Cara Hasilkan Uang Secara Online Dari Digital Art

Cara Hasilkan Uang Secara Online Dari Digital Art

Internet telah menciptakan begitu banyak peluang bagi Seniman Digital untuk mencari nafkah secara online dengan melakukan hobi yang disukai.

Setiap teknologi baru telah menciptakan kategori seni baru, dan sekarang seniman memiliki alat artistik paling kuat dari semuanya, internet dan platform eCommerce.

Dengan kedua alat ini telah memungkinkan dan meningkatkan seni digital, serta peluang bagi seniman untuk menjual hasil karyanya.

Dalam sepuluh tahun terakhir saja, lebih dari 50 juta kreator bergabung dengan ekonomi kreatif. Dan setiap hari jutaan orang sekarang menjual seni digital.

Tetapi lanskapnya sangat beragam, dan berubah begitu cepat, seringkali sulit untuk mengetahui bagaimana seniman digital menghasilkan uang secara online.

Apa itu seniman digital?

Seniman digital adalah seniman yang menggunakan teknologi untuk menghidupkan karya seni mereka.

Seni dibuat dalam bentuk fisik sebelum internet, dengan lukisan, patung, dan barang kerajinan tangan lainnya. Sementara, seni tradisional masih ada sampai sekarang, banyak seniman menyadari kekuatan internet untuk memanfaatkan karya seni mereka.

Kebanyakan seniman digital bekerja dalam efek visual dan animasi. Mereka, biasanya memegang pekerjaan di film, perangkat lunak, desain, perusahaan periklanan, atau wiraswasta sebagai pekerja lepas atau kreator.

3 Manfaat Utama Menjadi Seniman Digital.

Seniman Digital terus-menerus menyanggah mitos "seniman yang duitnya sedikit".

Dengan meningkatnya jumlah orang yang bergabung dengan ekonomi kreator, banyak orang menyadari manfaat menjadi seniman digital, antara lain:

· Lebih Efisien

Seniman Digital dapat membuat sketsa, desain, dan ilustrasi dalam hitungan menit.

Dengan alat desain (seperti preset) yang tersedia di ujung jari Anda, mengekspos karya seni Anda ke ribuan orang tidak pernah semudah ini.

Ketika seniman memiliki alat yang tepat, mereka dapat mewujudkan impian mereka: mendapatkan bayaran untuk pekerjaan mereka.

· Kebebasan Lokasi

Anda tidak terbatas untuk membuat di studio seni.

Anda bisa berada di kedai kopi, kantor rekan kerja, bandara, atau di mana saja!

Apakah tujuan Anda adalah berkeliling dunia atau bekerja dengan daster/ piyama, mendesain dari laptop Anda adalah satu-satunya hal yang Anda perlukan.

· Jualan Karya Seni

Seniman tradisional membutuhkan kertas, pensil, bingkai, kanvas, dan banyak jenis peralatan fisik lainnya.

Seniman Digital dapat membuat karya seni sekali dan menjualnya dengan mudah. Frasa ini berlaku untuk semua produk digital yang dijual secara online.

Anda dapat menjual seni digital kepada konsumen dan pasar untuk menarik klien berkualitas tinggi.

Cara Menghasilkan Uang dari Seni Digital

· 1. Gunakan media sosial untuk menjual seni digital.

Media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun portofolio online.

Platform media sosial yang dipilih harus bisa memamerkan karya Anda. Karena Anda menjual seni visual, mungkin Instagram, Pinterest, atau Tiktok adalah platform yang bagus untuk memamerkan karya Anda kepada orang lain.

Misalnya, Jimmy (@jingsketch) menggunakan Instagram-nya untuk membagikan karya ilustrasinya ke ratusan ribu orang. Dia menggunakan Gumroad untuk memberi orang akses ke koleksi ilustrasinya dan dia juga membuat tutorial bagi mereka yang ingin mempelajari dasar-dasar lukisan digital dan pencahayaan.

Jimmy juga menyediakan aksesibilitas bagi mereka yang mungkin tidak mampu membeli koleksi kuas lengkapnya. Jadi, ia menawarkan sebagian dari koleksinya secara gratis atau dengan harga lebih murah melalui Gumroad. Jimmy saat ini menjual produk digitalnya dari $0 - $80, dan itu mencakup kombinasi ilustrasi, kuas, dan tutorial.

Kamu bisa:

Gunakan bio Instagram untuk menunjukkan keahlian dan beri tahu orang lain tempat membeli produk Anda.

Gunakan di balik layar proses kreatif Anda sebagai cara untuk membangun merek online Anda dan basis penggemar sejati.

Gunakan media sosial untuk berkolaborasi dengan merek, perusahaan, dan pembuat konten untuk membangun jaringan dan kekayaan bersih Anda.

· 2. Jual pengetahuan seni digital.

Selain menjual karya seni sendiri, Anda juga dapat menjual pengetahuan Anda melalui tutorial dalam berbagai bentuk.

Ergo Josh adalah seorang YouTuber dan seniman digital yang percaya bahwa berkreasi harus menyenangkan dan tidak membuat frustrasi. Saluran YouTube-nya penuh dengan tutorial berharga untuk menjadi artis digital online yang sukses.

Tutorial online sangat bagus untuk pembuat konten yang ingin membantu orang lain mengikuti jejak mereka setelah mengumpulkan beberapa pengalaman di industri ini.

Anda dapat menjual pengetahuan Anda melalui ebook, kursus online, dan keanggotaan. Selain itu, Anda dapat:

· 3. Jual Plugin, kuas, dan desain sebagai unduhan digital.

Unduhan digital adalah salah satu cara terbaik untuk mengukur diri Anda dan produk Anda.

Vegalia adalah Seniman Digital penuh waktu yang menampilkan ilustrasi Black-centric-nya di Instagram dan TikTok. Dia menjual kuas digital yang dapat digunakan oleh seniman digital menggunakan CSP, Procreate , dan Photoshop untuk membantu menghemat waktu saat membuat karya seni.

Vegalia telah berhasil menggunakan media sosial untuk membangun pengaruh dengan misi membantu individu yang disalahartikan mengekspresikan diri mereka menggunakan seni.

Dengan menjual produk digital yang sangat dia sukai, dia dapat mewujudkan mimpinya menjadi Seniman Digital penuh waktu.

4. Menjadi seniman digital freelance.

Jika Anda belum siap untuk meluncurkan karya Anda sendiri sebagai seorang seniman, menjadi seniman digital lepas adalah salah satu cara untuk melangkah ke dunia kewirausahaan.

Menjadi seniman digital lepas berarti mengerjakan proyek jangka pendek jika Anda tidak dapat melepaskan pekerjaan Anda saat ini atau membutuhkan penghasilan tambahan. Salah satu cara termudah untuk memulai karir lepas Anda adalah mendapatkan pengalaman di platform lepas.

Berikut adalah beberapa contoh platform freelance yang dapat Anda gunakan untuk membangun portofolio:

1.    Freelancer.com

2.    LinkedIn ProFinder

3.    Fiver

4.    Guru

5.    99 Desain

6.    Opensea.io.

7.    Dll

5. Bekerja dengan agen

Cara ini cocok bagi seniman yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk memasarkan diri mereka sendiri dan mencari pekerjaan. Agen mendapatkan komisi untuk menemukan proyek Anda. Tetapi, mereka menghemat banyak waktu.

Anda dapat lebih fokus pada seni Anda daripada mencari klien, yang kami tahu banyak diperjuangkan oleh seniman digital.

Jika Anda menghargai kebebasan, kemandirian, dan memiliki keterampilan manajemen diri yang luar biasa, maka lepas bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda pertimbangkan.

6. Jual seni digital anda melalui platform online seperti Mayar, Gumroad, dll.

Anda dapat menjual seni digital Anda melalui platform online.

Menggunakan platform online untuk menjual seni digital Anda memiliki banyak manfaat.

Pertama, Anda dapat menjangkau begitu banyak orang hanya dengan mengunggahnya ke pasar online.

Berikut adalah keuntungan utama menjual produk digital Anda di platform online:

· Mudah diatur.

Platform online seperti Mayar atau Gumroad dikenal mudah dan cepat untuk diatur. Saat Anda memutuskan untuk mulai menjual, situs web bisa dibuat otomatis dalam hitungan menit.

· Bikin website tanpa ribet.

Meskipun menggunakan platform online seperti Mayar atau Gumroad, Anda masih dapat menyesuaikan dengan gaya preferensi brand.

Misalnya, memasang logo, atau memakai tema brand yang sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, Anda dapat mengirim tautan langsung ke audiens Anda alih-alih mengirim mereka ke pasar lain di mana terdapat lautan persaingan.

· Menjual apa pun yang Anda inginkan (dalam persyaratan layanan).

Apakah Anda ingin menjual barang dagangan, layanan pelatihan, keanggotaan, kursus online, e-book, atau apa pun yang mungkin Anda pikirkan. Pelanggan dapat menemukan Anda!

· Harga sangat terjangkau.

Platform online dibuat untuk seniman digital dan kreator. Jadi, para kreator bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Itulah sebabnya, memulai atau mencoba dulu dengan paket gratis 30 hari!

Bagian terbaiknya adalah, semakin banyak yang Anda hasilkan, semakin sedikit yang kami ambil. Ini adalah situasi win-win solution.

Cara Menyeimbangkan Jadwal Dan Menjual Seni Digital Anda

Sebagai seniman digital, mencipta adalah keahlian Anda, dan terkadang menjual adalah beban yang terlalu berat untuk dikelola.

Berikut adalah tiga tips tentang cara bertahan dan berkembang sebagai Seniman Digital yang ingin mendapatkan bayaran yang baik tanpa kelelahan:

1. Jadwalkan tugas.

Pekerjaan kreatif Anda tidak akan sama dengan pekerjaan 9 - 5 pada umumnya.

Jadwalkan tugas adalah salah satu alat produktivitas paling populer yang dapat Anda gunakan. Teknik ini membantu Anda tetap fokus dalam satu blok waktu.

Akan ada saat-saat di mana Anda akan menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 2 jam, dan Anda harus menyelesaikan pekerjaan Anda melalui waktu yang berbeda. Fokus pada jam kerja agar memungkinkan Anda untuk menyelesaikan dan memprioritaskan tugas-tugas penting di siang hari.

Misalnya, Anda dapat memakai waktu membuat rancangan di pagi hari dan waktu pengeditan di malam hari. Di antaranya, Anda dapat melakukan tugas lain yang tidak memerlukan tingkat energi yang sama saat Anda menghabiskan waktu untuk pekerjaan Anda.

Menurut artikel Scientific American , penelitian menunjukkan bahwa waktu henti otak meningkatkan produktivitas, mengisi kembali perhatian, dan mendorong kreativitas.

Menjadwalkan tugas akan membantu Anda mengatur waktu dan energi Anda secara efektif.

2. Kelompokkan tugas.

Ini adalah kegiatan di mana Anda mengelompokkan sekelompok tugas dalam sehari.

Jika Anda merasa perhatian Anda terbagi antara banyak tugas atau proyek, pilih satu hari untuk mengerjakannya. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menghabiskan waktu berkreasi pada hari Senin hingga Rabu.

Dan pada hari Kamis dan Jumat, Anda dapat melakukan tugas-tugas administrasi bisnis Anda.

3. Gunakan teknologi untuk mengotomatisasi bisnis.

Ada begitu banyak alat untuk membantu pembuat konten digital menyelesaikan lebih banyak, dalam waktu yang lebih singkat.

Sebagai seniman digital, Anda akan bertanggung jawab untuk membuat, memasarkan, dan menjual karya seni Anda. Jadi meluangkan waktu untuk mempelajari berbagai alat yang dapat membantu Anda menghemat waktu akan sangat bermanfaat bagi diri Anda dan bisnis Anda.

Misalnya, sebagai seniman digital yang perlu menjaga kehadiran Anda di Instagram, menggunakan penjadwal perangkat lunak dapat membantu Anda merencanakan posting Anda sebelumnya. Menghabiskan beberapa jam menjadwalkan posting Anda berarti Anda tidak perlu mempublikasikan setiap hari.


Dapatkan lebih banyak uang dan manfaat otomasi bisnis dengan pembayaran modern bersama Mayar.id.

Coba GRATIS selama 30 hari untuk fitur-fitur premium lengkap, tanpa kontrak, tanpa kartu kredit, dan tanpa biaya. Mulai aja dulu, sign up MAYAR yuk!