Cara Mudah Jualan Tiket Dengan Fitur Event di Mayar

Cara Mudah Jualan Tiket Dengan Fitur Event di Mayar

Halo sobat Mayar!

Saat ini menjual tiket Event tidak lagi hanya mengandalkan penjualan tiket fisik di tempat acara atau outlet tertentu. Kini platform online menjadi sarana paling efektif dan efisien untuk berjualan tiket event.

Salah satu platform yang bisa digunakan adalah Mayar.id, Mayar adalah platform untuk mengelola pembayaran digital, dan salah satu fiturnya adalah untuk berjualan Tiket Event.

Fitur ini khusus untuk membantu penyelenggara event dalam membuat, mengelola, dan menjual tiket online secara efisien dan aman.

Dan dengan sistem check-in tiket, Anda tidak perlu lagi bingung untuk tracking kehadiran peserta.

Untuk bisa mencoba menggunakan fitur Event di Mayar.id, Anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut:

Langkah - Langkah Membuat dan Menjual Tiket Event di Mayar

1. Membuat Akun Mayar

Jika Anda belum memiliki Akun Mayar, Anda bisa daftar terlebih dahulu disini

2. Membuat Event di Mayar

Jika sudah membuat akun, Anda akan masuk ke halaman Dashboard. Untuk membuat Event, Anda bisa klik button “PRODUK” yang ada di kanan atas.

Lalu Anda bisa memilih Event / Acara

Kemudian akan muncul Form Buat Event, silahkan Anda mengisi detail event / acara yang akan dibuat seperti Nama Event / Acara, Deskripsi, Opsi Event Online / Offline, hingga batas waktu pendaftaran.

Jika sudah dilengkapi, Anda bisa klik button “Buat Event”.

3. Membuat Tiket

Jika Anda sudah selesai membuat detail Event, Anda akan diarahkan ke halaman Detail Produk. Disini Anda bisa mulai membuat jenis Tiket, Anda bisa membuat beberapa tipe tiket dengan harga yang berbeda. Caranya bisa klik button “Buat Tiket”.

Dan akan muncul form Buat Tiket, silahkan Anda mengisi detail tiket yang ingin dijual, mulai dari Tipe Tiket (Berbayar / Gratis), Nama Tiket, Harga, Deskripsi Tiket, dan Waktu mulai dan selesai penjualan.

Jika sudah dilengkapi, Anda bisa klik button “Buat Tiket”.

4. Promosikan Event

Setelah selesai membuat Event dan Tiket, selanjutnya di halaman ini Anda bisa melihat Link Pembelian Tiket dan Link Halaman Event / Acara. Anda bisa copy dan share link tersebut ke Sosial media, Whatsapp, Email atau lainnya.

Anda juga bisa menggunakan fitur kami yang lain untuk melakukan Promosi, seperti membuat Landing Page dan Blast Email.

Dan untuk Tracking, Anda bisa memasang Facebook Pixel dengan klik tab Track yang ada di detail Event yang sudah dibuat.

5. Analytics dan Kelola Pelanggan

Di Mayar Anda juga bisa memantau penjualan, karena terdapat tab Analytic di halaman detail event yang sudah dibuat.

Disini Anda dapat melihat Omzet dan Pendapatan, jumlah pengunjung, hingga durasi pengunjung yang mengakses halaman event.

Anda juga bisa mengelola pelanggan / peserta yang sudah membeli tiket, karena data peserta yang sudah membayar akan otomatis tercatat di bagian Transaksi & Check-in. Ini akan memudahkan Anda dalam mengelola event dan memastikan tidak ada peserta yang terlewat.

6. Check-in Peserta

Setiap peserta yang sudah membeli tiket, akan otomatis mendapatkan e-tiket. Dan e-tiket ini sebagai penanda bahwa peserta tersebut sudah otomatis tercatat di sistem.

Dan untuk event Offline, Anda bisa melakukan check-in dari e-tiket yang dimiliki peserta. Caranya Anda bisa ke tab Transaksi & Check-in, dan terdapat dua cara untuk melakukan check-in peserta, yaitu:

  • Check-in : Opsi ini Anda bisa mencari berdasarkan Nama Peserta, No. Invoice atau Kode Tiket.
  • QRcode Check-in: Opsi ini memungkinkan Anda untuk Scan Barcode e-tiket nya langsung, Anda bisa mengaktifkan kamer device yang digunakan terlebih dahulu dan mulai scan.

Dengan begitu, berjualan tiket event dan manajemen peserta akan menjadi lebih mudah. Anda bisa mengelola event offline dan online dalam satu dashboard, dan juga metode pembayaran yang sudah lengkap akan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

Untuk tutorial penggunaan Fitur Event Mayar bisa Anda lihat disini.

Yuk Daftar Mayar sekarang !