Cara Pasang TikTok Pixel di Mayar: Cuma 2 Langkah Mudah!

Cara Pasang TikTok Pixel di Mayar: Cuma 2 Langkah Mudah!

Siapapun pengguna internet, saat ini hampir kebanyakan orang tahu apa itu aplikasi TikTok, kan? Lantas, bagaimana dengan TikTok Pixel, apakah Anda pernah tahu?

Jadi, sebetulnya TikTok Pixel adalah sepotong kode yang dapat dipasang di situs web untuk melacak konversi.

Namun, bukan sekadar konversi biasa, di sini kita berbicara tentang konversi khusus TikTok.

Sebagai contoh, jika Anda menjalankan kampanye iklan TikTok dan ingin melihat iklan mana yang mendatangkan penjualan terbanyak, Anda perlu memahami cara menggunakan TikTok Pixel.

Jangan khawatir, postingan kali ini akan sangat membantu Anda dalam panduan langkah demi langkah menggunakan TikTok Pixel.

Dalam waktu beberapa menit saja, TikTok Pixel milik Anda akan aktif dan berjalan dengan baik. Mari kita mulai!

Pengertian TikTok Pixel Adalah

TikTok Pixel adalah sepotong kode kecil yang dapat Anda pasang di situs web. Setelah dipasang, TikTok Pixel akan melacak peristiwa-peristiwa tertentu, seperti saat seseorang melihat iklan TikTok atau mengklik tautan ke situs web Anda.

Peristiwa-peristiwa ini kemudian dicatat dalam akun TikTok Ads sehingga kita bisa melihat iklan mana yang paling banyak mendatangkan penjualan.

Lalu, kenapa sih kita perlu menggunakan TikTok Pixel?

Pertama, ini adalah alat pengukuran yang berguna untuk melacak pengembalian investasi (ROI) dari kampanye iklan TikTok Anda.

Kedua, alat ini dapat membantu menciptakan kampanye iklan yang lebih tertarget dengan memahami iklan mana yang berperforma baik dan yang tidak.

Terakhir, TikTok Pixel dapat membantu menyasar kembali pengunjung situs web dengan iklan yang dipersonalisasi.

Cara Pasang Pixel TikTok di Website Anda

Jika Anda siap mulai menggunakan TikTok Pixel, ikuti langkah-langkah mudah berikut.

1. Langkah Satu: Buat akun pixel

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan akun TikTok Business. Masuk ke akun Anda  dan buka TikTok Ads Manager > Assets > Events.

Kemudian, pilih apakah Anda ingin melacak App Events (Peristiwa Aplikasi) atau Web Events (Peristiwa Web).

Lalu, klik Buat Pixel/ Create Pixel.

Di sini, Anda perlu memberi nama untuk akun pixel. Sebaiknya pilih nama yang mudah diingat fungsinya. Misalnya, jika kita menggunakannya untuk melacak konversi di situs web, Anda bisa namai "Pixel Konversi". Jika digunakan di toko e-commerce, beri nama "Pixel Ecommerce".

Selanjutnya, pada Connection Method (Metode Koneksi), pilih TikTok Pixel. Lalu, klik Next (Selanjutnya).

2. Langkah Kedua: Pasang kode pixel di situs web atau aplikasi

Pada langkah selanjutnya, Anda akan melihat tampilan "Set Up Web Events with TikTok Pixel". Di sini, Anda akan diberikan opsi untuk memasang pixel secara manual atau mengatur secara otomatis melalui pihak ketiga.

Jika Anda memilih untuk memasang pixel secara manual, klik "Manually Install Pixel Code" dan kemudian klik "Next" (Selanjutnya).

Salin kode javascript pixel dan tempelkan ke dalam bagian header situs web. Cari bagian kode yang dimulai dengan <head> dan berakhir dengan </head>– kode-nya harus diletakkan tepat setelah tag <head>.

Pastikan Anda hanya menempelkan (paste) kode tersebut sekali!

Jika Anda memakai WordPress atau Woocommerce, ada plugin yang bisa membantu memasang kode pixel tersebut. Pastikan untuk membaca ulasan plugin sebelum memasangnya, karena beberapa plugin dapat mempengaruhi kecepatan situs.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga untuk memasang pixel, seperti Google Tag Manager, Square, atau BigCommerce.

Untuk melakukannya, pilih "Automatically Set Up Web Events via Partner Platforms" di layar pengaturan pixel. Kemudian, klik "Next" (Selanjutnya).

Hubungkan TikTok pixel ke akun pihak ketiga. Sekarang, semuanya siap!

Apa itu event TikTok pixel?

TikTok Pixel Event adalah tindakan-tindakan khusus yang dilakukan oleh pengunjung di situs web atau aplikasi.

Terdapat empat belas jenis event TikTok pixel. Berikut daftarnya:

1. Tambah informasi pembayaran

2. Tambah ke keranjang

3. Tambah ke daftar keinginan (wish list)

4. Klik tombol

5. Selesaikan pembayaran

6. Selesaikan pendaftaran

7. Hubungi

8. Unduh

9. Memulai proses checkout

10. Lakukan pemesanan

11. Pencarian

12. Kirim formulir

13. Langganan

14. Lihat konten

Nah, setiap jenis kegiatan tersebut menggambarkan tindakan yang berbeda-beda oleh pengunjung di aplikasi atau situs web. Sebagai contoh, jika seseorang melihat produk di situs web Anda, hal ini akan dihitung sebagai event "view content" (lihat konten).

Event TikTok pixel bisa digunakan untuk melacak tindakan pengguna (bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web atau aplikasi).

Selain itu, beberapa pengiklan juga bisa membuat kumpulan audiens khusus berdasarkan tindakan-tindakan dari event tersebut untuk iklan baru.

Apa itu TikTok Pixel Helper dan apakah Anda membutuhkannya?

TikTok memiliki alat yang disebut TikTok Pixel Helper yang dapat membantu Anda menguji apakah pixel Anda berfungsi dengan benar.

Setelah Anda menginstal kode tersebut, pasang ekstensi TikTok Pixel Helper Chrome.

TikTok Pixel Helper kemudian akan memberikan informasi tentang status pixel Anda. Alat ini juga akan menunjukkan apakah event-event Anda berfungsi dengan baik dan menerima data.

Google Chrome Web Store

Bagaimana orang biasanya menggunakan TikTok?

Mungkin seperti yang Anda tahu, kebanyakan pengguna TikTok menggunakan musik seperti lagu dan tarian untuk memaksimalkan kontennya.

Berikut adalah beberapa aktivitas umum para pengguna TikTok :

Menari dan lip-syncing

Karena TikTok lahir dari DNA Musical, tidak heran jika kegiatan musik seperti lip-syncing dan menari sangat populer di platform ini.

Tren TikTok

Juga dikenal sebagai TikTok Challenges, meme ini biasanya melibatkan lagu atau hashtag populer. Lagu dan tagar yang sedang tren seperti #ButHaveYouSeen dan #HowToAdult berfungsi sebagai tantangan bagi pengguna untuk mencoba gerakan menari atau membuat variasi mereka sendiri.

Duets TikTok

Duets adalah fitur kolaboratif populer di TikTok yang memungkinkan pengguna mencampuradukkan video orang lain dan menambahkan diri mereka ke dalamnya.

Duets dapat berupa kolaborasi asli, remix, parodi, dan lainnya. Para artis seperti Lizzo, Camila Cabello, dan Tove Lo telah menggunakan format ini untuk mempromosikan lagu baru dan berinteraksi dengan penggemar.

Efek Green Screen

Meskipun TikTok memiliki berbagai pilihan filter dan efek, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah green screen. Efek ini memudahkan Anda untuk menempatkan diri Anda di lokasi eksotis atau berbicara di depan gambar yang relevan.

Stitching TikTok

Alat Stitch TikTok memungkinkan Anda menyalin dan menambahkan video pengguna lain (tentu saja jika mereka telah mengaktifkan fitur Stitching). Fungsi ini cocok untuk video reaksi atau tanggapan - ini adalah salah satu cara lain di mana TikTok mendorong percakapan melalui kreasi konten.

Apa saja contoh kreativitas pengguna memanfaatkan fitur TikTok?

Fitur edit yang cepat dan mudah serta sifat interaktif TikTok menciptakan kondisi yang ideal untuk kreativitas. Pada gilirannya, hal ini semakin menambah keseruan bermain konten TikTok, berikut adalah beberapa contohnya:

1. Kolaborasi

Fitur Duet memungkinkan pengguna untuk melakukan remix dan merespons konten satu sama lain - hal ini dapat menghasilkan kolaborasi yang mengagumkan seperti duet menyanyi atau produksi pertunjukan Broadway digital.

2. Edit kreatif

TikTok memudahkan Anda untuk menggabungkan beberapa klip, membuat cerita multi-scene (bahkan yang singkat sekalipun) menjadi mudah, dan memberikan kesempatan untuk berkreasi dengan transisi, pemotongan cepat, dan efek.

3. Interaktif

Menggunakan fitur live stream TikTok untuk melakukan siaran secara real-time adalah cara yang pasti untuk berinteraksi dengan para pengikut.

Berikanlah followers Anda sesuatu untuk diperbincangkan misalnya, ketika mengulas produk sunscreen Anda bisa memakai kamera infra-merah agar lapisan krim produk tabir surya semakin terlihat jelas.

Demografi TikTok: siapa pengguna aktif TikTok?

Lebih dari 160 juta jam video ditonton di TikTok dalam satu menit setiap harinya... tapi siapa sebenarnya yang membuat dan menonton konten ini?

Dari lebih dari 884 juta orang yang aktif di TikTok, 57% adalah perempuan, sementara 43% adalah laki-laki.

Ada 130 juta pengguna di AS yang berusia di atas 18 tahun. Populasi dewasa kedua tertinggi pengguna Instagram adalah Indonesia (92 juta pengguna), diikuti oleh Brasil di posisi ketiga (74 juta pengguna).

Mayoritas audiens TikTok adalah Gen Z, dengan 42% dari audiens berusia 18 hingga 24 tahun. Lalu, siapa sisanya? Tentunya mereka adalah Millennials, sebagai generasi terbesar kedua pengguna aktif TikTok sebesar 31% dari total pengguna.

Nikmati Fitur Terbaru Integrasi TikTok Pixel di Mayar!

Jangan lewatkan kesempatan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda dengan menggunakan fitur integrasi TikTok Pixel di Mayar!

Coba periksa video tutorialnya di bawah ini :

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memasang kode TikTok Pixel di situs web atau landing page Anda. Setelah diinstal, TikTok Pixel akan melacak berbagai peristiwa khusus, seperti iklan TikTok yang dilihat oleh pengguna atau tautan yang diklik menuju situs web.

Semua data peristiwa ini akan tercatat dalam akun TikTok Ads Anda, memungkinkan Anda untuk melihat iklan mana yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

So… jangan ragu lagi! Tingkatkan performa kampanye iklan dan optimalkan konversi dengan integrasi TikTok Pixel di platform Mayar. Daftar sekarang dan rasakan manfaatnya!