Buat Webinar Berbayar Lebih Mudah Dengan Platform e-Payment Terbaik!

Buat Webinar Berbayar Lebih Mudah Dengan Platform e-Payment Terbaik!

Webinar berbayar saat ini semakin banyak diminati karena kepraktisan dan kemudahannya. Webinar sendiri, ialah seminar berbasis audio video interaktif lewat web. Sehingga memberikan kesempatan bagi narasumber dan peserta untuk berdiskusi online melalui web-seminar ini. Sebenarnya webinar sendiri bukan hal yang baru. Hanya saja popularitasnya semakin meningkat sejak adanya pandemi covid-19.

Bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek hanya untuk mengikuti webinar berbayar. Namun biasanya tergantung dari topik yang dibicarakan dalam webinar itu sendiri. Tapi sebenarnya, apa saja sih manfaat webinar online?

Webinar Online Untuk Pemilik Bisnis

Webinar online selain berguna sebagai strategi marketing, juga memiliki sejumlah manfaat lain untuk para pemilik bisnis, diantaranya :

  1. Sebagai Media Branding

Bagi para pemilik usaha, webinar penting sekali untuk branding bisnis Anda. Melalui media ini, Anda bisa menginformasikan kepada khalayak mengenai keunggulan usaha yang Anda rintis. Melalui media serupa, Anda bisa menyediakan beberapa tips berguna bagi pelanggan.

Sehingga mereka mampu mengenal bisnis Anda secara objektif. Hal ini tentu sangat penting sebagai peniaian awal pelanggan kepada bisnis yang Anda jalankan.

2. Mengedukasi Pelanggan

Webinar berbayar juga strategis digunakan untuk memberikan edukasi kepada para pelanggannya. Dengan semakin banyak khalayak yang merasakan manfaat brand produk Anda, maka bisa membuat mereka semakin terikat dan ketergantungan terhadap produk Anda. Hal ini biasanya berkaitan dengan kebutuhan.

3. Lebih Mudah Mendapatkan Feedback

Tanpa adanya media yang menginteraksi antara pemilik bisnis dengan audiens selaku konsumen, tentunya akan semakin sulit bagi pemilik bisnis tersebut untuk berkembang. Kenapa? Karena Anda tidak tahu apa yang sebenarnya konsumen inginkan dari produk Anda.

Tapi dengan webinar yang ditunjang oleh sejumlah fitur, seperti survey, poll, test, chat dan lainnya, membuat Anda lebih dekat dan mengetahui keinginan konsumen atau audiens yang sebenarnya.

4. Untuk Mengumpulkan Calon Pelanggan Potensial

Sebenarnya fungsi webinar kurang lebih sama dengan email marketing, dimana media ini dapat dimanfaatkan untuk mengkoleksi akun email dan nama calon konsumen potensial. Sehingga mempermudah Anda untuk mengirimkan promosi ke pelanggan.

5. Lebih Hemat Biaya Promosi

Lebih dari itu semua, webinar memiliki fungsi yang cukup vital bagi marketing. Karena secara tidak langsung, Anda bisa mempromosikan produk Anda secara detail lewat webinar. Bandingkan dengan event-event promosi offline yang membutuhkan banyak biaya dan tenaga yang harus dipersiapkan. Jadi bisa disimpulkan bahwa webinar bisa membuat semuanya menjadi lebih ringkas dan hemat.

Pentingnya Webinar Bagi Pemirsa

Selain bagi pemilik bisnis, webinar berbayar juga memiliki banyak manfaat bagi pemirsa, diantaranya :

1. Mendapatkan Edukasi

Salah satu manfaat dan keuntungan webinar bagi pemirsa atau audiens ialah mendapatkan edukasi langsung dari narasumber, selaku ahli di bidangnya yang juga sudah berpengalaman.

2. Lebih Hemat Biaya

Jika dibandingkan seminar offline, memungkinkan Anda untuk datang langsung ke tempat seminar. Tentu saja webinar tetap bisa diikuti meskipun Anda berada di rumah. Dari sini, sudah bisa dikatakan bahwa Anda akan lebih hemat uang makan atau bensin. Tak hanya itu, webinar berbayar sekalipun biasanya ditarif dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan seminar.

3. Lebih Fleksibel

Webinar online tentu saja lebih fleksibel dibandingkan seminar offline, karena Anda bisa melakukannya baik di rumah, di café, dan dimanapun sesuka hati Anda. Jadi apapun aktivitas yang sedang Anda jalani, tetap bisa mengikuti webinar secara real time dan fleksibel.

4. Mendapatkan Sertifikat Elektronik

Seperti kita ketahui bahwa webinar adalah seminar web atau seminar yang dilakukan secara online, jadi prosesnya sama seperti seminar offline. Hal yang membedakannya ialah media atau tempat dilakukannya seminar tersebut.

Oleh karena itu, baik itu webinar ataupun seminar offline, Anda akan tetap mendapatkan sertifikat. Perbedaannya hanyalah sertifikat yang didapatkan berbentuk elektronika atau *e-*sertifikat.

Buat Webinar Berbayar dan Integrasikan Dengan Sistem Pembayaran e-Payment

Jika ingin menjadikan webinar sebagai sumber penghasilan Anda atau sumber promosi, maka kini saatnya buat webinar dan integrasikan ke dalam sistem pembayaran e-payment. Sebab membuat webinar online yang menarik tentunya memerlukan persiapan yang benar-benar matang.

Anda harus tahu elemen pendukung apa saja yang harus digunakan. Silahkan pilih mana yang benar-benar efektif. Contohnya, dengan memanfaatkan platform Mayar.id untuk penjualan tiket webinar Anda.

Dengan menggunakan Mayar.id, maka webinar yang Anda buat menjadi lebih mudah dibeli dan dijangkau oleh peserta. Sistem pembayaran online dengan Mayar.id membuat pembayaran lebih cepat. Anda tidak perlu lagi mencari orang yang bertugas untuk penjualan tiket melalui whatsapp / google form. Karena dengan Mayar.id semuanya menjadi lebih mudah, aman dan cepat.

Bagaimana Cara Buat Webinar Berbayar di Mayar?

Bagaimana? Buat webinar berbayar di Mayar.id sangat mudah bukan? Selain itu, bagi Anda yang memiliki bisnis online, ukm atau bagi entrepreneur bisa memilih  paket berlangganan untuk menggunakan sistem pembayaran yang sudah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran seperti ovo, dana, linkaja, transfer bank, indomaret, alfamaret, kartu kredit/debit dan QRIS.

Referensi tambahan :
13 Cara Membuat Webinar Online Untuk Pemasaran & Pelanggan - Movvie.info

Webinar Berbayar Kian Diminati Kalangan Milenial (femina.co.id)

Acara Webinar Berbayar Paling Banyak Disukai Saat New Normal | Infokomputer.com | LINE TODAY