landing page bukanlah tempat untuk hardselling atau puitis tentang betapa hebatnya merek Anda.

Media sosial adalah platform organik, dan landing page harus mengikutinya. Tetap alami dan fokus pada pengguna untuk hasil terbaik.

Misalnya, Anda bisa membuat postingan tentang video yang membahas manfaat produk dan kegunaannya. Selanjutnya, gabungkan dengan berbagai macam konten dalam strategi digital lain, seperti testimonial, komentar, QnA, dan lainnya.

Video tentang ulasan konsumen juga sangat membantu meyakinkan calon pelanggan lain untuk membeli produk atau jasa.

Sebab, sudah terbukti dan diakui secara jelas keuntungannya di dalam testimoni konsumen.

#3: Gunakan landing page untuk membuat daftar email

Jika Anda ingin membangun daftar email, lihat saja kekuatan landing page. Ideal untuk memberikan konten gratis (seperti ebook dan unduhan), landing page menyediakan ruang untuk memberikan nilai lebih tanpa mengganggu traffic website atau media sosial.

Bahkan, ketika Anda menggunakan landing page untuk membangun daftar email pelanggan, Anda harus menjelaskan padat dan jelas. Halaman tersebut harus tetap ringkas, langsung ke intinya, dan menghargai waktu pembaca.

Pasalnya, menawarkan produk atau jasa yang paling tepat di landing page tidak boleh berbelit-belit dan membuat bingung pembaca.

Misalnya, landing page Anda dapat mencantumkan gambar, tombol checkout atau pendaftaran, dan informasi yang sederhana tapi lugas. Hasilnya, akan lebih banyak konversi 48% dibandingkan landing page yang terlalu panjang.

Bagaimana Landing page Dapat Membantu Brand Berkembang?

Landing page ibarat wajah dan perwakilan brand. Jadi, sebisa mungkin buatlah landing page yang mencerminkan kredibilitas dan otoritas brand, agar calon konsumen makin percaya.

Sebagai contoh, tambahkan ulasan para pengguna, video tutorial, atau portofolio pekerjaan bersama klien sebelumnya.

Selain itu, tempatkan tombol dan menu navigasi yang mudah diklik dan dipilih. Dengan begitu, landing page akan semakin efektif dalam mengoptimalkan penjualan.

Landingpage Meningkatkan Konversi Pemasaran Email

Jika Anda sudah memiliki daftar email pelanggan dan banyak pelanggan yang membaca email Anda, sekarang saatnya mengubahnya menjadi konversi.

Buatlah landing page khusus untuk menawarkan promo tertentu agar calon konsumen lebih mudah membeli dalam sekali klik.

Sebaiknya, landing page memang dibuat ringkas dan lugas. Sebab, kalau terlalu panjang atau rumit, akan membingungkan calon pelanggan.

Di samping itu, jika terlalu banyak opsi menu juga bisa menurunkan konversi. Karena itu, biasanya tombol menu pada landing page hanya terdiri dari satu tombol yang berwarna kontras dan jelas.

Hal ini penting agar secara visual, calon pelanggan mudah menemukan tombol dan menindaklanjutinya. Entah itu, tombol checkout, pendaftaran email, pendaftaran seminar, mengunduh eBook, dan sebagainya.

Yang jelas, jika landing page terlalu banyak detail atau item lain akan mengganggu konsentrasi calon pembeli. Atau, lebih buruk lagi, mereka justru keluar dari landing page karena kurang tertarik.

Landing page yang efektif, akan membuat calon pelanggan tetap fokus dan memastikan mereka melihat promo yang ditawarkan.

Mayar Sebagai Alternatif Wordpress Bagi Blogger dan Kreator Digital

Jika Anda membutuhkan website, blog, atau platform untuk menjual produk digital, Anda bisa menggunakan Mayar sebagai alternatif Wordpress.

Cukup gunakan Mayar sebagai platform marketing digital di Indonesia yang mendukung kreator digital menjual karya secara online.

Di Mayar, Anda akan mendapatkan landing page secara otomatis, dilengkapi domain khusus.

Mayar juga memiliki desain template yang unik, plus Anda dapat menambahkan logo, warna, atau menyesuaikan brand Anda.

Mayar sangat cocok untuk menjual produk digital. Dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, termasuk membuat landing page secara otomatis.

Fitur Marketing Module – Website Landing Page dari Mayar

Buat website atau landing page untuk produkmu tanpa koding, cukup klik-dan-geser, upload atau pakai template yang sudah disediakan

1. Membuat landing page tanpa keahlian koding

Meskipun tak memahami pengetahuan teknis tentang koding, Mayar memudahkan kreator membuat landing page secara otomatis.

Website dan landing page dapat dibuat semudah drag-n-drop (seret dan lepas), agar Anda bisa memiliki landing page profesional, desain keren, dan bisa dibuka di perangkat apapun!

2. Desain Template Instan

Mayar menyediakan desain template instan yang bisa diedit sesuai kebutuhan. Seperti misalnya, menambahkan gambar, video, logo, warna, dan detail lainnya.

Termasuk menambahkan animasi, infografis, teks, foto, dan lainnya bisa dimasukkan ke landing page sekali klik.

3. Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Satu hal yang tak kalah penting, mengenai optimasi SEO yang akan membuat landing page mudah ditemukan oleh mesin pencari. Mulai dari kata kunci, judul, meta deskripsi dan sebagainya.

4. Kecepatan dan ringan

Landing page dari Mayar dapat tergenerate dan teroptimasi secara modern dan otomatis. Berbasis metode statis HTML yang ringan, dan membuat proses pemuatan data menjadi lebih cepat.

Buat Landing Page Bisnis Anda Sekarang, Bersama Mayar!

Sebagai pebisnis di era digital, anda sangat membutuhkan landing page dan website. Jadi, jangan tunda lagi, segera buat landing page bersama Mayar.

Anda dapat memakai Mayar sebagai alternatif Wordpress untuk mengembangkan landing page yang mudah ditemukan secara online.

Tim Mayar siap membantu Anda meluncurkan bisnis di era digital dengan landing page yang efektif. Hubungi [email protected]untuk info lebih detail.

Image by Freepik