Cara Mudah Menggaet Pelanggan dengan Sistem Pre-Order

Cara Mudah Menggaet Pelanggan dengan Sistem Pre-Order

Di zaman sekarang setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pre-order. Salah satu metode bisnis ini memang terbilang ampuh untuk memulai bisnis tanpa memerlukan modal besar bahkan bisa dibilang hampir tanpa modal. Sistem pre-order biasanya diterapkan oleh penjual dalam berbisnis online.

Pre order merupakan sebuah metode bisnis dimana konsumen diminta untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu sebelum akhirnya barang dikirim dan sampai setelah beberapa hari kemudian menurut perjanjian waktu yang telah ditentukan diawal. Agar sukses menarik minat banyak pelanggan dengan sistem pre-order diperlukan strategi dan cara pemasaran yang tepat dan ampuh. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menggaet pelanggan dengan sistem pre-order.

1. Pastikan Produk Anda Berkualitas

Sebuah keberhasilan dalam berbisnis tidak lepas dari kualitas produk yang dijual. Terlebih jika Anda menggunakan sistem pre-order yang membuat para pelanggan Anda harus rela menunggu beberapa hari hingga barang sampai.

Di sini Anda harus bisa membangun kepercayaan kepada pelanggan Anda, salah satunya dengan cara memberikan pelayanan terbaik dan produk yang berkualitas. Pastikan bahwa produk Anda memang layak ditunggu oleh para customer.

2. Pilih Vendor yang Terpercaya dan Profesional

Vendor merupakan seseorang atau pihak yang membeli produk, baik berupa barang maupun jasa dari produsen ataupun distributor untuk kemudian dijual kembali kepada para konsumen. Mengingat ini adalah sebuah bisnis, menjalin kerjasama yang kuat dan profesional dengan vendor juga perlu dilakukan. Carilah vendor yang benar-benar terpercaya dengan produk yang berkualitas.

Seorang vendor yang baik akan sangat bertanggung jawab, handal, dan pastinya selalu memperhatikan kualitas produk. Vendor seperti inilah yang akan membuat bisnis Anda berjalan lancar. Selain itu, carilah vendor yang memberikan biaya produksi murah dengan tidak meninggalkan kualitas produk. Dengan adanya harga produksi yang murah, Anda bisa menentukan harga jual yang lebih kompetitif.

3. Perhatikan Jadwal

Jika Anda menjalankan bisnis dengan sistem pre-order, maka menentukan jadwal pre-order yang tepat akan sangat mempengaruhi target penjualan yang akan dicapai. Usahakan buka pre-order pada akhir bulan sampai dengan awal bulan. Hal ini mengingat waktu-waktu akhir bulan adalah waktu dimana banyak orang mendapat gaji, sehingga banyak dari mereka yang ingin membelanjakan uangnya untuk kepentingan konsumtif yang mereka inginkan.

Selain itu, menentukan alur pemesanan yang jelas juga perlu Anda lakukan untuk memberikan kepercayaan kepada calon konsumen Anda. Beberapa prosedur, seperti jadwal buka dan tutup pre-order, jumlah minimal pemesanan, lama produksi, sistem pembayaran, pengiriman barang, dan sebagainya perlu Anda pikirkan secara matang.

4. Berikan Diskon

Setiap orang pasti tidak akan menolak jika diberikan diskon pembelian. Trik ini bisa Anda jadikan salah satu strategi agar sukses menggaet konsumen dengan bisnis pre-order. Anda harus memberikan alasan yang kuat agar konsumen bersedia memesan produk Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara memberikan bonus ataupun diskon.

Selain itu, untuk meningkatkan promosi di media sosial, Anda juga bisa menawarkan diskon kepada siapa pun yang membagikan tautan toko Anda ke akun media sosial mereka. Selain mendapat keuntungan tanpa harus membayar biaya lebih kepada pihak ketiga, strategi ini juga akan membuat toko Anda semakin dikenal banyak orang.

5. Memaksimalkan Promosi

Setelah semua cara tersebut Anda jalankan, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan promosi. Anda harus membuat strategi promosi yang jelas dan tepat agar bisa mencapai target penjualan yang diinginkan. Anda juga harus memikirkan cara efektif agar toko Anda semakin dikenal banyak orang dan mendapat kepercayaan.

Dalam kegiatan promosi, tidak tepat rasanya jika tidak melibatkan media sosial. Kini media sosial merupakan salah satu tempat promosi yang ampuh untuk menggaet pelanggan. Pasalnya hampir setiap kalangan telah beranjak menggunakan media sosial. Hal ini bisa menjadi salah satu kesempatan emas bagi Anda untuk memaksimalkan penjualan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas, baik grup facebook maupun forum tertentu yang sejalan dengan produk yang Anda jual. Jangan lupa pula untuk berkolaborasi dengan para influencer agar semakin banyak orang yang mengenal toko dan produk berkualitas Anda.

Nah, demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menggaet banyak pelanggan dengan sistem pre-order. Selain strategi promosi yang tepat, Anda juga harus memastikan bahwa sistem pre-order Anda memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan transaksi. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba untuk menggunakan Mayar.

Mayar dapat memudahkan para pelanggan Anda untuk melakukan pre-order. Beberapa keuntungan berikut akan Anda dapatkan jika menggunakan mayar.id, antara lain:

  • Anda akan mendapatkan link checkout  dan pembayaran pre-order yang super cepat dan mudah.
  • Anda bisa langsung menyisipkan tombol pre-order di website bisnis, landing page, ataupun blog Anda dan pembayaran akan dilakukan disana dengan mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu pengetahuan teknis terkait coding untuk hal ini. Sangat mudah dan menguntungkan bukan?
  • Pelanggan Anda bisa membayar melalui berbagai channel pembayaran.
  • Anda bisa melihat data pelanggan dan riwayat transaksi yang telah tersusun rapi di mayar. Selain itu, Anda juga bisa mengekspor data tersebut dalam format excel ataupun csv kapan saja tanpa ada lock-in data.
  • Anda bisa mengundang calon pelanggan dengan mudah melalui chat atau sosial media dengan cara menshare link pre-order melalui chat atau meletakkan link pre-order di profil sosial media Anda.

Terbukti jualan dengan sistem pre-order jadi makin praktis dan simpel, kan? Yuk, coba sendiri dengan daftar di Mayar sekarang!

Image Credit: Unsplash