Cara Menjual Keanggotaan Online, Sudah Tahu Hal Penting Ini?

Cara Menjual Keanggotaan Online, Sudah Tahu Hal Penting Ini?

Sejak 2010, Ekonomi Kreator telah didukung oleh gelombang perangkat lunak dan platform internet yang memudahkan untuk membeli dan menjual produk dan layanan secara online.

Produk informasi digital, termasuk eBook dan PDF, telah mewakili pilar pertama ekonomi baru ini, dan kursus online telah mewakili pilar kedua.

Selama dekade terakhir, banyak pembuat konten telah terbiasa menganggap produk dan kursus sebagai cara paling efektif untuk menghasilkan uang secara online (dan menikmati kebebasan untuk bekerja, belajar, dan hidup sesuai keinginan).

Sampai saat ini, keanggotaan online belum muncul sebagai pilar ketiga yang kokoh dari Ekonomi Kreator.

Saat ini, platform internet telah membangun solusi teknologi kelas satu untuk memungkinkan orang dan bisnis membuat, mengelola, dan mengembangkan keanggotaan online.

Solusi ini sekarang sangat terintegrasi dalam ekosistem digital dan mudah diimplementasikan di seluruh aplikasi dan platform.

Sekarang pembuat konten dan bisnis mengejar kenyataan bahwa menawarkan keanggotaan online sering kali merupakan langkah tercepat dan termudah untuk Ekonomi Kreator.

Menjual keanggotaan online untuk meraih penghasilan pasif bulanan.

Memberikan nilai kepada pelanggan secara teratur menarik bagi pelanggan dan pembuat konten. Kadang, hal ini bisa sangat menakutkan daripada membangun produk atau kursus dari awal.

Keanggotaan menciptakan pendapatan berulang, dapat diprediksi, dan pasif dengan potensi untuk bertambah seiring waktu.

Banyak pembuat konten yang cerdas dan paham memahami satu cara efektif untuk berhasil menjual produk digital secara online. Yaitu, mulai dengan menjual buletin dan layanan yang kaya informasi dalam bentuk keanggotaan berbasis langganan mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Dengan melakukan itu, mereka berulang kali memberikan nilai kepada pelanggan mereka.

Hal ini  menciptakan lingkaran umpan balik yang ketat dan memungkinkan mereka untuk memperbaiki penawaran yang sukses dan memikat pelanggan.

Apa itu Keanggotaan Online?

Keanggotaan online adalah model bisnis di mana pelanggan atau anggota membayar biaya satu kali atau berulang untuk suatu produk atau layanan.

Anggap saja seperti keanggotaan gym lokal Anda, tetapi online.

Biaya keanggotaan dapat berupa pembayaran satu kali untuk akses seumur hidup atau langganan berulang dengan tarif tetap bulanan atau tahunan.

Banyak pembuat keanggotaan yang sukses menawarkan beberapa tingkatan keanggotaan.

Dengan konten eksklusif tersedia bagi siapa saja yang mendaftar dan yang lainnya hanya tersedia untuk anggota yang membayar.

Menjual Keanggotaan Berbasis Layanan

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu keanggotaan online, mari pertimbangkan alasan menjual layanan bisnsi melalui keanggotaan.

Adapun beberapa manfaatnya adalah:

1. Skala bisnis.

Karena layanan dijual secara online, penskalaan jauh lebih mudah daripada penskalaan dengan barang fisik.

Meningkatkan dan berkembang sebagai bisnis berarti semakin banyak orang yang berlangganan layanan.

Hal penting di sini adalah untuk membuktikan kepada pelanggan Anda bahwa mereka membayar untuk sesuatu yang berharga bahkan jika itu hanya tawaran berlangganan dasar.

Dan salah satu bagian terbaiknya adalah pekerjaannya tetap sama tidak peduli apakah Anda memiliki satu pelanggan atau seribu pelanggan.

2. Memberikan penghasilan bulanan yang dapat diprediksi.

Model langganan atau keanggotaan akan menghasilkan kejelasan finansial yang lebih besar. Kok bisa?

Nah, sekarang setelah Anda tahu berapa banyak orang yang akan membayar Anda berapa banyak setiap bulan, jauh lebih mudah untuk memprediksi pendapatan bisnis.

Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus menarik pelanggan baru dan tidak khawatir tentang masalah arus kas.

Dan jika Anda menawarkan opsi keanggotaan tahunan maka berkali-kali Anda dapat mengumpulkan sejumlah besar uang di muka.

3. Memahami pelanggan.

Mengevaluasi data adalah salah satu keterampilan terpenting untuk dikembangkan sebagai pemilik bisnis, dan mempelajari cara melakukannya tidak memerlukan gelar akademis.

Memahami pelanggan Anda adalah kunci untuk membuat mereka senang dan menarik pelanggan baru.

Bahkan data seperti “Pada bulan apa layanan #1 paling banyak dibeli?” atau “Opsi penawaran apa yang paling diminati pelanggan?” Informasi ini dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku pelanggan.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan seluruh penawaran.

Dengan mendesain ulang struktur harga untuk menyertakan tingkat tambahan yang membuat lebih banyak pelanggan puas. Atau, Anda dapat menggunakannya untuk menentukan kapan harus merilis materi baru.

Jenis – jenis keanggotaan online yang bisa dijual.

Berikut ini beberapa ide untuk menjual keanggotaan online:

1. Publikasi digital.

Ada kemungkinan besar Anda ahli dalam sesuatu. Karena itu, Anda dapat membuat keanggotaan sesuai keterampilan yang Anda miliki. .

Penjual keanggotaan online yang paling sukses adalah mereka yang dapat memanfaatkan pengetahuan mereka di bidang keahlian mereka dalam konten pendidikan.

Publikasi digital adalah salah satu cara untuk berbagi keahlian Anda dengan seluruh dunia. Alih-alih mencoba menjual publikasi satu per satu.

Anda dapat menggunakan model keanggotaan untuk memberikan akses kepada pembaca Anda segera setelah Anda menerbitkannya secara berkelanjutan.

Contohnya, Anda bisa menawarkan keanggotaan dalam bentuk kursus. Seperti PhysioSchool.ca mempersembahkan “PT Application Booster,” kursus yang dirancang untuk membantu calon Terapis Fisik melalui fase pra-wawancara aplikasi sekolah fisio mereka.

2. Layanan konsultasi.

Layanan konsultasi sebagai keanggotaan adalah kesempatan bagi Anda untuk memberikan akses khusus anggota kepada orang-orang yang ingin belajar dari Anda.

Misalnya, seorang desainer UI dapat memulai layanan konsultasi di mana dia mengajarkan keterampilan dan taktik calon desainer untuk meningkatkan karir desain UI mereka secepat mungkin.

Dengan mengemas layanannya dalam format keanggotaan, dia dapat memastikan bahwa anggotanya akan mendapatkan nilai yang sangat besar dan melanjutkan pembayaran bulanan mereka.

Contohnya, Harsh Strongman, pencipta Life Math Money (LMM), menjual keanggotaan bulanan, setengah tahunan, dan tahunan untuk mendapatkan akses ke portofolio crypto LMM.

Anggota dapat melihat koin mana yang dia miliki, mengapa dia membelinya, dan filosofi investasinya. Mereka juga menerima pembaruan setiap kali dia mengubah portofolio.

3. Akses ke komunitas atau forum.

Banyak pembuat konten menumbuhkan komunitas yang berharga dan terfokus di Facebook, Circle, Discord, Slack, dan platform lainnya. Meskipun tidak mudah untuk membangun dan memelihara komunitas, imbalannya berlipat ganda.

Menyesuaikan keanggotaan Anda ke dalam model komunitas akan menghasilkan pelanggan setia yang akan mengharapkan dan dengan senang hati membayar untuk kualitas.

Pelanggan Anda juga akan membayar untuk terhubung dengan anggota lain. Mereka akan menciptakan hubungan yang langgeng di dalam komunitas Anda dan nilai seumur hidup mereka akan meningkat.

Memilih platform terbaik untuk menjual keanggotaan online.

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan tentang apa itu keanggotaan online, mari kita bahas cara memilih platform keanggotaan terbaik untuk menjualnya.

Tidak perlu mempekerjakan tim pengembangan untuk membangunkan Anda platform khusus untuk menjual layanan keanggotaan Anda. Karena, sekarang ada banyak platform siap pakai yang tersedia.

Saat mencari platform keseluruhan yang sempurna, cari platform yang memungkinkan:

· Kode diskon yang dapat membantu saat memulai beberapa pelanggan pertama.

· Penagihan otomatis, yang memungkinkan anggota untuk membayar pada interval yang telah ditentukan (bulanan, tahunan, dll.)

· Data analitik untuk membantu Anda lebih memahami pelanggan.

Dalam bisnis pendapatan bulanan berulang, mempertahankan pelanggan adalah raja.

Model keanggotaan memiliki beberapa manfaat yang akan mengurangi stres Anda dan dengan lebih banyak arus kas masuk di penghujung hari.

Jika dilakukan dengan benar, pengaturan ini juga akan menguntungkan anggota Anda. Menciptakan efek jaringan timbal balik yang bagus di mana anggota yang senang secara alami meningkatkan komunitas dengan merekrut anggota baru.

Fokus pada pembuatan konten berkualitas yang sesuai dengan keahlian Anda. Gunakan platform penjualan keanggotaan tepercaya seperti Mayar atau platform online lainnya, dan mulailah mengembangkan komunitas keanggotaan Anda hari ini!

Mayar.id memiliki sistem pembayaran dan checkout built-in serta pilihan untuk langganan tetap (misalnya kursus 3 bulan, tahunan, dan custom).

Ayo, luncurkan keanggotaan untuk layanan usaha Anda hari ini bersama Mayar.id.

Masih ada pertanyaan? Hubungi [email protected]atau [email protected] untuk info selengkapnya.