5 Contoh Kampanye Marketing Ramadhan Terbaik, Gercep Pikat Audiens!

5 Contoh Kampanye Marketing Ramadhan Terbaik, Gercep Pikat Audiens!

Bulan Ramadhan tiba! Siapa nih yang butuh ide contoh kampanye marketing Ramadhan terbaik? Bagi Sobat Mayar yang merayakan kami ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga lancar,ya!

Ramadhan menjadi waktu refleksi sekaligus perayaan bagi jutaan Muslim di seluruh dunia. Bagi pebisnis, Ramadhan menghadirkan peluang usaha yang sangat prospektif, di mana Anda bisa terhubung langsung ke pelanggan secara positif selama bulan suci.

Pada 2023, Ramadhan dimulai 23 Maret – 22 April. Selama Ramadhan, berbagai bisnis memakai strategi marketing unik untuk menciptakan lebih banyak inovasi.

Kuncinya adalah lakukan kampanye marketing Ramadhan ketika malam hari, saat kebanyakan orang bersantai, sepulang tarawih, atau berkumpul dengan keluarga.

Selain itu, Anda bisa menawarkan promo menarik terkait produk/ jasa di momen tepat menjelang perayaan Idul Fitri.

Masih butuh idea pa saja penawaran atau kampanye marketing yang cocok diterapkan saat Ramadhan? Jangan khawatir, di artikel ini kami akan membahasnya beserta contoh-contohnya. Ikuti terus pembahasannya, yuk!

Strategi marketing Ramadhan efektif di media sosial

Sobat Mayar pasti setuju kan, kalau media social saat ini menjadi salah satu kanal marketing yang paling efektif. Media sosial seringkali dipakai untuk kampanye iklan, termasuk saat Ramadhan.

Di bulan puasa, sebaiknya kampanye marketing peka terhadap budaya dan selaras dengan semangat beribadah. Berikut adalah beberapa strategi marketing Ramadhan yang efektif:

1. Menawarkan diskon

Penawaran diskon khusus atau potongan harga pada pelanggan adalah ide pertama strategi marketing Ramadhan 2023.

Hal ini bisa dilakukan melalui kampanye email, promosi langsung di dalam toko, atau iklan media sosial. Penawaran diskon membantu meningkatkan penjualan, membangun loyalitas merek, dan menunjukkan apresiasi bagi pelanggan yang sedang bergembira menyambut hari raya Lebaran.

2. Membuat konten bertema Ramadan

Ketika menyiapkan konten media sosial, Anda perlu mengatur jadwal postingan secara teratur bertema Ramadhan. Karena Ramadhan berlangsung selama sebulan, Anda bisa mulai membuat ide-idenya sebelum bulan suci.

Dengan perencanaan dan jadwal posting maka Anda akan memaksimalkan waktu, terutama ketika berbuka puasa.

Jenis konten ini harus mencerminkan nilai-nilai dan tradisi Ramadhan, seperti keluarga, komunitas, dan refleksi. Beberapa contoh konten bertema Ramadhan antara lain:

· Cerita atau video keluarga yang menyoroti kehangatan keluarga selama Ramadhan.

· Resep atau tips memasak masakan tradisional ramadhan.

· Tips tetap produktif dan fokus selama puasa.

· Cerita tentang bersedekah atau membantu mereka yang membutuhkan selama Ramadhan.

· Kutipan atau pesan inspirasional yang mencerminkan nilai-nilai Ramadhan.

Saat membuat konten bertema Ramadhan, penting untuk mengingat audiens target dan apa yang menurut mereka relevan.

3. Membuat kampanye interaktif

Membuat kampanye interaktif memungkinkan pelanggan berpartisipasi dan terlibat dengan brand bisnis adalah cara yang bagus untuk mendorong keterlibatan selama liburan Ramadhan.

Kuis, giveaway, dan hadiah adalah dua jenis kampanye interaktif populer yang dapat meningkatkan keterlibatan dan membangun rasa kebersamaan dengan pelanggan.

Berikut adalah beberapa contoh kampanye interaktif bertema Ramadan:

· Kuis Ramadhan: Buatlah kuis yang menguji pengetahuan pelanggan tentang kebiasaan, tradisi, dan nilai Ramadhan. Tawarkan hadiah kepada para pemenang, seperti voucher atau diskon produk.

· Ramadan Giveaway: Mengadakan kontes giveaway di media sosial, di mana pelanggan harus membagikan postingan atau menjawab pertanyaan untuk memenangkan hadiah,

· Ramadan Challenge: Melaksanakan tantangan di media sosial, di mana pelanggan diminta untuk berbagi foto atau video diri ketika melakukan kegiatan bertema Ramadhan, seperti berbuka puasa atau berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Kampanye ini dapat dijalankan di platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, atau Facebook, dan dapat dipromosikan melalui tagar, filter, atau stiker Twitter yang populer.

Dengan membuat kampanye interaktif, brand dapat meningkatkan engagement, mendorong brand awareness, dan menciptakan asosiasi positif dengan brand selama liburan Ramadhan.

4. Gunakan simbol Ramadhan

Selama momen bulan suci, brand bisnis Anda juga dapat mengintegrasikan simbolisme Ramadhan ke dalam setiap konten.

Bulan sabit adalah lambang bulan sabit pertama yang terlihat di awal setiap bulan, termasuk Ramadhan dan Syawal, yang menandai awal Idul Fitri. Gambar bulan sabit adalah lambang yang paling sering digunakan.

Lambang terkenal lainnya adalah tangan berdoa, kurma yang digunakan umat Islam untuk berbuka puasa setiap hari selama Ramadhan, dan lampu yang menerangi malam Ramadhan.

Memanfaatkan kebiasaan konsumen berbelanja persiapan Ramadhan/ Lebaran

Ramadhan bisa menjadi bulan penjualan besar bagi brand bisnis, terutama di sektor makanan dan minuman.

Nestlé, misalnya, sering melihat lonjakan besar dalam penjualan dan merencanakan kampanye besar setiap tahun dengan pembeli menjelang hari Raya Idul Fitri.

Berikut adalah beberapa statistik menarik dari seluruh dunia:

· Pada tahun 2020, diperkirakan bahwa Muslim Inggris menyumbangkan £150 juta yang memecahkan rekor untuk amal selama Ramadhan.

· Pada tahun 2022, di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA), diproyeksikan belanja konsumen online selama Ramadhan akan meningkat menjadi $6,2 miliar – meningkat 39% dibandingkan tahun sebelumnya.

· Pada tahun 2022, 58% konsumen Muslim mengatakan bahwa mereka berencana untuk mulai berbelanja Ramadhan sebulan sebelumnya.

· Di Indonesia – rumah bagi populasi Muslim terbesar di dunia – pekerja penuh waktu menerima tunjangan hari raya keagamaan (Tunjangan Hari Raya) dalam bentuk upah bulan tambahan.

· Penelitian oleh YouGov menemukan bahwa 70% orang Indonesia berencana membelanjakan tunjangan ekstra ini untuk berbelanja, dengan sepertiga responden lainnya mengatakan bahwa mereka akan menggunakannya untuk sumbangan amal atau investasi.

Contoh kampanye pemasaran Ramadhan terbaik

1. Buka Puasa Ramadhan McDonald's

Contoh kampanye marketing terbaik yang bisa dijadikan referensi adalah McDonald’s. Selama beberapa tahun, McDonald's telah menjalankan kampanye Ramadhan yang sukses. Mereka menawarkan promo hidangan buka puasa khusus saat umat Islam berbuka puasa.

2. Kampanye "Feed Me Light" KitKat

Kampanye media sosial KitKat ini merupakan kampanye pemasaran Ramadhan yang menarik dan sangat sukses.

Anda dapat mengiklankan hampir semua iklan dan kampanye Anda di media sosial dan membaginya dengan pengikut Anda.

Menggunakan strategi pemasaran digital Ramadhan, Anda dapat mengiklankannya di media sosial dan mendapatkan pelanggan baru.

Kampanye media sosial Ramadhan akan membantu Anda membuat perbedaan dalam bisnis Anda dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas.

3. Game Domino's Pizza

Contoh lainnya adalah pembuatan game pengantar pizza dari Domino's Pizza.

Selama Ramadhan, platform media sosial dapat berguna untuk berbagi info seperti perubahan jam buka atau promosi apa pun yang mungkin sedang dijalankan.

Anda dapat membuat tagar yang relevan dengan brand dan mendorong audiens untuk memberikan tag di setiap postingan, menghasilkan konten buatan pengguna (UGC) yang memperluas jangkauan organik produk Anda secara online.

4. Membuat Kemasan produk tema Ramadhan

Cobalah melihat di rak-rak toko atau supermarket mana pun ketika Ramadhan, Anda mungkin menjumpai kemasan produk yang berubah sesuai tema atau acara musiman.

Perubahan kemasan selama Ramadhan dirancang untuk menarik perhatian pembeli, mengingatkan konsumen tentang acara yang akan datang, dan membuat produk terlihat lebih menonjol disbanding competitor.

Berikut adalah beberapa contoh:

Contoh Kemasan Nutella

Contoh Kemasan Cadbury

Contoh Kemasan Heinz

5. Kegiatan sosial atau amal

Donasi, sedekah, atau acara amal adalah strategi bisnis terbaik yang memberikan dampak positif sekaligus meningkatkan kesan peduli masyarakat.

Dengan begitu, brand bisnis akan semakin kredibel di mata konsumen. Maka itu, sebisa mungkin ajak audiens target untuk terlibat dengan cara menyenangkan dan interaktif.

Sebagai contoh, perusahaan hosting Melbourne, misalnya. Mereka mengadakan penggalangan dana dan menyumbangkan £ 5 untuk amal bagi setiap pemain yang mencapai skor tertentu dan menampilkannya di website dalam bentuk papan skor.

Begitu pula, Rhodar ikut melakukan hal serupa melalui kampanye game mereka, pemenang akan diminta memilih badan amal yang akan menerima sumbangan tersebut. Untuk menandai Piala Dunia 2022 di Qatar, mereka meluncurkan game bertema sepak bola dengan hadiah termasuk donasi £500.

***

Nah, dari pembahasan artikel ini, terbukti bahwa Ramadhan adalah momen spesial dalam setahun bagi setiap orang. Tak terkecuali, para pebisnis, pedagang, marketer, dan pelaku UKM yang menyasar audiens target, khususnya umat Muslim.

Kampanye marketing Ramadhan terbaik adalah mencerminkan prinsip syukur, kemurahan hati, keluarga dan empati.

Bagaimana menurut Anda, apakah sudah punya ide konten pemasaran selanjutnya di bulan Ramadhan? Silakan kirimkan ide topik atau pertanyaan melalui email [email protected] atau follow akun Instagram @mayar_id supaya Anda bisa terus menikmati info terupdate kami.