8 Cara Sukses Menggunakan ChatGPT untuk Galang Donasi

8 Cara Sukses Menggunakan ChatGPT untuk Galang Donasi

Hai Sobat Mayar, sadarkah Anda zaman sekarang ada banyak tools dan aplikasi dunia kerja yang makin canggih?

Ya, salah satunya kita akan membahas ChatGPT, alat keren yang sedang happening di media sosial dan membantu pekerjaan berbagai industri lebih mudah.

ChatGPT memang sedang jadi bahan perbincangan, tapi apakah Anda sudah tahu bagaimana cara kerja alat kecerdasan buatan ini untuk penggalangan dana?

Nah, artikel kali ini spesial membahas tentang bagaimana ChatGPT dan AI akan membantu tim Anda lebih efisien dan sukses dalam menggalang donasi, namun tetap hemat sumber daya. Mari baca terus artikel ini sampai akhir, yuk!

Apa itu ChatGPT?

Oke, jadi sebenernya apa sih tools/ website yang trending ini? ChatGPT adalah alat online keren memakai kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk memproses dan merespon pertanyaan/ instruksi Anda.

Dengan kemampuan menghasilkan respon mirip manusia tentang berbagai topik, hampir semua orang di segala industri bisa memakainya agar menambah efisiensi pekerjaan.

Khususnya, bagi organisasasi nirlaba, yayasan non – profit, serta komunitas yang menggalang dana, ChatGPT benar-benar bisa menjadi sumber daya berharga.

Pastinya, kita tak akan bisa lepas dari fakta bahwa teknologi terus maju dan berkembang, kan? Karena itu, organisasi nirlaba harus ikut berkompetisi dan berinovasi kalau ingin tetap jadi yang terdepat dan memastikan donatur terbaik tetap loyal.

Tapi perkembangan teknologi yang cepat juga bisa membuat bingung, banyak yang belum tahu bagaimana cara memulainya.

Oleh karenanya, terus baca yuk agar Anda bisa memanfaatkan ChatGPT dan AI untuk memperkuat hubungan dengan donatur, memaksimalkan komunikasi, dan pada akhirnya menambah pendapatan.

8 Cara yayasan non-profit bisa memanfaatkan ChatGPT agar sukses mengumpulkan dana

Sebelum kita mengeksplorasi kemampuan keren ChatGPT, penting diakui bahwa terdapat batasan yang perlu dipertimbangkan.

Meskipun alat ini sangat berharga untuk organisasi nirlaba Anda, tapi jangan menjadikannya semata-mata sebagai pengganti interaksi manusia, ya.

Sebab, masih dibutuhkan adanya pemeriksaan ulang atau bahkan pengeditan sehingga hasil penulisan ChatGPT sudah valid & sesuai harapan.

Berikut adalah cara ChatGPT membantu kemajuan yayasan atau perusahaan non profit menggalang dana:

1. Membuat ajakan donasi

ChatGPT dapat membantu pembuatan materi promosi yang memikat dalam sekejap. Tujuannya, tentunya agar dukungan donatur atau tim lebih meningkat.

Cukup masukkan instruksi atau detail yang akan membimbing ChatGPT menghasilkan copywriting email, surat pemberitahuan program baru, caption media sosial, artikel, dan sebagainya.

Tapi ingat ya, sesuaikan dan periksa kembali hasil konten dari ChatGPT dengan cerita komunitas atau update mengenai kemajuan program penggalangan dana Anda.

Kadang ChatGPT minta konteks tambahan, jadi berikan informasi sebanyak mungkin agar proses penulisan jadi lebih cepat dan efisien.

2.    Promosikan acara penting

Di sisi lain, kadang tim penggalangan dana kesulitan membuat konten dan harus mengeluarkan anggaran besar untuk mempromosikan acara amal.

Tapi, tahukah Anda, ChatGPT bisa membantu membuat undangan acara menarik, lho? Anda juga bisa membuat postingan media sosial, termasuk mempromosikan acara gala tahunan, fun run, marathon, konser musik, pameran seni, dll.

Dengan ChatGPT, Anda bisa hemat waktu dalam menulis email promosi, postingan rekrutmen, dan salinan tanda-tanda di tempat acara.

Dengan begini, tim Anda jadi lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, yakni memberi dampak positif di komunitas Anda.

3. Membuat komunikasi yang kreatif

ChatGPT dalam hal penulisan memang sangat membantu, tapi juga bisa mengidentifikasi segmentasi donatur Anda.

Misalnya nih, coba masukkan ke kolom prompter di ChatGPT kalimat seperti “segmentasi donatur nirlaba yang biasa ada apa saja? “

Dari hasil rekomendasi AI Anda bisa mendapatkan wawasan serta ide-ide inovatif untuk menyesuaikan komunikasi dengan donatur.

Kustomisasi pesan untuk setiap segmen bisa menambah keterlibatan donatur dan meningkatkan jumlah rasio email yang dibuka donatur.

Pada gilirannya, hal ini berdampak positif untuk meningkatkan jumlah donasi yang berhasil diterima.

4.    Meningkatkan keterlibatan donatur

Kelebihan ChatGPT lainnya adalah kemampuannya membantu memelihara hubungan akrab dengan donatur.

Hal ini penting agar mempertahankan loyalitas donatur untuk bersedia menyumbang.

Yang jelas, dukungan ChatGPT dapat meringankan pekerjaan penulisan karena lebih mudah. Alat ini bisa membuat draft email, laporan tahunan, bahkan menulis pidato untuk acara gala dinner.

5.    Maksimalkan penggalangan dana peer-to-peer

Pembuatan berbagai alat pengumpulan dana menjadi lebih mudah dengan ChatGPT.

Misalnya, pembuatan template email penggalangan dana, teks motivasi di landing page, postingan media sosial sesuai program amal, dan sebagainya.

Dengan bantuan ChatGPT ini, donatur potensial baru bisa terlibat lewat para penggalang dana yang sudah ada.

6.    Membagikan hasil / dampak acara amal

Hanya berbekal sedikit detail tentang organisasi atau yayasan Anda, ChatGPT bisa membantu menciptakan tulisan mengenai dampak, misi, dan program Anda.

Informasi ini bisa dipakai para donatur dan dipakai di berbagai kanal marketing Anda.

Beberapa tempat yang harus ada tulisan standar adalah website, laporan tahunan, komunikasi personal dengan para donatur, serta buletin/ publikasi yang disebar oleh yayasan Anda.

7.    Libatkan sukarelawan dan pengurus yayasan

Selanjutnya, bantuan ChatGPT yang tak kalah penting adalah dalam hal rekrutmen, engagement, mengelola sukarelawan, termasuk anggota dewan pengurus yayasan.

Contohnya saja, dalam hal membuat email, ChatGPT dapat mempermudah proses penulisan tanpa repot membuat sendiri. Anda jadi lebih mudah berbagi update terbaru dan memastikan info penting sampai ke orang-orang yang tepat di organisasi Anda.

ChatGPT juga bisa membantu menulis email berkala bagi dewan pengurus atau memberikan update program yang penting.

8.    Mencari ide-ide baru yang menarik untuk acara amal

Sedang mencari inspirasi program amal mendatang? Seringkali, tim pengurus yayasan bersama Event Organizer harus memutar otak agar penggalangan dana berjalan sukses.

Sekarang, coba ketik saja di ChatGPT dan biarkan alat kecerdasan buatan itu membantu Anda menghasilkan ide-ide baru untuk membuat para donatur makin bersemangat menyumbang/ bersedekah.

Tak jarang, rasanya susah agar tetap menarik dan relevan saat membuat materi promosi, namun berkat ChatGPT, Anda bisa menciptakan berbagai variasi, ide, serta semangat baru di dalam pesan email/ Whatsapp.

Mayar.id: solusi maksimalkan penggalangan dana yayasan  NGO (Non-Governmental Organization)

Mengelola kegiatan penggalangan dana makin mudah dan modern bersama aplikasi Mayar.id!

Dengan fitur canggih dan lengkap, seperti pengelolaan donatur, penerimaan donasi rutin, kampanye galang dana, serta kemampuan berkomunikasi langsung dengan para donatur dalam satu platform, Mayar.id memberikan fasilitas yang memungkinkan Anda mencapai target penggalangan dana secara lebih efektif.

Anda bisa lebih fokus pada kegiatan fundraising yang kreatif, sementara itu serahkan urusan administrasi dan manajemen donasi kepada platform Mayar.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan memanfaatkan Mayar.id sebagai alat yang efisien dalam mendukung keberhasilan fundraiser yayasan NGO Anda.

Berikut adalah beberapa keunggulan Mayar.id yang patut Anda pertimbangkan:

1.    Fundraiser

Kelola donatur, terima donasi rutin, buat kampanye program galang dana, dan kirim pesan langsung ke donatur, semua dalam satu platform yang praktis.

2.    Mudah Mengelola Donatur & Donasi

Dengan fitur lengkap dan terus berkembang, Mayar.id memudahkan Anda dalam mengelola donasi dan data donatur. Nikmati juga fitur engagement donatur yang terintegrasi untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan mereka.

3.    Halaman Web Galang Dana Siap Pakai

Tidak perlu repot membuat website baru untuk galang dana. Dengan Mayar.id, Anda dapat dengan cepat memiliki halaman galang dana yang lengkap dengan fitur-target penggalangan dana, doa dari donatur, portal donatur, pembaruan galang dana, berbagi ke media sosial, tombol donasi yang dapat disematkan, dan masih banyak lagi.

4.    Metode Pembayaran Lengkap & Fee Terjangkau

Mayar.id memberikan solusi lengkap untuk transaksi donasi online dengan berbagai metode pembayaran yang terkini. Selain itu, biaya transaksi online yang terjangkau akan membantu Anda menghemat pengeluaran.

5.    Lebih Dekat dengan Donatur Anda

Kenali donatur Anda dengan lebih baik dan kirimkan kabar terbaru melalui fitur Broadcast Masal. Dengan Mayar.id, pastikan donatur Anda selalu up-to-date dengan program galang dana terbaru yang Anda jalankan.

Contoh Landing Page Galang Dana di Mayar

Bantu Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga Dusun Dongi-Dongi, Poso
Hallo Sahabat Nusantara!Keterbatasan akses terhadap layanan kesehatan adalah akar dari permasalahan kesehatan masyarakat di Dusun Dongi-Dongi, Poso. Kondisi g...

Bantu Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga Dusun Dongi-Dongi, Poso

Yuk, rasakan pengalaman penggalangan dana secara efisien dan mudah bersama Mayar.id. Tunggu apalagi, daftar akun Mayar.id sekarang juga dan langsung lejitkan kesuksesan program penggalangan dana Anda selanjutnya!

Ikuti pula akun Instagram @mayar_id untuk mendapatkan informasi terbaru tentang cerita inspiratif dan tips sukses bisnis lainnya.

Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di [email protected] apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara kerja Mayar, fitur-fitur yang tersedia, atau jika Anda memiliki pertanyaan atau saran. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda!