Cara Membuat Event Seminar Online

Cara Membuat Event Seminar Online

Bukan rahasia lagi, kalau hampir kebanyakan orang pasti pernah mengantuk atau bahkan tertidur saat acara seminar.

Durasi sesi yang terlalu panjang, alur monoton, atau gaya berbicara speaker, membuat peserta seminar merasa bosan, mengantuk, dan seolah merasa sedang didongengi sebelum tidur.

Tapi, saat ini adalah era virtual, dimana seminar bisa dilakukan secara online. Kesempatan belajar di acara seminar online yang sangat interaktif bukan sekadar wacana.

Anda bisa membuat event online atau seminar online yang membuat para peserta tetap terjaga dan berpartisipasi aktif sampai sesi berakhir.

Yuk, teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana membuat seminar online yang menarik audiens dan cara menjualnya!

Pengertian seminar online adalah

Seminar atau lokakarya online adalah suatu acara yang dibuat untuk berdiskusi secara kolaboratif antara pembicara dan peserta dalam topik tertentu.

Biasanya, seminar online memang jauh lebih interaktif ketimbang pertemuan seminar tatap muka konvensional.

Sebab, pembicara dan peserta seminar bisa kontak mata (eye-contact) secara langsung. Seakan-akan, sedang berdialog atau mengobrol empat mata.

Tak jarang, seminar online juga masih menerapkan metode diskusi kelompok seperti seminar tatap muka (offline). Para peserta dibagi menjadi kelompok kecil berjumlah 4-5 orang, lalu bekerja sama menyelesaikan tugas yang diberikan.

Mengapa Bisnis dan Profesional Menggunakan Seminar Online

Lantas, kenapa sih banyak perusahaan atau kalangan pebisnis pro memilih seminar online? Berikut adalah beberapa alasannya!

1. Pertumbuhan merek

Salah satu cara terbaik bisnis atau perusahaan menempatkan dirinya sebagai pemimpin di bidangnya adalah menginformasikan kepada publik tentang topik-topik yang relevan dengan merek.

Misalnya, perusahaan sabun bayi membuat seminar online tentang parenting atau pengasuhan bayi yang tepat bersama narasumber dokter atau ahli kesehatan. Dengan cara ini, bisnis dapat membangun pengenalan merek lewat topik-topik yang spesifik.

Tak hanya itu, perusahaan juga akan membangun kredibilitas dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa mereka benar-benar didukung tim ahli dan profesional melalui seminar online ini.

2. Mengedukasi audiens terkait produk atau jasa

Seminar online dapat bertujuan sebagai pembelajaran online interaktif yang mengedukasi konsumen. Misalnya, menjelaskan tentang fitur-fitur produk atau cara terbaik untuk menggunakannya.

Perusahaan atau bisnis juga dapat menggunakan fitur berbagi layar untuk menjelaskan materi, memastikan pengalaman pengguna yang lebih positif, dan meningkatkan retensi pelanggan.

3. Menarik talenta

Beberapa perusahaan menjadikan seminar online sebagai strategi jitu memikat talenta atau calon karyawan terbaik. Pelamar kerja suka mencari tahu atau penasaran bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan tertentu.

Itulah mengapa, banyak perusahaan memasukkan seminar online ke dalam strategi branding.

Perusahaan akan memakai event online sebagai kesempatan bagi peserta untuk bertanya tentang proses perekrutan, memahami lingkungan kerja, bahkan mungkin mendapatkan informasi seputar kisaran gaji.

4. Menambah relasi atau kolega bisnis

Jika dibandingkan dengan presentasi atau pertemuan bisnis konvensional, jelas event online lebih interaktif. Karena itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan event online untuk menambah relasi atau networking.

Peserta seminar online mendapatkan banyak peluang untuk berdiskusi dan menyelesaikan tugas seminar bersama-sama. Jadi, seminar online adalah kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain yang memiliki minat sama pada topik tersebut.

Bagaimana cara membuat seminar online?

Setelah memahami pentingnya seminar online untuk bisnis Anda, sekarang kita akan belajar cara membuatnya. Berikut adalah langkah yang bisa diikuti.

1. Menentukan ide seminar

Pertama-tama, Anda perlu memutuskan apa yang akan dibahas seminar Anda. Awali dengan tujuan seminar tersebut diadakan. Misalnya:

· Apakah Anda ingin meningkatkan keahlian karyawan yang sudah ada?

· Apakah Anda ingin membangun kredibilitas sebagai leader di perusahaan?

· Apakah ingin meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis Anda?

Fokuslah pada satu tujuan pada saat ini. Hal tersebut dapat membantu mengarahkan Anda ke topik yang paling cocok.

Kemudian, agar seminar online berlangsung lebih interaktif dan mendalam, sebaiknya bahas ide yang sangat spesifik. Meskipun, kelihatannya menarik untuk memikat audiens dalam jumlah besar, namun seminar online yang fokus pada topik tertentu dapat menawarkan peluang yang lebih terarah.

Jadi, daripada hanya sekadar membuat seminar online tentang cara berjualan online, mungkin Anda bisa membuat seminar online yang lebih spesifik, misalnya: Cara Menulis Copywriting Landing Page yang Menghipnotis Pelanggan.

Semakin jelas dan detail topik yang akan dibahas, semakin bagus. Karena, calon peserta seminar akan lebih mudah memahami topik pembahasannya.

2. Unduh template seminar online

Saat ini, di era digital semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan praktis dan cepat. Tak terkecuali, untuk membuat seminar online.

Anda tentu ingin membuat seminar online yang terstruktur, rapi, dan menarik. Tapi, bagaimana cara memulainya? Jangan bingung! Anda bisa mengunduh template seminar online untuk mempermudah pembuatan seminar online Anda.

3. Membuat landing page atau selling page

Menyiapkan landing page adalah kunci untuk mulai menghasilkan uang secara online dari pembuatan seminar online.

Terdapat beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

· Judul: Beri tahu audiens judul topik yang memikat.

· Subjudul: Info terkait judul yang lebih mendalam.

· Video promo: Opsional, tetapi sangat direkomendasikan. Video berdurasi dua menit untuk membantu memperkenalkan brand Anda pada audiens.

· Penjelasan tentang topik: Di sinilah Anda dapat melangkah lebih jauh dan menjelaskan apa topik Anda, apa yang akan diperoleh peserta seminar, dan mengapa seminar Anda adalah pilihan terbaik.

· Testimonial: Jika Anda memiliki pelanggan terdahulu yang bersedia memberikan testimonial, hal ini akan sangat membantu dalam menciptakan bukti sosial (social-proof).

· Harga: Audiens perlu tahu berapa harga yang akan mereka investasikan untuk mengikuti seminar Anda.

4. Mempromosikan seminar online

Setelah semua kerja keras Anda, tahap ini adalah saatnya meluncurkan seminar online Anda.

Sebenarnya, ada banyak metode promosi yang bisa dilakukan. Namun, dari sekian banyak teknik pemasaran, ada beberapa yang terbukti efektif. Salah satunya adalah email marketing. Pemasaran email adalah beberapa cara promosi seminar online yang mudah diterapkan dan efektif.

Idenya sederhana: Setelah membangun daftar email calon pelanggan dan terus menyediakan konten gratis, seperti posting blog, video, dll., Anda dapat mempromosikan seminar online melalui serangkaian email marketing.

Email ini berfungsi untuk membangun minat calon peserta agar ada rasa urgensi untuk membeli ‘seat’ sekarang.

Begini urutan pengiriman email promosi seminar online per hari:

Hari #1. Uraikan topik seminar Anda

Hari #2. Menjelaskan tujuan dan manfaat yang didapat peserta seminar

Hari #3. Beri tahu audiens bahwa seminarnya terbuka untuk siapapun

Hari #4. Jawab FAQ

Hari #5. Tawarkan bonus kejutan bagi mereka yang membeli sekarang

Hari #6. Ucapkan terima kasih dan tunjukkan testimonial (bukti sosial)

Hari #7. Buat argumen logis untuk membeli sekarang dan katakan seminar akan ditutup

Hari #8. Kirim tiga email yang mengatakan hari ini adalah hari terakhir

Permudah Pembuatan Webinar, Training, & Workshop Online dengan Mayar!

Siapapun di era modern dapat mempelajari cara membuat seminar online. Terlebih lagi, dengan Mayar.id, Anda semakin mudah membangun webinar, training, atau workshop online secara modern dan otomatis.

Mayar mendukung pembuatan halaman webinar atau workshop dengan otomasi pengiriman instruksi dan password bagi peserta yang sudah membayar. Bahkan, tersedia fitur manajemen pendaftaran dan pembayaran webinar hanya dalam satu platform Mayar.

Halaman promosi atau landing page juga dapat dibuat otomatis, kemudian bisa dibagikan ke media sosial cukup sekali klik. Kelola pembayaran dan menganalisa data pelanggan semakin praktis melalui dashboard Mayar.

Namun, jika Anda sudah membangun website atau landing page sendiri, tidak masalah! Cukup pasang tombol Checkout Mayar dengan cara copy-paste. Tak perlu ribet coding atau keahlian pemrograman, Anda bisa memasang tombol sendiri.

Pelanggan nantinya bisa langsung bayar dari website tersebut tanpa harus pindah halaman baru. Jika pembayaran sudah diterima, secara otomatis peserta mendapatkan notifikasi tautan masuk ke ruang virtual melalui chat Whatsapp atau email.

Baik peserta maupun penyelenggara yang telah terdaftar, dapat memasukkan tanggal event ke kalender online agar mendapatkan reminder webinar.

Satu lagi fitur yang sangat menarik dari Mayar bagi pembuatan seminar online, yaitu sertifikat webinar otomatis bagi semua peserta.

Bagaimana, sangat keren dan modern, kan! Mayar mendukung kreator dan pembuat seminar online terus berkarya dengan fitur fungsional dan otomatis. Berbisnis online semakin praktis dan lancar. Untuk info fitur selengkapnya, baca Layanan Webinar Mayar atau email bantuan@mayar.id.

Stock photos by Vecteezy