Cara Pakai Link Pembayaran, Bagikan ke Medsos Kapanpun!

Cara Pakai Link Pembayaran, Bagikan ke Medsos Kapanpun!

Pernahkah Anda mendengar pepatah populer di dunia bisnis, “Selalu berikan pelanggan lebih dari apa yang mereka harapkan”?

Sebagai pemilik bisnis, Anda sudah berupaya keras untuk membuat produk dan jasa sesuai standar. Tujuannya agar pelanggan tetap puas dengan bisnis Anda dan terus menjadi pelanggan setia.

Namun, seiring perkembangan zaman, Anda pasti setuju bisnis juga harus terus berinovasi, kan?

Sejak era digital, dunia bisnis sudah tidak sama lagi. Masyarakat modern mendambakan kemudahan dan kepraktisan dalam pembayaran.

Sekarang, sudah saatnya bisnis Anda juga berinovasi dengan menghadirkan pembayaran digital. Sebab, pembayaran digital telah terbukti memberikan kenyamanan bagi konsumen yang ingin membayar secara instan.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang panduan cara menggunakan link pembayaran, yuk kita pahami dulu apa itu link pembayaran.

Sesuai namanya, link pembayaran atau tautan pembayaran dapat dihasilkan melalui generator link payment, seperti Mayar Link Payment.

Anda bisa mengumpulkan pembayaran secara online. Nantinya, pelanggan cukup mengklik tautan yang dibagikan dalam bentuk URL agar bisa bertransaksi seketika.

Pembayaran bisa melalui transfer bank (virtual account), gerai ritel (Alfamart, Indomaret), kartu kredit/ kartu debit, hingga dompet digital dan e-Wallet. Lebih cepat dan mudah untuk mengumpulkan pundi-pundi uang dalam bisnis Anda, kan!

Tautan pembayaran Mayar hanya tersedia dengan akun Mayar. Jadi, jika Anda belum memiliki akun Mayar, Anda bisa Daftar Akun Mayar terlebih dulu.

Setelah Anda terdaftar di Mayar dan login, buka Dashboard. Dari Dashboard, klik tombol "Produk” di sudut kanan atas. Lalu, ikuti langkah berikut:

Tombol Produk 

Kemudian, layar formulir isian Link Pembayaran akan muncul. Lengkapi semua kolom sesuai petunjuknya. Mulai dari nama link, harga, cover gambar, deskripsi, tanggal, dan sebagainya.

Jika dirasa sudah lengkap, klik tombol "Buat Link Pembayaran" berwarna biru untuk melanjutkan proses.

Setelah Anda membuat Link Pembayaran baru, Anda akan secara otomatis melihat laman detail Link Pembayaran yang berstatus aktif. Kemudian, Link  Pembayaran Mayar siap dibagikan.

Anda bisa membagikan tautan tersebut ke media sosial seperti Whatsapp, TikTok, Telegram, Landing Page, email, atau channel penjualan lainnya untuk menerima order dan pembayaran.

Mengirimkan Link Pembayaran Mayar sama seperti mengirim tautan lainnya. Cukup klik tombol “Copy Pembayaran” untuk menyalin, kemudian paste atau tempel dimanapun Anda ingin membagikannya.

Tautan atau Link Pembayaran bisa digunakan sebanyak yang Anda inginkan, kecuali Anda sudah mengatur masa kadaluwarsanya atau batas pembayarannya.

Setelah mengirimkan tautan atau Link Pembayaran, Anda bisa melacak kinerjanya dari Dashboard Mayar.

Berikut adalah Contoh Link Pembayaran Mayar yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengumpulan penghasilan dari jualan produk atau jasa bisnis Anda.

Bisnis apapun akan tumbuh dan berkembang jika pelanggannya senang atau puas akan produk dan jasanya.

Melalui metode pembayaran yang fleksibel, seperti Link Pembayaran Mayar, pembeli dan pedagang bisa lebih nyaman bertransaksi.

Berikut adalah beberapa manfaat Link Pembayaran Mayar untuk bisnis:

1.  Ekonomis

Link Pembayaran Mayar mengurangi kebutuhan pemeliharaan perangkat seperti mesin EDC, perangkat POS, dan lainnya.

Selain itu, biaya transaksi juga lebih murah kalau dibandingkan harus membangun Link Payment Gateway dari nol.

2.  Ramah Teknologi

Bagi UKM atau bisnis menengah, mungkin teknologi masih menjadi kendala. Namun, dengan Link Pembayaran, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis apapun.

Yang Anda perlukan hanya Daftar Akun Mayar, lalu segera membuat tautan dan kirimkan tautan untuk menerima pembayaran.

3.  Berbagai Metode Pembayaran

Link Pembayaran Mayar menyediakan 1-Click Checkout yang mempermudah transaksi. Mayar mendukung banyak mode pembayaran. Meliputi virtual account (transfer bank), dompet digital, e-Money, kartu kredit dan kartu debit, merchant ritel (Alfamart dan Indomaret), dan masih banyak lagi.

4.  Aman dan Nyaman

Pelanggan biasanya khawatir saat memasukkan data transaksi. Namun, sekarang dengan Link Pembayaran Mayar tidak repot.

Semua pembayaran Mayar menggunakan enkripsi keamanan berstandar RSA. Sehingga, pelanggan akan menerima notifikasi resmi, baik saat Link Pembayaran dikirim maupun saat transaksi selesai.

5.  Hemat Waktu

Saat ini, mengirim Link Pembayaran jauh lebih hemat waktu dan tenaga. Anda cukup mengirimkan Link Payme Mayar melalui pesan Whatsapp blast, SMS blast, email, dll.

Lupakan cara lama yang harus mencetak invoice, mengirimkan via pos, mengetik nama penerima tagihan satu per satu.

Hal ini cocok untuk bisnis apapun, karena Anda tak perlu bertemu dengan pelanggan atau menunggu transfer bank terlalu lama.

Link Pembayaran Mayar terhubung ke gateway payment yang dijalankan dengan aman. Penyedia payment gateway memakai enkripsi dan tokenisasi untuk melindungi data pembayaran.

Mayar menggunakan standar keamanan tersertifikasi PCI DSS dan enkripsi RSA (Rivest Shamir Adleman) sebagai salah satu teknik kriptografi yang melindungi data transaksi.

Berikut ini adalah beberapa poin yang penting diperhatikan:

· Pertama, perhatikan ada tulisan “HTTPS” di awal URL.

· Pastikan bisnis kredibel dan memiliki reputasi yang bagus dibuktikan dengan testimoni dan ulasan pelanggan.

· Jangan pernah memasukkan data keuangan saat berada di jaringan WiFi publik.

Link Pembayaran dapat dipakai oleh bisnis apapun yang ingin memfasilitasi pembelian pelanggan langsung secara online dengan mudah. Hal ini karena Link Pembayaran dipakai di berbagai industri untuk mendorong pembelian dengan hampir semua segmen konsumen digital.

Keunggulan Link Pembayaran adalah keserbagunaannya. Anda dapat menggunakannya untuk hampir semua jenis pembelian online. Berikut adalah beberapa situasi umum di mana menggunakan Link Pembayaran dapat memfasilitasi transaksi pelanggan:

· Bisnis Anda belum memiliki website atau aplikasi digital.

Bisnis Anda belum memiliki website yang mendukung eCommerce atau masih proses pembuatan website eCommerce.

Terlepas dari hal itu, Link Pembayaran adalah solusi sederhana dan handal untuk bisnis di era pembayaran online, tapi belum punya website eCommerce.

· Bisnis Anda menerapkan SMS marketing.

Link Pembayaran adalah alat yang ideal untuk menjangkau pelanggan melalui SMS. Jika Anda memiliki daftar SMS marketing yang kuat, berarti bisnis Anda sangat membutuhkan Link Pembayaran.

· Bisnis Anda memiliki segmentasi pelanggan.

Jika bisnis Anda memiliki segmen audiens yang berbeda, dan Anda cenderung menggunakan SMS yang ditargetkan untuk masing-masing segmen, Link Pembayaran dapat disesuaikan dengan setiap kebutuhan pelanggan.

· Bisnis Anda harus menerima pembayaran secara langsung, tetapi tidak punya perangkatnya.

Katakanlah Anda menjual snack keripik pedas di toko depan rumah. Tapi, ada satu pelanggan yang tidak punya uang tunai dan ingin membeli. Nah, daripada membatalkan transaksi, lebih baik gunakan Link Payment Mayar. Sehingga, si pembeli tetap bisa membayar secara non-tunai

· Penjualan bisnis bergerak cepat.

Penjualan yang bergerak cepat harus diiringi dengan peningkatan layanan. Termasuk, salah satu strateginya adalah meminta pelanggan mendaftar promo atau member. Kemudian, kirimkan Link Pembayaran saat waktunya tiba.

Hal ini memungkinkan Anda memanfaatkan urgensi dan kelangkaan produk dengan menawarkan promo terbaik bagi pelanggan yang mau cepat mendaftar.

Sama seperti menerima pembayaran dengan kartu atau QRIS, pertama-tama Anda dapat mencari penyedia layanan pembayaran, seperti Mayar.

Secara umum, cara kerja Link Pembayaran adalah sebagai berikut:

1. Membuat akun di Mayar.

2. Membuat halaman pembayaran atau halaman produk.

3. Membuat Link Pembayaran.

4. Mengirimkan atau membagikan Link Pembayaran.

Aktivasi cuma butuh 2 menit, dan mulai menerima pembayaran aman kapanpun dan dimanapun. Mayar dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang dengan Link Pembayaran yang bisa dibagikan atau dikirimkan ke pelanggan secara instan.

Anda bahkan bisa mengirimkan Link Pembayaran secara massal melalui Whatsapp Grup, email, SMS, dan lainnya. Terima pembayaran digital lebih cepat dan mudah untuk melancarkan arus kas pemasukan bisnis Anda.

Selain itu, Link Payment Mayar juga didukung berbagi metode pembayaran mulai dari transfer bank, hingga dompet digital. Bisnis Anda dapat mengirimkan resi otomatis, kirim produk dan link akses join website gratis, serta notifikasi pengingat otomatis.

Dengan solusi tombol 1-Click Checkout dari Mayar, bisnis Anda lebih lancar  menerima pembayaran dan order.

Tunggu apalagi, yuk mulai aja dulu Daftar Akun Mayar dan otomasikan bisnis agar Anda bisa fokus ke tugas inti mengembangkan perusahaan. Baca juga panduan membuat Link Pembayaran di Mayar.

Jangan lupa follow, like, comment dan ikuti terus update info menarik lainnya di Instagram Mayar : @mayar_id.