Cara Jualan Online Untuk Pemula, Serba Otomatis Pakai Mayar!

Cara Jualan Online Untuk Pemula, Serba Otomatis Pakai Mayar!

Pada era digital saat ini, berbagai bidang pekerjaan mayoritas sudah bisa dilakukan secara online.

Salah satu contohnya dapat dilihat pada bidang ekonomi, dimana pertemuan antara penjual dan pembeli secara langsung sudah semakin berkurang.

Hal ini dikarenakan, mayoritas orang memilih untuk melakukan transaksi secara online. Katakanlah melalui e-commerce, seperti marketplace, website, aplikasi, dan lain sebagainya.

Sebagai gambaran, data yang dirilis iPrice, melaporkan terdapat hampir 158 juta pengunjung laman marketplace tiap bulan pada kuartal I 2022.

Dengan demikian, peluang untuk melaksanakan bisnis jualan online juga semakin besar. Banyak orang yang sudah terbukti sukses dalam melaksanakan bisnis jualan online ini.

Lantas, bagaimana agar jualan online makin praktis, mudah, dan modern bagi pemula? Simak tipsnya berikut ini, ya!

Tips Sukses Jualan Online

Meski pemula, kamu tak perlu takut mencoba peluang bisnis online. Pasalnya, setiap orang memiliki peluang yang sama mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Hal yang perlu kamu tekankan adalah mengingat dan mempraktikkan tips jualan online. Berikut adalah tips jualan online yang bisa kamu terapkan:

1. Ketahui Kebutuhan Konsumen

Tips jualan online yang pertama adalah mengetahui kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan observasi secara langsung untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh calon konsumen.

Dengan mengetahui permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan, maka kamu bisa  berpikir untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Sehingga, jualan online yang kamu tawarkan bisa mengatasi permasalahan konsumen dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kamu tak perlu khawatir akan kehabisan ide untuk menyelesaikan permasalahan sesuai kebutuhan konsumen. Hal ini karena, dengan melakukan research dan observasi, maka akan membuat kamu menemukan solusi untuk konsumen dan bisnis jualan online yang akan kamu jalankan.

2. Lakukan Riset ke Lapangan

Setelah mengetahui kebutuhan konsumen, maka tips jualan online selanjutnya adalah melakukan riset dengan terjun langsung ke lapangan atau pasar.

Kamu perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi pasar mengenai produk atau jasa yang akan kamu tawarkan melalui bisnis jualan online.

Misalnya, cobalah menawarkan produk atau jasa yang kamu jual secara langsung kepada konsumen. Kemudian, mintalah feedback dari mereka terkait produk atau jasa dari bisnis jualan online yang kamu jalankan.

3. Fokus ke Target Market

Tips jualan online yang tidak kalah penting adalah menentukan target market dan fokus kepada mereka.

Artinya, kamu perlu menentukan target market yang akan kamu bidik untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui bisnis jualan online.

Kamu perlu memahami cara untuk merumuskan target market yang sesuai untuk bisnis jualan online yang akan kamu jalankan.

Sebagai contoh, dalam menentukan target pasar kamu perlu mempertimbangkan dua faktor penting, yakni faktor demografi dan faktor psikografi.

Faktor demografi merupakan faktor yang ada pada diri konsumen yang berkaitan dengan gender, usia, tempat tinggal, tingkat pendidikan, sampai dengan jenis pekerjaan yang mereka tekuni.

Sedangkan, faktor psikografi merupakan faktor yang berhubungan dengan minat, ketertarikan, kegemaran, dan value yang diyakini oleh konsumen dari target market yang akan kamu fokuskan.

Dengan mempertimbangkan dua faktor tersebut, maka kamu akan mendapatkan target market yang potensial untuk membeli produkmu.

4. Pahami Keberadaan Kompetitor

Dalam menjalankan bisnis jualan online, tentunya banyak orang yang berpeluang menjadi kompetitor atau pesaing dalam bisnis. Namun, kamu tidak perlu takut untuk bersaing secara sehat.

Hal ini karena terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap eksis di mata konsumen dan bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Tidak ada yang mustahil dalam mencapai keberhasilan dalam berbisnis ketika kamu mau berusaha keras dan melakukan lebih daripada yang lain.

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan tips jualan online yang satu ini, yakni memahami keberadaan kompetitor.

Kamu bisa mengelompokkan jenis pesaing bisnis ke dalam tiga kelompok, yakni kelompok kompetitor utama, kelompok kompetitor kedua, dan kelompok kompetitor ketiga.

Dengan mengelompokkan dan menganalisis kompetitor, maka kamu bisa lebih fokus untuk menjalankan bisnis jualan online. Sehingga, kamu akan memiliki peluang untuk tetap bisa bersaing dan memenangkan bisnis jualan online.

5. Tekankan Keunggulan Produk

Agar sukses menjalankan bisnis jualan online sebagai pemula, maka kamu perlu menekankan pada keunggulan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Hal ini dapat berupa penentuan harga yang lebih terjangkau, adanya keunikan dari produk atau jasa yang ditawarkan, kualitas produk yang di atas rata-rata, dan lain sebagainya.

Dalam bisnis, hal ini disebut sebagai Unique Selling Points (USP), yakni sesuatu yang bisa menjadi nilai lebih dan keunikan dari produk yang kamu tawarkan sehingga bisa membedakan dari produk sejenis di kompetitor lain.

Dengan memiliki USP yang baik, maka potensi produk atau jasa kamu dibeli oleh konsumen akan lebih tinggi.

6. Temukan Strategi yang Tepat

Tips jualan online selanjutnya adalah menemukan strategi yang tepat dalam memasarkan produk kepada konsumen.

Hal ini diperlukan agar aktivitas promosi yang kamu lakukan berhasil menarik target market untuk segera melakukan pembelian.

Kamu bisa menggunakan strategi bisnis dengan berbagai macam media, baik melalui website, media sosial, maupun youtube.

Temukan startegi yang tepat untuk membidik target market kamu dengan melakukan analisis dan riset terkait strategi marketing yang paling efektif dan efisien untuk diterapkan dalam menarik konsumen dari target market yang kamu pilih.

7. Berikan Desain Produk yang Estetik

Tips jualan online yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan memberikan dan menampilkan foto dan desain produk yang menarik dan estetik.

Hal ini tentunya akan lebih menarik mata pembeli untuk melihat-lihat produk sampai akhirnya melakukan pembelian. Selain desain dari produk, kamu juga perlu memberikan deskripsi produk yang menarik dan lengkap.

Jadi, bisa meyakinkan pembeli untuk segera melakukan pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui bisnis jualan online.

Jualan Produk di WA dan Medsos, Checkoutnya Pakai Mayar Aja!

Anda berjualan produk secara online? Yuk, permudah bisnis online Anda dengan Mayar. Komplit mulai dari katalog online, pembayaran digital, hingga dijemput kurir, semua cuma butuh satu aplikasi Mayar.

Gimana sih caranya? Mudah banget, lho! Mari simak step-stepnya di bawah ini:

1.    Pertama, Anda perlu membuat akun di Mayar.id terlebih dulu. Setelah akun jadi, login ke laman dashboard.

2.    Sekarang, masukkan produk-produk yang akan dijual. Caranya, klik Tombol “BUAT” berwarna biru di sudut kanan atas.

3.    Selanjutnya, lengkapi formulir “Buat Produk Fisik” sesuai kolom ynang tersedia. Mulai dari nama produk, kategori produk, harga, berat, dll.

4.    Kemudian, lanjutkan prosesnya hingga produk tersimpan.

5.    Kalau sudah, Anda dapat membagikan tautan produk tersebut ke WA, media sosial (Instagram, Facebook, dll) agar lebih banyak konsumen yang tahu.

Pelanggan yang meng-klik dapat checkout dengan cepat dalam hitungan detik. Sekaligus, data akan terisi otomatis.

Tombol checkout akan  mengarahkan calon konsumen kepada berbagai channel pembayaran digital. Mulai dari transfer bank (virtual account), kartu kredit/ kartu debit, dompet digital, Alfamart/ Indomaret, dll.

Kenapa Harus Pakai Checkout Mayar?

Sebagai salah satu platform jualan online terpercaya di Indonesia, Mayar menghadirkan berbagai fitur menarik dan lengkap untuk membantu bisnis online. Simak satu per satu, yuk!

1.    Terima order dan pembayaran digital

Setiap order yang masuk akan muncul di dashboard, Anda dapat lebih praktis memantau alur kas finansial, print label, mengemas barang orderan, serta meminta paket agar dijemput kurir.

2.    Share ke medsos dan WA

Dimanapun jualannya, checkoutnya di Mayar aja! Anda bisa membagikan tautan produk yang sudah dibuat ke Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp, cukup sekali klik.

3.    Serba otomatis

Digitalisasi dalam bisnis online saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Mayar ingin mendukung UMKM di Indonesia dengan platform terima order dan pembayaran online yang modern.

Anda bisa menjalankan bisnis semudah menggerakkan jari. Pembuatan website otomatis, katalog online instan, hitung ongkir otomatis, penjemputan kurir, dan masih banyak lagi fitur fungsional yang canggih lainnya.

Mau bisnis online makin melejit? Buat akun Mayar sekarang cuma butuh semenit, ada Starter Promo Rp 0 Per Bulan, juga lho! Yuk, raup cuan bareng Mayar.id.