Cara Membuat Kelas Online di Mayar, Panduan Lengkap & Contohnya

Cara Membuat Kelas Online di Mayar, Panduan Lengkap & Contohnya

Kedahsyatan berbisnis di era digital, banyak membuat konten kreator di Nusantara berlomba-lomba meraup cuan dari kelas online atau kursus online.

Mayar sebagai salah satu alternatif platform kelas online terkemuka di Indonesia, seringkali menjadi pilihan utama pembuat konten untuk memulai bisnis kelas online.

Jika Anda tertarik ingin membuat kursus online, tapi masih bingung bagaimana memulai cara membuat kelas online, baca terus postingan artikel ini sampai akhir!

Panduan disini mencakup langkah-langkah, mulai dari menyiapkan akun hingga membuat landing page kelas online. Serta, tambahan fitur-fitur Mayar yang bisa digunakan untuk membuat kelas online.

Tanpa basa-basi lagi, yuk, segera mari kita mulai langkah cara membuat kelas online di Mayar!

Panduan Lengkap Dan Mudah: Cara Membuat Kelas Online Di Mayar

Penasaran, semudah apa cara membuat kelas online di Mayar? Ikuti langkahnya di bawah ini:

1. Membuat Akun Mayar

Langkah pertama, Daftar akun Anda di Mayar. Buka website Mayar.id dan pilih tombol “Register” atau kunjungi tautan URL: https://web.mayar.id/sign-in/coupon/INBOUNDWEB.

2. Membuat Kelas Online Mayar

Selanjutnya, pada menu sudut kanan atas, tekan tombol "Produk", pilih "Kelas Online". Fitur ini akan mengarahkan Anda untuk menuju laman formulir pembuatan Kelas Online.

3. Lengkali formulir "Buat Kelas Online"

Kemudian, lengkapi formulir pembuatan Kelas Online sesuai petunjuk. Mulai dari nama kelas, tipe pembayaran, harga, deskripsi, dan sebagainya.

Setelah melengkapi formulir tersebut, periksa kembali sampai semua terisi dengan benar. Jika sudah, tekan tombol biru "Buat Kelas Online".

Registrasi Kelas Online dengan Tombol Order Mayar Di Website/Blog

Yuk, coba lihat contoh demo Kelas Online di Mayar, berikut:

https://mayar-static-sample-online-class.vercel.app/

Cukup sekali klik tombol checkout dari Mayar, peserta kelas online bisa langsung membayar dengan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, dompet digital, dll.

Setelah pembayaran selesai, peserta kelas online juga dikirimi tautan via email otomatis untuk bergabung ke kelas online.

Bila Anda masih pemula untuk membuat landing page, blog, website, atau halaman produk, jangan khawatir! Karena, pembuatan landing page atau website dapat dilakukan otomatis oleh Mayar.

Anda bisa melakukan embed tombol “Gabung Sekarang” atau tombol order kelas online di website atau landing page. Fitur Embed Tombol checkout dari Mayar, bisa dipasang secara copy-paste atau drag-and-drop.

Dengan Embed Tombol checkout dari Mayar, pelanggan atau calon peserta cukup klik untuk membuka pop-up laman pembayaran. Jadi, calon peserta kelas online atau kursus online tak perlu pindah ke halaman baru.

Agar bisa menggunakan fitur ini, Anda perlu mengakses ke laman dashboard untuk melakukan copy-paste kode yang telah disediakan oleh Mayar.

Setelah landing page dibuat secara otomatis, Anda cukup mengikuti langkah untuk copy-paste kode tombol Embed checkout dari Mayar, di bawah ini:

Membuat Tombol Embed Checkout Pendaftaran Kelas Online di Mayar

Buatlah link pembayaran dengan menekan tombol biru di sudut kanan atas, “Produk” dan “Link Pembayaran”.

Selanjutnya, buka layar detail Link Pembayaran Kelas Online atau Paket Berlangganan yang Anda inginkan.

Jangan lupa, menentukan apa label atau tulisan yang tercantum di tombol Anda. Misalnya, “Gabung Sekarang”, “Amankan Seat Anda”, “Saya Ingin Daftar”, atau “Join Kelas Online, Yuk”, dan sebagainya.

Kemudian, pilih tombol berlogo <>. Tombol ini ada persis di sebelah tombol copy link pembayaran, klik tombolnya untuk menyalin kode. Lalu, tempel atau paste ke website/ landing page Anda di bagian embed halaman editor HTML.

Selanjutnya, simpan perubahan, dan tombol sudah terpasang di website atau landing page kelas online.

Calon peserta maupn pengunjung dapat menekan tombol ini untuk melakukan pembayaran, registrasi, maupun berlangganan kursus online Anda. Praktis dan mudah, kan!

Berbagai Metode Pembayaran Kelas Online

Salah satu masalah yang sering membuat konten kreator Kelas Online adalah metode pembayaran. Seringkali, pembuat website harus mengintegrasikan dengan pihak ketiga sebagai payment gateway pembayaran.

Tak hanya membutuhkan waktu, tetapi juga menambah biaya operasional.

Namun, dengan memaai fitur Kelas Online di Mayar, berbagai metode pembayaran sudah terintegrasi dengan tombol Embed checkout oleh Mayar.

Berikut tampilan berbagai metode pembayaran yang bisa dilakukan calon peserta kelas online:

Tersedia metode scan QRIS, tranfer bank (virtual account), dompet digital (OVO, ShopeePay, Gopay, Dana, LinkAja, hingga kartu kredit dan kartu debit, serta gerai ritel di Alfamart dan Indomaret.

Jika pembayaran sukses, maka notifikasi email pembayaran akan terkirim secara otomatis untuk memberitahukan kepada calon peserta kelas online.

Fitur-fitur Kelas Online Mayar yang Mendukung Konten Kreator Berbisnis Digital

Mari kita simak apa saja fitur-fitur modern Kelas Online di Mayar yang bisa digunakan:

1. Kelas online on demand dan berlangganan

Apakah Anda membuat kelas online secara teratur? Atau, hanya sesekali ketika waktu luang dan ingin membagikan keterampilan yang dimiliki?

Tak masalah apapun kebutuhan kelas online Anda, baik on-demand atau berlangganan, Mayar siap membantu pengelolaan kelas online.

Pembuatan kelas online semakin mudah dan praktis, mulai dari membuat materi per bab, kuis, video, conference video call, attachment file, hingga manajemen peserta.

2. Melihat data peserta kelas online di dashboard

Memeriksa siapa saja peserta yang sudah mendaftar dan sudah membayar dengan mudah di dashboard Mayar. Anda juga bisa menganalisis metode pembayaran apa yang paling sering dipakai. Sehingga, dapat memberikan penawaran menarik atau promo yang lebih melejitkan penjualan kursus online Anda.

3. Ekspor data excel/ csv

Di Mayar, ekspor data format Excel dan CSV semudah sekali klik. Termasuk, ketika Anda ingin mengekspor data pelanggan atau data peserta kelas online.

Bahkan, bagi Anda yang berjualan online atau produk digital dan fisik, dapat mengekspor data produk, data tagihan, data transaksi, dan sebagainya.

Cara mengekspor data, silakan login ke halaman yang ingin diekspor ke CSV atau Excel. Kemudian, pilih tabel pelanggan atau tabel peserta, di bagian sudut kanan atas, tekan tombol ekspor.

Terdapat dua pilihan tombol ekspor, yaitu CSV file dan Excel file. Pilih jenis ekspor data sesuai keinginan.

Namun, bagaimana jika ingin mengekspor lebih banyak data? Tak perlu pusing! Cukup ubahlah “Rows per page” yang berada di bawah tabel. Kemudian, ulangi proses ekspor data. Mayar dapat melakukan ekspor data sebanyak 1000 data per sekali ekspor.

4. Mempromosikan Kelas Online

Lalu, bagaimana strategi Mayar untuk membantu mempromosikan kelas online? Mayar memiliki fitur tombol Share ke medsos dan Whatsapp hanya dalam sekali klik.

Dengan cara ini, landing page atau website kelas online Anda akan lebih mudah dipromosikan kepada calon peserta.

Setelah calon peserta membayar Kelas Online, mereka akan bisa langsung diberikan akses kelas online dari tautan yang dikirimkan via Whatsapp dan email.

5. Penerbitan Otomatis Sertifikat Kelas Online

Selain mendapatkan ilmu dan wawasan baru, tentunya peserta kelas online juga mendambakan sertifikat keterampilan agar bisa menjadi pendukung karir dan bukti keahlian yang semakin berkembang.

Untuk itu, Mayar membantu penerbitan sertifikat peserta Kelas Online secara otomatis setelah peserta lulus mengikuti kelas online.

Bagaimana Cara Kerja Mayar untuk Membantu Manajemen Kelas Online Anda?

Secara singkat, Mayar dapat dikatakan sebagai perpanjangan tangan dari payment gateway seperti Midtrans, Stripe, atau Xendit, dll.

Jadi, dengan Mayar, pengelolaan A sampai Z kelas online akan lebih mudah dalam satu platform.

Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas dan bisnis digital dengan bantuan Mayar, seperti penggalangan dana, jualan online, affiliate marketing, webinar, pembelian tiket online, dan masih banyak lagi.

Mayar secara otomatis telah mengintegrasikan payment gateway tanpa Anda perlu melakukan coding sama sekali. Padahal, dalam proses konvensional, integrasi payment gateway biasanya membutuhkan waktu hitungan minggu.

Selain itu, terdapat sejumlah biaya operasional, biaya maintenance, dan pengeluaran lainnya karena ada proses koding yang dilakukan tim penyedia payment gateway.

Luncurkan Kelas Online Anda bersama Platform Mayar!

Dalam panduan cara membuat kelas online di Mayar, kita telah membahas semua langkah yang dibutuhkan untuk meluncurkan bisnis digital Anda.

Selain itu, di artikel ini kami juga telah membagikan beberapa ide dan tips untuk membantu Anda memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan Mayar secara maksimal.

Mayar.id menghadirkan kemudahan penggunaan dan tools pembuatan kursus yang modern. Bahkan, bagi para pemula sekalipun, pembuatan kelas online di Mayar tidaklah rumit.

Jika Anda belum memulai cara membuat kelas online pertama Anda, buatlah akun MayarStarter promo GRATIS sekarang juga! Perlu bantuan atau ada pertanyaan? Silakan email [email protected].