Cara Menghitung CAC

Cara Menghitung CAC

Untuk menghitung biaya akuisisi pelanggan atau customer acquisition cost (CAC), langkah pertama adalah menentukan jangka waktu yang Anda evaluasi (bulan, kuartal, tahun). Ini akan membantu Anda mempersempit cakupan data Anda. Kemudian, tambahkan total biaya pemasaran dan penjualan Anda dan bagi total itu dengan jumlah pelanggan baru yang diperoleh selama periode waktu tersebut. Nilai hasil harus berupa perkiraan biaya perusahaan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Misalnya, perusahaan Anda menghabiskan Rp 500K untuk penjualan dan Rp 300K untuk pemasaran. Selain itu, perusahaan Anda menghasilkan 800 pelanggan baru selama kuartal fiskal terakhir. Jika kami menghitung CAC untuk bisnis Anda, biaya untuk mendapatkan pelanggan untuk kuartal tersebut adalah Rp 1K ((500K + 300K) / 800 = 1K).

Setelah Anda menghitung CAC untuk perusahaan Anda, Anda dapat membandingkan nilai ini dengan metrik bisnis utama lainnya. Dengan melakukannya, Anda akan menemukan wawasan penting tentang kampanye pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan Anda.

Image Credit: neilpatel.com