Cara Membuat eBook dan Menjualnya Bagi Pemula, Pelajari Disini!

Cara Membuat eBook dan Menjualnya Bagi Pemula, Pelajari Disini!

Sekarang, di berbagai akun medsos, website, atau blog, sangat mudah dijumpai orang yang membuat dan menjual produk digital download.

Mulai dari template, eBook, kursus, dan berbagai produk digital lainnya.

Memang saat ini, kita hidup dimana kita bisa menerbitkan ide-ide kita dengan bebas, tanpa repot mencari penerbit.

Semakin banyak orang yang beralih ke pembelajaran online. Hal ini mendukung penjualan eBook untuk mendidik dan mengajarkan ratusan, atau ribuan orang yang berminat dengan kursus online.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah demi langkah, bagaimana cara membuat dan menjual eBook digital pertama Anda. Mari kita mulai!

Langkah 1: Pilih Topik yang Ingin Dibuat

Pilih topik yang Anda minati atau kuasai untuk mempermudah pembuatan. Misalnya, jika Anda memiliki latar belakang dalam keuangan pribadi, pertimbangkan untuk memulai proyek e-book yang berkaitan dengan uang.

Ini memudahkan Anda untuk memulai dan menyelesaikan proyek Anda.

Buatlah daftar 5 sampai 10 topik yang Anda minati sampai Anda menemukan topik yang paling mudah untuk menelitinya.

Langkah 2: Lakukan riset topik

Mempelajari topik akan membantu Anda mengetahui apakah orang lain membutuhkan solusi dari permasalahan mereka.

Misalnya, di Twitter, Anda bisa langsung menanyakan apa yang mereka inginkan. Di Instagram, Anda dapat menggunakan fitur seperti "polling" atau "Ask Me" untuk mengetahui apa permasalahan mereka, sehingga Anda dapat membantu memberikan solusi.

Catat pertanyaan yang diajukan orang kepada Anda. Jika ada orang-orang menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali, mulailah membuat konten yang menjawab pertanyaan spesifik.

Jika Anda merasa pertanyaan mereka membutuhkan penjelasan yang lebih detail, maka ubahlah menjadi eBook.

Bila perlu, gunakan media sosial atau mesin pencari seperti Google atau Quora untuk membantu Anda mengetahui apa yang ditanyakan orang.

Cukup cari “X eBook” dan Anda akan tahu apakah ada permintaan untuk topik eBook Anda.

Langkah 3: Tampilan eBook

Merancang halaman depan eBook Anda bisa sesederhana meletakkan judul dan menerbitkannya apa adanya.

Tetapi jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda dapat menggunakan template yang sudah jadi atau menyewa jasa desain grafis profesional.

Misalnya, Anda bisa memakai Google Documents, Word, dan Pages adalah contoh perangkat lunak gratis untuk membuat eBook. Selain gratis, biasanya cukup bagus jika Anda hanya mencari fungsionalitas.

Sedangkan, alat berbayar contohnya seperti Canva, Designrr, Adobe dalam Desain dan Sqribble. Anda mungkin ingin memilih perangkat lunak berbayar jika serius membuat eBook Anda. Produk berbayar memudahkan Anda membuat konten menggunakan template yang sudah jadi.

Setelah eBook sudah jadi, simpan dalam format PDF dan EPUB sehingga mudah dilihat di perangkat seluler, desktop, atau Kindle.

Langkah 4: Harga eBook

Bergantung pada nilai yang ditawarkan dalam eBook, audiens rela membayar berapapun yang mereka rasa berharga untuk sebuah eBook.

Ketika orang membeli eBook, mereka membayar suatu pengetahuan Anda dan detail tambahan yang menyertainya, bahkan jika informasinya sudah umum dipahami.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu menentukan harga eBook:

· Cari tahu harga pesaing di industri eBook

· Mulailah dengan nilai yang membuat Anda merasa cukup puas

· Tingkatkan harga dari waktu ke waktu

Langkah 5: Pasarkan eBook

Sekarang eBook Anda siap diterbitkan, Anda harus memikirkan cara mendistribusikannya.

Ada banyak eBook di luar sana, jadi Anda harus mempromosikan produk Anda jika Anda ingin orang membacanya.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memasarkan eBook Anda:

· Beri tahu pengikut Anda di media sosial

· Gunakan daftar email

· Berikan insentif kepada pelanggan Anda untuk membagikannya di media sosial mereka.

· Gunakan pemasaran afiliasi

· Berkolaborasi dengan pembuat konten lain

· Gunakan iklan

Jual eBook dengan Mudah Melalui Mayar

Cukup buat akun, unggah eBook, dan kirimkan tautan ke pelanggan Anda dalam waktu kurang dari 2 menit. Kabar baiknya, Mayar siap menangani tugas berat sehingga Anda bisa lebih mudah menjual eBook.

Produk eBook mewakili salah satu dari banyak manfaat luar biasa dari kehidupan yang berpusat pada teknologi.

Dengan membuat dan menjual eBook, Anda memberikan akses ilmu pengetahuan dalam bentuk yang dapat digunakan di e-reader, ponsel, tablet, dan komputer.

Ini artinya, konten dapat dibawa oleh pembaca ke mana saja. Selain itu, eBook adalah alternatif yang sempurna bagi orang yang introvert, namun ingin penghasilan tambahan.

Coba simak beberapa tips membuat dan menjual eBook:

· Buka Google Docs atau Microsoft Word.

· Tulis isinya.

· Mendesain sampul di Canva.

· Simpan sebagai PDF.

· Buat akun Mayar

· Publikasikan di Mayar.

· Mulai menjual.

Keunggulan Jualan eBook Melalui Platform Online seperti Mayar

Anda dapat menjual eBook atau karya digital melalui platform online.

Menggunakan platform online untuk menjual eBook dan karya digital memiliki banyak manfaat.

Pertama, Anda dapat menjangkau banyak orang hanya dengan mengunggahnya ke pasar online seperti Mayar.

Berikut adalah beberapa keunggulan utama menjual produk digital di Mayar:

1. Mudah dikustom

Mayar memahami bahwa Anda tidak ingin menghabiskan waktu berharga dan fokus berbisnis. Karena itu, mendaftar akun di Mayar cuma butuh beberapa menit.

Meskipun Anda menggunakan Mayar, Anda dapat menyesuaikan toko dengan memasang logo dan warna brand.

Anda dapat menggunakan tema merek agar lebih sinkron dengan karakteristik usaha Anda. Kemudian, tautan bisa dibagikan melalui medsos atau Whatsapp cukup sekali klik.

Barang atau produk digital yang dijual juga sangat beragam. Mulai dari eBook, animasi, template, kursus online, pelatihan, keanggotaan, dan masih banyak lagi.

2. Ekonomis

Mayar diciptakan untuk konten kreator. Jadi, sebisa mungkin biayanya lebih ekonomis untuk menambah penghasilkan Anda.

Itulah mengapa, memulai berjualan di Mayar gratis selama 30 hari. Menjual eBook di Mayar juga tak perlu repot memikirkan pembuatan website atau landing page. Sebab, semuanya dapat dibuat secara otomatis.

Website untuk toko online di Mayar sudah terintegrasi dengan pembayaran, hosting file eBook, delivery file, serta keamanan tautan eBook yang bisa diunduh.

3. Akses eBook setelah pelanggan membayar

Tak perlu repot mengirimkan tautan secara manual, sebab di Mayar tautan dapat teririm secara otomatis.

Begitu pelanggan selesai membayar, maka eBook dapat diakses melalui tautan yang dikirimkan di email. Tersedia penyimpanan file hingga 1 GB yang mendukung semua format atau jenis file apapun. Termasuk, JPG, PDF, ZIP, MP4, dan sebagainya.

Ukuran berkas eBook digital yang bisa diunggah ke Mayar mencapai 1 Gigabyte, serta sudah mendukung format publikasi eBook secara umum, seperti MOBI, PDF, dan EPUB.

4. Kelola kuota pelanggan

Jika Anda ingin membatasi berapa jumlah pelanggan yang bisa mengunduh eBook, Anda cukup mengatur di menu Pengaturan/ Settings. Sebagai contoh, Anda hanya menyediakan eBook bagi 100 pembeli pertama.

Namun, Anda juga bisa mengatur kuota tidak terbatas (unlimited), sesuai strategi penjualan dan pemasaran yang diinginkan.

5. Pilih masa aktif

Tautan untuk mengunduh eBook bisa diatur agar tertutup otomatis setelah melebihi masa kadaluwarsa. Sebaliknya, jika ingin diatur tetap aktif selamanya, cukup atur opsi di dalam menu dashboard Mayar.

6. Mengelola data konsumen

Data konsumen yang sudah membeli eBook dapat dicek dan dianalisa melalui dashboard Mayar yang tersimpan rapi. Produk digital yang dijual juga dapat dikelompokkan sesuai segmentasi pasar. Sehingga, Anda sebagai pedagang, lebih mudah menganalisa siapa yang paling sering membeli produk Anda, atau jenis produk apa yang laris di pasaran.

7. Tautan Tertokenisasi

Tautan untuk mengunduh eBook sudah tertokenisasi dengan masa aktif kadaluwarsa. Jadi, bila pelanggan ingin mengakses kembali konten lewat portal pelanggan, cukup memasukkan alamat emailnya.

8. Kemudahan ekspor data pelanggan

Entri data pelanggan semakin cepat dan praktis dalam sekali klik. Tak perlu input satu per satu data pelanggan, karena data yang tersimpan pada dashboard Mayar dapat diekspor ke file Excel dan CSV.

9. Bagikan produk dan katalog ke medsos

Berjualan dan mempromosikan eBook semakin mudah, Anda bisa membagikan tautan website eBook dari Mayar, melalui media sosial atau Whatsapp.

Kemudian, pelanggan bisa langsung klik untuk membeli produk tersebut dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit/ kartu debit, transfer bank/ virtual account, merchant retail, dan dompet digital.

10. Bagikan tautan pembayaran ke medsos

Proses pembayaran yang sederhana dan mudah, cukup sekali klik. Didukung berbagai merchant pembayaran, seperti Alfamart, Indomaret, LinkAja, OVO, DANA, Bank BCA, Bank Mandiri, dan hampir semua kartu kredit atau kartu kredit di seluruh dunia.

11. Embed tombol checkout di Website atau Blog

Memasang tombol checkout tanpa perlu keahlian teknis atau coding sama sekali. Drag-n-drop tombol checkout atau copy-paste kode langsung ke website dan blog Anda.

Pelanggan nantinya bisa langsung membeli eBook dengan menekan tombol checkout tersebut, tanpa perlu pindah atau membuka halaman lain. Simpel, kan!

Buktikan kemudahan menjual produk digital Anda, seperti eBook, animasi, atau karya digital Anda hanya di Mayar. Konsultasi gratis melalui [email protected]  jika butuh informasi dan pertanyaan lainnya.

Image by rawpixel.com on Freepik