Bill Payment Mayar, Kelola Pengeluaran Bisnis Makin Praktis

Bill Payment Mayar, Kelola Pengeluaran Bisnis Makin Praktis

Sebagai pelaku UMKM dan pebisnis, Anda pasti paham kan, betapa rumitnya mengelola keuangan usaha.

Selain menjaga arus masuk dan keluar yang seimbang, usaha Anda harus memiliki tata kelola anggaran yang menjaga pembayaran tagihan tetap berjalan lancar.

Kalau proses pembayaran tagihan atau invoice UMKM hanya dilakukan secara manual, bisa dibayangkan betapa sangat menyita waktu dan tenaga.

Ditambah lagi, jika hanya mengandalkan seorang pegawai admin, tugas penagihan bisa terhambat ketika pegawai tersebut sakit atau cuti kerja.

Disinilah pentingnya menggunakan platform penagihan atau bill payment secara online, seperti Mayar.

Saat ini, Mayar didukung berbagai fitur fungsional dan berharga untuk mengelola arus finansial bisnis yang lebih modern dan otomatis. Mari simak pembahasan detailnya di artikel kali ini!

Pembayaran Invoice Online dan Massal

Platform Mayar menghadirkan fitur penagihan online secara otomatis, sehingga manajemen pengeluaran usaha semakin transparan dan rapi.

Semua transaksi dapat dilihat langsung di dasboard Mayar, untuk menjaga pembayaran tagihan lebih tepat waktu, minim kesalahan, dan valid.

Tiada lagi waktu yang terbuang hanya untuk membuat surat tagihan atau pengiriman lewat kantor Pos yang menyita tenaga dan biaya transportasi. Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan usaha, ketimbang mengurusi tugas administratif yang seharusnya bisa otomatis.

Keuntungan Fitur Bill Payment dari Mayar untuk Startup/ UKM

Bagi Anda pemilik usaha yang ingin mengotomasikan pembayaran tagihan seperti pembayaran supplier, vendor, atau tagihan lainnya, pelajari apa saja keuntungan memakai fitur Bill Payment dari Mayar, berikut:

1. Pengingat otomatis

Kalau tagihan dilakukan secara manual, lebih rentan terjadi kesalahan manual. Ini artinya, akan selalu ada kemungkinan kehilangan pendapatan karena lupa, kesalahan ketik, dan kesalahan manusiawi lainnya.

Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan memakai fitur Bill Payment dari Mayar. Pembayaran tagihan berulang dapat dilakukan secara massal, bahkan otomatis. Sehingga, mengurangi gangguan akibat faktor kesalahan manusia.

2. Dapat dikustom

Tambahkan logo brand atau surat tagihan yang sesuai karakter bisnis Anda. Alat penagihan Mayar dapat dikustom atau disesuaikan. Bahkan, apabila terdapat perubahan dalam paket penagihan.

Anda bisa mengatur perubahan ini semudah beberapa klik. Termasuk pengaturan periode penagihan mingguan, bulanan, atau kustomisasi tampilannya.

4. Pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat

Kegiatan analisis dan laporan keuangan dapat dilakukan dengan mudah melalui dashboard Mayar. Hal ini penting untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan data statistik yang ditunjukkan.

Platform Mayar didukung dashboard yang mudah dipahami untuk menunjukkan berbagai data pelanggan. Misalnya, kapan harus melakukan penagihan, siapa saja yang harus dikirimkan surat tagihan, dan informasi penting lainnya

5. Meretensi pelanggan

Fitur Bill Payment dilengkapi fungsi seperti manajemen pelanggan, kupon/ diskon, manajemen kode voucher/ kode promo, dan masih banyak lagi.

Tujuannya agar menghilangkan kesalahan penagihan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih maksimal. Sebab, pelanggan yang senang berarti pelanggan yang setia.

Pada gilirannya, dapat menjaga retensi pelanggan dan menambah omset bisnis.

6. Akses data 24 jam

Akses data tersimpan di Cloud, sehingga bisa diakses 24 jam, kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mengintegrasikan dengan API atau portal biasa.

Dengan cara ini, fitur Bill Payment dari Mayar dapat dipasang untuk melengkapi portal internal perusahaan untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan keuangan.

7. Penagihan lancar meski volume transaksi tinggi

Penagihan massal atau penagihan berulang dengan platform Mayar akan membuat pembayaran tagihan lebih lancar. Terutama, ketika volume transaksi sangat tinggi seperti musim liburan, momen Ramadhan, Lebaran, dan Tahun Baru.

Otomasi proses pembayaran tagihan dapat memberikan keuntungan menghemat banyak waktu dan tenaga karyawan Anda.

Gunakan fitur Bill Payment Mayar untuk menambahkan data faktur secara otomatis, menjadwalkan pembayaran, menyimpan data vendor secara otomatis, serta notifikasi otomatis ketika tagihan jatuh tempo.

8. Integrasi dengan software akuntansi

Dengan Mayar Anda dapat mengintegrasikan langsung software akuntansi menggunakan API. Proses pembukuan dan tata kelola pengeluaran keuangan akan semakin praktis dan modern.

Selain itu, integrasi antara Mayar dan software akuntansi akan menghilangkan entri data manual dan menyederhanakan rekonsiliasi akun.

https://zapier.com/apps/mayar/integrations

Mayar dapat diintegrasikan ke lebih dari 5.000 aplikasi, termasuk software akuntansi populer. Di antaranya AccountingBox, Smarty Accounting, Sage Accounting, Visma eAccounting, dan lainnya.

9. Tanpa kertas dan lebih ramah lingkungan

Tanpa adanya kertas atau surat tagihan fisik, perusahaan Anda akan lebih sadar lingkungan. Hubungkan langsung dengan rekening bank, kartu debit atau kartu kredit, dompet digital, dan unggah faktur digital ke Mayar.

Meski pembayaran dapat dilakukan secara digital, namun tersedia opsi untuk mencetak nota sebagai bukti fisik jika diperlukan.

10. Responsif di semua perangkat

Aplikasi Mayar berbasis teknologi Cloud, sehingga pembayaran tagihan online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa meninjau surat faktur tagihan, mengirimkan link payment, serta pembayaran dari hampir semua perangkat seluler dan perangkat desktop.

Selama ada akses internet, pembayaran tagihan akan tetap bisa dilakukan dan  sangat membantu para pebisnis atau pedagang yang sering bepergian.

11. Metode pembayaran fleksibel

Pembayaran tagihan secara virtual akan memberikan fleksibilitas tinggi dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit/ kartu debit, transfer bank/ virtual account, dompet digital, serta merchant ritel (Alfamaret/ Indomaret), dan sebagainya.

12. Pengeluaran keuangan terorganisir

Keuntungan lain memakai fitur Bill Payment dari Mayar adalah dapat memusatkan tagihan dan pembayaran usaha di dalam satu platform.

Hal ini membuat proses manajemen pengeluaran dan pemasukan usaha semakin sederhana.

Semua data faktur dan tanda terima dapat tersimpan otomatis di dashboard Mayar sebagai lemari arsip virtual.

13. Mendukung kolaborasi dengan tim keuangan

Tim keuangan startup bertanggung jawab untuk melacak dan mengelola pengeluaran keuangan yang terorganisir, rapi, dan terpantau dengan baik atas nama perusahaan.

Mayar dapat memberikan dukungan kolaborasi antara anggota tim keuangan setiap saat. Siapapun yang diberikan hak akses dapat melihat dan meninjau detail terkait tagihan.

Otomatiskan pengeluaran keuangan bisnis dengan Mayar!

Mayar hadir sebagai financial technology didukung AI yang mampu diintegrasikan dengan Zapier ke lebih dari 5.000 aplikasi berbeda. Pengelolaan keuangan termasuk arus kas masuk dan keluar jadi lebih mudah, otomatis, dan real-time bersama Mayar.

Untuk mengelola pengeluaran bisnis yang cukup banyak, Anda bisa mengandalkan fitur Bill Payment dari Mayar dengan berbagai keunggulan.

Bayar tagihan dengan mudah, Anda dapat mengunggah PDF atau Excel/ CSV untuk membayar banyak tagihan dalam waktu bersamaan.

Selain itu, di Mayar Anda bisa mengatur pembayaran tagihan secara periodik, seperti mingguan, bulanan, atau triwulan, dan pembayaran rutin lainnya.

Tak ada lagi cerita lupa membayar tagihan yang bisa mengakibatkan Anda terkena denda dan menurunkan reputasi bisnis.

Cara Membuat Bill Payment di Mayar

Membayar tagihan rutin di Mayar akan sangat menghemat waktu dan tenaga untuk bisnis Anda.
Bila sebelumnya mungkin harus mengandalkan tenaga karyawan untuk mengetik, mencetak, lalu mengirimkan surat invoice, sekarang semuanya serba otomatis dengan fitur Bill Payment dari Mayar!

Sebagai contoh, jika Anda berlangganan tagihan bulanan untuk usaha seperti tagihan listrik, air PDAM, Wifi, dan sebagainya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melunasi pembayaran tagihan rutin bisnis Anda dengan Mayar:

1. Login ke website Mayar atau kunjungi https://web.mayar.id/bill-payments

2. Untuk melihat daftar tagihan yang perlu dibayar, coba periksa di sisi kiri terdapat opsi menu, Pilih “Bill Payment” di bagian Finansial.

3. Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran tagihan, klik tombol “Buat” di sudut kanan atas.

4. Pilih opsi “Bill Payment”

5. Lengkapi formulir yang tersedia seperti nama penerima, nomor rekening, nama bank, dan sebagainya.

6. Periksa kembali data-data yang sudah dimasukkan dengan teliti. Jika dirasa sudah benar, tekan tombol “Buat Pembayaran”.


Demikianlah pembahasan kita mengenai pembayaran tagihan atau bill payments yang mempermudah aktivitas tim keuangan secara rutin.

Bila semua kegiatan bisnis dapat diotomasi dan berjalan akurat, mengapa harus repot menjalankannya secara manual?

Mari permudah manajemen pengeluaran dan keuangan bisnis bersama platform Mayar.id. Bila ada pertanyaan atau info detail fitur-fitur lainnya, jangan ragu menghubungi [email protected].

Photo by Anna Shvets: https://www.pexels.com/photo/person-in-white-long-sleeve-shirt-holding-credit-card-4482896/